Trik Sukses Menjalankan Usaha Bebas Gagal. Yuk, Praktekkan!

Kegagalan adalah hal yang paling ditakuti, terutama saat menjalankan suatu usaha. Hal ini wajar karena kegagalan menguras banyak aspek dalam hidup kita. Mulai dari uang, tenaga, waktu, pikiran, dan orang-orang terdekat pun sering kali terkena imbas karena kegagalan tersebut.

Untungnya, kita bisa menghentikan kegagalan itu dengan trik-trik sukses menjalankan usaha. Apa saja triknya? Mari simak selengkapnya pada poin-poin berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Ingatlah kalau Kegagalan Membuat Kita Banyak Belajar

kegagalan dalam usaha

Kegagalan adalah guru terbaik yang pernah kita miliki. Kegagalan membuat kita mau berbenah, apa saja yang kurang baik selama menjalankan usaha. Apa saja yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk mendorong laju pertumbuhan usaha, sehingga keadaan bisa segera berbalik menjadi suatu kesuksesan.

Tidak perlu berasumsi kalau kita bodoh, kurang ahli, atau memang tidak ditakdirkan menjadi pebisnis. Kegagalan adalah hal yang sangat wajar, terutama untuk kita yang baru merintis suatu bisnis karena ini kali pertama kita melakukan hal yang berbeda dalam hidup.

Sebaiknya luangkan waktu untuk belajar, dan terus belajar agar kita mampu menguasai metode, mekanisme, dan pengoperasian dari bisnis yang dijalankan. Aplikasikan apa yang kita dapatkan dari pembelajaran tersebut pada bisnis, lalu lihat apakah hasilnya bagus atau tidak agar kita bisa kembali berbenah diri.

2. Rasa Takut Bisa jadi Motivasi Terbesar Kita

membuat rasa takut jadi motivasi

Ketakutan tidak selamanya memberi dampak negatif bagi kehidupan. Terkadang, ketakutan inilah yang bisa membuat kita semakin termotivasi untuk melakukan suatu hal. Kita penasaran seperti apa akhirnya, makanya kita terus berupaya memberikan yang terbaik untuk usaha yang tengah berjalan.

Ubah ketakutan yang tadinya bermakna negatif menjadi positif agar apa pun yang kita lakukan tidak terhambat karena rasa takut. Dan seiring berjalannya waktu kita bisa menuai keberhasilan seperti yang diharapkan.

Intinya, kita mau atau tidak untuk melepas rasa takut ini atau malah justru membiarkannya tetap tinggal dalam diri kita? Coba renungkan baik-baik agar kita benar-benar yakin untuk meneruskan apa yang sudah dimulai sejak awal. kita benar-benar yakin untuk meneruskan apa yang sudah dimulai sejak awal.

Baca Juga: Manfaatkan 5 Fitur Instagram ini Biar Akun Bisnis Dilirik dan Produk Laris Manis

3. Coba Fokus pada Satu Usaha

fokus pada usaha

Kalau mau investasi, sebaiknya investasi saja dan jangan mencampurkannya dengan kegiatan lain. Alasannya biar kita fokus mengelola usaha yang sedang berjalan, tidak terganggu oleh hal-hal lain di luar usaha. Inilah yang akan membantu kita untuk mengembangkan usaha menjadi lebih maksimal.

Kalau ada hal-hal yang ingin difokuskan lagi, pastikan itu ada kaitannya dengan bisnis. Misalnya, tentang saingan kita, pinjaman modal, dan kerjasama antar partner. Jadi, benar-benar hal yang bisa memajukan kegiatan usaha kita saja. 

Kalau seandainya usaha yang dijalankan tidak berjalan, baru kita bisa lirik jenis usaha lain yang lagi diminati di masyarakat. Namun, tetap harus dengan pertimbangan antara pro dan kontra untuk meminimalisir kegagalan saat menjalankan usaha.

4. Pakai Prinsip Memanusiakan Manusia

memperlakukan karyawan dengan baik dan selayaknya

Dalam menjalankan usaha, kita tidak bisa bergerak atau berjuang seorang diri. Kita membutuhkan orang lain, baik untuk membantu kegiatan operasional bisnis ataupun manajemen. Alhasil, semuanya berjalan berkesinambungan, tidak berat sebelah.

Cobalah untuk lebih memperhatikan kebutuhan karyawan. Caranya dengan memfasilitasi karyawan dengan peralatan kerja yang lengkap, memberikan tunjangan, THR, upah lembur, dan yang tak kalah penting adalah promosi jabatan. Cara ini akan membuat karyawan senang dan betah bekerja bersama kita. 

Ketika karyawan merasa nyaman, percayalah mereka akan loyal bekerja pada usaha yang kita kelola. Bahkan akan menunjukkan performa terbaik agar usaha kita berkembang menjadi lebih baik.

5. Sukses itu Bukan tentang Kesempurnaan

kesuksesan

Sempurna itu bukan cikal bakal kesuksesan, dan sebaliknya. Jadi, jangan pernah mengukur segala sesuatunya dari kesempurnaan. Kalau kita ingin menjadi sempurna duluan, maka satu pun keinginan kita tidak akan pernah tercapai sebelum kesempurnaan itu berhasil digenggam.

Kalau kita mau menjalankan suatu usaha, maka jalankan dengan rencana dan mekanisme yang sudah dipersiapkan. Tentu harus dibarengi dengan pertimbangan juga agar rencana kita minim kesalahan.

Biarkan kesempurnaan itu terbentuk seiring berjalannya waktu. Semakin lama kita merintis suatu usaha, semakin banyak pula pembelajaran yang bisa didapatkan. Pelajaran ini yang mestinya dijadikan jalan menuju penggapaian kesempurnaan.

Baca Juga: Tips Mulai Usaha Ikan Hias, Bisnis yang Makin Bersemi Kala Pandemi

6. Semua akan Indah Pada Waktunya

kesuksesan

Usaha tidak kunjung membuahkan hasil, tapi malah rugi? Sebagai wirausahawan, wajar kalau kita panik, cemas, bahkan stres saat mengetahui kalau yang dikerjakan tidak berhasil. Namun, ingatlah kalau segala sesuatunya sudah dirancang pada waktu yang tepat.

Kita tidak bisa meminta kesuksesan itu terjadi hari ini, jam ini, dan detik ini karena semuanya sudah diatur oleh Pencipta. Yang perlu kita minta adalah kebajikan agar kita mampu mengelola usaha dengan baik dan tidak salah dalam mengambil keputusan. 

Meskipun gagal sekali atau dua kali, semangat kita untuk berusaha tidak boleh padam begitu saja. Justru kita harus tambah semangat agar usaha menuai hasil seperti yang sama seperti yang diharapkan.

Perlahan-lahan Tapi Pasti

Meski istilah ini sudah kuno, tapi maknanya tetap ngena bagi kita yang ingin membuka usaha. Pada dasarnya tidak perlu terburu-buru agar kita bisa menyusun perencanaan dengan matang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Barengi dengan tips-tips menjalankan usaha di atas untuk hasil yang maksimal, ya!

Baca Juga: Tak Perlu Kaget, Ini 6 Kendala yang Sering Terjadi Saat Mulai Bisnis Pertama