Simak Apa Itu Mutasi Rekening dan Cara Mengetahuinya

Di zaman sekarang, setiap orang seakan diwajibkan memiliki rekening bank guna memudahkan berbagai aktivitas keuangannya. Tidak hanya untuk keuangan pribadi, rekening bank juga amat penting dibutuhkan oleh bisnis. Selain lebih mudah mengatur arus keuangan, rekening bank juga bisa melancarkan proses transaksi dengan fitur transfer uang antar bank ataupun rekening. 

Hanya saja, bagi seseorang yang baru menabung dan membuka rekening, ada beberapa istilah perbankan yang mungkin masih tak dimengerti artinya. Salah satu contoh istilah perbankan yang masih banyak tidak diketahui oleh orang awam adalah mutasi rekening. Sebagai fitur perbankan yang berkaitan erat dengan pergerakan dana di dalam rekening, setiap nasabah bank tentu wajib memahami maksud istilah dan cara cek mutasi rekening. 

Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang apa itu mutasi rekening, manfaatnya bagi pemilik rekening, dan beberapa cara untuk mengetahuinya berikut ini. 

Baca Juga: Salah Transfer Uang? Tetap Tenang, Ini Cara Mengurusnya ke Bank

Apa Itu Mutasi Rekening?

loader

Apa Itu Mutasi Rekening?

Mutasi rekening adalah salah satu catatan atau riwayat transaksi yang pernah terjadi di suatu rekening bank. Mutasi rekening ini dapat berupa aliran kas atau dana yang diterima atau dikeluarkan oleh sebuah rekening. 

Dalam kata lain, ketika kamu melakukan sebuah transaksi pengambilan uang dari rekening, secara otomatis aktivitas rekening tersebut akan tercatat dalam mutasi debet pada rekening saldo serta isi tabungan akan mengalami pengurangan. Begitu pun sebaliknya, saat nasabah memasukkan sejumlah dana ke dalam rekeningnya, secara otomatis pengiriman uang tersebut akan tercatat dan masuk ke mutasi kredit. Hal tersebut menjadi catatan bahwa saldo di tabungan mengalami kenaikan atau penambahan. 

Pengertian lainnya, mutasi rekening adalah satu di antara berbagai layanan atau fitur yang disediakan oleh pihak bank untuk keperluan nasabahnya. Melalui mutasi rekening, nasabah bank mampu melihat seluruh riwayat atau catatan yang berhubungan dengan transaksi finansial yang pernah terjadi pada rekening tabungannya. 

Mutasi rekening kerap juga disebut sebagai rekening koran atau buku tabungan. Mutasi tersebut bisa dijadikan sebagai bukti atau data yang diperlukan dalam pengajuan sebuah pembiayaan. Seperti, pengajuan pinjaman, ataupun kredit usaha untuk para pelaku bisnis yang membutuhkan bantuan modal.

Format Pengecekan Mutasi Rekening Secara Umum

Mengenai format mutasi rekening, di setiap bank atau lembaga keuangan biasanya berbeda-beda. Namun, secara umum, terdapat beberapa informasi yang tercantum pada mutasi rekening, yaitu:

  • Nama Pemilik Akun atau Rekening Bank.
  • Saldo yang Mengendap.
  • Tanggal serta Bulan Periode dari Rekening.
  • Nilai Transaksi.
  • Tipe Transaksi.
  • Nama Bank.
  • Tanggal Transaksi Dilakukan.
  • Uraian Transaksi.
  • Nomor Rekening.

Beragam Fungsi Mutasi Rekening Bank

Pada dasarnya, fitur mutasi rekening tersedia untuk memudahkan nasabah dalam mengetahui arus keuangan di dalam rekeningnya. Selain itu, mutasi rekening bank juga bisa menjadi informasi yang mampu menggambarkan kondisi keuangan seseorang dan dijadikan sebagai laporan atas segala jenis kegiatan atau aktivitas perbankannya. 

Tidak hanya itu, fungsi mutasi rekening juga bisa dibedakan berdasarkan jenis rekening pribadi atau rekening untuk bisnis. Berikut adalah uraiannya.

Pengguna Rekening Pribadi 

Pengguna Rekening Bisnis

Berguna untuk mengontrol seluruh transaksi yang telah dilakukan di kurun waktu atau periode tertentu. Tujuannya bisa untuk mengetahui rincian uang yang keluar atau masuk dari rekening, termasuk tanggal dilakukan dan jumlahnya. Seluruh aktivitas keuangan di dalam rekening bisa diketahui melalui mutasi rekening ini dalam bentuk laporan cetak maupun digital.

Dengan melihat mutasi rekening, pebisnis mampu melacak apakah konsumennya sudah melakukan pembayaran atas suatu transaksi yang telah disetujui atau belum.

