5 Kartu Kredit Belanja Supermarket Terbaik

Dari semua produk kartu yang dikeluarkan oleh perbankan dan lembaga keuangan, kartu kredit merupakan salah satunya yang paling banyak diminati. Hal ini terlihat dari penggunanya, yang seiring waktu semakin bertambah. Sebagian besar dari masyarakat mungkin masih lebih banyak menggunakan kartu debit, namun setelah mengetahui kelebihan dan manfaat dari kartu kredit, banyak yang niscaya turut menggunakannya pula.

Dari sekian banyak manfaat kartu kredit, Cermati akan mengelompokannya ke dalam jenis-jenis kartu kredit sesuai dengan fitur dan pelayanan yang diberikan masing-masing kartu. Beberapa kartu kredit ada yang cocok untuk mereka yang suka travelling, atau ada juga bagi mereka yang masih pemula dan awam dalam menggunakan jenis kartu ini.

Nah, di sini, akan dibahas mengenai kartu kredit yang cocok untuk Anda yang suka berbelanja, yang dinamakan dengan kartu kredit groceries. Selain mempermudah transaksimu, kartu kredit groceries ini bekerja sama dengan brand supermarket yang berbeda-beda. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh beragam keuntungan saat belanja bulanan di supermarket favorit-mu. Keuntungannya meliputi potongan harga, cash back, poin reward, dan masih banyak lagi.

Sebelum mengulas mengenai apa saja kartu kredit groceries terbaik pilihan Cermati, akan diulas terlebih dahulu mengenai informasi dan istilah yang digunakan untuk membahas kartu groceries.

 

Aplikasi Kartu Kredit Belanja Supermarket

Prosesnya sama dengan mengajukan kartu kredit pada umumnya, diantaranya:

  • Menyiapkan dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP, rekening, slip gaji, dan formulir pendaftaran.
  • Melengkapi persyaratan seperti pendapatan minimal, umur minimal, dan lainnya.
  • Mengajukan ke bank.

Istilah-istilah yang Sering Digunakan

1. Potongan harga

Dalam bahasa yang umum, potongan harga sama dengan diskon. Yaitu sesuatu yang sangat mempengaruhi kita ketika sedang berbelanja. Semakin sering diskon diberikan, maka semakin baik pula kualitas dari kartu kredit itu. Karena otomatis biaya yang mesti dikeluarkan juga semakin sedikit.

2. Cashback

Ini adalah salah satu fitur yang paling banyak dicari orang ketika mengajukan kartu kredit. Bayangkan, kita belanja mengeluarkan uang, tapi malah mendapat uang lagi. Uang itu yang nantinya bisa kita manfaatkan lagi untuk belanja kebutuhan lain yang belum terpenuhi. Semakin besar persentasi cashback yang diberikan, maka layanan kartu kredit itu juga semakin bagus.

Sebagai contoh, ada sebuah kartu kredit menawarkan cashback sebesar 3% setiap belanja sebanyak Rp1 juta. Maka nilai cashback yang akan didapat adalah Rp30 ribu. Yang perlu diingat, persentasi dan nilai cashback biasanya ada batas maksimal yang ditentukan dari bank.

3. Poin reward

Selain cashback, fitur lain yang banyak dicari orang ketika mengajukan kartu kredit adalah poin reward. Poin reward adalah point yang akan Anda dapatkan ketika bertransaksi dengan nilai tertentu. Poin tersebut bisa diredeem atau ditukarkan untuk berbagai bonus. Kumpulkan point reward-nya, lalu tukarkan dengan berbagai penawaran menarik.

4. Cicilan Bunga

Sekarang, layanan kartu kredit sudah semakin banyak. Salah satunya adalah kita bisa mengubah transaksi kita menjadi cicilan dengan jangka waktu dan bunga tertentu, bahkan cenderung rendah. Hal ini tentunya akan semakin membuat layanan kartu kredit semakin menarik.

5. Merchant

Sekarang, banyak bank berlomba-lomba untuk terus memberikan penawaran yang paling menarik kepada nasabahnya. Salah satunya dengan terus menambah promosi di berbagai merchant. Di sana, kita akan mendapat berbagai diskon, gratisan, bahkan tambahan produk lain. Hal ini yang akan terus membuat pengguna kartu akan semakin terpacu untuk menggesek kartu kreditnya di mesin EDC.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman

6. Fitur-fitur tambahan

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa layanan lain yang bisa dimanfaatkan. Pertama adalah layanan asuransi yang akan melindungi Anda dari hutang kartu kredit ketika mendapat musibah. Kedua, produk ini juga dapat digunakan untuk membayar tagihan-tagihan seperti tagihan bulanan Telkom, PLN, TV berbayar PAM, dalam satu transaksi. Khusus, untuk penghobi traveling, manfaatkan juga fasilitas Executive Airport Lounge yang ada di berbagai bandara besar.

