Inilah 10 Manfaat Semangka yang Sayang untuk Dilewatkan

Siapa yang tidak pernah makan buah yang satu ini? Hampir bisa dipastikan jika seluruh masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan buah semangka. Bahkan, karena memiliki kandungan air hingga 92%, tak jarang buah ini dijadikan sebagai makanan pencuci mulut di banyak perhelatan resmi, seperti resepsi pernikahan maupun jamuan lainnya.

Buah semangka dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa yang manis serta andal dalam membuat tubuh menjadi segar. Karena alasan inilah buah semangka banyak dicari oleh para pecintanya saat tiba musim kemarau. Selain bisa segera meredakan cuaca panas yang dirasakan tubuh, buah ini juga dapat seketika mengatasi haus. 

Namun, manfaat semangka tidak berhenti di situ saja. Dengan kandungan nutrisi seperti antioksidan, vitamin A, B6, dan C, likopen, serta asam amino yang berlimpah, buah semangka memiliki jauh lebih banyak khasiat untuk kesehatan. Ditambah dengan rendahnya kandungan sodium dan nihil lemak, buah semangka sering dipilih oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. 

Nah, mengetahui hal tersebut, tentu sangat disayangkan jika melewatkan manfaat kesehatan yang diberikan oleh buah tersebut. Untuk itu, berikut adalah manfaat-manfaat semangka untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. 

Baca Juga: Selain Turunkan Berat Badan, Diet Buah Juga Berikan Manfaat Lain untuk Kesehatan

10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan

loader

  1. Menjaga Prostat Agar Tetap Sehat pada Pria

    Salah satu kandungan utama yang dimiliki oleh buah semangka adalah likopen. Kandungan tersebut ternyata mampu meningkatkan kesehatan prostat pria. Pasalnya, likopen dipercaya mempunyai kualitas antioksidan yang baik.

    Hasil temuan ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas asal Chicago. Dalam penelitian tersebut, ditemukan jika pasien yang mendapatkan asupan likopen sebelum melakukan prostatektomi memiliki tingkat kerusakan jaringan prostat lebih rendah. Jadi, dengan rutin mengonsumsi buah semangka dan mendapatkan nutrisi likopennya, Anda dapat menjaga kesehatan jaringan prostat. 

  2. Mengatasi Asma dengan Mencukupi Kebutuhan Vitamin C Tubuh

    Asma adalah salah satu penyakit sistem pernapasan yang membuat penderitanya merasa kesulitan untuk bernapas. Biasanya, seseorang yang menderita penyakit ini memiliki kandungan vitamin C yang rendah. Rendahnya kadar vitamin C tersebutlah yang seringkali menjadi penyebab penyakit asma sering kambuh.

    Nah, dengan adanya kandungan vitamin tersebut, penderita asma dapat memperkecil potensi penyakit tersebut untuk muncul kembali. Selain itu, berdasarkan penelitian, ditemukan jika vitamin C juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan lebih banyak lagi khasiat yang menyehatkan. 

  3. Mampu Menyuburkan Kandungan

    Menjaga kesehatan dan asupan bagi ibu yang sedang hamil sebaiknya menjadi prioritas. Pasalnya, jika tidak menjaga pola makanan dan nutrisinya, kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya dapat terancam. Oleh karena itu, agar ibu hamil bisa tetap sehat dan calon buah hati dapat terlahir dengan sempurna, pastikan untuk menjaga asupan yang diberikan.

    Dalam buah semangka, terdapat senyawa asam folat yang tinggi. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, senyawa tersebut dapat menjaga kesuburan kandungannya. Senyawa tersebut juga dapat mencegah bayi untuk terlahir dengan cacat fisik maupun saraf.

    Manfaat semangka yang lebih maksimal bisa didapatkan dengan cara mengolahnya menjadi minuman jus. Memisahkan bijinya juga dapat meningkatkan potensi kesehatan yang diberikan semangka. Dengan begitu, nutrisi yang dimiliki buah tersebut dapat lebih gampang diserap tubuh.

  4. Menjamin Tubuh Terhindar dari Dehidrasi

    Kandungan air yang tinggi dalam buah semangka tentu dapat menjamin tubuh untuk terhindar dari kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan kandungan air yang mencapai 92%, buah semangka disebut mampu mencukupi 20 hingga 30 persen kebutuhan cairan tubuh. Khasiat ini tentu banyak dimanfaatkan oleh para pelaku diet agar tidak mengalami dehidrasi.

    Tidak hanya itu, peran buah semangka dalam mengatasi hawa panas dalam tubuh juga bukan sekadar dari kandungan airnya yang tinggi. Melainkan karena adanya kandungan elektrolit pada buah tersebut. Kandungan elektrolit inilah yang menjadi rahasia mengapa buah semangka seketika mampu membuat tubuh menjadi segar kembali saat dikonsumsi. 

