Tips Cerdas Menggunakan KTA secara Maksimal

KTA

Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu produk perbankan yang populer dan cukup banyak diminati. Besaran bunga yang kecil dan juga proses pengajuan KTA yang terbilang cepat merupakan daya tarik tersendiri dari produk yang satu ini. 

Pada umumnya KTA diajukan untuk berbagai kebutuhan keuangan yang mendesak, sebab proses pengajuan hingga pencairannya memang begitu singkat, jika dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya yang disediakan oleh bank. Namun meski begitu, proses pencicilan KTA juga kerap bermasalah dan tidak berjalan lancar sebagaimana  proses pengajuannya.

Tidak sedikit orang yang bermasalah dengan pinjaman KTA. Kondisi ini tentu disebabkan oleh banyak hal, termasuk penggunaan dana KTA yang tidak tepat. Jika berminat untuk mengajukan pinjaman yang satu ini, maka sangat penting untuk merencanakan alokasi dana tersebut dengan baik. 

Hal ini sangat penting, apalagi jika berniat untuk mengajukan pinjaman KTA dalam jumlah yang cukup besar. Jangan sampai tujuan Anda mengatasi masalah keuangan, justru berakhir dengan masalah keuangan lainnya di masa yang akan datang.

Simak beberapa tips cerdas berikut ini, yang bisa diterapkan untuk menggunakan KTA secara maksimal:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tentukan Tujuan Penggunaan yang Jelas

Untuk apa mengajukan pinjaman KTA? Hal ini penting untuk ditanyakan pada diri sendiri, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengajukan kredit yang satu ini. Lihat kembali kebutuhan, apakah benar-benar penting atau masih bisa ditunda. 

Jangan sampai mengajukan KTA untuk tujuan yang tidak begitu penting atau bahkan yang bersifat konsumtif. Bukannya memberikan manfaat maksimal, pengajuan KTA yang seperti ini justru beresiko menimbulkan masalah di dalam keuangan. 

Jika tujuan pengajuan KTA adalah untuk kebutuhan modal bisnis, maka Anda juga wajib memperhitungkan resiko yang akan ditanggung di dalam bisnis tersebut. Anda harus memahami kemampuan Anda membayar cicilan di masa yang akan datang, terutama jika berniat mengajukan pinjaman modal ini dalam jumlah yang besar. 

Tetapkan tujuan pengajuan KTA dengan tepat, sehingga kelak produk ini bisa dimanfaatkan sesuai dengan rencana dan tujuan tersebut.

2. Cek Kondisi Keuangan

Bagaimana kondisi keuangan dan berapa jumlah utang yang dimiliki saat ini? Pahamilah dengan baik bahwa pinjaman KTA ini merupakan dana segar berupa hutang di dalam keuangan. Anda harus mencicilnya secara rutin dan melunasinya sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan oleh pihak bank. 

Artinya, sangat penting untuk melihat kemampuan bayar sejak awal. Hal ini juga berkaitan dengan jumlah pinjaman KTA yang bisa diajukan dan tanggung di dalam keuangan tersebut. 

Jangan sampai kelak Anda mengalami masalah di dalam keuangan, hanya karena memiliki jumlah hutang yang terlalu besar.

Baca Juga:  Bayar Tagihan Kartu Kredit yang Mencekik Pakai Pinjaman KTA, Memang Bisa?

3. Ajukan KTA dalam Jumlah yang Tepat

Mengajukan KTA dalam jumlah yang tepat merupakan salah satu langkah cerdas untuk membuat produk ini benar-benar memberikan manfaat maksimal di dalam keuangan. 

Anda perlu menyesuaikan jumlah pinjaman dan juga masa cicilan yang tepat, sehingga jumlah cicilan yang harus dibayarkan benar-benar sesuai dengan kemampuan keuangan. Hindari jumlah cicilan yang terlalu besar, sebab hal ini bisa membebani keuangan dan membuat berbagai kebutuhan yang lainnya tidak terpenuhi dengan baik. 

Namun jangan ajukan jumlah cicilan yang terlalu ringan, karena hal ini juga akan membuat bunga semakin besar dan masa cicilan semakin panjang. 

4. Lakukan Perbandingan Produk KTA

Meski sangat membutuhkan pinjaman KTA dalam waktu yang mendesak, hindari untuk memilih produk ini dengan gegabah. Saat ini, ada banyak bank yang menyediakan produk KTA, bahkan lengkap dengan berbagai penawaran yang cukup menguntungkan. 

Anda akan memiliki kesempatan yang luas untuk memilih salah satu produk terbaik dan sesuai dengan kebutuhan keuangan. Lakukan perbandingan antara satu produk KTA dengan yang lainnya, sehingga bisa memahami apa saja kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki produk-produk tersebut. 

Ada banyak hal yang patut dijadikan pertimbangan dalam memilih, seperti: besaran bunga dan berbagai biaya lainnya, syarat pengajuan, pinalti, lama proses pengajuan, masa cicilan, dan yang lainnya. 

Carilah informasi yang akurat tentang beberapa produk KTA, sehingga bisa membandingkannya dan memilih salah satu produk yang paling tepat untuk keuangan.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun Pakai Pinjaman KTA, Masalah Gak Ya?

Rencanakan dengan Komitmen yang Kuat untuk Melunasinya

Mengajukan pinjaman KTA bisa saja menjadi solusi bagi masalah keuangan Anda. Namun hal ini harus direncanakan dengan matang sejak awal, sehingga pinjaman tersebut kelak tidak menjadi masalah di dalam keuangan. 

Selain itu, miliki juga komitmen yang kuat untuk melunasi pinjaman KTA tersebut, agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dan bebas masalah keuangan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Pinjaman KTA Terbaik untuk Pelaku UKM, Catat Tipsnya Biar Cepat Cair