Tingkatkan 5 Kemampuan Ini untuk Mendukung Kesuksesan Karir

Tahun 2018 sudah berjalan, saat ini sudah memasuki bulan ke-2 di tahun baru ini. Biasanya banyak orang membuat resolusi untuk tahun yang baru ini, tidak terkecuali dalam urusan karir. Karir adalah sesuatu yang dapat memberikan kepuasan terhadap diri kita. Ketika prestasi kita meningkat, tentunya ada hal baru yang akan kita pelajari di perusahaan, dan untuk itu skill yang pernah kita miliki sebelumnya harus terus kita tingkatkan.

Karir yang sukses adalah karir yang berhasil mencapai puncaknya. Sebagian orang menginginkan karir mereka sukses hingga puncaknya.

Untuk menggapai kesuksesan tersebut tentu tidak mudah. Perlu perjuangan khusus untuk bisa menaikkan level kinerja kita dalam mencapai karir yang sukses. Hal yang harus ditingkatkan untuk bisa menggapai kesusksesan dalam karir ini salah satunya adalah skill yang dimiliki. Skill ini disesuaikan dengan permintaan perusahaan, dengan tujuan pencapaian tujuan perusahaan tertentu.

Ini dia 5 skill yang paling banyak dicari oleh perusahaan saat ini:

Baca Juga: Lakukan 4 Trik Cerdas Ini agar Karir Bersinar dan Cemerlang

1. Soft Skill

Soft Skill
Soft Skill

Soft skill ini adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap karyawan yang akan bekerja di perusahaan manapun juga. Soft skill diperlukan seperti penilaian keahlian yang dimiliki oleh karyawan tersebut, apakah sesuai dengan permintaan perusahaan atau tidak. Berikut ini ada 5 softskill yang sering sekali menjadi syarat utama perusahaan :

  • Bersedia bekerja dengan orang-orang yang berasal dari kebudayaan yang berbeda, pendidikan yang berbeda dalam satu pekerjaan yang sama
  • Kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dapat memberikan solusi untuk masalah perusahaan
  • Memecahkan masalah dan berpikiran kritis dan juga dapat memecahkan masalah adalah skill yang juga harus dimiliki seorang karyawan.
  • Kemampuan komunikasi tentu saja adalah salah satu skill utama yang harus dimiliki karyawannya
  • Kemampuan untuk membuat rencana dan prioritas untuk kemajuan perusahaanya, perlu dimiliki oleh karyawan juga.

Oleh karena itu, skill harus terus ditingkatkan, karena akan menjadi nilai tambah yang baik bagi para karyawan yang melamar ke sebuah perusahaan.

2. Keahlian Analisis Data

Analisa Data
Analisis Data

Keahlian atau skill lainnya yang juga harus kamu tingkatkan adalah keahlian analisis data. Skill ini bahkan masuk menjadi 25 skill yang paling dicari perusahaan di tahun 2014 versi LinkedIn. Analisis data sangat dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan sebagai acuan langkah yang perlu perusahaan pilih dalam pengambilan keputusan.

skill ini juga banyak dicari bahkan bisa menjadi syarat utama untuk bidang pekerjaan tertentu. Biasanya seorang yang dapat melakukan Analisis data dengan baik adalah orang yang memiliki pemikiran yang kritis dan dapat berhitung cepat.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

3. Keahlian Digital dan Online Marketing

Digital Marketing
Digital Marketing

Salah satu skill yang juga masuk kategori sebagai skill yang paling dicari perusahaan saat ini adalah skill Digital dan Online Marketing. Saat ini perusahaan juga sudah menyesuaikan lingkungan perusahaanya memiliki ruang untuk dunia maya. Karyawan yang memiliki skill ini biasanya akan bekerja secara online untuk membuat iklan pemasaran lewat internet. Selain itu karyawan dengan skill ini juga biasanya membuat content digital secara professional. Skill ini juga akan berkaitan dengan sosial media, website dan lain sebagainya yang berhubungan dengan internet.

Laura McLellan, lewat LinkedIn memprediksikan di tahun 2018, perusahaan akan banyak menggunakan teknologi. Ini berarti, saat ini teknologi sudah menjadi alat yang digunakan oleh perusahaan untuk bidang marketingnya. Untuk meningkatkan skill olah digital, online dan SEO kamu bisa mengambil kursus khusus yang membahas ini, atau buku-buku yang menunjang tema ini.

4. Skill Tanpa Batas

Ilustrasi Meningkatkan Skill Bahasa
Ilustrasi Meningkatkan Skill Bahasa

Memiliki skill lainnya selain beberapa skill yang telah dibahas di atas, juga akan menjadi nilai  tambah untuk perusahaan. Sebut saja skill bahasa. Saat ini, sudah zamannya Globalisasi, termasuk di lingkungan perusahaan. Mungkin saja, kedepannya berkas-berkas yang ada di perusahaan tersebut akan hadir dalam bahasa inggris atau bahasa lainnya. Dengan begitu, menguasai bahasa asing juga merupakan skill yang memiliki nilai jual yang baik bagi perusahaan.

Skill lainya juga bisa kamu kuasai, skill yang memang akan diperlukan saat kamu bekerja, dimana pun juga. Skill yang tanpa batas yang kamu miliki juga akan membawa kamu ke dunia baru yang akan lebih meningkatkan skill kamu tersebut.

5. Keahlian Multidisiplin

Multidisiplin
Keahlian Multidisiplin

Orang-orang sering berasumsi salah, bahwa jurusan yang mereka ambil saat kuliah adalah hal yang akan menentukan bidang pekerjaan mereka di masa depan. Hal ini mungkin berlaku untuk beberapa jenis pekerjaan yang memerlukan pegawai yang profesional, tapi memiliki disiplin ilmu lainnya dan juga menguasainya, walaupun tidak berkuliah pada bidang tersebut, akan merupakan aset dalam diri

Kamu yang mungkin sedang dicari perusahaan. Berkuliah jurusan apapun, dan bila memang sesuai dengan perusahaan, maka ini merupakan bonus untuk kamu. Namun memiliki lebih dari satu disiplin ilmu yang dikuasai, mungkin juga bisa mendatangkan peluang yang lebih baik untuk kamu.

Baca Juga: Dengan Memiliki Soft Skills Ini, Karir Bisa Makin Melejit

Pelajari Skill yang Banyak Diperlukan Perusahaan Saat ini

saat ini, profesi pekerjaan tidak hanya menjadi seorang guru atau polisi juga pegawai negeri saja. Dengan berkembangnya teknologi, ada banyak industri baru, perusahaan baru yang memerlukan karyawan dengan skill baru yang sesuai dengan permintaan perusahaan tertentu. Skill yang banyak dicari perusahaan saat ini seperti ini diantaranya adalah Desain Grafis, Marketing Sosial Media dan Copy Writer. Kamu bisa mencoba mendalami skill ini, siapa tahu, kamu akan menemukan karir terbaik di tahun ini.

Baca Juga: Pilihan Bisnis Online yang Tepat untuk Wanita Karir