9 Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Ternyata Jarang Diketahui Orang

Memiliki warna merah merona yang menarik, tomat banyak dimanfaatkan sebagai garnish atau penghias makanan. Rasanya yang masam juga membuat tomat sering dijadikan sebagai pemberi rasa tambahan pada beragam jenis makanan. Hal tersebut membuat tomat mudah ditemukan di pasaran dan tak jarang dikonsumsi oleh masyarakat. 

Selain itu, tomat juga memiliki beberapa jenis yang biasa dijadikan makanan. Meski kebanyakan tomat perlu dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan, ada pula jenis yang bisa langsung dikonsumsi mentah-mentah. Sebagai contoh adalah tomat apel yang memiliki rasa manis dan mengandung banyak air.

Ada pula jenis tomat sayur yang menjadi jenis tomat yang paling banyak dijual di pasaran dan dijadikan sebagai bahan tambahan pada masakan. Tidak hanya yang berwarna merah, tomat hijau juga cukup populer di beberapa belahan dunia. Bagi para pecinta salad, pasti tidak asing dengan tomat cherry yang berukuran kecil.

Nah, mengetahui banyaknya jenis tomat dan bagaimana cara masyarakat mengonsumsinya, tahukah Anda jika buah tersebut juga menyimpan banyak manfaat kesehatan di dalamnya? Beberapa di antaranya bahkan mampu menyehatkan organ vital manusia dan mencegah penyakit kronis. Agar tidak sekadar menjadi campuran makanan saja, inilah manfaat-manfaat tomat bagi kesehatan yang wajib diketahui. 

Baca Juga:  Mulai Hidup Sehat Dengan Mulai Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini!

9 Manfaat Tomat yang Menakjubkan

loader

  1. Berperan Sebagai Pengendali Radikal Bebas

    Antioksidan adalah satu di antara banyak kandungan nutrisi utama yang dimiliki oleh tomat. Beragam variasi molekul antioksidan yang terkandung meliputi likopen, asam klorogenat, dan juga beta karoten.

    Seperti yang sudah umum dipahami, antioksidan berperan penting dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan mampu mengendalikan jumlah radikal bebas berlebih agar tidak menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

    Jika jumlah radikal bebas tidak terkendali, ada banyak sel tubuh yang rusak dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya muncul, contohnya adalah kanker. Oleh sebab itu, mendapatkan asupan antioksidan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi tomat. 

  2. Membantu Jantung Tetap Sehat

    Tomat identik sebagai buah yang memiliki warna merah yang terlihat cerah dan menyegarkan. Rahasia di balik warna merah tersebut berasal dari pigmen yang dikenal dengan nama likopen. Senyawa likopen itulah yang memberikan warna kemerahan ini.

    Jika ditelisik pada fungsinya, senyawa likopen berperan dalam mencegah terjadinya oksidasi lipid. Oksidasi lipid adalah suatu kondisi yang dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung. 

    Di lain sisi, mengonsumsi buah tomat juga diketahui mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan juga trigliserida. Baik kolesterol jahat dan lemak trigliserida jika tidak dikontrol kadarnya dalam tubuh dapat menjadi ancaman serius bagi seseorang untuk terkena penyakit jantung.

    Tomat juga memiliki banyak kandungan nutrisi lain yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, seperti vitamin C, serat, kalium, folat, dan juga kolin. Jadi, khasiat tomat dalam menyehatkan jantung tidak perlu diragukan lagi.

  3. Mencegah Sel Kanker Muncul

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tomat adalah buah yang menjadi sumber vitamin C serta berbagai jenis molekul antioksidan. Kedua kandungan nutrisi tersebut terbukti ampuh dalam menangkal munculnya sel kanker dalam tubuh.

    Antioksidan mampu melawan radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu utama munculnya sel kanker. Sedangkan vitamin C memiliki sifat antioksidan sehingga turut membantu menangkal penyakit kanker. 

    Khasiat tomat ini juga diperkuat oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita kanker prostat.

    Ditambah dengan kandungan likopen yang juga dihubungkan dengan manfaatnya dalam menurunkan potensi kanker prostat. Jadi, dengan memperbanyak konsumsi tomat, secara tidak langsung Anda juga menjauhkan dari risiko terkena penyakit kanker yang membahayakan.  

  4. Ampuh dalam Membuat Kulit Menjadi Sehat

    Tomat sudah sejak lama dikenal sebagai buah yang menjanjikan kesehatan kulit oleh masyarakat. Kandungan airnya yang tinggi menjadi alasan utama buah ini dalam membuat kulit senantiasa terasa lembap dan segar.

    Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan likopen yang melimpah pada tomat dapat mengatasi berbagai masalah kulit akibat sunburn atau panas matahari. Jadi, mengonsumsi tomat juga dapat memberikan manfaat kecantikan bagi para penikmatnya. 

