Tips Keuangan untuk Bergaji yang Pas-pasan

Pekerjaan setiap orang memang berbeda – beda tingkatan dan penghasilannya. Namun nyatanya setiap pekerjaan itu berat berapapun gaji yang diterima. Tentunya bagi yang bergaji tinggi tentu akan terasa memuaskan, namun bagaimana dengan yang berpenghasilan rendah namun tetap bekerja keras? 

Hal seperti di atas bisa saja membuat Anda banyak berkorban mulai dari pikiran, emosi, dan tentunya dari segi finansial. Meski kerja berat dan belum digaji tinggi atau sepadan dengan pekerjaan, Anda juga harus melakukan beberapa hal lain gar kondisi keuangan khususnya penghasilan bisa mencukupi kebutuhan. 

Melalui tulisan ini bisa mencoba beberapa langkah dan tips keuangan yang didapat lakukan supaya kondisi keuangan mencukupi meski tidak berpenghasilan tinggi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar bisa memiliki kondisi keuangan maksimal dengan gaji minimal.

Berikut beberapa tips keuangan bagi yang berpenghasilan rendah:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Merencanakan dan Membuat Achievement di Perusahaan

membuat achievment

 

Cara ini bisa dicoba agar perusahaan mau menaikkan gaji. Anda bisa membuat achievment dan prestasi tertentu pada perusahaan sehingga perusahaan puas dengan kinerja dan  dapat menaikkan gaji.

Untuk membuat prestasi tentu butuh perencanaan yang matang dan tidak tiba – tiba. Anda bisa membuat daftar achievment atau pencapaian yang akan dilakukan di perusahaan. Hal ini penting agar atasan bisa menyadari seluruh kontribusi, prestasi, dan betapa pentingnya pegawai seperti Anda kepada perusahaan.

Tentu dengan cara ini dijamin bisa mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi dari  yang sekarang. Tentunya hal ini tidak bisa instan karena butuh proses agar bisa mendapatkan gaji yang lebih baik.

Baca Juga: Cara Mendapakan Gaji Rp 27 Juta dalam Sebulan, Gampang Banget!

2. Mencoba Mencari Pekerjaan / Proyek Lain

bisnis

Bila gaji dibilang seret saat ini dan butuh banyak dana untuk kebutuhan, Anda bisa mencoba untuk mencari pekerjaan tambahan atau proyek dari perusahaan. Anda bisa membantu perusahaan dengan mencoba kerja lembur, proyek tambahan, dan tugas lainnya yang bisa diambil.

Anda juga bisa mencoba mencari pekerjaan lain misalnya freelance atau mencari proyek bersama teman kerja. Tentunya selain akan membuat penghasilan meningkat juga bisa menambah kemampuan dan keterampilan dalam pekerjaan yang dilakukan saat ini.

3. Mencoba Bisnis untuk Penghasilan Tambahan

pekerjaan lain

Berkembangnya teknologi internet membuat banyak cara untuk seseorang mendapatkan uang dengan lebih cepat. Hal ini bisa membuat Anda mendapatkan uang penghasilan diluar pekerjaan saat ini. Bisnis online adalah salah satu cara yang bagus supaya bisa meningkatkan pendapatan di kala penghasilan dirasa kurang.

Anda bisa melakukan bisnis online (Jual Beli, Jasa) melalui beberapa platform e commerce atau sosial media. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan sembari tetap bekerja dengan pekerjaan yang sekarang.

4. Melakukan Penghematan

menghemat

Berapapun penghasilannya usahakan untuk tetap bisa hidup hemat agar kondisi keuangan tetap baik. Anda bisa melakukan penghematan dengan mencoba mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, membuat daftar kebutuhan, dan sebisa mungkin tidak termakan oleh gaya hidup boros. 

Anda bisa mempraktekkan hidup hemat ini seperti mengurangi makan di restoran, nonton, nongkrong di kafe, dan sebagainya. Hal ini tentu akan bisa membuat keuangan yang sedikit tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: Bingung Mau Ngasih Uang Jajan Anak Berapa? Baca Dulu Tipsnya

5. Menyisihkan Penghasilan sebisa Mungkin

menabung

 

Selain hemat menyisihkan penghasilan adalah salah satu cara yang bisa dicoba. Meski penghasilan kecil bukan alasan untuk tidak menyisihkan sebagian uang ke tabungan karena ini adalah hal yang penting.

Meski uang yang disisihkan tidak besar namun usahakan bisa melakukannya setiap bulan atau bahkan setiap minggu. Hal ini bertujuan walaupun berpenghasilan tidak tinggi namun tetap ingin memiliki keadaan finansial yang baik.

Selain menjaga kondisi keuangan tetap terjaga dengan baik, menyisihkan penghasilan juga bisa dimanfaatkan untuk keadaan darurat. Bisa saja kan mengalami hal – hal yang tidak diinginkan misalnya kebutuhan mendesak, uang berobat, atau terjadi kecelakaan kerja dan PHK.

Menyisihkan penghasilan adalah salah satu cara cukup jitu bila penghasilan tidak menghasilkan banyak uang saat ini. Anda bisa menjaga kondisi keuangan tetap baik, aman dari hal – hal yang tidak diinginkan, bahkan bisa digunakan untuk investasi masa depan.

6. Meminta Saran dan Support Kepada Orang Lain

meminta saran

Anda bisa meminta saran kepada orang lain semisal teman atau keluarga apabila merasa penghasilan dan pekerjaan tidak maksimal. Hal ini penting agar tidak terbebani dan stress karena kondisi ini.

Yang paling efektif adalah mencoba membicarakan kondisi ini pada keluarga, pasangan, dan sahabat. Bisa saja mereka mendengar keluhan dan memberi solusi serta dukungan emosional. Bisa saja mereka juga memiliki masalah yang sama saat ini atau di masa lalu.

Sukses Tidak Perlu Berpenghasilan Tinggi

Bagi yang berpenghasilan rendah tidak perlu khawatir tidak bisa sukses karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Tetap semangat dalam menjalani pekerjaan saat ini karena pekerjaan terbaik adalah yang dikerjakan dengan hati yang baik.

Baca Juga: Menabung Bertahun-tahun tapi Tak Ada Hasil? Mungkin Ini Penyebabnya