Tips Menentukan Asuransi Mobil yang Tepat sesuai Kondisi Keuangan

Ketenangan dalam berkendara otomatis dirasakan ketika mobil yang dikendarai sudah diasuransikan di perusahaan terpercaya. Andai kata terjadi kecelakaan yang disebabkan karena pihak lain, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah biaya perbaikan mobil maupun biaya medis akibat luka-luka. 

Biaya yang timbul akibat kecelakaan akan di cover sebagian atau menyeluruh oleh perusahaan asuransi. Enak, kan?

Sebelum membeli produk asuransi mobil, terdapat beberapa tips untuk menentukan produk yang paling tepat agar asuransi tersebut sesuai sasaran.

Ketenangan dalam berkendara otomatis dirasakan ketika mobil yang dikendarai sudah diasuransikan di perusahaan terpercaya. Andai kata terjadi kecelakaan yang disebabkan karena pihak lain, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah biaya perbaikan mobil maupun biaya medis akibat luka-luka. 

Biaya yang timbul akibat kecelakaan akan di cover sebagian atau menyeluruh oleh perusahaan asuransi. Enak, kan?

Sebelum membeli produk asuransi mobil, terdapat beberapa tips untuk menentukan produk yang paling tepat agar asuransi tersebut sesuai sasaran.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

1. Sesuaikan dengan domisili

loader
Sesuai Domisili

Premi asuransi yang dibebankan kepada Anda berbeda-beda sesuai dengan wilayah atau domisili berkendara. Pada asuransi TLO, persentase terbesar ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya. Sedangkan produk all risk, persentase terbesar untuk wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Jika mobil tersebut lebih sering dipakai untuk berkendara di wilayah Jakarta, premi yang dibayarkan otomatis mengikuti iuran di Jakarta dan sekitar. 

Selain domisili, premi asuransi kendaraan juga tidak lepas dari pengaruh harga mobil yang dipakai. Semakin mahal harganya, semakin mahal preminya.

2. Perhatikan usia kendaraan

Untuk mendapatkan satu produk asuransi yang tepat, Anda wajib mengisi kuesioner seputar usia kendaraan. Berbeda usia, berbeda pula jenis perlindungan yang dibutuhkan oleh kendaraan.

Untuk kendaraan sama atau kurang dari 10 tahun, sebaiknya lindungi dengan produk all risk. Untuk usia lebih dari 10 tahun, lindungi pakai asuransi Total Loss Only (TLO).

Kebijakan perusahaan mengenai usia kendaraan yang dapat diasuransikan berbeda-beda. Sebaiknya cari tahu lebih lanjut agar tidak salah membeli produk.

Baca Juga: 7 Tips Cerdas Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

3. Minta ilustrasi premi

loader
Ilustrasi Premi

Ilustrasi premi perlu diminta sebelum membeli asuransi mobil. Dari ilustrasi ini, Anda bisa melihat manfaat yang dicover, pengecualian, dan premi asuransi. Ilustrasi ini pula yang dapat digunakan sebagai pembanding antar produk asuransi dari perusahaan berbeda.

Ilustrasi dapat diminta kepada agen atau customer service dengan menyebutkan manfaat yang ingin didapatkan. 

Apakah Anda harus membeli produk asuransi setelah dibuatkan ilustrasi premi? Tidak, karena ilustrasinya masih disimpan di dalam draft dan belum dikirimkan ke perusahaan asuransi untuk pengecekan. 

4. Bandingkan produk asuransi

Produk asuransi yang ditawarkan boleh sama, yaitu TLO dan all risk. Namun dari segi premi, keduanya berbeda pada masing-masing perusahaan. Perbedaan tersebut biasanya tidak signifikan, tapi akan berjumlah lumayan untuk pembayaran premi kendaraan dalam jangka panjang.

Penting untuk membandingkan produk yang ditawarkan dari masing-masing perusahaan agar produk tepat sasaran. Anda bisa gunakan ilustrasi premi untuk memudahkan proses perbandingan, jadi tidak bingung sendiri.

Dua poin penting dalam perbandingan adalah premi dan manfaat. Pilihlah yang paling menguntungkan karena proteksi terhadap mobil secara tidak langsung akan menyelamatkan “kantong” Anda.

5. Percayakan pada perusahaan yang berpengalaman

loader
Perusahaan Asuransi Kendaraan

Rata-rata perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi mobil. Namun, tidak semua dapat dipercaya akan memberikan pelayanan terbaik. Entah itu dari segi kecepatan dalam menyelesaikan masalah atau kualitas bengkel rekanan yang dipercayakan untuk memperbaiki mobil.

Hanya perusahaan yang sudah berpengalaman saja yang sebaiknya dilirik. Sebab, berbagai masalah yang Anda hadapi saat ini sebelumnya pernah diatasi dari tertanggung yang berbeda.

Tidak lupa untuk membaca testimoni dari nasabah perusahaan. Dari sini Anda bisa melihat kinerja suatu perusahaan walaupun belum pernah menggunakan jasanya untuk memproteksi kendaraan.

Baca Juga: Asuransi Kombinasi - Pengertian, Manfaat dan Cara Klaim

6. Perhatikan kemampuan finansial

Asuransi apapun yang diambil, TLO atau all risk, dengan manfaat terbatas atau diperluas, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan finansial. Jangan sampai finansial terganggu hanya karena asuransi mobil.

Memang, asuransi dapat menyelamatkan “kantong” dari biaya yang tidak terduga. Tapi ingat, ada kebutuhan lain yang juga membutuhkan biaya. 

Jika saat ini finansial mampunya beli asuransi TLO, ya TLO saja untuk sementara waktu. Jika kondisi finansial membaik, Anda bisa memperbaharui manfaat atau melirik produk dari perusahaan berbeda untuk mendapatkan proteksi maksimal.

Bolehkah Membatalkan Polis Setelah Membeli Produk Asuransi?

Tentu saja, tapi ada beberapa catatan yang perlu diketahui diantaranya :

  • Premi yang sudah dibayarkan tidak dapat diuangkan kembali
  • Premi yang dibatalkan secara otomatis menghilangkan proteksi atau manfaat yang dulunya didapatkan kendaraan yang diasuransikan

Pembatalan polis bisa dilakukan dengan menghubungi customer service dari perusahaan asuransi dengan memberitahu nomor polis. Cara lainnya yaitu dengan berhenti melakukan pembayaran premi saat jatuh tempo. 

Pertimbangkan Baik-baik Sebelum Membeli

Meskipun asuransi mobil dapat dibatalkan, sejatinya agak rugi juga jika seandainya polis dibatalkan apalagi karena masalah finansial. Maka dari itu, pertimbangkan sebaik mungkin sebelum membeli polis dengan melihat berbagai aspek dalam kehidupan. Belilah kalau merasa perlu, bukan karena gengsi semata mengingat asuransi ini untuk melindungi finansial, bukan untuk ajang pamer ke orang lain.

Baca Juga: Tips Aman Beli Asuransi Mobil Syariah