7 Negara Ini Nyaman untuk Bekerja, Nomor 3 Paling Direkomendasikan

Bagi kamu yang ingin punya tantangan baru dalam karir, boleh mencoba untuk bekerja di negara orang. Selain suasananya yang benar-benar berbeda, di luar negeri  kamu bisa banyak pengalaman dan ilmu baru yang tidak bisa kamu dapatkan di Indonesia.

Dengan bekerja di luar negeri kamu bisa belajar untuk lebih mandiri, pikiran kamu pun jadi lebih terbuka karena perbedaan gaya hidup dan budaya yang berbeda.

Tapi memilih negara tujuan kamu untuk bekerja tidak boleh sembarangan. Jika tujuannya bekerja, artinya kamu akan tinggal dalam jangka waktu yang lama di negara tersebut. Untuk itu sebelum memutuskan bekerja, kamu harus memilih terlebih dahulu negara-negara mana yang kira-kira nyaman untuk kamu tinggali.

Berikut daftar 7 negara yang ramah dan nyaman untuk orang asing dan bisa dijadikan tujuan tempat kamu bekerja dengan nilai upah minimum setiap negara dikutip dari tradingeconomics.com per akhir tahun 2017

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Korea Selatan

loader

Minimum gaji: 2,4juta KRW atau sekitar Rp31juta/bulan

Satu-satunya yang ekstrim dari negara ini bagi kamu yang berasal dari negara tropis adalah cuacanya. Sebab, Korea Selatan memiliki 4 musim seperti negara-negara di Eropa. Jadi kamu harus menyiapkan pakaian untuk musim dingin sebelum pergi ke Negeri Gingseng ini. Korea Selatan pun ramah dengan wisatawan muslim, jadi kamu yang seorang muslim tidak usah takut susah dapat makanan halal di sana.

Dikutip dari pengalaman beberapa blogger yang pernah bekerja di korea, biaya hidup di Korea selatan bisa dibilang tidak terlalu mahal. Untuk makan sehari-hari, kamu hanya menghabiskan sekitar 6000 KRW atau sekitar Rp 77 ribu. Tapi, ini masih bisa kamu tekan lagi pengeluarannya jika kamu memasak di rumah. Jadi dalam sehari kamu setidaknya bisa menghabisakan 5000KRW atau Rp64 ribu untuk 1 hari biaya makan.

Untuk biaya tempat tinggal harganya pun bervariasi, ada one office tel dan apartemen dengan biaya sewa mulai dari 15000 KRW – 400000 KRW atau sekitar Rp2 juta – Rp6 juta per bulannya. Bahkan, kamu bisa menghemat biaya ini bila sharing dengan roomates kamu.

Jika dihitung-hitung kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp 6-8 juta untuk 1 bulan. Jadi masih banyak sisa gaji kamu yang bisa ditabung. Tentu biaya hidup ini diluar hitungan anggaran lifestyle ya, kalau doyan belanja, pastinya bisa lebih besar pengeluarannya.

Baca Juga: Tips Biar Bisa Bekerja ke Korea

2. Singapura

loader

Minimum gaji: SG $1302 atau sekitar Rp14 juta/bulan

Paling dekat letaknya, Singapura memang sudah cukup lama jadi langgangan menerima karyawan Indonesia. Negara yang dikenal dengan patung singanya ini pun banyak membuka lowongan pekerjaan khusus untuk orang Indonesia yang bisa di cek di website lowongan kerja.

Hanya saja, rata-rata gaji karyawan di Singapura susah diukur karena Singapura tidak menerapkan sistem UMK seperti Indonesia. Singapura adalah negara yang memiliki apresiasi tinggi terhadap berbagai pekerjaan. Namun, dua pengecualian itu dibuat baru-baru ini: Upah minimum $1.100 per bulan berlaku September 2016 untuk beberapa profesi tertentu, seperti dikutip dari minimum-wage.org/international/singapore 

Perusahaan-perusahaan di Singapura akan memberikan gaji sesuai dengan kualitas karyawannya. Jadi, memang benar cerita soal perusahaan-perusahaan di Singapura yang senang memberikan bayaran tinggi untuk karyawannya.

