7 Layanan E Banking yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai lembaga pemerintah yang dibentuk melalui UU dan memiliki tugas mengatur dan mengawasi industri jasa keuangan, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan baru saja merilis Buku Bijak Ber-E-Banking yang berisi informasi lengkap seputar dunia E-Banking. Buku Bijak Ber-E-Banking ini bermanfaat untuk masyarakat yang ingin mengetahui lebih jelas seputar produk serta layanan E-Banking. Hal ini dilakukan sekaligus untuk mendukung program literasi keuangan yang selama ini dilakukan agar bisa berjalan dengan baik.

Dengan diluncurkannya Buku Bijak Ber-E-Banking, diharapkan nasabah bisa lebih paham dan memaksimalkan fitur E-banking yang mereka miliki. Perkembangan pesat bidang teknologi juga berdampak pada perkembangan transaksi perbankan, seperti adanya fitur ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Phone Banking, SMS banking, EDC, E-Commerce, hingga Video Banking yang memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mengakses transaksi banking.

Apa sajakah layanan E-banking tersebut? Mari simak uraian lengkap berikut ini

1. Memaksimalkan Fungsi ATM, Bukan Sebatas Tempat Menarik Uang

loader

Fungsi ATM Menjadi Tidak Cuma Untuk Tarik Tunai via webindiasolutions.com

Masyarakat sejauh ini mengenal ATM hanya sebatas tempat ambil uang. OJK melalui Buku Bijak Ber-E-Banking ini akan menjelaskan seluk beluk transaksi elektronik secara detail. Hal pertama yang dipaparkan secara lengkap dalam Buku Bijak Ber-E-Banking Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini adalah mengenai ATM atau anjungan tunai mandiri (automated teller machine).

Buku Bijak Ber-E-Banking menjelaskan mengenai tipe ATM dan sistematika kerja ATM, di mana ATM sendiri terbagi menjadi 4 jenis yakni ada ATM tunai, non-tunai, ATM setor tunai, hingga ATM yang memberikan pelayanan lengkap tunai non-tunai setor tunai.

ATM punya banyak fungsi lain, selain tempat ambil uang tunai. Fungsi lain tersebut meliputi akses sejumlah layanan, antara lain: transfer duit, cek saldo, bayar tagihan kartu kredit, bayar listrik, beli pulsa, dan bahkan sampai bisa untuk melakukan pembayaran premi asuransi misalnya.

ATM tunai seperti uraian di atas berfungsi untuk melakukan bertransaksi tunai alias menarik duit lewat mesin ATM ini. ATM non-tunai mempunyai fitur khusus buat transaksi non-tunai, seperti transfer, bayar tagihan, cek saldo, dan lain-lain.

Tarik tunai di mesin ATM non tunai ini tidak bisa dilakukan. ATM setor tunai atau biasa disebut mesin Cash Deposit Machine (CDM) berfungsi sebagai tempat untuk setor uang sehingga memudahkan nasabah untuk tidak perlu antri ke teller bank. Minimal setor uang melalui mesin ini menggunakan lembaran Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Sedangkan ATM serbabisa mempunyai fitur yang komplit, dari transaksi tunai sampai setor tunai. Semua bisa.

Anda mesti paham bahwa tidak semua bank punya ATM dalam jumlah banyak di setiap tempat sehingga perlu solusi dalam bentuk jaringan ATM yang bisa digunakan secara bersama-sama. Ada 2 jaringan besar bank di Indonesia, yakni:

  • ATM Bersama beranggotakan 82 bank, di antaranya, BNI, BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, Bank Panin, Bank Permata, dan Bank Danamon.
  • ATM Prima beranggotakan 57 bank, di antaranya BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga.

2. EDC untuk Transaksi Jual Beli Melalui Kartu Kredit dan Kartu Debit

loader

Sekarang Ada EDC Untuk membantu Transaksi Anda via paymentdepot.com

Selain ATM, buku paduan OJK di atas juga memberi ulasan lengkap mengenai Electronic Data Capture atau EDC, di mana EDC ini berfungsi untuk melakukan transaksi jual beli melalui kartu kredit, tanpa perlu uang tunai. EDC ini biasanya digunakan ketika berbelanja, sehingga konsumen tidak perlu repot mencairkan uang di ATM untuk melakukan transaksi belanja.

Sesuai kampanye Bank Indonesia untuk lebih menggerakkan cashless society, alias masyarakat yang bertransaksi tanpa uang tunai, Mesin EDC memungkinkan kita membayar transaksi tanpa uang tunai sehingga praktis dalam berbelanja tanpa ribet menghitung uang.

Biasanya EDC bisa dipakai buat transaksi di toko-toko dan pusat perbelanjaan yang mempunyai transkasi cukup besar, mengingat ada target nominal tertentu bagi toko yang menyediakan layanan mesin EDC. Perlu diingat juga bahwa EDC tidak hanya bisa dipakai dengan cara digesek, namun bisa juga dengan cara menempelkan kartu ke mesin itu.

Masyarakat perlu tahu bahwa ke depannya transaksi dengan EDC ini akan semakin populer untuk berbagai keperluan misalnya bayar uang belanja, bayar tol, bayar tiket pesawat, bayar listrik dan sebagainya.