  5. Meningkatkan Produksi serta Kualitas Sperma Pria

    Mengandung banyak asam folat dan vitamin B12, semangka dikenal ampuh dalam membentuk materi genetik dalam tubuh. Pembentukan materi genetik tersebut meliputi perbaikan kualitas sperma atau sperma yang abnormal, memperbanyak jumlah sperma, hingga memperbaiki kemampuan geraknya. Dalam kata lain, mengonsumsi semangka dapat menurunkan risiko impoten pada pria.

    Khasiat ini tentu dapat menjadi solusi alternatif bagi pasangan suami istri yang merasa sulit memiliki keturunan. Dengan rutin mengonsumsi buah tersebut, Anda dapat meningkatkan produksi serta kualitas sperma agar peluang untuk bisa membuahi sel telur menjadi lebih tinggi. 

  6. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

    Sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia, penyakit jantung tentu masih menjadi momok tersendiri bagi masyarakat. Ditambah dengan gaya hidup serta konsumsi makanan yang tidak dijaga, ancaman dari penyakit ini tentu dapat terjadi pada siapa saja. Jadi, mencari cara agar dapat memperkecil risiko terjadinya penyakit kardiovaskular ini penting untuk dilakukan.

    Berdasarkan sebuah penelitian dari American Journal of Hypertension, mengonsumsi ekstrak semangka mampu membantu tubuh terhindar dari masalah hipertensi. Pada penderita obesitas, mengonsumsi ekstrak buah tersebut mampu mengurangi tekanan darah menuju kondisi yang normal. Di sisi lain, likopen yang terkandung pada semangka berperan aktif dalam mencegah kerusakan sel tubuh.

    Pada wanita berusia lanjut dengan gangguan aorta yang kaku, teratur mengonsumsi semangka selama kurang lebih 6 minggu dapat melemaskan bagian jantung tersebut. Dengan begitu, risiko munculnya penyakit jantung menjadi lebih kecil. 

  7. Meredakan Nyeri Otot

    Bagi yang belum tahu, beberapa atlet olahraga ternyata biasa meminum jus semangka sehari sebelum melakukan latihan intens. Tujuannya agar tubuh atlet lebih kebal dari nyeri otot serta menjaga ritme detak jantung. Tidak hanya itu, kandungan arginine dan asam amino sitrulin mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memberikan energi lebih banyak ketika sedang berolahraga.

  8. Dapat Mencegah Kanker

    Tidak hanya membuat tubuh senantiasa terhidrasi, mengonsumsi semangka dalam jangka panjang juga mampu menekan risiko seseorang terserang kanker. Senyawa likopen yang aktif dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Di samping itu, sama halnya dengan buah maupun sayuran lain yang mengandung antioksidan, semangka juga dapat melawan radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh. 

  9. Andal dalam Membuat Kulit dan Rambut Tetap Sehat

    Setiap harinya, tubuh memerlukan kebutuhan cairan yang cukup banyak. Penyebabnya karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Oleh karena itu, mengonsumsi semangka yang mengandung air sangat tinggi penting untuk dilakukan selain dengan banyak meminum air.

    Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat membantu kulit menjadi lebih lembap dan menjaga kesehatan rambut. Sehingga, masalah kulit kusam dan kering dapat dengan mudah diatasi dengan rutin mengonsumsi buah ini. 

    Buah semangka juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk masker wajah agar bisa mendapatkan manfaat tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk memasukkan semangka pada resep masker Anda agar bisa memberikan efek positif tambahan bagi kulit maupun rambut. 

  10. Melindungi Mata dari Peradangan

    Kembali berbicara tentang likopen, senyawa tersebut juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan likopen tersebut dapat menjaga mata dari masalah peradangan dan juga kerusakan oksidatif.

    Ditambah dengan adanya senyawa anti peradangan dan antioksidan, mengonsumsi semangka dapat mencegah proses degeneratif makul yang berhubungan erat dengan faktor usia. Jadi, potensi terjadinya penyakit mata pada orang berusia lanjut dapat ditekan dengan buah ini. 

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Lezat dan Bermanfaat Bagi Kesehatan, Yakin Masih Tidak Mau Mengonsumsi Buah Semangka?

Rasa manis dan menyegarkan dari mengonsumsi buah semangka memang sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Oleh karenanya, tak mengherankan jika semangka menjadi salah satu buah yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat dan dijadikan sebagai kudapan pencuci mulut.

Namun, di samping kelezatan dan kesegaran yang diberikan, buah semangka juga menyimpan segudang manfaat menakjubkan untuk kesehatan. Jadi, kapan lagi Anda bisa mengonsumsi makanan yang tidak hanya memanjakan lidah, namun juga menjanjikan kondisi tubuh yang lebih sehat ini? 

Baca Juga: Mengonsumsi Buah Apel Setiap Hari Dapat Menghindarkan Diri dari Bertemu Dokter!