Untuk para pemula dan masih takut kerja di luar negeri, Singapura bisa jadi negara pertama kamu. Singapura pun negara dengan nilai multikultural yang sangat tinggi, semua agama dan suku hidup dengan baik di sini. Baik kamu yang Indonesia dan beragama Islam, Singapura adalah pilihan tepat untuk negara tujuan bekerja kamu. Karena tidak sulit menemukan makanan dan bahan makanan halal disini.

Namun, kekurangan di Singapura adalah gaji tinggi yang dibarengi dengan gaya hidup yang mahal. Jadi kamu harus pintar-pintar menabung jika tinggal di Singapura. Biaya sekali makan di Singapura bisa mencapai Rp60 – Rp80 ribu dan biaya sewa apartemen satu bulan di Singapura sama dengan biaya sewa apartemen 4 bulan di Indonesia.

Namun walaupun gitu tunjangan dan berbagai apresiasi lain seperti uang lembur dan bonus sangat tinggi, selain itu pajak penghasilan di sana pun rendah.

3. Hongkong

loader  

Minimum gaji : HK $10382 atau sekitar Rp19 juta/bulan

Hongkong dibilang menjadi negara yang sangat ramah dengan para pendatang dari Indonesia. Di Hongkong kamu akan menemukan banyak TKI karena di sini salah satu negara yang paling banyak menampung para tenaga kerja asing dari Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan di Singapura, sebagai negara dengan perkembang ekonomi yang tinggi, biaya hidup di Hongkong pun menjadi mahal, bahkan biaya hidup di Hongkong menjadi termahal di Asia setelah Jepang. Namun perlakuan karyawan asing di Hongkong sangatlah baik dan tentunya akan sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja di negara dengan suasana yang mudah diajak adaptasi.

Hongkong pun dikenal dengan tingkat keamanannya yang baik. Tidak usah takut keluar malam-malam di Hongkong, selain aman, menjangkau transportasi umum sangat mudah di daerah manapun di Hongkong.

4. Inggris

loader

Minimum gaji: £1200 atau sekitar Rp22 juta/bulan

Bernilai fantastis, biaya hidup di Inggris cukup tinggi. Namun Inggris adalah salah satu negara di Eropa yang ramah dengan orang luar. Di negara ini kamu juga akan mudah menemukan banyak orang Indonesia dengan berbagai tujuan ke Inggris, baik untuk kuliah, kerja atau sekedar liburan.

Ritme bekerja di Inggris juga sangat santai dan tidak seperti Jepang yang menuntut karyawannya menjadi workaholic, Inggris berusaha menjaga kesehatan mental dan fisik karyawannya dengan tidak memberlakukan jam lembur dan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi karyawannya.

Inggris dibilang nyaman untuk ditinggali dalam jangka waktu lama karena lingkungannya diisi dengan orang-orang yang ramah, bersih dan disiplin. Inggris juga banyak dihuni oleh para muslim. Jadi jika kamu beragama Islam tidak usah takut cari makanan halal di sini karena sudah banyak tersedia.

Soal tempat tinggal, kamu bisa memilih apartemen atau house flat dan bisa mencari roomates agar kamu bisa membagi 2 biayanya. Walaupun mahal, kamu bisa menekan biaya hidup dengan lebih banyak memasak makanan sendiri dan mengendarai transportasi umum atau berjalan kaki.

5. Finlandia

loader

Rata-rata gaji: €2009 EUR atau sekitar Rp34 juta/bulan

Saat ini Finlandia berada di peringkat nomor 1 sebagai negara paling bahagia di dunia. Tidak hanya itu, Finlandia juga masuk peringkat tertinggi untuk kualitas sistem pendidikan dan bekerjanya. Bayangkan saja, di Finlandia kamu hanya perlu bekerja maksimal 5 jam sehari, jam kerja yang lebih pendek ini bisa membuat kamu makin hahagia bukan?  