Ada 3 jenis Mesin EDC yang biasa dipakai di merchant atau pusat perbelanjaan yaitu Fixed Line/Line Telepon yang menggunakan line telepon dari Telkom dengan biaya langganan line ini ke Telkom langsung, kemudian ada juga GPRS Power yang bekerja berdasarkan sinyal seluler layaknya hand phone dan yang terakhir adalah GPRS Mobile yang menggunakan sumber energi baterai yang bisa diisi ulang.

Baca Juga: Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit serta Ancamannya

3. Internet Banking, Layanan Mudah Seolah Punya Teller Pribadi

loader

Internet Banking via businesskorea.co.kr

Selanjutnya, Buku Bijak Ber-E-Banking juga membahas mengenai Internet Banking. Internet Banking merupakan layanan yang diberikan pihak bank untuk mempermudah transaksi banking tanpa perlu pergi langsung ke bank (melalui internet), seperti aktivitas cek saldo, transfer, dan lain-lain.

Dengan Internet banking, Anda seolah punya teller pribadi dan gak perlu capek antri di bank buat melakukan hampir semua layanan perbankan seperti cek saldo, transfer dana, melihat mutasi rekening, beli pulsa, bayar tagihan listrik, TV kabel, air, telepon, asuransi, Internet, beli tiket, Setor uang deposito dan masih banyak lagi yang lainnya.

Proses pendaftaran internet banking juga mudah tinggal datang ke bank, isi formulir dan kemudian anda akan diberi token plus user ID dan password, one time password (OTP) via SMS yang tergantung jenis banknya.

4. SMS Banking, Transaksi Perbankan Dalam Genggaman

loader

Transaksi Bank Bisa Dilakukan Lewat SMS via rapporto.ru

Dalam buku panduan OJK, Anda juga akan mendapatkan ulasan mengenai SMS Banking yang hampir serupa dengan internet banking. Pebedaannya, SMS banking bisa dilakukan tanpa koneksi internet, yakni cukup melalui pesan singkat. Fitur SMS banking mirip dengan Internet banking, tapi tidak perlu pakai Internet kalau menggunakan layanan ini. Hal yang utama adalah kita punya stok pulsa yang cukup.

5. Mobile Banking, Solusi Menarik di Antara Internet Banking dan SMS Banking

loader

Mobile Banking dengan Solusi Lengkap via performance-assurance.com.au

Dalam Buku Bijak Ber-E-Banking, dibahas pula mengenai Mobile Banking yang merupakan perpaduan antara SMS banking dan internet banking. Syarat agar Anda bisa melakukan transaksi melalui Mobile Banking ini adalah harus medaftarkan sim card melalui aplikasi bank pada smartphone.

Bisa saja Anda kurang puas jika hanya mengandalkan layanan SMS seperti yang ada di fitur SMS banking buat transaksi. Jika demikian ada solusi lain yaitu melalui layanan mobile banking, di mana kita akan mendapatkan fitur lain yang lebih canggih. Fitur ini bisa diakses lewat dua pilihan yaitu melalui menu provider atau mobile banking lewat aplikasi. Mobile banking bisa dibilang solusi tengah antara Internet banking dan SMS banking. Pengguna mobile banking bisa melakukan transaksi perbankan di mana pun dan kapan pun.

6. Phone Banking, Anda Tinggal Telepon dan Transaksi Keuangan pun Beres

loader

Transaksi pun Bisa Dilakukan Lewat Telepon via bankingtech.com

Pembahasan lain pada Buku Bijak Ber-E-Banking adalah mengenai Phone Banking. Melalui fitur Phone Banking, nasabah hanya perlu menelepon pihak bank untuk melakukan transaksi, tanpa perlu pergi ke ATM, dan tanpa perlu koneksi internet. Ya, sangat simpel, tinggal telepon semua beres, namun Anda tetap wajib mendaftar dulu ke bank untuk mendapatkan PIN phone banking yang akan digunakan buat otorisasi atau izin buat bertransaksi via telepon.

Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

7. Video Banking, Bisa Tatap Muka dengan Teller Bank Melalui Video

loader

Bertemu dengan Teller pun Bisa Dilakukan Lewat Video via firstbankblog.com

Bagian terakhir Buku Bijak Ber-E-Banking juga membahas tuntas mengenai fitur Video Banking. Berbeda dengan fitur banking lain yang bisa dilakukan kapan saja, fitur Video Banking ini hanya memberikan pelayanan pada waktu tertentu saja, seperti hari Sabtu dan Minggu. Dengan video banking ini, kita bisa melakukan transaksi seolah olah tatap muka dengan teller Bank, seperti layaknya bertransaksi di loket bank tapi lewat video.

Manfaatkan E-Banking Secara Bijak dan Maksimal

Itulah tujuh layanan electronic banking yang dibahas tuntas dalam Buku Bijak Ber-E-Banking OJK. Jika Anda seorang nasabah dari sebuah bank, tentu penting untuk mengetahui fitur apa saja yang bisa dinikmati sehingga bisa menjadi nasabah yang baik dari bank tersebut. Nasabah yang baik tentu paham semua fasilitas dan produk bank, di mana dia mempunyai rekening di dalamnya. Dengan adanya Buku Bijak Ber-E-Banking, diharapkan bisa membantu nasabah untuk lebih mengerti seputar fasilitas perbankan sehingga nasabah pun bisa memanfaatkan semua kelebihan tersebut dengan maksimal.

Baca Juga: Waspada Tindakan Phishing yang Mengincar Uang di Rekening Anda