Ubah Kebiasaan Buruk Penggunaan Kartu Kredit agar Tidak Terjebak Hutang Jangka Panjang

Kartu kredit adalah salah satu media kredit yang sifatnya sangat konsumtif bilamana tak pandai-pandai mengalokasikan pengeluarannya. Maka tak jarang jika sudah terlalu banyak tagihan, kamu akan sangat mudah terlilit hutang yang tak ada habisnya mengingat bunga bank yang selalu berkembang tiap bulannya bilamana tak langsung dilunasi.

Terkait alokasi dana, hal tersebut tak jauh jauh dari kebiasaan buruk yang selalu memanfaatkan kartu kredit sebagai media pembayaran yang sifatnya tidak lah urgent. Namun terlepas dari masalah tersebut, nyatanya ada beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihindari agar kualitas kredit tetap terjaga dengan baik saat pengajuan kartu kredit disetujui. Langsung saja, berikut adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan :

Baca Juga: Biar Makin Untung, Begini Cara Kumpulkan ‘Point Reward’

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

  1. Tak Membaca Pernyataan Kartu Kredit

    loader

    Jangan Salah Menggunakan Kartu Kredit

    Setiap bank penerbit kartu kredit selalu mengirimkan billing tagihan kartu kredit baik melalui email maupun billing fisik. Namun banyak nasabah yang terlalu sering mengabaikan billing tagihan tersebut lantaran bosan membacanya. Padahal semua transaksi yang menggunakan kartu kredit tertera di dalam billing tagihan tersebut. Disinilah kamu dapat memeriksa segala bentuk transaksi, bahkan kamupun bisa melihat berbagai kesalahan penagihan.

  2. Membeli Tanpa Memeriksa Limit yang Tersedia

    Bicara mengenai kartu kredit, semua jenis transaksi akan dibatasi oleh jumlah limit yang ditentukan bank penerbit. Hal tersebut yang patut diperhatikan lantaran limit kartu kredit tak akan tetap sama sejak terakhir kali kamu memeriksanya dikarenakan bunga yang berkembang.

  3. Selalu Mengutamakan pembayaran Menggunakan Kartu Kredit

    Banyak orang sering memanfaatkan kartu kredit untuk membeli barang yang diinginkan. Memang betul metode ini dapat membantu agar tidak langsung kehilangan sebagian besar pendapatan dalam sekali transaksi, akan tetapi kesalahan ini bisalah fatal. 

    Bila membeli setiap barang menggunakan kartu kredit, cicilan akan membengkak dan hutang makin banyak. Jadi jangan asal tergiur cicilan murah begitu saja!

  4. Kebiasaan Membayar Minimum Payment

    Sangat disayangkan jika membayar tagihan kartu kredit hanya minimum payment nya saja. Selain bunga yang berbunga, tentu saja tagihan kamu tak akan pernah ada habisnya. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan kartu kredit sehingga tagihan tak membengkak dan kamu pun dengan mudah membayar tagihan kartu kredit secara penuh.

  5. Menunda-nunda Pembayaran Kartu Kredit

    Entah karena terlalu sibuk dengan pekerjaan atau karena tak punya waktu yang banyak karena mengurus berbagai kegiatan, terkadang Kita pun lalai membayar kartu kredit. Ujung ujungnya Kita dikenakan denda dan catatan kualitas kredit Kita buruk lantaran sering menunda pembayaran. Jika sudah seperti ini denda yang dibebankan oleh bank penerbit pada nasabah tak tanggung tanggung. Bisa jadi jika dibandingkan antara late payment fee dengan bunga kartu kredit lebih besar late payment fee nya.

    Untuk mengantisipasinya, gunakan reminder di handphone. Jika masih kurang disiplin, kamu juga bisa menggunakan fitur autodebet tabungan sehingga terhindar dari denda yang tak kecil jumlahnya.

    Walaupun berbagai kartu kredit dari bank-bank ternama sudah berusaha memberikan denda keterlambatan yang minim, tanyakan juga besarannya dengan jelas. Misalnya, ketika ingn melakukan pengajuan kartu kredit Mandiri, tanyakan secara jelas berapa kira-kira jumlah denda dan biaya lainnya dengan lengkap.

    Baca Juga: Cara Mengurus Kartu Kredit Hilang

  6. Melakukan Transfer Balance Credit Card untuk Menghindari Pembayaran

    Salah satu kesalahan yang sering dilakukan nasabah kartu kredit adalah transfer balance kartu kredit untuk menghindari pembayaran atau tagihan yang membengkak. Secara logika jika melakukan transfer balance kartu kredit, kamu hanya menunda pembayaran sementara bunga tetap terakumulasi.

    Dilain sisi, kamu juga harus memperhatikan biaya transfer saldo tersebut yang akan dibebankan secara keseluruhan. Jadi sangat jelas, jika mentransfer balance kartu kredit, yang terjadi justru kamu memperkeruh permasalahan finansial sendiri.

  7. Tarik Tunai Menggunakan Kartu Kredit

    Kamu kebiasaan melakukan penarikan dana menggunakan kartu kredit? Segera tinggalkan kebiasaan tersebut!

    Kebiasaan tarik tunai menggunakan kartu kredit hanya akan semakin memperburuk permasalahan hutang kartu kredit yang tak ada habisnya. Bunga yang dibebankan pada nasabah pun berkali kali lipat, mulai dari biaya tarik tunai, bunga tarik tunai hingga bunga kartu kredit. 

  8. Mengajukan Kartu Kredit Tanpa Alasan Jelas

    Jika mengajukan kartu kredit hanya karena tergoda promo serta bonus yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit, cobalah untuk berpikir dua kali untuk mengambil tawaran tersebut. Yang harus diperhatikan adalah perihal iuran tahunan kartu kredit yang terbilang tidaklah kecil. Jika mengajukan kartu kredit hanya untuk alasan gengsi, segera lupakan kartu kredit sebelum kamu menyesal memiliki kartu kredit yang sifatnya konsumtif.

Pertimbangkan Dulu Sebelum Pilih

loader

Pertimbangkan Penggunaan dan Jenis Kartu Kredit dengan Tepat

Demikian lah beberapa hal terkait kebiasaan buruk pengguna kartu kredit yang justru bisa membuat kamu terjebak hutang jangka panjang. Selalu pertimbangkan ketika memilih untuk mengajukan kartu kredit, sebelum penyesalan menghampiri di masa yang akan datang.

Baca Juga: Kartu Kredit untuk Beli Saham, Memangnya Bisa?