7 Tips Buat Brand yang Tepat Agar Bisnis Mudah Dikenal dan Sukses

Brand yang tepat akan membuat bisnis menjadi lebih mudah dikenal luas, sehingga peluang untuk mengembangkannya hingga sukses akan lebih besar dan tentunya mudah. 

Artinya, meski brand tapi sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis itu secara keseluruhan. Maka dari itu, pemilihan nama brand ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, bahkan meski baru memulai bisnis dalam skala yang kecil sekalipun. 

Bisa dibilang, dalam membuat brand ini susah-susah gampang, apalagi yang baru saja terjun di dunia bisnis.  Namun tak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips penting yang perlu Anda cermati saat membuat nama brand untuk bisnis.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Belum Pernah Digunakan

brand
Belum pernah digunakan

Nama brand tentunya yang belum pernah dipakai oleh orang lain sebelumnya. Tujuannya agar kelak tidak bermasalah dengan pihak lain terkait dengan hak paten dan permasalahan lainnya. 

Lakukan survei kecil untuk menguji nama brand yang diinginkan. Anda bisa menggunakan Google untuk pencarian nama brand. Selanjutnya, Anda juga bisa mencari tahu di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual terkait hak patennya.

2. Gunakan Nama yang Unik

Jangan gunakan nama yang populer atau bahkan sudah sangat pasaran, sebab ini akan membuat brand sulit dikenal. Cobalah untuk memilih nama yang unik dan tidak biasa, namun tetap mudah untuk diingat oleh orang banyak. 

Perlu diingat dalam hal ini, Anda tetap harus menghindari konotasi yang negatif dan bisa merusak nama baik bisnis di masa yang akan datang. 

3. Pilih yang Mudah Didengar dan Diucapkan

mudah didengar
Pilih yang mudah didengar dan diucapkan

Meski menggunakan nama brand yang unik, jangan sampai orang lain sulit untuk mendengarnya secara jelas. Anda harus membuat orang lain mudah mendengar dan mengucapkan nama brand bisnis Anda. 

Selain membuatnya lebih mudah dikenal, hal ini juga akan memungkinkan orang lebih mudah untuk mengingatnya dalam waktu yang lama. Pelafalan yang terlalu sulit akan membuat orang mudah lupa, sehingga tidak akan memberi kesan yang menyenangkan bagi mereka.

Baca Juga: 10 Brand Make Up Lokal Berkualitas yang Wajib Dipunyai Millenial

4. Pilih Nama yang Pendek

Nama brand tidak perlu terlalu panjang, sebab hal ini justru membuat orang kesulitan untuk mengingatnya. Gunakan dua atau maksimal tiga suku kata saja untuk menamai brand bisnis. 

Pilih kata yang tepat dan mudah diingat, namun tetap unik. Hal ini akan memungkinkan orang lebih familiar dan selalu mengingatnya. Hindari nama yang terlalu panjang dan rumit, apalagi sulit untuk diucapkan dengan cepat.

5. Bisa Mencerminkan Produk

produk
Bisa mencerminkan produk

Nama brand akan mewakili bisnis Anda, sehingga nama ini haruslah bisa mencerminkan produk yang dijual. Pemilihan nama yang tepat akan memudahkan Anda mendapatkan pasar yang lebih luas, termasuk memenangkan persaingan dengan produk kompetitor di dalam pasar tersebut. 

Gunakan nama yang bisa langsung mengingatkan orang pada produk itu sendiri, agar orang lebih mudah untuk mengenali dan mencarinya di pasar. Hal ini juga akan memungkinkan Anda melakukan proses branding dengan lebih mudah.

6. Jangan Gunakan Singkatan

Hindari penggunaan singkatan di dalam nama brand, sebab ini bisa menyulitkan Anda untuk memperkenalkannya dengan cepat. Singkatan kerap membuat banyak orang kebingungan, bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengenal dan akhirnya familiar pada brand tersebut. Bukan hanya itu saja, singkatan seperti ini juga bisa membuat pelafalan atau bahkan pengertian nama brand menjadi tidak tepat.

Baca Juga: 10 Brand Indonesia yang Mendunia ini Dikira Milik Luar Negeri

7. Punya Arti yang Baik

arti
Punya arti yang baik

Nama brand akan selalu memiliki arti tersendiri bagi pemiliknya, hal ini bahkan bisa saja berkaitan dengan sejarah bisnis yang dijalankan. Apapun itu, pastikan Anda memilih nama brand yang punya arti yang baik sejak awal. Hal ini akan memberi kesan positif dan bernilai lebih di dalam bisnis itu sendiri.

Pilih yang Terbaik untuk Kemajuan Bisnis

Pebisnis mana yang tidak ingin nama brand bisnisnya bisa mudah dikenal banyak orang lebih cepat. Sebab, hal ini tentunya akan berpengaruh pada perkembangan dan kemajuan bisnis di kemudian hari. untuk itu, pilih dan temukan nama brand terbaik untuk bisnis Anda. Jika perlu, jangan sungkan untuk meminta masukan nama brand ke keluarga, tim atau kerabat dekat.

Baca Juga: Perjalanan Kokumi Menjadi Brand Minuman Kekinian dengan Omzet Miliaran