Tips Mengatasi Pegal-pegal dan Nyeri Sekitar Jari Hingga Tangan Akibat Mengetik

Bukan cuma karena menyetir kelamaan, pegal dan nyeri di tangan juga dapat diakibatkan karena mengetik terlalu lama. Lagi sibuk menulis artikel, membuat proposal penting, maupun membalas e-mail, terkadang membuat seseorang mengabaikan rasa nyeri yang dirasakan. Hal tersebut tentu bukan hal yang baik.

Rasa nyeri dan pegal di pergelangan tangan hingga lengan karena kebanyakan mengetik bisa mengganggu aktivitas. Terlebih jika dibiarkan begitu saja, justru dikhawatirkan bisa merugikan kesehatan. Agar nyeri dan pegal di tangan tidak semakin mengganggu, simak bagaimana cara mudah mengatasinya dalam ulasan berikut.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Kelamaan Mengetik, Bagaimana Bisa Nyeri Bisa Muncul?

nyeri tangan
Terlalu lama mengetik bisa menyebabkan nyeri tangan

Menurut William Seitz, Jr., MD, seorang spesialis bedah ortopedi berasal dari Amerika Serikat, sesungguhnya terlalu lama mengetik di komputer bukan hal yang berbahaya. Akan tetapi, jika seseorang bermasalah dengan persendiannya atau kesejajaran pada kerangka tulang, maka aktivitas mengetik berulang dan terlalu lama dapat meningkatkan risiko munculnya rasa sakit.

Umumnya ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi, misalnya saja cedera, osteoarthritis, hingga perubahan struktur tulang belakang (akibat proses penuaan). Seseorang dengan beberapa keluhan tersebut, biasanya akan semakin parah jika melakukan aktivitas dengan tangan secara berulang-ulang.

Akan tetapi, meski tidak memiliki keluhan apapun secara fisik, kelamaan mengetik juga bisa menyebabkan pegal-pegal dan nyeri di tangan. Dr. Sara Elise Wijono, Mres., menuturkan jika posisi yang tidak ergonomis (nyaman) ketika mengetik bisa mengakibatkan nyeri di tangan. Selain itu, kelamaan mengetik juga bisa  memperparah kondisi carpal tunnel syndrome dan radang sendi pada tangan.

Baca Juga: Kerja di Rumah Lama-Lama Bikin Jenuh dan Stress? Ini Dia Cara Menghilangkannya

Tips Mudah Mengatasi Pegal-pegal dan Nyeri di Tangan

peregangan
Lakukan peregangan

Bagi mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan dunia tulis menulis, tangan yang sering merasa nyeri dan pegal-pegal tentu akan mengganggu aktivitas. Sehingga penting untuk mengatasi masalah yang dirasakan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Berikut dr. Sara membagikan sejumlah tips sederhana dari untuk meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal di tangan ketika terlalu lama mengetik.

  • Posisikan monitor atau laptop, keyboard, mouse dan atur dengan baik. Atur juga ketinggian kursi, supaya tetap merasa nyaman ketika mengetik dalam waktu yang lama.
  • Cari posisi duduk yang nyaman sesuai bentuk tubuh agar rasa nyeri dan pegal-pegal saat mengetik berkurang.
  • Atur lengan dan pergelangan tangan agar lurus sejajar saat mengetik, usahakan jangan menemuinya.
  • Atur posisi duduk tegak dan jangan dipaksakan agar tetap nyaman saat mengetik. Sebaiknya hindari posisi duduk membungkuk atau condong terlalu ke depan.
  • Jangan lupa beristirahat setiap jam. Berikan jeda waktu sejenak untuk berhenti mengetik, istirahatkan jari-jari dan tangan dari kegiatan apapun agar bisa beristirahat.
  • Lakukan gerakan-gerakan stretching ringan supaya tangan dan badan tidak merasa kaku dan pegal-pegal. Jangan memaksakan diri untuk terus mengetik jika tangan sudah merasa lelah dan nyeri.
  • Untuk mengatasi pegal-pegal dan nyeri pada tangan, memang ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Supaya penanganan yang diberikan lebih tepat dan sesuai kebutuhan.

Misalnya saja jika karena masalah posisi duduk, maka bisa ubah posisinya. Tapi jika rasa nyeri yang dirasakan akibat adanya peradangan, maka konsumsi obat anti radang bisa cukup membantu. Selain itu, jangan lupa berikan waktu pada tangan untuk beristirahat dengan cukup.

Jika terasa nyeri yang mengganggu pada tangan, konsumsi obat pereda rasa nyeri juga bisa dilakukan. Misalnya saja, obat-obatan seperti ibuprofen dan parasetamol. Saat tangan terasa sangat pegal, usahakan untuk membatasi pergerakan pada tangan. Ada baiknya berikan kompres hangat pada tangan, lalu atur posisi yang nyaman saat mengetik.

Baca Juga: Selain Batasi Penggunaan Gadget, ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Terapkan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi pegal-pegal dan nyeri di tangan yang sudah dijelaskan di atas bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena terlalu lama mengetik. Selain itu, agar nyeri yang dirasakan tidak menjadi semakin parah, sebaiknya perlu dilakukan perawatan yang tepat, yaitu dengan menjaga pola hidup sehat.

Misalnya saja dengan memenuhi asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, seperti asupan kolagen. Sementara  untuk asupan suplemen vitamin, tetap harus disesuaikan dengan kondisi. Seperti asupan vitamin B kompleks yang bagus untuk menjaga kesehatan saraf. Selain itu, juga penting melakukan olahraga rutin, mulai dari stretching atau peregangan, terutama di bagian tangan dan persendiannya. 

Pada umumnya, semuanya kembali lagi pada pola makan sehat dan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup. Sehingga tubuh akan mendapatkan semua asupan vitamin yang dibutuhkan dan juga waktu istirahat untuk pemulihan kondisi. Dengan begitu, masalah nyeri dan pegal-pegal baik pada tangan maupun seluruh tubuh bisa diminimalisir.

Baca Juga: Ini Dampak Buruk Terlalu Serius Main ‘Medsos’