7 Tips Hemat saat Menikmati Kehidupan Sosial dengan Nyaman

Bersosialisasi dan menikmati waktu dengan teman atau kolega merupakan kebutuhan tersendiri bagi setiap orang. Aktifitas seperti ini akan memungkinkan Anda memiliki relasi yang lebih banyak. Untuk sebagian orang, hal ini bahkan kerap dianggap sebagai bentuk “investasi” yang kelak bisa membantu tercapainya kesuksesan.

Bagaimanapun juga, semakin banyak koneksi yang Anda miliki, maka akan semakin luas juga wawasan dan kesempatan Anda untuk mengembangkan diri. 

Di lain sisi, aktivitas bersosialisasi seperti ini akan membutuhkan banyak uang. Hal ini akan semakin boros, jika ternyata Anda termasuk orang yang gencar dan kerap menghabiskan waktu dengan teman atau relasi yang Anda miliki. J

ika tidak jeli dalam mengatur budget, maka bisa saja Anda menghabiskan cukup banyak uang setiap bulannya untuk sekedar menikmati kehidupan sosial Anda. Jangan sampai pengeluaran Anda membengkak, mengingat Anda juga memiliki banyak kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi, bukan?

Berikut ini adalah beberapa tips mudah, yang bisa Anda lakukan untuk berhemat dan menikmati kehidupan sosial dengan nyaman: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilih menu dessert saja

menu dessert

Kafe atau tempat makan selalu menjadi pilihan utama ketika bertemu dengan teman atau relasi. Suasana yang lebih santai dan nyaman tentu menjadi pertimbangan. Namun hal ini juga akan identik dengan sejumlah uang keluar, apalagi jika tempat yang dipilih menyajikan berbagai menu yang cukup mahal.

Saat bertemu di tempat seperti ini, pastikan Anda hanya memesan dessert saja dan bukan menu utama. Hal ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran, bahkan bisa sampai mencapai 50%. 

2. Pesan satu minuman beralkohol saja

minuman beralkohol

Saat Anda akan menikmati waktu di bar, minuman alkohol tentu menjadi pilihan utama. Anda bisa saja tergoda untuk memesan beberapa minuman yang berbeda, apalagi jika menghabiskan waktu yang cukup panjang di sana. Namun keinginan untuk menikmati minuman yang beragam seperti ini tetap harus ditahan, sebab harga minuman alkohol terbilang mahal. Agar tetap bisa menghemat pengeluaran, biasakan untuk hanya memesan satu minuman saja saat menghabiskan waktu di bar.

Baca Juga: Hemat Rp1 Juta Per Bulan, Mau? Kurangi atau Hilangkan 4 Pengeluaran Gaya Hidup Ini!

3. Nonton hemat di bioskop

nonton film

Untuk Anda yang senang menonton film, menikmati akhir pekan di bioskop tentu  kerap menjadi pilihan. Namun biaya untuk aktivitas yang satu ini tidak bisa dianggap enteng, apalagi jika Anda melakukannya beberapa kali dalam sebulan. Harga tiket di akhir pekan akan lebih mahal, belum lagi tambahan camilan yang akan Anda nikmati selama menonton.

Jika ingin menghemat pengeluaran, cobalah untuk mendapatkan voucher menonton yang lebih murah terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga bisa menghindari cemilan selama menonton, agar pengeluaran bisa ditekan. 

4. Nonton konser dengan cara gratis

nonton konser

Konser musik dan berbagai event lainnya merupakan salah satu hal yang paling sulit dilewatkan. Ini akan selalu menjadi agenda yang menyenangkan, apalagi jika grup musik favorit Anda yang akan tampil. Namun harga yang harus Anda bayarkan untuk menikmatinya juga bisa saja menguras kantong dalam-dalam.

Cobalah untuk menjadi volunter saja, sehingga Anda bisa menikmati konser ini secara gratis. Selain menonton, biasanya Anda juga akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk bertemu langsung dengan artis yang tampil di sana.

5. Beli barang bekas saja

beli barang bekas

Jika Anda membutuhkan sesuatu, jangan terburu-buru untuk langsung mencari dan membelinya dalam kondisi baru. Ini akan menguras banyak uang, apalagi jika barang yang Anda butuhkan cukup mahal. Saat ini ada banyak aplikasi jual beli online yang menyediakan berbagai barang bekas, namun tetap dalam kondisi yang cukup bagus dan layak untuk dibeli. Daripada menghabiskan banyak uang untuk belanja, membeli barang bekas seperti ini tentu sangat layak dijadikan sebagai pilihan.

Baca Juga: Resep Kaya Raya Ala Orang Tionghoa yang Bisa Kamu Terapkan

6. Bijaklah dalam memilih hadiah

membeli hadiah

Hadiah yang mahal mungkin saja tampak menarik, namun tidak selalu bisa memberikan manfaat maksimal bagi yang menerimanya. Saat Anda harus membeli hadiah untuk seseorang, maka jangan memaksakan diri untuk membeli barang mahal seperti ini.

Luangkan waktu Anda untuk memikirkan dan memilih hadiah yang tepat, tentunya yang bisa memberikan manfaat maksimal bagi penerimanya. Tidak selalu mahal, barang-barang seperti ini bahkan bisa saja Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Belanja di saat diskon

diskon belanja

Sistem online sudah membawa banyak perubahan di dalam aktivitas belanja kebanyakan orang, tentunya termasuk Anda juga. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan keuntungan lebih. Jelilah melihat momen-momen di mana Anda bisa mendapatkan harga diskon terbaik untuk  berbagai produk yang Anda butuhkan. Lakukan perbandingan harga, agar Anda bisa menghemat pengeluaran dan mendapatkan untung terbesar dari setiap pembelanjaan tersebut.

Hemat pengeluaran Anda selama bersosialisasi

Kehidupan sosial yang sehat merupakan kebutuhan tersendiri, Anda tentu akan mengupayakan yang terbaik untuk hal ini. Bersosialisasilah di lingkungan yang tepat, agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari aktivitas tersebut. Selain itu, lakukan langkah yang tepat untuk menghemat pengeluaran Anda, sehingga keuangan Anda tidak sampai terbebani dengan aktivitas tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Menikmati Makan Hemat di Restoran