7 Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit untuk Mengembangkan Bisnis

Mengembangkan bisnis dengan mengandalkan kartu kredit, hal ini mungkin saja tidak pernah terlintas di benakmu. Meski pada awalnya ditujukan untuk berbagai kebutuhan konsumtif, kartu kredit juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. 

Hal ini tentu harus dilakukan dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang, agar tujuan mengembangkan bisnis bisa tercapai dengan baik. Selain itu, pahami juga manfaat dan resiko penggunaan kartu kredit dengan tepat terlebih dahulu.

Bagaimanapun juga, tujuan menggunakan fasilitas pembayaran ini tentu untuk mendapatkan keuntungan, bukan? Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan kartu kredit untuk mengembangkan bisnis: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Proses Pengajuan yang Cukup Mudah

loader

Bagi kebanyakan pebisnis, kesulitan mengakses layanan kredit perbankan merupakan salah satu kendala dalam mengambangkan bisnis. Kamu akan membutuhkan agunan dan harus memenuhi berbagai syarat perbankan, sehingga pencairan kredit kerap sulit dilakukan. 

Namun berbeda halnya ketika menggunakan kartu kredit, sebab produk perbankan yang satu ini terbilang mudah untuk didapatkan. Kamu bisa mengajukan kartu kredit dengan cara mendatangi langsung cabang bank terdekat dan melakukan pengajuan langsung di customer service

Jika sibuk dan tidak memiliki waktu di jam kerja, Kamu bahkan bisa melakukan pengajuan kartu kredit ini di mall saat bank mengadakan pameran di sana. 

2. Transaksi yang Aman

Jika beberapa tahun lalu transaksi kartu kredit masih dilakukan dengan cara membubuhkan tanda tangan, maka saat ini sudah tidak. Berbagai transaksi yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas ini sudah lebih aman. 

Sama seperti kartu debit, transaksi kartu kredit juga sudah dilakukan dengan penerapan PIN. Kamu hanya perlu menggunakan PIN yang tepat dan tentunya terjaga kerahasiaannya, maka penggunaan kartu kredit akan aman dari tangan-tangan jahil. 

Baca Juga: 8 Tips Bertransaksi Aman dengan Kartu Kredit

3. Kemudahan dalam bertransaksi

Kamu juga bisa menikmati kemudahan dalam bertransaksi ketika menggunakan kartu kredit. Fasilitas pembayaran ini bisa dipakai di berbagai merchant yang tersebar di berbagai toko. Bisa juga melakukan transaksi tarik tunai dengan mudah di mesin ATM. 

Bukan hanya pembelanjaan offline, kartu kredit juga bisa digunakan untuk berbagai transaksi online yang dilakukan dengan menggunakan layanan internet. Semua ini akan mempermudah kamu dalam memanfaatkan produk ini untuk mengembangkan bisnis secara maksimal. 

4. Besaran Bunga yang Jelas

loader

Saat berbicara tentang kredit, maka bunga kredit tentu menjadi salah satu poin penting yang tak bisa diabaikan. Terkait penerapan bunga di kartu kredit, hal ini disesuaikan dengan peraturan BI yang dikeluarkan pada  6 Januari 2012 silam. 

Mengacu pada peraturan ini, bunga kartu kredit yang diterapkan saat ini adalah maksimal sebesar 2,95% per bulan. Ini tentu besaran bunga yang kecil, jika dibandingkan dengan berbagai pinjaman lainnya di luar perbankan. 

5. Layanan Bebas Bunga

Saat menggunakan kartu kredit, maka kamu bisa saja menikmati layanan bebas bunganya. Hal ini tentu berbeda dengan pinjaman lainnya yang pada dasarnya menerapkan bunga bulanan yang tetap. 

Seluruh tagihan tidak akan dikenakan biaya bunga, jika kamu selalu membayar tagihan kartu kredit dengan tepat waktu. Selain itu, pastikan juga selalu membayar tagihan dalam jumlah penuh setiap bulannya. Hal ini akan mencegah timbulnya beban bunga di bulan berikutnya. 

Baca Juga:  Fitur Kartu Kredit yang Menguntungkan Wanita Milenial

6. Masa bebas Bunga Lebih Panjang

Bukan hanya sebulan saja, kartu kredit memungkinkan kamu menikmati masa bebas biaya bunga hingga 45 hari lamanya. Pastikan memahami dan selalu mengingat tanggal jatuh tempo dan juga tanggal penagihan dengan tepat. 

Lakukan transaksi setelah tanggal cetak, sehingga tagihan tersebut baru akan tercetak di bulan berikutnya, dan kamu memiliki waktu 15 hari setelah tanggal cetaknya untuk melakukan pembayaran. 

7. Limit Kredit yang Besar

loader

Kamu bisa saja mendapatkan limit kartu kredit yang besar, apalagi jika menggunakan kartu kredit cukup lama. Biasanya pihak bank akan menaikkan limit kartu secara bertahap, terutama untuk nasabah yang penggunaan kartu kreditnya bagus. Limit kredit yang besar seperti ini akan memungkinkan kamu mengembangkan bisnis dengan lebih maksimal lagi kedepannya. 

Pertimbangkan dengan Baik sebelum Menggunakan

Memanfaatkan kartu kredit sebagai modal untuk mengembangkan bisnis tentu tidak ada salahnya. Namun kartu kredit bukanlah kredit tunai sebagaimana pinjaman bisnis, sehingga harus bisa memanfaatkannya dengan tepat. 

Memiliki pertimbangan yang tepat sebelum menggunakan kartu kredit untuk mengembangkan bisnis, agar bisnis tersebut bisa sukses tanpa masalah keuangan di masa yang akan datang.

Baca Juga: Cara Cepat Mengumpulkan Point Reward dari Kartu Kredit