7. Persyaratan yang mudah

Salah satu hambatan orang-orang ketika mengajukan kartu kredit adalah persyaratan yang agak sulit. Namun, kalau baru menjadi pengguna pertama, ada baiknya untuk membuka kartu kredit tipe silver atau classic. Kenapa? Karena persyaratannya lebih mudah dibanding tipe gold atau platinum. Yang penting, penuhi syarat-syarat yang diminta bank.

8. Annual Fee

Pada umumnya, bank selalu meminta annual fee atau biaya tahunan untuk kartu kredit yang Anda miliki. Namun, seiring dengan semakin tingginya persaingan, sekarang sudah ada beberapa bank yang menawarkan layanan gratis iuran tahunan di tahun pertama atau bahkan selamanya.

9. Biaya-Biaya Lain

Ketika menggunakan kartu kredit, Anda tidak hanya akan dibebankan biaya tahunan kartu kredit saja. Tetapi juga biaya transaksi, denda keterlambatan, dan lainnya. Perhatikan juga hal ini ketika ingin mengajukan kartu kredit. Sebab itu bisa menyulitkan Anda di kemudian hari.

10. Promo

Apa hal lain yang paling banyak dicari ketika menggunakan kartu kredit? Promosi! Hampir sama seperti penjelasan di nomor 5. Semakin banyak kerjasama bank dengan merchant, maka kualitas kartu kredit itu juga semakin baik. Karena keuntungan yang didapat juga semakin besar.

11. Limit

Dalam hal ini, pemberian limit adalah kebijakan dari bank. Ada beberapa indikator pemberian limit kartu kredit, yaitu jenis kartu, penghasilan bulanan, dan historical transaksi. Khusus untuk indikator ketiga, berlaku untuk orang-orang yang sudah pernah menggunakan kartu kredit dan bukan pengguna pertama. Biasanya hal ini sering dipakai bank untuk menyetujui penambahan limit.

Kemudian, berikut 5 pilihan kartu kredit groceries terbaik untuk Teman Cermat, beserta promo, jenis, dan tawarannya:

1. Kartu Kredit BCA Everyday Card

BCA Everyday Card via cermati.com

 

Slogannya yang berbunyi “Tiap hari belanja, tiap hari dapat untung,” memang cocok untuk kalian yang sering berbelanja kebutuhan rumah tangga. Mengapa? Karena untuk setiap transaksi yang dilakukan di pasar swalayan, Anda akan mendapatian cashback sebesar 5%! Di pasar swalayan mana sajakah promo kartu ini dapat berlaku? Banyak! Carrefour, Hypermart, Giant, dan Lotte Mart.

Selain itu, Anda bisa juga mendapatkan keuntungan sejumlah 5% pada setiap pembelian BBM non-subsidi di berbagai SPBU, seperti Pertamina, Shell, dan Petronas. Bukan hanya itu saja promonya, loh. Asuransi sebesar Rp25 juta akan Anda peroleh jika mengalami kecelakaan. Dengan bunga 2,75%, Anda tentunya akan merasa senang karena bisa sepuasnya berbelanja dengan BCA Everyday.

Satu kartu yang dapat mengakses segala macam kebutuhan. Pernahkah hal tersebut terpikir oleh Anda?

Untuk informasi promo Promo Kartu Kredit BCA Everyday Card, dapat langsung di cek di website kami.

 

2. Kartu Kredit Mega Carrefour Card

Carrefour Mega Card via cermati.com

 

Keluar uang, namun justru mendapatkan uang? Carrefour Mega Silver lah kartu kredit tersebut. Dengan kartu ini Anda bisa mendapatkan cashback 1.5% untuk seluruh transaksi di swalayan Carrefour. Selain itu, Anda mendapatkan 1 Mega Point Reward jika melakukan transaksi sejumlah minimum Rp25 ribu. Dan dengan mengumpulkan 100 Poin Reward, Anda akan mendapatkan 1 Garuda Mile untuk perjalanan pesawat.

Kartu kredit ini adalah kerjasama antara Bank Mega dan Carrefour, sehingga Anda bisa mendapatkan diskon 5% ketika belanja produk dengan private label Carrefour. Promo unlimited deal, yang artinya berlaku untuk seterusnya, berupa cashback 1,5% di tiap transaksi untuk semua cabang Carrefour.

 

3. Kartu Kredit Mandiri Hypermart Card Gold

Mandiri Hypermart Card Gold via cermati.com

 

Nah, kalau supermarket yang satu ini, yakni Hypermart, co-brandingnya adalah dengan Bank Mandiri. Perlu diingat mengenai satu hal bagi Anda para pengguna kartu kredit ini: keuntungan dan diskon yang ada tergantung pada periode-periode tertentu saja. Dengan kata lain, pemiliknya harus aktif dan siaga dalam mencari tibanya waktu promo.

