Tips Membuat Kartu Kredit jadi Bebas Bunga

Sebagai pengguna kartu kredit, kamu pasti tidak akan heran lagi dengan tambahan bunga yang harus dibayarkan kepada bank yang menawarkan jasa pinjaman uang tersebut.  Dimana jika setiap bulan pelunasan hutang dari kartu kredit belum dilunasi, maka suku bunga yang harus kamu kembalikan kepada bank juga bertambah.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin sedang terngiang dalam benakmu adalah mengapa harus ada bunga dalam sebuah kartu kredit? Ya jawabnya cukup mudah, namun pahit dalam kenyataan. Bahwasanya dari situlah pihak bank yang meminjamkan uangnya akan mendapat keuntungan.

Salah satu sisi buruk yang terdapat pada kartu kredit adalah tidak terkontrolnya pengeluaran yang akan kamu gunakan untuk berbelanja. Sebab mungkin kamu merasa ringan mengeluarkan uang tersebut. Karena tidak dapat dipungkiri, uang cash dan uang yang ada di dalam kartu, entah itu debit atau kredit memiliki ciri khasnya tersendiri.

Jujur saja, jika kamu belanja keperluan sehari-hari atau mungkin bulanan dengan menggunakan uang cash yang tampak (bukan berupa saldo), akan ada perasaan ‘sayang’ jika dibelanjakan di luar apa yang dibutuhkan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Menjaga Bunga kartu Kredit Tidak Meroket

Berbeda dengan kartu kredit yang tinggal ‘gesek-gesek’ berhadiah, dan pada akhirnya akan memberikan rasa bingung kepada para penggunanya ketika tempo pembayaran kartu kredit datang. Dengan kata lain melunasi hutang uang, karena besarnya bunga yang juga harus dibayarkan.

Lalu, bagaimana caranya agar bunga dalam kartu kredit dapat dihindari? Atau minimal dengan tidak membuatnya semakin besar? Tenang, ambil nafas dulu, keluarkan pelan-pelan, dan simak 4 tips menghindari bunga pada kartu kredit sebagai berikut :

1. Jangan sampai Jatuh Tempo

loader

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar terhindar dari bunga sebuah kartu kredit adalah dengan membayar tanggungan sebelum jatuh tempo. Bisa dikatakan membayarnya pada grace period. Yakni tenggang waktu yang diberikan oleh bank pemberi pinjaman kepada para peminjam.

Walaupun cara ini terkesan remeh, namun ia merupakan cara yang ampuh dan jitu untuk menghindari bunga pada kartu kredit. Yang perlu diperhatikan pula adalah pihak bank hendaknya memberikan tagihan kepada peminjam lebih awal, sehingga kamu sebagai peminjam bisa mengatur dan mengontrol waktu kapan tanggungan harus dibayarkan.

Baca Juga: Tips Menggunakan Kartu Kredit Ala Orang Kaya

2. Jangan Pilih Opsi ‘Bayar Batas Minimum’

loader

Salah satu yang menyebabkan mengapa bunga dalam kartu kredit melambung dan semakin banyak adalah menunda. Dalam kartu kredit, biasa tertera batas minimum pembayaran. Dimana opsi tersebut adalah bahasa halus daripada menunda.

Menunda memang merupakan sebuah sifat yang bisa dikatakan buruk dalam setiap aktivitas. Pasalnya, selain akan mengganggu pekerjaan lainnya, ia akan membuat diri semakin malas dan akhirnya tidak melaksanakan pekerjaan yang seharusnya telah dilakukan.

Begitu pula dengan pembayaran bulanan kartu kredit, atau mudahnya opsi pembayaran batas minimum. Bukannya membuat pengembalian hutang menjadi ringan, malah sebaliknya ia akan membebani siapa saja yang mengambil opsi tersebut.

Memang di awal terasa ringan karena kamu hanya perlu membayarkan 10 % dari total tagihan keseluruhan (tergantung dari masing-masing bank). Tapi ketahuilah, bahwa dengan menunda pembayaran seperti itu akan menyebabkan reputasi kredit bank memburuk. Dan yang membuat pusing tentunya akan ada tambahan bunga 4% yang harus dibayarkan oleh peminjam.

3. Mencari Promo Cicilan 0%

loader

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan untuk menghindari bunga kartu kredit adalah dengan mencari promo dari merchant atau outlet-outlet yang menawarkan cicilan bunga 0%. Dengan cara seperti ini, cukuplah kamu membayarkan tanggungan dari bank pemberi pinjaman kartu kredit.

Namun yang perlu diingat adalah kamu harus menggunakan promo-promo tersebut secara bijak. Belilah sesuai keperluan. Janganlah meng-kredit sebuah barang yang tidak terlalu kamu butuhkan dengan hanya berdalih cicilannya 0%.

Baca Juga: 7 Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit untuk Mengembangkan Bisnis

4. Menentukan Anggaran untuk Belanja

loader

Tips terakhir untuk menghindari sebuah bunga dari penggunaan kartu kredit adalah dengan menentukan anggaran perbelanjaan. Bukan hanya dalam masalah kartu kredit, menentukan sebuah anggaran atau budget untuk berbelanja sangat penting demi mengontrol pengeluaran keuangan.

Dan dengan mengaplikasikannya pada penggunaan kartu kredit, akan memberikan efek yang cukup efisien guna mencegah penambahan bunga pada kartu kredit yang kamu gunakan. Jangan lupa untuk membatasi penggunaan kartu kredit jika tidak diperlukan.

Yang tak kalah penting pula adalah evaluasi setiap pengeluaran yang telah dilakukan per bulannya. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kemampuanmu untuk membayarkannya, yakni ketika telah sampai pada waktu yang telah disepakati antara kamu dan pihak bank selaku pemberi pinjaman.

Cermat dan Teliti dalam Penggunaan

Setelah menyimak dan mengetahui beberapa tips di atas, tentang bagaimana caranya menghindari bunga pada kartu kredit, maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita harus selalu tepat waktu saat waktu pembayaran (kepada pihak bank) telah tiba.

Memang, tanggung jawab memiliki sebuah kartu kredit cukup besar dan beresiko. Oleh karenanya kamu tidak boleh menunda sebagaimana kamu juga harus menggunakan kartu kredit dengan bijak, cermat dan teliti.

Baca Juga: Godaan Gesek Tunai (Gestun) dari Kartu Kredit dan Risiko Kerugiannya