UKM Terima Pembayaran Kartu Kredit? Simak Untung dan Ruginya

Penggunaan kartu kredit sudah menyentuh berbagai lapisan bisnis, termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Fasilitas pembayaran yang satu ini memang membuat berbagai transaksi menjadi jauh lebih mudah dan praktis. 

Pengguna kartu kredit tak lagi perlu membawa uang tunai ketika bepergian, bahkan saat ingin berbelanja sekalipun. Lalu, bagaimana dengan pelaku UKM itu sendiri?

Pada dasarnya penggunaan kartu kredit tentu akan menguntungkan kedua belah pihak, baik itu pembeli maupun para pelaku bisnis UKM. Namun di dalam prakteknya, tidak semua pelaku UKM menyambut kehadiran fasilitas pembayaran yang satu ini dengan baik. 

Kekhawatiran akan sistem yang rumit dan juga biaya yang diterapkan menjadi  hal yang kerap dijadikan alasan untuk tidak menyediakan mesin EDC dan menerima pembayaran dengan kartu kredit. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Keuntungan jika terima kartu kredit

loader

Penggunaan kartu kredit tidak terlalu rumit, meski diterapkan pada bisnis kecil sekalipun. Para pebisnis UKM bahkan bisa mendapatkan banyak keuntungan saat menerima pembayaran kartu kredit ini di dalam bisnis mereka. 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan pelaku UKM, jika menerima kartu kredit dalam transaksi bisnis: 

1. Angka penjualan yang lebih tinggi

Kartu kredit memungkinkan UKM mendapatkan angka penjualan yang lebih tinggi, sebab transaksi bisa berjalan dengan mudah dan praktis. Ketersediaan dana yang lebih besar pada kartu kredit akan memudahkan pelanggan membeli berbagai barang yang mereka inginkan, bahkan dalam jumlah yang banyak sekalipun. 

Hal sebaliknya justru terjadi ketika pelanggan berbelanja dengan menggunakan uang tunai, di mana mereka akan sangat berhati-hati dan membatasi pembeliannya. 

Saat belanja menggunakan kartu kredit, pelanggan akan cenderung loyal dan tidak khawatir akan kehabisan uang. Bukan hanya membeli barang yang dibutuhkan saja, mereka juga akan cenderung membeli berbagai barang yang mereka inginkan. 

Selain itu, syarat minimum belanja yang diterapkan kartu kredit juga akan cenderung membuat pelanggan membeli lebih banyak barang ketika berbelanja. Kondisi seperti ini membuka peluang terjadinya peningkatan di dalam angka penjualan bisnis UKM.

Baca Juga: Sale Bikin Hemat Atau Boros?

2. Meningkatkan laba penjualan

Masih berkaitan dengan poin di atas, peningkatan pada angka penjualan tentu akan secara otomatis meningkatkan keuntungan di dalam bisnis. Transaksi menggunakan kartu kredit pada umumnya dilakukan untuk pembelanjaan dalam jumlah yang besar. Hal ini juga akan berdampak pada potensi keuntungan yang lebih besar untuk pelaku UKM. 

Bukan hanya dari pelanggan lokal saja, peluang untuk mendapatkan pelanggan dari berbagai belahan dunia juga akan semakin besar. Transaksi yang mudah akan mungkin dilakukan dengan kartu kredit,  bahkan oleh siapa saja yang memiliki alat pembayaran tersebut. 

Hal ini akan mendukung pengembangan bisnis secara keseluruhan, terutama untuk pelaku UKM yang menjalankan bisnisnya secara online.

3. Membuat transaksi berjalan mudah dan nyaman

 Selama beberapa tahun belakangan ini, kebiasaan belanja memang sudah berubah, termasuk dalam fasilitas pembayarannya. Sebagian besar pelanggan sudah enggan membawa uang dalam jumlah besar untuk bepergian. 

Kartu kredit menjadi kebutuhan tersendiri untuk sebagian kalangan, terutama mereka yang terbiasa dengan beragam fasilitas yang praktis dan modern.

