Banyak Keuntungan, Ini Pengertian Agen Asuransi Online, Tugas, dan Cara Mendaftar Profesinya

Biasanya, ketika ingin mengajukan asuransi, seseorang akan menghubungi pihak agen asuransi agar lebih praktis dan dimudahkan prosesnya. Di samping itu, berkat kemajuan teknologi, kini pengajuan asuransi juga bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan praktis melalui agen asuransi online. 

Sesuai namanya, agen asuransi online adalah profesi pada dunia asuransi yang menawarkan produk asuransi dari sebuah perusahaan. Bagi calon nasabah asuransi, agen asuransi online menawarkan kemudahan dalam mengajukan asuransi. Sebaliknya, sebagai profesi, agen asuransi online juga bisa menjadi sumber pemasukan yang menjanjikan.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang agen asuransi online, termasuk tugas, keuntungan sebagai profesi, dan cara mendaftar profesi tersebut, simak penjelasan berikut ini. 

Pengertian Agen Asuransi Online

loader

Agen asuransi online adalah pihak atau seseorang yang bekerja memasarkan produk atau layanan asuransi pada masyarakat sesuai kebutuhan melalui platform online. Mengacu dari UU Nomor 2 Thn.1992 Pasal Satu Ayat 10, definisi agen asuransi adalah badan hukum atau individu yang melangsungkan aktivitas menawarkan dan memberikan jasa untuk memasarkan produk asuransi dengan atas nama penanggung. 

Sebagai profesi, agen asuransi diharuskan untuk mematuhi etika dan ketentuan yang ada. Misalnya, agen asuransi hanya diperbolehkan untuk bekerja di sebuah perusahaan asuransi di Indonesia. Hal ini dikarenakan profesi ini merupakan perpanjangan tangan perusahaan asuransi untuk menggaet calon nasabah agar kemudian bisa menjadi pihak tertanggung dan memperoleh manfaat proteksi asuransi sesuai kebutuhannya. 

Ketika berprofesi sebagai agen asuransi online, kamu tak lagi diharuskan untuk menemui langsung calon pelanggan secara tatap muka agar bisa menjadi prospek asuransi. Tentunya, dibanding dengan agen asuransi biasa, agen asuransi online membutuhkan trik dan strategi berbeda agar mampu lebih optimal menjangkau audiens dan mendapatkan calon nasabah asuransi yang potensial. 

Tugas Agen Asuransi Online

Secara umum, tugas dari agen asuransi adalah menjangkau masyarakat yang tertarik untuk mengajukan produk proteksi finansial tersebut. Secara spesifik, berikut adalah tugas serta tanggung jawab dari agen asuransi online. 

  • Menyampaikan dan menawarkan opsi produk asuransi pada calon nasabah
  • Mencari dan melakukan prospek pada calon nasabah yang potensial agar tertarik untuk membeli produk asuransi yang ditawarkan.
  • Menentukan calon nasabah melalui pembuatan daftar lengkap data diri, termasuk informasinya seperti nama dan nomor telepon, secara mendetail. 
  • Mengatur waktu dalam menawarkan layanan asuransi tanpa perlu bertemu langsung atau secara online. 
  • Menyampaikan segala informasi terkait produk asuransi yang ditawarkannya serta menjawab pertanyaan dari calon nasabah terkait produk asuransi.
  • Memberi akses komunikasi pada konsultan asuransi yang profesional, kredibel, dan berpengalaman saat calon nasabah mengalami masalah mengenai asuransi yang dibelinya. 
  • Membantu semua proses pengajuan asuransi, mulai dari pembelian sampai penutupan dari polis asuransi nasabah.
  • Mengumpulkan data dan informasi, serta meriset pasar agar mampu meningkatkan kemampuan diri, memperluas jaringan serta target audiens, dan menambah pengetahuan seputar dunia asuransi. 
Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Beda Agen Asuransi Online dan dan Konvensional

Jika dibandingkan dengan agen asuransi biasa atau konvensional, sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan terkait cara kerja agen asuransi online terlepas dari platform yang digunakan. Baik agen asuransi konvensional atau online sama-sama bertugas untuk mencari prospek nasabah potensial yang tertarik untuk mengajukan asuransi. 

Hanya saja, untuk agen asuransi online, mereka bekerja secara online atau digital menggunakan platform khusus yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Dengan cara kerjanya secara online ini agen asuransi bisa lebih praktis menawarkan layanannya. 

Pengajuan asuransi secara online ini pun tak lagi harus dilakukan secara tatap muka yang membutuhkan banyak waktu serta tenaga. Sehingga, proses memasarkan layanan asuransi bisa dilakukan dengan lebih simpel dan efisien. Prospek nasabah yang bisa dijangkau pun lebih luas karena bisa dilakukan secara online tanpa ada batasan jarak dan waktu. 

