Sukses di Layar Lebar, Begini Kisah Hidup Keanu Reeves yang Sedih dan Mengharukan

Kehidupan aktor kondang Keanu Charles Reeves selalu menarik untuk disimak. Sejak kembali menggebrak lewat tokoh John Wick dalam trilogi filmnya beberapa waktu lalu, Keanu Reeves kembali menjadi sorotan.

Bintang kelahiran Beirut, Lebanon ini telah melakoni begitu banyak film box office di sepanjang kariernya. Sukses besar dalam trilogi film Matrix yang fenomenal, Keanu juga berhasil memperlihatkan aktingnya yang menawan dalam Speed (1994) bersama Sandra Bullock.

Pria dengan tinggi badan 186 cm tersebut juga dikenal dermawan dan berhati emas. Meski telah menjadi ikon kenamaan Hollywood, namun bintang film Constantine (2005) ini peduli kemanusiaan. 

Terbukti ia sering berpartisipasi mengamalkan hartanya demi perempuan dengan kanker dan leukemia. Namun di balik kariernya yang penuh prestasi dan ketampanannya yang digilai wanita, Keanu Reeves menyimpan kisah sedih dalam hidupnya.

Baca Juga: Total Kekayaan Mencapai Rp5 Triliun, Ini Dia Sumber Kekayaan Aktor Tampan Keanu Reeves

Ayahnya Pengedar Narkoba

keanu reeves

Keanu Reeves (Sumber: gq.com.au)

Keanu merupakan satu-satunya anak lelaki dari empat bersaudara. Ibunya bernama Patricia Bond, sedangkan sang ayah ialah Samuel Nowlin Reeves Jr. Dengan campuran darah Hawaii, Portugis, Tiongkok, Irlandia, dan Inggris, ketampanan Keanu terbilang unik dan eksotis.

Diambil dari bahasa Hawaii, nama Keanu memiliki arti “angin sepoi di pegunungan”. Sang ibu mengambil nama tersebut dari salah satu leluhur mereka, Henry Keanu Reeves.

Malangnya, ayah sang aktor menderita kecanduan heroin selama dua puluh tahun. Di tahun 1992 lalu, ayahnya tertangkap ketika sedang transaksi jual beli kokain di suatu bandara. 

Alhasil, ia kehilangan figur ayah setelah mereka hilang kontak. Ketika itu, dirinya belum genap berusia 14 tahun. 

Dyslexia dan Putus Sekolah

Tak pernah lama menetap di suatu daerah, keluarga Keanu kerap pindah dari tempat yang satu ke tempat lain karena sang ibu menikah lagi. Dalam kurun waktu lima tahunan, Keanu bisa berpindah-pindah hingga lima kali.

Ia juga tak hanya sering berpindah sekolah. Karena dianggap terlalu liar, punya masalah kejiwaan dan emosional, serta menderita dyslexia, Keanu beberapa kali dikeluarkan oleh pihak sekolah.

Meski tanpa ijazah kelulusan, ia pernah mengenyam pendidikan di Etobicoke School of the Arts, Toronto.

Diminta Ganti Nama

Kiprahnya di dunia entertainment bermula dari menjadi bintang iklan Coca Cola (1983). Ia diketahui pindah ke Hollywood, Los Angeles dan mengikuti sejumlah casting dan audisi untuk menjadi aktor. 

Sayangnya, ketika itu ia kerap mengalami penolakan lantaran nama Keanu tergolong tak mudah untuk diucapkan. Demi lulus casting, ia pun mencoba menggunakan namanya dengan penulisan lain, seperti K.C. Reeves.

Bahkan, ia sempat terpikir untuk tak menggunakan nama asli. Beberapa pihak agensinya secara terang-terangan menyarankan Keanu untuk menggunakan name stage seperti Page Templeton III, Chuck Spadina, hingga Templeton Page Taylor. Kendati demikian, ia memilih untuk tetap menggunakan nama aslinya untuk meraih sukses. 

Peran Kecil Menjadi Bintang Besar

Di awal perjalanan kariernya, Keanu hanya mendapat peran kecil selain menjadi bintang iklan. Meski begitu,ia terus bertekun menjalani prosesnya. Namanya mulai dilirik setelah ia bermain dalam film comedy fantasy berjudul Bill & Ted's Excellent Adventure di tahun 1989.

Perlahan namun pasti, kariernya kian menanjak. Tak hanya apik bermain dalam Point Break (1991), ia juga sukses membintangi film bergenre gothic horror dengan judul Bram Stoker's Dracula di tahun 1992.

Popularitas Keanu makin melejit dan meraih kesuksesan berkat film action thriller, Speed di tahun 1994. Dalam film tersebut, ia beradu akting dengan aktris cantik Sandra Bullock.

Ia kemudian membintangi sejumlah film lainnya bersama para aktris dan aktor papan atas. Di tahun 1997, ia beradu akting dengan Charlize Theron dan Al Pacino dalam The Devil’s Advocate.

Kepiawaiannya dalam seni peran tampak kian menajam seiring semakin banyak film yang dibintanginya. Memasuki tahun 1999, ia mencapai puncak pamornya dan menjadi bintang besar berkat trilogy The Matrix. Dalam film futuristic bergenre science fiction tersebut, Keanu sukses memerankan Neo yang merupakan tokoh utamanya.

