Yuk, Dukung Sukseskan Sensus Penduduk 2020, Ini Cara Daftar SP2020 Online

Sensus penduduk (SP) merupakan perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Tujuan sensus penduduk yang dilakukan pemerintah Indonesia adalah untuk mendapatkan data akurat dan terbaru tentang populasi yang akan melahirkan formulasi kebijakan dan perencanaan pembangunan negara ke depannya.

Data sensus yang dikumpulkan pemerintah terdiri dari data pribadi secara umum seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan hingga kondisi tempat tinggal. SP digelar setiap 10 tahun sekali dan bersifat wajib diikuti oleh setiap Warga Negara Indonesia (WNI).

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Ikut Partisipasi Daftar Sensus Penduduk 2020

Sensus Penduduk
Sensus Penduduk 2020 via kompas.com

Di tahun 2020 ini sensus penduduk bisa dilakukan secara online melalui laman sensus.bps.go.id. Periode pendaftaran dibuka mulai dari 15 Februari – 31 Maret 2020. Berikut cara mengisi data SP2020 secara online:

  • Siapkan KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akte pernikahan/perceraian jika memiliki
  • Buka laman sensus.bps.go.id
  • Login atau masuk dengan cara input Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP dan nomor KK
  • Seluruh bisa anggota dalam daftar Kartu Keluarga (KK) dapat masuk dan mengisi Sensus Penduduk Online dengan menggunakan NIK masing-masing dan Password yang sama
  • Isi captcha yang merupakan mekanisme keamanan untuk memeriksa perilaku pengguna dan memastikan bahwa pengguna tersebut bukan robot/aplikasi
  • Buat password unik dan pilih pertanyaan sebagai pengaman data
  • Isi semua daftar pertanyaan sesuai dengan kondisi saat ini.
  • Pastikan tidak ada pertanyaan yang terlewatkan, kemudian klik kirim.
  • Jika benar terjadi kesalahan/data yang diisikan belum lengkap, untuk mekanisme mengedit kembali data yang sudah dikirim silakan menggunakan fitur clear password sebagai berikut:

- Logout kembali Akun Anda

- Masuk kembali dengan cara yang sama

- Pada panel sebelah kiri, silakan meng klik "clear password"

- Buat password baru (berbeda dengan password sebelumnya)

- Data yang sebelumnya Anda masukkan akan terhapus, dan silakan untuk mengisi kembali data anda dari awal secara benar dan lengkap.

- Untuk menghindari data hilang akibat jaringan yang terputus, sebelum klik tombol "kirim" harap untuk mengecek kembali data anda.

  • Jangan lupa unduh bukti pengisian SP2020 sebagai akhir ikut serta SP2020

Lengkapi Daftar Pertanyaan SP2020

Pada SP2020 mengajukan beberapa pertanyaan yang akan dijadikan data. Pertanyaan yang harus diisi peserta SP2020 terbagi menjadi empat variabel, antara lain individu, pendidikan, pekerjaan dan perumahan. Berikut daftar pertanyaan SP2020 yang dikutip dari laman Badan Pusat Statistik (BPS).

Variabel individu

  1. Nama lengkap
  2. NIK
  3. Alamat
  4. Lama tinggal pada alamat saat ini
  5. Jenis Kelamin
  6. Tempat dan tanggal lahir
  7. Kewarganegaraan
  8. Suku bangsa
  9. Agama
  10. Bahasa yang digunakan
  11. Status hubungan dengan Kepala keluarga
  12. Status perkawinan

Variabel Pekerjaan

  1. Aktivitas yang biasa dilakukan
  2. Pekerjaan
  3. Status Pekerjaan

Variabel Pendidikan

  1. Ijazah/pendidikan tertinggi

Variabel Perumahan

  1. Status Kepemilikan rumah yang ditempati saat ini
  2. Listrik
  3. Sumber air minum
  4. Kepemilikan jamban
  5. Jenis lantai terluas

Bisa Menambah Anggota yang Belum Tercatat

Silakan masukan anggota keluarga baru atau yang belum tercantum pada daftar sensus. Pastikan mengisi keterangan individunya secara lengkap dengan catatan anggota keluarga tersebut tinggal bersama Bapak/Ibu.

Penambahan anggota keluarga baru dapat dilakukan pada halaman "Daftar Anggota Keluarga" di baris paling bawah pada list nama anggota keluarga.

Baca Juga: Mengupas Sistem Pendidikan di Indonesia dan Perbandingannya dengan Negara Maju

Lakukan Ini Agar Isi Data Sensus Penduduk Online Lancar

Agar penginputan data saat ikut serta dalam SP2020 berjalan lancar tanpa ada hambatan, pastikan Anda cek dulu 4 hal ini sebelum daftar online.

  1. Koneksi internet yang stabil
  2. Pastikan menggunakan browser terbaru
  3. Menonaktifkan fitur auto translate
  4. Gunakan mode incognito atau private saat menginput data

Cara Partisipasi SP2020 Secara Offline

sp2020
Sensus Penduduk 2020 secara offline via Bisnis Tempo

Bagi masyarakat yang lupa belum mengisisi data secara online hingga 31 Maret 2020 dan masyarakat di daerah tinggalnya belum ada akses internet tak perlu risau, karena ada SP2020 yang dilakukan secara offline alias pendataan dilakukan manual, petugas akan datang door to door pada bulan Juli 2020.

Petugas sesnsus akan mendata warga dengan melakukan wawancara. Sementara pencatatan datanya dilakukan lewat gadget dan kertas yang berisi kuesioner.

Baca Juga: Siharka Menpan yang Penting Bagi Aparatur Sipil Negara

WNA Bisa Ikut SP2020 Secara Online

Ternyata bukan khusus WNI saja, tapi Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia juga bisa berpartisipasi dalam SP2020 secara online. Caranya tentu tidak sama dengan WNI, sebab WNA tidak memiliki NIK dan nomor KK.

Mengutip dari situs Kompas, WNA yang ingin ikut SP2020 online bisa langsung kunjungi sensus.bps.go.id dengan Bahasa Inggris. Setelah itu, di laman tersebut akan menampilkan penjelasan mengenai cara mengikuti sensus penduduk online bagi WNA.

WNA akan diminta email ke alamat sp2020@bps.go.id yang berisikan identitas (nama, nomor paspor dan nomor ijin tinggal/batas ijin tinggal untuk mendapatkan dummy NIK dan nomor KK yang akan dikirim oleh pihak BPS. Dengan begitu WNA bisa mengakses SP2020.

Yuk Daftar Sensus Penduduk

Sensus penduduk secara online tentunya prosesnya lebih cepat dan tidak memakan waktu yang lama. Untuk itu, mumpung masih ada waktu segera daftarkan diri dan anggota keluarga pada SP 2020 dengan mengisis berbagai pertanyaan dengan baik dan benar.

Untuk menghindari adanya penipuan yang mengatasnamakan petugas sensus dengan meminta data-data pribadi hingga data perbankan, pastikan Anda dan keluarga daftar SP 2O2O hanya di sensus.bps.go.id.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Surat Pemberitahuan dan Bagaimana Cara Membuatnya