  5. Menjaga Penglihatan Mata Tetap Tajam

    Menjaga kesehatan mata memang identik dengan mengonsumsi wortel. Namun, bagi yang kurang suka memakan wortel, Anda tetap bisa menjaga mata agar tetap sehat dengan mengonsumsi tomat. Pasalnya, buah ini juga dikenal memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

    Kandungan antioksidannya juga turut membantu mata memiliki penglihatan yang tajam. Pasalnya, radikal bebas juga dapat menjadi penyebab penglihatan mata menjadi terganggu. Penyakit mata seperti rabun senja serta degenerasi makula juga dapat dicegah dengan mengonsumsinya. 

  6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

    Sistem pencernaan menjadi salah satu organ yang paling penting untuk dijaga kesehatannya. Sebab, segala nutrisi dan juga asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dicerna dan diurai mlelaui pencernaan. Jika sistem pencernaan mengalami gangguan, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami kesulitan mendapatkan nutrisi agar organ lain dapat bekerja dengan maksimal.

    Dengan mengonsumsi tomat, Anda dapat menurunkan risiko masalah pada usus. Dalam kata lain, tomat dapat membuat sistem pencernaan menjadi sehat. Kandungan serat yang dimiliki juga menjadi faktor penting lain dalam menyehatkan sistem pencernaan. 

    Saat asupan serat tercukupi, sistem pencernaan akan lebih mudah mencerna makanan karena gerakan peristaltic otot usus menjadi lebih terangsang. Dengan begitu, orang yang rutin mengonsumsi makanan berserat seperti tomat dapat mengurangi risiko munculnya gejala konstipasi atau sembelit.

  7. Baik Dikonsumsi oleh Penderita Hipertensi

    Hipertensi erat kaitannya dengan penyakit jantung yang dikenal sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Dengan mengonsumsi tomat secara rutin, risiko tekanan darah tinggi dapat dikurangi. Bahkan, penderita darah tinggi dapat lambat laun menurunkan tekanan darahnya dengan teratur mengonsumsi buah ini.

    Manfaat tomat ini didapatkan dari kandungan kalium atau potassium yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, kalium bertugas sebagai vasodilator, yakni mampu melebarkan pembuluh darah dan memperlancar aliran darah. Alhasil, tekanan darah dapat diturunkan dan hipertensi tidak sampai menyebabkan penyakit jantung yang kronis. 

  8. Mampu Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

    Serat yang terkandung dalam tomat ternyata tidak hanya berpengaruh dalam menyehatkan sistem pencernaan saja. Melainkan, berdasarkan hasil dari berbagai studi, mengonsumsi makanan berserat juga turut mengontrol kadar gula dalam darah. Lipid dan juga kadar insulin tubuh juga dapat terkendali dengan banyak mengonsumsi makanan berserat.

    Sebagai sumber serat yang baik, tomat tentu dapat menjaga kadar gula dan insulin dalam tubuh, khususnya bagi penderita diabetes maupun orang yang berisiko tinggi terkena diabetes. 

  9. Memberikan Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Janin

    Manfaat terakhir yang jarang diketahui oleh masyarakat adalah menjadi sumber nutrisi penting bagi ibu hamil dan juga janin. Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan orang biasa. Pasalnya, tidak hanya untuk tubuhnya sendiri, ibu hamil juga harus mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh calon buah hati. 

    Dalam masa kehamilan, nutrisi yang cukup penting didapatkan oleh ibu hamil adalah vitamin b9 atau folat. Kandungan yang dimiliki oleh tomat tersebut perlu diberikan kepada wanita yang tengah mengandung agar bayi tidak mengalami cacat tabung saraf. Dengan begitu, buah hati dapat terlahir dengan baik dan sempurna.

Baca Juga: Tak Perlu Bayar Mahal ke Salon, Ini 4 Cara Mudah Bikin Spa di Rumah

Mengonsumsi Tomat Hampir Tidak Menimbulkan Efek Samping Sama Sekali

Mudah dibeli dan banyak dijadikan sebagai campuran pada makanan, tomat ternyata dapat memberikan beragam manfaat kesehatan yang penting bagi tubuh. Banyaknya khasiat yang diberikan untuk kesehatan tidak lain berasal dari kandungan nutrisinya yang beragam dan melimpah.

Tidak hanya itu, mengonsumsi tomat hampir tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti pada manusia. Namun, perlu dipahami jika sebagian orang memiliki alergi dan tidak seharusnya mengonsumsi tomat. Jadi, asal tidak memiliki alergi, jangan ragu untuk mengonsumsi tomat dan mendapatkan manfaat kesehatannya.

Baca Juga:  Inilah 10 Manfaat Semangka yang Sayang untuk Dilewatkan