6 Tips Menemukan Kartu Kredit Terbaik

Sekarang ini, urusan transaksi semakin dimudahkan dengan kartu kredit. Tak heran kalau masyarakat menjadi ketergantungan. Lupa bawa kartu kredit sehari saja, hati langsung kurang tenang.

Segitu pentingnya kartu ini, makanya banyak orang berusaha apply berulang kali saat pengajuannya ditolak. Padahal, poin pentingnya bukan hanya mendapatkan kartu saja, tapi juga mengetahui manfaatnya bagi diri sendiri.

Agar tak salah mengajukan, ini dia tips menemukan kartu kredit terbaik untuk kamu.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

6 Tips Menemukan Kartu Kredit Terbaik

1. Cek tujuan penggunaan kartu

loader
Cek tujuan menggunakan kartu kredit

Berbicara mengenai kartu kredit terbaik, sebenarnya tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Sesuaikan dengan tujuan penggunaan agar manfaat kartunya menjadi maksimal.

Ambil contoh, jika kamu hobi traveling, carilah kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan tertentu. Ketika kartu digunakan untuk bertransaksi, kamu bisa mendapatkan harga spesial, airport lounge gratis, hingga extra miles.

Jika tujuannya untuk belanja, cari yang banyak bekerja sama dengan merchant belanja offline maupun online. Keuntungan yang kamu dapatkan dari transaksi bisa mengurangi beban finansialmu saat melunasi tagihannya pada akhir bulan.

Baca Juga: Tak Perlu Panik! Ini 6 Tips Atasi Kartu Kredit yang Dibobol

2. Membandingkan manfaat

Untuk mendapatkan kartu kredit terbaik, luangkan sedikit waktu untuk membandingkan manfaat dari beberapa kartu secara sekaligus. Tapi sebelumnya, kamu perlu pilih tiga bank penerbit yang memiliki kinerja terbaik. Jadi, waktumu tidak habis untuk membandingkan produk yang bank tawarkan.

Dengan membandingkan, kamu tahu kartu yang paling cocok dengan kebutuhan. Kamu juga tidak merasa dirugikan saat menggunakan kartu karena fitur yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. 

Beberapa hal yang bisa dibandingkan, seperti suku bunga, reward, annual fee, promo, dan biaya lain-lain. Tulis dalam catatan untuk memudahkan seleksi kartu kredit. 

3. Pilih yang paling menguntungkan

Keuntungan akan lebih maksimal bila disertai dengan kata “paling”. Jadi, pilihlah kartu kredit yang paling menguntungkan agar kamu bisa mengakuinya sebagai yang terbaik. Keuntungan kartu kredit yang bisa didapatkan, seperti suku bunga yang rendah, pembebasan annual fee di tahun pertama dan seterusnya apabila memenuhi jumlah pemakaian minimum, cashback, dan reward yang beragam.

Jika sudah menemukan yang paling untung, segera apply melalui form pengajuan online daripada datang ke kantor cabang. Lebih efektif dan efisien, baik dari segi waktu, tenaga, maupun materi. 

4. Cek jenis kartu kredit

loader
Cek jenis kartu kredit

Kartu kredit terdiri dari beberapa jenis, yaitu silver, gold, platinum, titanium, hingga spesial. Jenis kartu menentukan manfaat, limit, dan biaya yang dibebankan kepada pemegang kartu setiap tahunnya. 

Untuk pengajuan pertama, pilihlah jenis silver, yaitu yang limitnya paling rendah agar peluang approve lebih besar. Jika apply ke jenis yang lebih tinggi, takutnya ditolak karena kamu belum memiliki riwayat transaksi. 

Meskipun jenisnya silver, kamu bisa menaikkan limit kartu kredit setelah beberapa bulan pemakaian. Intinya, pakailah sesering mungkin untuk memperjelas transaksi dan kondisi keuanganmu. 

Baca Juga: Mau Poin Kartu Kredit Meningkat Drastis? Terapkan 6 Tips Ini

5. Membaca review dari pengguna lain

Membaca review adalah hal yang wajib dilakukan sebelum menggunakan suatu produk, seperti kartu kredit. Sebaiknya luangkan waktu untuk membuka sosial media, forum diskusi, atau blog pribadi orang lain untuk memaksimalkan informasi yang kamu dapatkan. 

Sebab, membaca review dari situs resmi bank bersangkutan saja tidaklah cukup. Mungkin saja review tersebut dituliskan oleh karyawan bank, jadi tingkat keakuratannya kurang terjamin.

Segera ajukan kartu kredit jika kamu merasa diuntungkan dengan program dan benefit yang ditawarkan oleh bank penerbit. Ikuti mekanisme pengajuan dengan benar, jadi kartu kredit cepat approve.

6. Cek kondisi keuangan

Sah-sah saja untuk apply kartu kredit jenis gold jika kamu merasa butuh. Tapi ingat, sesuaikan dengan kondisi keuangan juga, ya! Jangan sampai kehadiran kartu kredit membuat keuangan terombang-ambing.

Sebab, riwayat kredit terekam lengkap di Bank Indonesia. Sangat disayangkan jika karena telat membayar tagihan, kamu kesulitan untuk mengajukan pinjaman ke bank saat membutuhkan duit. 

Saat saat jatuh tempo pembayaran tiba, segera bayar tagihan. Mudahnya melalui autodebet, jadi tagihan akan terbayar otomatis dengan memotong saldo yang ada dalam kartu debit yang kamu daftarkan. 

Hindari Godaan yang Bikin Kalap

Setelah pengajuan kartu kredit terbaik dinyatakan approve, gunakanlah sebaik mungkin layaknya barang berharga. Usahakan untuk menjaga mata, telinga, dan tangan saat berbelanja di mana saja agar tidak tergoda untuk membeli. Sekali saja tergoda, kamu bisa jadi kalap dan sulit mengontrol nafsu belanja.

Jika tertarik mengajukan kartu kredit, segera datangi kantor cabang terdekat atau akses form online untuk mengisi data diri secara lengkap. Jika sudah, klik apply, maka pengajuan akan segera diproses oleh bank yang bersangkutan. Silahkan tunggu dalam 1-2 minggu, jika tidak ada kabar, itu artinya pengajuan kartu kredit ditolak.

Baca Juga: Tips Berhasil Membuat Kartu Kredit Pertama Bagi Milenial