Tips Aman Beli Asuransi Mobil Syariah

Pasti bahagia rasanya jika kamu berhasil membeli mobil yang diidam-idamkan selama ini. Agar level bahagianya bertambah, sebaiknya lindungi mobilmu dengan produk asuransi kendaraan terbaik. 

Adapun biaya yang muncul karena kerusakan pada mobil, nantinya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jadi, kamu tidak perlu cemas memikirkan biayanya lagi.

Tips Aman Beli Asuransi Mobil Syariah

Agar tidak menjadi korban penipuan asuransi mobil, berikut ini beberapa tips aman membeli asuransi mobil syariah yang bisa dipraktekkan. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Tentukan tipe perlindungan

loader

Produk yang ditawarkan di syariah hampir sama dengan konvensional. Terdapat dua jenis tipe perlindungan yang dapat dipilih, yaitu :

  •  Asuransi Total Loss Only (TLO)

Manfaat hanya dapat dirasakan jika mobil mengalami kerusakan setidaknya 75%. Selain kerusakan, manfaat dapat diklaim jika mobil dicuri atau dirampok. 

Melihat manfaatnya yang terbatas, wajar jika premi asuransi ini lebih terjangkau. Persentase premi untuk wilayah DKI Jakarta antara 0,20% - 0.78% dari total harga mobil. 

Misalnya, harga mobil yang diasuransikan adalah Kijang Innova seharga Rp 290 juta. Maka perhitungan preminya adalah 0,40% dari Rp 290 juta adalah Rp 1.160.000.

  • Asuransi All Risk

Manfaat yang diberikan bersifat menyeluruh, baik rusak karena kecelakaan kecil maupun besar, kehilangan, dan risiko lainnya yang mengacu pada ketentuan polis asuransi.

Manfaat yang lebih luas membuat premi asuransi all risk lebih mahal. Persentase premi di wilayah yang sama antara 1,05% - 3,59% dari total harga mobil.

Misalnya, mobil yang sama dengan rate all risk. Premi yang dibayarkan menjadi 2,08% dari Rp 290 juta adalah Rp 6.032.000.

2. Dikelola sesuai syariat

Dalam asuransi syariah, dikenal istilah tabarru dimana premi yang dikumpulkan nantinya digunakan untuk menanggung risiko yang dialami oleh polis lainnya. Singkatnya, menggunakan prinsip sharing risk atau berbagi risiko.

Disini kamu perlu memastikan jika dana tabarru tidak disalahgunakan oleh perusahaan asuransi. Alhasil, manfaatnya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariat.

Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Mobil yang Rusak Akibat Fenomena dan Bencana Alam

3. Disediakan oleh perusahaan terpercaya

loader

Poin penting untuk memastikan jika kamu terhindar dari penipuan berkedok asuransi adalah produk ditawarkan oleh perusahaan terpercaya. Nama perusahaan tersebut sudah sering didengar dari keluarga, kerabat, atau orang lain yang membeli produk asuransi mobil syariah.

Terpercaya atau tidaknya suatu perusahaan dapat dicek melalui AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) maupun OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk produk syariah, tentunya sudah diawasi oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah) juga.

Jangan ragu untuk menolak produk asuransi mobil yang agak mencurigakan, terutama jika manfaatnya dirasa agak berlebihan. Carilah perusahaan yang menyediakan produk pasti, sehingga proteksi untuk kendaraan kamu menjadi maksimal.

4. Bengkel rekanan yang luas

Namanya kendaraan, pasti dibawa untuk menemani perjalanan kamu kemanapun berada. Penting untuk memastikan jika perusahaan memiliki bengkel rekanan yang luas, jadi proses klaimnya lebih mudah.

Jika suatu saat terjadi kerusakan di luar kota, misalnya, kamu bisa mengunjungi bengkel rekanan untuk mendapatkan perbaikan. Bengkel rekanan akan memperbaiki sebaik mungkin sesuai dengan standar kendaraan.

Daftar bengkel rekanan bisa diminta langsung melalui agen atau customer service, bahkan sebelum kamu membeli produk asuransi kendaraan. Tujuannya untuk memastikan apakah produk yang perusahaan sediakan sesuai atau tidak.

Baca Juga: Asuransi Motor: Pengertian, Manfaat, Jenis, Syarat Pengajuan, dan Tips Memilihnya

5. Pelayanan yang mudah diakses

loader

Dari segi mudah atau tidaknya pelayanan, bisa dicek langsung dari fitur live chat di website resmi perusahaan. Jika tidak ada live chat, kamu bisa cek dari waktu yang dibutuhkan customer service untuk membalas email yang dikirimkan.

Pilihlah asuransi mobil yang memiliki pelayanan bagus dan mudah diakses. Jika berada dalam keadaan darurat, misalnya, kamu bisa menghubungi pihak asuransi untuk mendapatkan bantuan.

Untuk mengetahui baik tidaknya pelayanan, coba baca testimoni atau review dari beberapa nasabah yang membeli produk asuransi dari perusahaan tersebut. Dari sini kamu bisa mengambil kesimpulan, yaitu membeli atau mencari produk asuransi dari perusahaan lain.

6. Membeli di broker terpercaya

Produk asuransi kini dapat dibeli melalui beberapa broker maupun e-commerce yang ada di Indonesia. Akseslah masing-masing situs broker untuk mensurvei produk asuransi mobil berbasis syariah.

Jangan lupa untuk membandingkan produk yang ditawarkan, termasuk premi dan manfaat yang didapatkan. Tujuannya untuk memastikan jika produk tersebut sesuai dengan kebutuhan kendaraan, jadi kamu tidak perlu berpindah ke asuransi lain setelah membeli produk dari salah satu perusahaan asuransi.

Asuransi Mobil untuk Meringankan Finansial

Biaya perbaikan mobil bisa menjadi sangat mahal jika kerusakannya parah. Untuk mengurangi beban finansial jika terjadi kerusakan maupun kehilangan, proteksi kendaraan kesayangan kamu dengan produk asuransi yang sesuai. kamu bisa lakukan tips di atas agar terhindar dari praktek asuransi bodong, jadi uang tidak terbuang secara percuma.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Asuransi Mobil yang Bagus