Sama seperti Singapura, di sini juga tidak memiliki undang-undang dalam menetapkan UMK. Jadi sistem penetapan gaji di Finlandia murni di nilai berdasarkan kualitas karyawan dan profesinya, seperti dikutip dari minimum-wage.org/international/finland

Tidak tidak jadi masalah bila kenai pajak penghasilan tinggi ketika kualitas hidup dan kerja terjamin saat bekerja di sana. Apalagi, Filandia dikenal sebagai negara yang dijamin bebas dari korupsi dan tingkat kriminalitas yang sangat rendah, siapa tidak nyaman tinggal di Filandia dalam waktu yang lama?

Inggris dan Finlandia memberikan 28 hari jatah cuti untuk para karyawannya. Sementara, jika di Indonesia kamu hanya mendapat maksimal 15 hari jatah cuti. Di sini selain jatah cuti yang banyak, jatah kerja setengah hari pun juga diberikan lebih banyak dari yang kamu dapat di Indonesia.

Baca Juga: Cara Sukses Bisa Kuliah ke Korea Selatan

6. Swiss

loader

Minimun gaji: CHF5082(Franc Swiss) atau sekitar Rp73juta/bulan

Swiss dikenal sebagai negara dengan tingkat kenyamanan tertinggi di dunia, seperti negara Eropa lainnya. Swiss memiliki fasilitas publik yang lengkap dan kemajuan teknologi yang tinggi, sehingga tidak ada kata selain nyaman dan bahagia ketika tinggal di sini.

Tidak hanya itu, Swiss pernah duduk di tingkat teratas sebagai negara paling bersih di dunia. Masyarakat di sini pun dikenal ramah dan memiliki budaya saling tolong-menolong. Kerja pemerintahan pun dikenal bagus, walaupun biaya hidup di Swiss mahal tapi siapa yang tidak mau memiliki kesempatan tinggal di negara paling bersih di dunia dan dan digaji besar?

Jadi untuk menghindari masalah kehabisan uang di Swiss, kamu harus benar-benar komitmen untuk hidup dengan cara berhemat. Kurangi nongkrong di luar dan belanja hal yang tidak perlu, ikuti gaya hidup masyarakat Swiss yang serba sederhana dan bersih.

7. Amerika Serikat

loader

Minimum gaji : US$449 atau sekitar Rp6,3 juta/bulan

Negara Paman Sam bisa dikatakan negara impian semua orang. Sebagai salah satu negara adidaya di dunia, tentu banyak orang yang bermimpi bisa bekerja di sana. Amerika juga menjadi salah satu negara dengan multikultural yang tinggi, semua ras, suku dan agama dari berbagai belahan dunia bisa kamu temukan di sana.

Kemajuan teknologi dan kedisplinan di Amerika Serikat kualitasnya tidak jauh berbeda dengan Eropa, fasilitas publiknya pun banyak dan nyaman dengan biaya hidup yang lebih murah.

Kelebihan negara Amerika sebagai negara maju adalah biaya hidupnya yang masih bisa ditoleransi. Kamu masih bisa menemukan banyak harga sewa apartemen dan rumah dengan harga yang murah. Jadi, uang untuk bersenang-senang masih ada, untuk ditabung juga masih ada.

Jangan Hanya Berpatokan pada Gaji yang Tinggi

Mendapatkan gaji yang tinggi tentu menjadi impian semua orang, tapi yang lebih penting dari gaji yang tinggi adalah keseimbangan hidup. Jadi, pilihlah tujuan negara bekerja kamu yang tidak hanya memberikan gaji yang bagus tapi juga cocok dengan kepribadianmu. Jangan sampai karena terlalu fokus bekerja demi gaji yang tinggi, urusan kehidupan pribadi malah memburuk. Percuma punya kantong tebal tapi kondisi kesehatan mental dan fisik tidak baik.

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Dihindari saat Berlibur ke Luar Negeri