Kenali Konsep Time Value of Money, Manfaat, Cara Kerja, dan Rumus Hitungnya

Disadari atau tidak, nilai dari uang yang kamu miliki saat ini akan terus berubah seiring dengan berjalannya waktu. Uang sebesar 1 juta di masa sekarang tidak akan sama value atau nilainya dengan beberapa tahun yang lalu atau mendatang.

Sebagai contoh, 2 dekade lalu, tepatnya pada awal tahun 2000-an, harga satu kilogram telur berkisar Rp8.000. Namun, kini, harga telur sudah melonjak menjadi lebih dari Rp20.000 per kilogramnya. Hal ini mengindikasikan bahwa nilai uang akan terus berubah, baik itu merosot maupun meroket, dari waktu ke waktu kendati nominalnya sama.

Fenomena tersebut pada dasarnya telah dijelaskan pada konsep yang disebut sebagai time value of money atau bisa juga disingkat sebagai TVM. Sebagai konsep yang berkaitan dengan kalkulasi nilai dari uang berdasar waktu, TVM wajib dipahami oleh hampir semua kalangan masyarakat. Nah, agar mampu memahami lebih jauh tentang konsep time value of money atau TVM, simak penjelasan mengenai pengertian, manfaat, cara kerja, dan rumus perhitungannya berikut ini. 

Baca juga: Nilai Intrinsik: Ketahui Pengertian Hingga Cara Menghitung Nilainya

Pengertian Time Value of Money

loader

Time Value of Money

TVM atau time value of money adalah suatu konsep kalkulasi atau penilaian uang dengan berdasarkan waktu. Penerapan konsep tersebut dilakukan akibat nilai uang pada masa sekarang akan berbeda dengan nilai uang pada masa mendatang. Dengan kata lain, pada fenomena tersebut, waktu dianggap sebagai fungsi dari nilai uang

Salah satu pemicu perubahan nilai uang masa mendatang adalah inflasi atau deflasi. Perubahan nilai uang di masa mendatang tersebut bisa terjadi akibat beberapa alasan, antara lain:

  • Keuntungan yang bakal didapatkan pada masa depan dipertanyakan kepastiannya, sedangkan profit di masa sekarang dianggap sudah sangat jelas.
  • Kepuasan manusia terhadap sebuah kehendak atau keinginan yang ada di masa sekarang dianggap lebih berharga dan bernilai ketimbang kepuasan terhadap keinginan maupun cita-cita pada masa mendatang.
  • Ketersediaan barang di masa sekarang dianggap lebih bermanfaat serta dibutuhkan ketimbang yang masih diperkirakan akan muncul kelak. 

Manfaat Nilai Waktu Terhadap Uang

loader

Time is Money

Pada dasarnya, konsep TVM merupakan metode perhitungan ekonomi yang amat dibutuhkan untuk merencanakan keuangan di masa depan. Sejatinya, penerapan konsep ini dilakukan pada pengelolaan keuangan bisnis atau perusahaan. 

Karena itu, pemahaman terkait konsep tersebut disarankan untuk dimiliki oleh manajer keuangan atau pihak yang berhubungan dengan finansial bisnis. Barulah dengan begitu pihak manajer keuangan atau pihak yang terkait mampu mengambil keputusan bisnis atau finansial yang tepat dan akurat, seperti saat melakukan investasi pada suatu aktiva maupun saat menjadi sumber dana kredit atau pinjaman. 

Selain itu, konsep TVM ini juga berkaitan dengan pengelolaan keuangan secara efektif dan juga efisien. Dalam konsep ini, uang tidak sekadar berperan menjadi alat pembayaran saja. Melainkan, ada nilai yang lebih dalam terkait uang terhadap proses perencanaan keuangan di masa depan. 

Di samping itu, manfaat dari konsep ini juga tidak hanya berlaku pada pelaku investasi atau investor dan perusahaan saja. Pihak individu atau masyarakat juga bisa mendapatkan manfaat saat memahami konsep TVM. Untuk lebih jelasnya, berikut pentingnya memahami konsep dari nilai waktu terhadap uang.

  • Bagi Investor

Informasi mengenai TVM penting bagi investor karena menjadi dasar analisis apakah sebuah investasi layak untuk dipilih atau tidak. Konsep ini juga mampu menunjukkan peluang keuntungan sebuah instrumen investasi sehingga membuat investor mampu menentukan pilihan yang tepat untuk menanamkan modalnya. Konsep ini juga bisa menjadi referensi pada pertimbangan pilihan paling bijak serta menguntungkan berdasarkan risiko, inflasi, return, dan juga minat. 

  • Bagi Perusahaan

Sementara bagi perusahaan, manfaat dari konsep ini adalah dalam hal penganggaran, yaitu ketika proses penghitungan dan penyusunan. Aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan tersebut tidak hanya terbatas pada produksi saja, melainkan juga proses pengembangan serta inovasi produk. 

Kedua hal tersebut sangat penting serta menjadi kegiatan investasi perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan informasi keuangan mengenai TVM guna menganalisis apakah keputusan ekspansi bisnis atau inovasi yang diterapkan perusahaan mampu memberikan keuntungan atau malah merugikan. 