Baca Juga: Bertemu dengan Agen Asuransi? Perhatikan Hal Ini

Keuntungan Agen Asuransi Online sebagai Profesi

loader

Dengan menjadi agen asuransi online, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  • Waktu kerja fleksibel dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun diinginkan. Keuntungan ini didapat dari cara kerja agen asuransi online yang memanfaatkan platform digital sebagai sarana untuk menawarkan layanannya ke prospek asuransi. Bahkan, mulai dari proses pengajuan sampai persetujuan layanan asuransi bisa dilakukan secara online tanpa harus tatap muka dengan calon nasabah.
  • Potensi penghasilan didapat dari komisi penjualan produk asuransi dan pembayaran polis asuransi nasabah. Hal ini membuat pendapatan agen asuransi bisa sangat tinggi tergantung dari performanya dalam menarik calon nasabah. 
  • Selain penghasilan, agen asuransi juga bisa mendapatkan benefit dan bonus lain yang tak kalah menggiurkan. Bonus ini biasanya diberikan sesuai dengan kebijakan penyedia asuransi dan bisa menjadi tambahan penghasilan dengan nominal yang cukup tinggi. 
  • Dengan menjadi agen asuransi, kamu juga secara tidak langsung menjadi lebih melek produk keuangan tersebut. Sehingga, kesadaran diri untuk mengajukan asuransi dan mendapatkan manfaat perlindungannya menjadi lebih tinggi. 
  • Memanfaatkan teknologi digital, menjadi agen asuransi online juga membuatmu terdorong untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan tingkat kompetisi yang cukup tinggi, agen asuransi harus bisa memutar otak agar mampu mendapatkan prospek nasabah asuransi sebanyak mungkin. Jadi, semangat untuk terus belajar dan memperdalam ilmu serta pengalaman akan selalu kamu miliki sebagai agen asuransi. 
  • Menjadi agen asuransi juga membuatmu memiliki networking dan relasi yang luas untuk mengembangkan peluang karier di masa depan. Biasanya, para agen asuransi akan menyasar calon nasabah dari kalangan individu dengan jabatan, posisi, dan tingkat kekayaan tertentu. Jadi, sembari mencari prospek nasabah asuransi, kamu juga bisa mengenal orang-orang penting dan dapat menjadi batu loncatan untuk mengembangkan karier ke depannya. 
  • Agen asuransi online bisa menjadi opsi kerja paruh waktu dan sumber pendapatan tambahan dengan nominal yang menjanjikan. Karena dilakukan secara online, profesi ini tak membutuhkan banyak waktu dan tenaga, serta bisa dijalani di luar jam kerja utamamu.  

Tantangan Profesi Agen Asuransi Online

Meskipun keuntungan menjadi agen asuransi online sangat banyak, tapi tak berarti jika profesi ini tak memiliki tantangan atau risiko. Ketika memutuskan untuk menjalani profesi ini, kamu perlu bersiap dengan lingkungan yang kompetitif karena ada banyak agen asuransi lain yang juga mengincar prospek nasabah tertentu. Beberapa perusahaan juga memasang target dan menjadi tekanan tersendiri saat terjun ke bidang profesi ini. 

Tanpa fokus dan semangat kerja yang tinggi, sulit rasanya seseorang bisa meraih kesuksesan dari profesi ini. Belum lagi kemampuan persuasi pasti dibutuhkan oleh agen asuransi agar bisa menarik minat calon nasabah untuk mengajukan produk asuransi sesuai kebutuhannya. Tapi, jika sukses menjalani profesi ini, potensi penghasilannya bisa sangat menjanjikan. 

Baca Juga: Telat Kena Denda, Ini Cara Lapor Pajak untuk Agen Asuransi

Cara Mendaftar Profesi Agen Asuransi Online

Jika tertarik untuk menjadi agen asuransi online, pada dasarnya ada banyak platform atau perusahaan yang bisa kamu kunjung dan membuka lowongan profesi ini. Untuk cara mendaftarnya sendiri, kamu dapat mencermati langkah-langkah berikut ini. 

  • Survei platform atau perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya yang membuka lowongan profesi ini. Semakin kredibel perusahaan asuransi yang dipilih, semakin mudah pula kamu menawarkan produk asuransi yang terpercaya. 
  • Setelah itu, ajukan diri menjadi agen asuransi pada perusahaan yang membuka lowongan kerja ini. 
  • Jika diterima, kamu akan diberikan pelatihan dasar terkait asuransi. Guna menunjang profesionalitas, tidak jarang pelatihan lanjutan juga harus dilakukan agar lebih optimal menawarkan asuransi pada nasabah yang prospek. 
  • Ikuti dan lulus ujian sertifikasi, khususnya jika mengajukan diri sebagai agen dari asuransi jiwa. Agen asuransi juga memiliki kewajiban untuk mempunyai lisensi resmi sebagai bukti kredibilitas atas profesinya tersebut. 
  • Pahami aturan dan kode etik perusahaan serta asosiasi asuransi, dan pastikan disiplin menaatinya. Jika diketahui agen asuransi tak mematuhi aturan dan kode etik tersebut, lisensinya bisa ditarik dan kehilangan kredibilitasnya. 

Profit Menjanjikan dan Fleksibel, Apakah Kamu Tertarik Menjadi Agen Asuransi Online?

Masyarakat yang semakin melek dengan pentingnya terlindungi asuransi menjadikan profesi agen asuransi kian digandrungi saat ini. Bisa dilakukan di platform digital, agen asuransi online memberi peluang profit yang menjanjikan dan bisa dijalani dengan lebih fleksibel. Yang pasti, jika tertarik menjadi agen asuransi online, pastikan untuk mengetahui kriteria dan cara mendaftarkan diri di profesi ini sesuai penjelasan di atas, ya!

Baca Juga: Mengenal Asuransi Unit Link yang Menawarkan Fitur Asuransi Sekaligus Investasi