Konsisten dan Berprestasi

keanu reeves

Konsisten dan Berprestasi (Sumber: cheatsheet.com)

Kesuksesan The Matrix membuat Keanu Reeves semakin digilai penggemar dari seluruh dunia. Dengan konsisten, ia tetap mempertahankan prestasinya dalam berakting. 

Di tahun 2000, ia kembali bermain dalam The Replacements hingga Constantine (2005) yang terus menjadi perhatian dunia. Ia juga sukses membintangi The Lake House, sebuah romantic drama di tahun 2006 yang dilakoninya kembali bersama Sandra Bullock.

Memasuki 2013, aktingnya yang memukau dapat dinikmati dalam film action 47 Ronin. Film yang diangkat dari kisah nyata dan sempat dibukukan ini berkisah tentang sekelumit konflik yang dihadapi para samurai Negeri Sakura.

Aktingnya yang spektakuler dan penuh penjiwaan mengantarkannya ke berbagai penghargaan bergengsi nan eksklusif. Ia juga mempunyai bintang di Hollywood Walk of Fame.

Baca Juga: Mencapai Triliunan! Ini Dia 8 Aktor Hollywood dengan Bayaran Tertinggi Tahun Ini

Semakin Populer Sebagai Baba Yaga 

Akhirnya, di tahun 2014, Keanu kembali membintangi film yang mendongkrak popularitasnya. Akting dan kemampuan laganya yang menawan dalam John Wick telah merebut hati para penggemarnya.

Kesuksesan film John Wick dilanjutkan dengan sekuel keduanya, John Wick: Chapter 2 (2017) serta John Wick: Chapter 3-Parabellum di tahun 2019. Bahkan kesuksesan Parabellum berhasil mengalahkan Avengers: Endgame dan mengantongi 57,2 Juta Dollar AS (sekitar Rp800 miliar) di Negeri Paman Sam.

Memilih Lajang karena Trauma

Dengan wajah tampannya yang lembut dan berkharisma, punya bakat gemilang sebagai aktor dan kaya raya, tentu tampak mustahil jika seorang Keanu tak bisa menemukan cinta. Namun sayangnya, ada alasan tersendiri mengapa ia masih memilih lajang hingga sekarang.

Dulu, Keanu pernah menjalin kasih dengan seorang aktris paruh waktu bernama Jennifer Syme. Namun malangnya, putri mereka yang bernama Ava Archer Syme-Reeves gagal lahir dan meninggal. Tragedi ini membuat Keanu-Jennifer berpisah.

Walaupun berpisah, mereka tetap berteman dekat. Sayangnya, Jennifer yang sangat bersedih mengalami kecelakaan parah. Di tahun 2001, ia tewas seketika setelah 1,3 tahun putri mereka meninggal. 

Kepergian Ava dan Jennifer yang tragis tak pelak menghantam Keanu. Sang aktor terluka hebat dengan depresi dan kedukaan yang mendalam. Sejak itu, Keanu seperti yang enggan jatuh cinta lagi.

Pribadi yang Dermawan dan Sederhana

keanu

Sosok Keanu yang Dermawan dan Sederhana (Sumber: intelligentliving.co)

Selain berbakat sebagai aktor, Keanu yang juga pemain bass dari band grunge bernama Dogstar ini dikenal dermawan dan sederhana. Gaya hidupnya jauh dari kesan celebrity yang serba glamour dan hingar-bingar. 

Di sejumlah kesempatan, ia mau memberikan gajinya dalam jumlah besar agar tim produksi dapat membayar aktor dan aktris yang lain. Salah satunya untuk aktor Al Pacino (dalam film The Devil’s Advocate) serta Gene Hackman untuk The Replacements.

Ia juga pernah memberikan puluhan juta Dollar AS untuk tim kostum dan special effect dalam pengerjaan film The Matrix.

Di samping itu, ia kerap menyumbangkan sejumlah dana secara teratur bagi para wanita yang menderita kanker. Dikarenakan salah satu saudarinya, Kim Reeves juga menderita leukemia, Keanu membuka badan amal khusus untuk para pengidap kanker.

Ia kerap berbaur dengan masyarakat dan sering terlihat sedang menggunakan transportasi publik. Ia tak segan mempersilakan penumpang perempuan untuk mengambil tempat duduknya saat sedang di kereta bawah tanah. 

Terus Bersinar Meski Hidup Penuh Kesedihan

Dengan total kekayaan mencapai 360 juta Dollar AS (sekira Rp5 triliun), Keanu tetap memilih hidup sederhana dan terus berkarya. Di usianya yang kini sudah tak lagi muda, ia masih bersinar cemerlang dalam kariernya. 

Menurut data resmi yang diinfokan Warner Bros, 21 Mei tahun depan akan menjadi ‘Hari Keanu Reeves’ lantaran kedua filmnya, The Matrix 4 dan John Wick: Chapter 4 akan rilis di bioskop seluruh dunia. Sedangkan untuk tahun ini, film Bill & Ted Face the Music yang dilakoninya akan rilis tanggal 21 Agustus.

Sosok yang pernah dinobatkan menjadi salah satu dari 50 Orang Terindah di Dunia versi Majalah People tahun 1995 ini masih terus menginspirasi. Meski banyak mengalami hal memilukan, namun ia terus bersinar dan menjadi inspirasi bagi para penggemarnya.

Baca Juga: Kisah Sukses Johnny Depp, Pernah Jadi Aktor Termahal Hingga Raih Impian Jadi Musisi