Tapi jangan salah, keunggulan dari kartu kredit groceries ini adalah fitur auto installment yang membuat Anda bisa berhemat, dengan cara mengubah transaksi pembelian menjadi cicilan bunga yang ringan (0,99% per bulannya).

Sebagai contoh, Anda membeli barang elektronik seharga Rp 10 juta. Kalau pendapatan bulanan kamu sebesar Rp 5 juta, tentunya gak akan kebeli kalau beli secara kontan. Maka Anda bisa mencobanya dengan cara:

  • Cicilan selama satu tahun (12 bulan)
  • Pembayaran tiap bulan = (Rp 10 juta / 12 bulan) + bunga 0,99% = Rp. 8.250.000,-.

Mandiri Hypermart Visa Gold memberikan Anda promosi untuk semua produk rumah tangga di gerai-gerai swayalan Hypermart. Di samping itu, cashback sejumlah 10% bisa didapatkan di Hypermart dan Foodmart. Untuk biaya tahunan, dikenakan sebesar Rp250.000, namun jangan lupa bahwa Anda mendapatkan layanan 1 Mandiri Power poin untuk setiap transaksi sebesar Rp2.500 dan kelipatannya.

Promo yang lebih menarik lagi, dapatkan tiket gratis pesawat terbang untuk setipa pembelanjaan Rp1 juta, dengan cara menukarkannya dengan 27 Garuda Frequent Flyer / Kris Flyer / BIG mileage.

Baca juga selengkapnya mengenai kartu Promo Kartu Kredit Mandiri Hypermart Card Gold di website kami.

 

4. Kartu Kredit BNI LOTTEMart Mastercard Platinum

BNI LOTTEMart Mastercard Platinum via cermati.com

 

Kartu swalayan ini cocok bagi Anda yang sering berbelanja di pasar swalayan grosir seperti di Lotte Mart. Sudah pernah dengar Lotte Mart, kan? Supermarket satu ini memiliki kartu kredit co-brand dengan BNI. Dapatkan cashback sebesar 3% dari total transaksi belanja di Lotte Mart. Sebagai contoh, Anda berbelanja sebanyak Rp1 juta. Maka Anda akan mendapatkan Rp30 ribu kembali. Lumayan? Tentu saja! Apalagi jika Anda sering berbelanja di Lotte Mart!

Selain itu, dapatkan pula tambahan potongan sebesar 5% untuk pembelian produk dengan private label LOTTE Mart. Produknya berupa keperluan rumah tangga sehari-hari, jadi pasti Anda membutuhkannya! Seperti air mineral, gula, beras, dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat berhemat hingga 100% ketika melakukan poin reward di pasar swalayan ini. Semakin sering Anda belanja, semakin besar pula kesempatan Anda untuk belanja gratis. Nikmatilah pula fasilitas Free Executive lounge di beberapa bandara di Indonesia dengan BNI LOTTEMart MasterCard Platinum!

Sistem poin reward yang diberikan oleh kartu kredit BNI Lotte Mart juga lebih banyak dari yang diberikan bank lainnya. Setiap transaksi sebesar Rp 2.500 (beserta kelipatannya) memberikan 3 poin yang bisa kamu redeem dengan berbagai hal.

 

5. Kartu Kredit Permata Shopping Card Platinum

 

PermataShopping Card Platinum via cermati.com

 

PermataShopping Milenium sedikit berbeda dengan kartu kredit lainnya. Kartu ini dapat digunakan untuk berbelanja sekaligus untuk menabung. Jika Anda melakukan transaksi mulai dari Rp2.000,- dan kelipatannya, Anda akan mendapatkan 1 poin reward yang bisa digunakan untuk hadiah, travel, potongan tagihan, bahkan charity.

Bukan hanya itu dong, loh! Ternyata, kartu PermataShopping Milenium juga dapat berfungsi untuk membayar tagihan bulanan Telkom, PLN, Indovision, PAM & IPL Bintaro Jaya, OkeVision, CBN, dan lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kartu Promo Kartu Kredit Permata Shopping Card Platinum, dapat dicek langsung di website kami.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula

 

Pilihlah Kartu Kredit Belanja Supermarket yang Cocok dengan Kebutuhan Anda!

Dari sekian banyak promo kartu kredit swalayan yang tersedia, pilihlah yang paling cocok untuk kebutuhan Anda dalam berbelanja. Perhatikan ketentuan biaya dan denda yang berlaku, beserta persyaratannya dengan pertimbangan yang matang, dan jangna lupa untuk membandingkan fitur- fitur utama pada setiap kartu kredit ini, seperti cashback, reward, airmiles, cicilan ringan, serta promo makan atau belanja. Selamat berbelanja ya!

Baca juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling