8 Ucapan Lebaran Anti-Mainstream yang Dijamin Bisa Buat Momen di Hari Kemenangan Semakin Erat

Setelah menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh, Umat Muslim di seluruh dunia tentu akan merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar. Para sanak keluarga yang melancong mencari nafkah di tanah orang pasti akan pulang ke kampung halaman agar bisa memeriahkan hari kemenangan dengan orang terdekat. 

Berbicara soal hari Raya Lebaran, pasti sudah tidak heran bukan pada tradisi saling bermaaf-maafan ke semua orang yang dikenal? Permintaan maaf di hari kemenangan dewasa ini juga dapat diucapkan secara digital atau tidak langsung.

Meski sebagian orang menganggap permintaan maaf secara tidak langsung tersebut kurang tulus, tidak ada yang tahu kondisi serta masalah apa yang menimpa seseorang hingga tidak bisa bertemu secara langsung. Jadi, tidak ada salahnya berusaha meminta maaf kepada seseorang melalui SMS atau sosial media asalkan niatnya tulus.

Nah, bagi Anda yang hanya bisa mengucapkan maaf di hari Lebaran melalui pesan singkat, tidak perlu khawatir. Buat ucapan dengan kreatif agar permintaan maaf dapat diterima oleh orang yang ingin dimintai maaf. Daripada bingung buat sendiri, tiru saja ucapan di hari Lebaran anti-mainstream dan unik berikut ini.

Baca Juga: 11 Tradisi Khas Lebaran di Indonesia

Ucapan Kreatif untuk Hari Lebaran

  1. Mengingatkan untuk Selalu Bersyukur

    “Tiada seorang teman pun yang tidak pernah melakukan salah, setiap sahabat juga pasti pernah melakukan khilaf. Namun, di balik segala kesalahan dan kekhilafan tersebut, terdapat kesabaran yang menumbuhkan perasaan bersyukur. Di hari Lebaran yang suci ini, pastikan diri untuk selalu bersyukur karena masih diberi nafas untuk tetap hidup dan yang terpenting, minal aidzin wal faidzin.”

    Tradisi meminta maaf pada saat Lebaran muncul karena tidak ada orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. Nah, daripada hanya meminta maaf dengan ucapan yang biasa saja, tidak ada salahnya untuk membumbui ucapan tersebut dengan mengingatkan untuk selalu bersyukur. Jadi, ucapan permintaan maaf tersebut terasa lebih tulus dan si penerima pun lebih legowo untuk memberikan maaf.

  2. Ingin Meminta Maaf kepada Kekasih? Buat Saja Ucapan dengan Kalimat yang Romantis

    “Hubungan kita menjalin kasih memang belum lama, namun, di antara hari-hari tersebut tentu ada kata dan perbuatan yang mungkin membuatmu tidak bahagia. Izinkan aku untuk mengganti kesalahan yang pernah dibuat tersebut dengan membahagiakanmu di hari, bulan, hingga tahun-tahun selanjutnya. Dengan dirayakannya momen Lebaran ini, semoga segala kesalahan masa lalu dapat dimaafkan dan tetap menjaga erat hubungan ini sampai Lebaran-Lebaran yang akan datang.”

    Kesalahan dapat dilakukan oleh siapa saja, tak terkecuali dari orang tersayang sekalipun. Mumpung sedang merayakan hari Lebaran, tidak ada salahnya untuk meminta maaf kepada kekasih dengan menggunakan kalimat romantis. Dengan begitu, hubungan yang sedang dijalin dapat menjadi erat dan bertahan lama. 

  3. Ucapan Lebaran Jadul yang Unik Juga Bisa Diaplikasikan Hingga Kapanpun

    “Sebelum lidah menjadi kelu, hati membeku, jempol tangan kaku, dan semua operator sibuk, izinkan aku untuk sekedar mengucapkan maaf bersama pesan singkat ini. Mohon maaf lahir batin atas semua kesalahan yang pernah dibuat. Selamat Hari Lebaran kawan, dan salam untuk keluarga semua di rumah.” 

    Kebanyakan dari Anda mungkin pernah melihat atau mendapat pesan singkat khas Lebaran ini. Nah, daripada bingung membuat ucapan sendiri, tidak ada salahnya untuk menggunakan ucapan unik tersebut. Dijamin si penerima akan membaca seluruh isi pesan tersebut dan memberikan maaf kepada pengirimnya. 

  4. Membuat Ucapan Lebaran dengan Sedikit Membubuhkan Dakwah Tentang Kebaikan Juga Bisa

    “Saat semua HARTA menjadi RACUN, membayar ZAKAT menjadi PENAWARNYA. Saat semua UMUR menjadi DOSA, BERTAUBAT akan jadi OBATNYA. Saat semua BULAN menjadi NODA, RAMADAN adalah PEMBERSIHNYA. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.”

    Momen Lebaran memang erat kaitannya dengan nuansa Islami dan Keagamaan. Nah, sembari meminta maaf di ucapan hari Lebaran, membubuhkan sedikit pesan dakwah didalamnya tentu akan sepadan. Untuk itu, yang masih bingung membuat ucapan di hari kemenangan, tulis saja permintaan maaf seperti diatas. 

  5. Doa yang Baik Juga Dapat Membuat Ucapan Hari Lebaran Semakin Menenangkan

    “Ya Allah, muliakanlah saudaraku dengan ilmu yang baik. Berikanlah pula hatinya hiasan berupa kesabaran dan wajahnya dengan ketakwaan. Indahkan juga fisiknya dengan kesehatan dan lipat gandakan rezeki dan umur yang dimilikinya.

    Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir Batin.“

    Setiap orang pasti senang saat ada orang lain yang mendoakan dirinya hal yang baik-baik. Di momen lebaran yang membahagiakan, ucapan permintaan maaf akan menjadi semakin sempurna dengan menambahkan doa yang positif. Jadi, gunakan ucapan hari Lebaran dengan doa tersebut agar hubungan dengan orang tersebut menjadi semakin erat.

  6. Bukan untuk Pacar Saja, Ucapan Lebaran yang Romantis Juga Bisa Buat Ayah dan Ibu, Lho!

    “Terimakasih sudah mengorbankan seluruh jiwa dan raga, fisik dan pikiran, serta batin dan waktu untuk membesarkan anakmu ini. Walau belum terpenuhi, aku masih bermimpi untuk bisa mengganti semua perjuangan ayah dan ibu selama ini dengan kebahagiaan. Selamat Hari Lebaran, semoga senantiasa diberi kesehatan serta umur yang panjang.”

    Pengorbanan orang tua kepada anaknya tidak akan bisa dibalaskan sepenuhnya. Namun, dengan mengucapkan permintaan maaf di hari Lebaran dengan setulus hati, kedua orang tua tentu dapat merasa senang dan terharu. Jadi, jangan ragu untuk membuat ucapan Lebaran romantis kepada ayah dan ibu.

  7. Menggelitik, Buat Ucapan Lebaran Anti-Mainstream dengan Pantun Lucu

    “Ke Korea beli pulsa (CAKEEPPP)

    Gak kerasa udah selesai puasa,

    Burung Kakak Tua hinggap di Jendela (CAKEEPPP)

    Jangan lupa kejar terus pahala,

    Ada buah dimakan Jerapah (CAKEEPPP)

    Mohon maaf jika ada salah.

    Selamat Hari Raya Idul Fitri.”

    Kebanyakan ucapan Lebaran hanya dibuat dengan merangkai kalimat dengan permintaan maaf. Dengan pantun, ucapan Lebaran yang biasa saja akan menjadi suatu hal yang luar biasa dan unik. Untuk itu, luangkan waktu sebentar untuk membuat pantun dengan tema hari Lebaran yang menggelitik. 

  8. Buat Ucapan dengan Jujur Mengapa Belum Bisa Mudik ke Kampung Halaman

    “Ayah, Ibu, Kakak, Adik, dan keluarga lain yang berbahagia bersama sembari menikmati nastar yang lezat, maaf Lebaran ini belum bisa pulang kampung. Sampaikan salamku buat keluarga besar di sana, Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Minta doanya untuk dilancarkan pekerjaan dan rezeki di perantauan ini. 

    Semoga ayah dan ibu senantiasa diberi kesehatan dan kebahagiaan hingga bisa merayakan Lebaran-Lebaran selanjutnya bersama. Selalu kupanjatkan doaku yang terbaik untuk kalian semua. Salam hangat dan selamat Hari Lebaran yang bahagia semuanya.”

    Karena beberapa alasan, tidak semua orang bisa pulang kampung dan merayakan hari Lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman. Meski sedih, tetap buat ucapan Lebaran dengan tulus dan jujur kepada keluarga di rumah agar bisa menyampaikan maksud hati dan meminta maaf atas semua kesalahan yang pernah dibuat. 

Baca Juga: Ini Dia Makanan yang Wajib Ada Saat Lebaran

Jadikan Momen Lebaran untuk Mempererat Hubungan dengan Keluarga dan Kerabat

Sudah umum diketahui jika Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen untuk menjalin kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekat lainnya. Tak ayal banyak orang yang berbondong-bondong mudik ke kampung halaman demi bisa merayakan hari kemenangan tersebut dengan keluarga besar. 

Nah, bagi yang belum bisa bertemu dengan kerabat terdekat dan meminta maaf secara langsung, tidak ada salahnya untuk menggunakan ucapan Lebaran di atas dan menyampaikan permintaan maaf secara tulus.

Baca Juga: Tips Lebaran Tetap Asyik Meski Tanpa THR