Membawa 1 atau 2 kartu kredit saja ketika berbelanja akan jauh lebih mudah dan nyaman untuk sebagian besar orang. Mereka lebih senang berbelanja pada merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit.  

Selain lebih mudah dan nyaman, bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit juga jauh lebih simple serta menyenangkan.

4. Meningkatkan arus kas

Transaksi pembayaran melalui kartu kredit juga dapat meningkatkan arus kas di dalam bisnis UKM. Penerimaan pembayaran kartu kredit ini tentu sudah bisa langsung diklaim dalam waktu 1 atau 2 hari setelah transaksi. 

Sementara jika pembayaran dilakukan dengan menggunakan cek, maka penerimaan dana tersebut tentu akan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Kondisi tersebut dapat membuat arus kas dalam bisnis UKM menjadi terganggu.

5. Membuat bisnis lebih kompetitif

Ketersediaan fasilitas pembayaran  dengan kartu kredit pada bisnis UKM juga akan membuat bisnis tersebut menjadi lebih kompetitif. Hal ini bahkan bisa membuat bisnis tersebut mampu bersaing dengan bisnis lainnya yang berskala lebih besar. 

Bagaimanapun juga, di era digital seperti ini pelanggan akan cenderung mencari akses belanja dan pembayaran yang mudah dan praktis.

Baca Juga: Tipe Pengguna Kartu Kredit Seperti Apa Kamu? Cek di Sini

Kerugian jika menerima kartu kredit

loader

Berikut ini adalah Beberapa kerugian  yang akan dialami oleh bisnis UKM jika menerima pembayaran dengan kartu kredit:

1. Dikenakan sejumlah biaya

 Penggunaan fasilitas pembayaran kartu kredit untuk dibarengi dengan sejumlah biaya dan hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis UKM. Pihak bank penerbit kartu kredit akan menerapkan sejumlah biaya pada setiap transaksi yang terjadi. 

Bukan hanya biaya transaksi saja, bank penerbit kartu kredit juga akan menerapkan sejumlah biaya bulanan untuk penggunaan mesin EDC yang mereka pinjamkan.

2. Beresiko mengalami sengketa pembayaran

Transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit juga memiliki resiko terjadinya sengketa pembayaran. Jika pelanggan merasa keberatan  atau tidak terima dengan jumlah transaksi yang terjadi pada tagihan mereka, maka pelanggan tersebut bisa saja menolak untuk membayar tagihan tersebut kepada pihak bank. 

Hal ini akan menimbulkan terjadinya biaya tolak bayar, di mana  biaya ini jumlahnya sama dengan besaran transaksi yang ditagihkan kepada pelanggan tersebut. Kondisi ini akan menimbulkan kerugian bagi pelaku UKM, apalagi jika jumlahnya terbilang cukup besar.

3. Memiliki risiko penipuan

Resiko penipuan juga bisa terjadi dalam transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit. Hal ini bisa terjadi dalam banyak bentuk, mulai dari penolakan tagihan yang dilakukan pelanggan, dan juga kecurangan dalam bentuk lainnya. 

Berbagai tindakan penipuan ini juga sangat beresiko menimbulkan kerugian bagi pelaku UKM, sebab biasanya kerugian atas tindakan seperti ini akan ditagihkan kepada merchant yang menggunakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit itu sendiri.

Gunakan Fasilitas Pembayaran Kartu Kredit dengan Cara yang Tepat

Menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit sudah menjadi kebutuhan tersendiri dalam bisnis UKM. Namun hal ini tentu memiliki keuntungan dan juga resiko tersendiri. 

Penting untuk memahami berbagai resiko tersebut dengan baik, sehingga penggunaan fasilitas pembayaran kartu kredit di dalam bisnis UKM dapat diawasi dengan baik dan berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Lakukan 6 Hal Ini Saat Kartu Kredit Tertelan Mesin ATM