Jadi, prosedur bisnis selanjutnya, seperti, pengiriman barang bisa dilakukan tanpa khawatir konsumen belum melakukan pembayaran yang bisa menyebabkan kerugian bagi bisnis. Selain itu, melalui mutasi rekening pula pebisnis mampu lebih mudah mengontrol arus keuangan bisnis dengan mencocokkan data di buku keuangan dan mutasi rekeningnya.

Baca Juga: Awas Diblokir, Ini Jadwal dan Cara Ganti Kartu ATM Magnetik ke Chip di 11 Bank

Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengetahui Mutasi Rekening

loader

Cara Mengetahui Mutasi Rekening

Terdapat beragam cara yang bisa kamu pilih untuk mengetahui mutasi rekening. Tidak sulit, kamu bisa menentukan cara mana yang paling mudah dan praktis dilakukan untuk mengecek arus uang masuk atau keluar dari rekening bank. Berikut adalah beberapa caranya:

  1. Mendatangi Langsung Teller Bank

    Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek mutasi rekening adalah dengan mengunjungi langsung kantor cabang dari rekening bank yang kamu miliki dan mendatangi teller-nya. Syarat untuk melakukan pengecekan mutasi dari teller bank adalah membawa kartu identitas dan juga buku tabungan.

    Setelah menunggu antrean, kamu dapat menyampaikan keinginan mencetak buku tabungan maupun mutasi rekening kepada teller. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu hingga proses pencetakan selesai. Dengan begitu, kamu bisa melihat seluruh transaksi pada rekening sesuai dengan periode waktu yang ada telah ditentukan.

  2. Melakukan Pengecekan melalui Mesin ATM

    Jika tidak mau ribet mengantre di kantor cabang bank, kamu bisa mengecek mutasi rekening melalui ATM. Cara ini terbilang lebih praktis dan hemat waktu karena hanya perlu mendatangi tempat ATM terdekat dengan membawa kartu ATM saja.

    Simpel, kamu hanya perlu memasukkan kartu ATM seperti saat ingin melakukan transaksi perbankan biasa dan pilih opsi mutasi rekening. Setelah menunggu beberapa saat, mesin ATM akan mencetak setruk yang berisi beberapa transaksi terakhir dari rekening. 

    Jadi, jika ingin mengetahui mutasi rekening di kurun waktu tertentu, kamu perlu mencoba cara lainnya. 

  3. Melalui SMS Banking

    Cara ketiga untuk mengecek mutasi rekening adalah dengan memanfaatkan fitur SMS banking. Namun, untuk menggunakan cara ini, kamu harus lebih dulu mengetahui akses kode dari bank yang kamu gunakan dan langkah-langkah pengajuan laporan mutasi rekening. Jika dibandingkan dua cara sebelumnya, cara ini jauh lebih praktis karena bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. 

    Hanya saja, nasabah akan dikenakan tarif pulsa dan informasi mutasi rekening dari sejumlah bank juga terbatas hingga 4 transaksi paling baru saja. 

  4. Menggunakan Layanan Mobile Banking

    Aplikasi mobile banking bisa dengan mudah diunduh dan dipasang via Google Playstore atau App Store.

    Cukup dengan melakukan login pada aplikasi tersebut, nasabah bisa memilih opsi mutasi rekening untuk mengetahui informasinya. Seperti SMS banking, cara ini praktis bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

  5. Melalui Aplikasi Internet Banking

    Pada aplikasi atau website Internet Banking, pilih opsi mutasi rekening, dan tentukan durasi atau periode waktu yang ingin dilihat. Tergantung dari kebijakan bank, nasabah hanya bisa melihat mutasi rekening hingga 30 hari terakhir, dan dalam kurun waktu 7 hari saja. 

    Kelebihan dari cara ini adalah nasabah bisa melakukan pengecekan kapan dan di mana saja, tanpa harus mengeluarkan biaya atau pulsa. Namun, karena berbasis internet, nasabah perlu terhubung ke jaringan internet agar bisa melakukan pengecekan mutasi rekening dengan cara ini. 

Lebih Mudah Kontrol Keuangan dengan Melihat Mutasi Rekening

Mutasi rekening adalah fitur yang memudahkan nasabah bank dalam melihat dan mengawasi pergerakan keuangan di dalam rekeningnya. Dengan mengetahui informasi uang masuk dan keluar di dalam rekening, mutasi rekening juga berguna sebagai sarana untuk mengamankan transaksi bagi para pebisnis. Jadi, agar bisa memanfaatkannya, pastikan untuk memahami arti mutasi rekening dan cara mudah mengeceknya di atas, ya!

Baca Juga: Hati-Hati Penipuan, Ketahui Daftar Nomor Call Center Resmi Bank di Indonesia