4 Tips Menggunakan Kartu Kredit Secara Efektif untuk Liburan

Liburan sangat penting sebagai bentuk refreshing untuk melepas penat. Terutama bagi Anda dengan kesibukan yang padat, melakukan liburan sesekali bukanlah hal yang salah. Pasalnya, dengan melakukan liburan, performa bisa kembali baik sehingga aktivitas berjalan normal.

Ketika akan berlibur, salah satu hal yang harus Anda siapkan dengan baik adalah budget atau dana. Merencanakan pengeluaran saat liburan akan membantu Anda menjaga keuangan dengan baik. Jika menggunakan kartu kredit, Anda bisa memanfaatkan kartu tersebut agar liburan lebih hemat.

Penasaran bagaimana tips menggunakan kartu kredit secara efektif untuk liburan? Langsung saja, simak penjelasan setiap tipsnya di bawah ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Lakukan perencanaan dengan jelas

perencanaan liburan

Melakukan perencanaan terhadap liburan yang akan Anda lakukan merupakan hal yang wajib dilakukan. Tanpa perencanaan, liburan bisa kacau. Bahkan Anda akan merasa rugi karena mengeluarkan banyak uang namun tidak mendapatkan hiburan yang diinginkan. Bisa-bisa Anda menjadi lebih stress setelah liburan karena hal tersebut.

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dengan jelas yaitu budget atau dana. Merencanakan keuangan dengan jelas wajib Anda lakukan jika tidak ingin liburan yang dilakukan gagal. Rencanakan keuangan secara detail mulai dari biaya akomodasi hingga biaya lain-lain seperti biaya untuk membeli oleh-oleh.

Dalam melakukan perencanaan keuangan ini, Anda bisa mengatur keuangan sehingga pengeluaran tidak berlebihan. Terutama untuk yang liburan dengan kartu kredit, melakukan perencanaan keuangan dapat membantu terhindar dari pemborosan. Sebab, kebanyakan pemegang kartu kredit akan kebablasan saat berbelanja ketika liburan.

Baca Juga: 6 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

2. Gunakan diskon transportasi

diskon transportasi

Banyak bank penyedia kartu kredit, agen wisata, serta perusahaan transportasi yang melakukan kerjasama ketika musim liburan semakin dekat. Kerjasama yang dilakukan akan menghasilkan berbagai jenis promo menarik yang dapat membantu menghemat pengeluaran. Contohnya yaitu diskon atau potongan harga untuk pembelian tiket transportasi dengan menggunakan kartu kredit bank tertentu.

Ada beragam jenis transportasi yang memberikan diskon mulai dari tiket kereta api hingga tiket pesawat. Anda bisa memilih alat transportasi sesuai kebutuhan. Jika ingin pergi ke luar negeri atau ke luar pulau maka manfaatkan diskon tiket pesawat. Namun jika hanya ingin liburan di luar kota maka manfaatkan diskon kereta api.

Periksa diskon yang ditawarkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Ada baiknya Anda langsung memeriksa diskon transportasi dari promo kartu kredit setelah memutuskan untuk melakukan liburan. Jangan lupa mengecek syarat dan ketentuan yang berlaku. Terkadang ada banyak kesalahpahaman yang terjadi akibat kurang teliti saat melihat syarat dan ketentuan promo.

3. Pilih penginapan dengan diskon kartu kredit

penginapan

Disamping diskon berupa tiket pesawat atau tiket kereta, diskon penginapan juga menjadi hal lain yang banyak dicari calon traveler dengan kartu kredit. Pasalnya, penginapan menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh traveler. Tidak mungkin mereka berlibur hanya dalam waktu satu hari dan tanpa menginap, apalagi jika liburan dilakukan di luar negeri atau luar kota.

Pebisnis yang bergerak di bidang penginapan dan perhotelan juga tahu bahwa penginapan merupakan hal yang sangat dibutuhkan saat liburan. Demi menarik banyak pelanggan, mereka akan melakukan kerjasama dengan bank penerbit kartu kredit untuk memberikan diskon penginapan. Anda bisa memanfaatkan diskon penginapan tersebut.

Namun yang perlu diingat, hindari melakukan pemesanan penginapan mendekati hari keberangkatan. Anda bisa kehabisan kamar jika memesannya terlalu dekat dengan hari keberangkatan. Pesan kamar jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu kartu kredit yang dimiliki memenuhi syarat dan ketentuan promo.

Baca Juga:  Cara Dapat Keringanan Pembayaran Kartu Kredit di 9 Bank Terbaru 2021

4. Simpan kartu kredit dengan baik

simpan kartu kredit

Setelah Anda melakukan perencanaan keuangan dengan jelas, memesan tiket transportasi dan penginapan dengan diskon, maka selanjutnya tinggal berlibur. Saat berada di lokasi wisata, bukan berarti bisa bebas tanpa memperhatikan hal apapun. Anda wajib menjaga kartu kredit agar tetap aman.

Pasalnya, kartu kredit sering digunakan sehingga terkadang bisa lupa dan lain sebagainya. Anda harus selalu mengawasi kartu kredit Anda tersebut dan letakkan di tempat yang aman. Jangan sampai kehilangan kartu kredit dan kemudian jatuh ke tangan orang yang tidak Anda kenal sama sekali. 

Kartu kredit bisa disalah gunakan jika jatuh ke tangan orang yang salah. Selain itu, liburan Anda akan terganggu jika tidak membawa uang cash yang banyak. Apalagi jika keuangan hanya bergantung pada kartu kredit tersebut. Maka selalu jaga dengan baik kartu kredit selama liburan.

Manfaatkan Kartu Kredit agar Liburan semakin Lancar

Untuk bisa menggunakan kartu kredit secara efektif untuk liburan, Anda harus selalu update promo yang diberikan oleh kartu kredit. Terutama di musim liburan, promo kartu kredit akan sangat banyak dan bisa membantu Anda berhemat. Temukan informasi promo menarik seperti dining, travel, hingga cicilan nol %.

Baca Juga: Apa yang Boleh dan Pantang Dilakukan setelah Punya Kartu Kredit Pertama? Cari Tahu Disini!