  • Bagi Pribadi

Manfaat dari konsep TVM juga berlaku pada individu karena mampu membantu mengukur jumlah tabungan yang perlu disiapkan guna mencapai jumlah yang diinginkan pada jangka waktu tertentu. Melalui prinsip tersebut, kamu juga dapat lebih mudah mengambil keputusan saat berencana membeli sebuah barang, seperti, keuntungannya saat membeli sekarang maupun beberapa tahun ke depan.  

Cara Kerja dari Konsep TVM

loader

Time Value of Money

Baik itu bertambah atau berkurang, nilai uang pada masa sekarang tentu tidak akan sama dengan di masa mendatang. Perbedaan nilai uang tersebut juga bisa berubah drastis ataupun sedikit saja. 

Saat mengalami penambahan, artinya terdapat potensi pendapatan melalui bunga majemuk ketika uang diinvestasikan. Sebaliknya, nilai uang akan menurun akibat kegagalan investasi atau terjadinya inflasi. 

Pada dasarnya, cara kerja dari konsep time value of money adalah nilai uang bisa berubah di masa depan karena potensi pendapatan pada uang tersebut. Misalnya, nilai uang akan bertambah seiring berjalannya waktu akibat bunga majemuk ketika diinvestasikan. Jadi, nilainya pun akan berubah saat telah disimpan selama beberapa tahun kemudian. 

Contoh kasus sederhananya, seseorang mendapatkan penawaran kerja dengan metode pembayaran sekarang atau setahun kemudian. Jika dibayar sekarang, gaji yang diterima adalah 5 juta, sementara dibayar belakangan, gajinya adalah 5.5 juta. 

Secara nominal, gaji yang didapatkan setahun mendatang tentu jauh lebih besar. Namun, jika menganut pada konsep time value of money, nilai dari uang di masa mendatang tersebut belum tentu lebih besar dibanding nilai uang saat ini.  

Kenaikan 10 persen tersebut bisa jadi lebih kecil daripada saat diinvestasikan ke produk dengan return 12 persen. Sebaliknya, jika keuntungan investasi lebih kecil dari nilai tersebut, pembayaran pada setahun berikutnya lebih baik untuk dipilih. Dalam catatan pihak yang melakukan pembayaran tersebut bisa dipercaya dan akan memenuhi kewajibannya di tahun selanjutnya. 

Rumus Time Value of Money beserta Contohnya

Pada konsep time value of money, terdapat 3 rumus perhitungan nilai uang yang perlu dipahami. Ketiga rumus tersebut adalah untuk mengetahui nilai uang masa sekarang, masa mendatang, serta anuitas atau pembayaran bertahap. Untuk lebih jelasnya, inilah ulasan tentang ketiga rumus time value of money tersebut.

  • Rumus Nilai Uang Masa Sekarang

Present value atau nilai uang saat sekarang adalah nilai sejumlah uang masa kini dan bisa dibungakan untuk mendapatkan nominal dana yang lebih tinggi di masa mendatang. Rumus perhitungan present value:

Pv = Fv : (1 + l) n

Keterangan:

Pv adalah present value, n adalah jumlah tahun, Fv adalah future value atau nilai uang di masa depan sesuai tahun n, dan i adalah interest atau suku bunga. 

Sebagai contoh, kamu berencana menabung di bank selama 2 tahun dengan tingkat bunga 10 persen per tahun. Tujuan dari menabung tersebut adalah untuk mendapatkan dana sebesar 10 juta. Berdasarkan informasi tersebut perhitungan present value akan menjadi sebagai berikut. 

Pv = 10 juta / (1 + 0,1) 2

Pv = 10 juta / (1,21) = 8.264.460

  • Rumus Nilai Uang Masa Mendatang

Sementara future value adalah nilai uang di masa mendatang berdasarkan nilai uang yang tersimpan sekarang dan ditambah suku bunga. Ciri nilai uang masa mendatang ini adalah adanya kemungkinan nilai uang berlipat ganda. Rumus future value:

Fv = Pv (1 + i) n

Sebagai contoh, kamu menyimpan uang sebesar 10 juta dengan tingkat bunga 5 persen per tahun di bank. Dalam 2 tahun, nilai uang tersebut akan menjadi sebagai berikut. 

Fv = 10 juta x (1+ 0,05) x 2

Fv = 10 juta (1,1025) = 11.025.000

  • Rumus Nilai Uang Anuitas

Anuitas adalah pembayaran bertahap yang dilakukan berkelanjutan pada jangka waktu tertentu. Anuitas bisa diartikan sebagai suatu kontrak ketika perusahaan asuransi membayarkan imbalan premi pada nasabahnya secara bertahap.

Baca juga: Netizen Wajib Tahu Apa itu Inklusi Keuangan, Manfaat dan Programnya Biar Melek Keuangan

Pahami Konsep TVM agar Lebih Mudah Mengetahui Nilai Uang di Waktu Tertentu

TVM adalah konsep yang kerap digunakan untuk mengetahui nilai uang di masa sekarang atau masa mendatang. Karena nilainya yang terus berubah imbas dari terkena nilai bunga, perhitungan TVM penting untuk dipahami. Barulah dengan begitu selisih perbedaan nilai uang di masa sekarang atau mendatang bisa dihitung.