Tahun 2023 Harus Beli Rumah di Cikarang, Ini Alasannya!

Selama bertahun-tahun harga properti meningkat gila-gilaan, kini harga rumah pun mulai berbalik arah. Kabar terbaru menyebutkan jika Indeks Harga Properti Nasional memperlihatkan adanya penurunan harga sekitar 1,4%. Dimana penurunan harga yang terbesar terlihat pada Juni 2020. 

Meski demikian hal ini bukan termasuk kabar baik yang ditunggu-tunggu oleh pemilik maupun penjual properti. Namun seharusnya, secara teori kabar penurunan indeks harga tersebut bagus untuk calon pembeli.

Baca Juga: Akta Jual Beli: Pengertian, Fungsi, Cara Mengurus dan Contoh

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Alasan Harus Beli Rumah Sekarang

loader

Membeli Rumah

Saat ini kamu sedang galau akibat rumah sewa yang ditinggali tiba-tiba dinaikkan uang sewanya? Jika demikian, mungkin membeli rumah lebih awal bisa jadi opsi terbaik dibandingkan menunda-nundanya lagi.

Jika kamu terlalu lama menunggu atau menunda untuk membeli rumah huni, ada kemungkinan harganya akan kembali naik.

Saat ini, Cikarang telah berubah menjadi sebuah kawasan paling prospektif di wilayah timur Jakarta. Perkembangan propertinya terbilang cukup pesat beberapa tahun belakangan. 

Hal ini tentunya juga karena dukungan kemudahan akses, infrastruktur, hingga banyaknya industri yang berkembang di sekitar kawasan ini. Sehingga ada banyak jenis properti menarik yang ditawarkan, mulai dari tanah kavling, rumah tinggal, hingga ruko yang bisa difungsikan untuk bisnis.

Saat ini kawasan Cikarang telah jadi incai bukan hanya oleh para konsumen langsung (end user) tapi juga para investor. Hal ini tentu karena sejumlah faktor pendukung yang membuatnya begitu menarik untuk dimiliki. Masih bingung mau beli rumah atau properti di kawasan Cikarang? Simak dulu alasan mengapa kamu harus membeli properti di kawasan ini!

Baca Juga: Tips Beli Rumah Tanpa Harus KPR, Yakin Nolak?

  1. Jarak Tempuh ke Pusat Kota Dekat

    Berlokasi di wilayah Kabupaten Bekasi, jarak tempuh dari ibukota Jakarta ke kawasan Cikarang terbilang cukup dekat. Untuk menuju ke pusat kota Jakarta, kamu bisa menempuhnya dengan berbagai jenis transportasi. Dari mulai menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum. 

    Dengan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan jalan bebas hambatan alias jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Cikampek. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke ibukota kurang lebih sekitar 50 menit saja. 

    Sementara untuk transportasi umum bisa menggunakan bus atau naik KRL dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit. Jarak yang cukup dekat menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang mulai mengincar properti di kawasan tersebut. 

  2. Dukungan Infrastruktur 

    Cikarang saat ini telah berubah menjadi kawasan pusat industri berskala nasional. Bahkan, kawasan industrinya termasuk yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

    Hal inilah yang kemudian mendorong pemerintah dan swasta untuk berlomba-lomba membangun infrastruktur. 

    Beberapa jalan tol kini sudah mulai aktif beroperasi, seperti jalan tol layang Jakarta–CIkampek 2 Elevated. Jalan bebas hambatan dengan panjang 64 km ini termasuk dalam kategori jenis proyek nasional.

    Di samping itu, ada beberapa proyek infrastruktur lainnya yang menggandeng pihak swasta. Seperti proyek KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) misalnya. 

    Infrastruktur ini dibangun untuk menghubungkan antara Jakarta yang dimulai dari Bandara Halim Perdanakusuma, hingga ke Bandung, tepatnya Tegalluar. 

    Akan ada transportasi andalan yang mampu mengangkut banyak pekerja yang hampir setiap harinya bekerja di kawasan Cikarang dan sekitarnya. Yakni dengan kereta cepat dengan rute Jakarta-Bandung, sehingga perjalanan bisa lebih cepat, aman dan nyaman.

  3. Tersedia Lapangan Kerja Cukup Banyak

    Dengan hadirnya industri berskala besar ke kawasan Cikarang, hal ini tentunya memberikan angin segar. Terutama bagi para job seeker, baik fresh graduate maupun karyawan profesional. 

    Banyak perusahaan baik lokal hingga dari mancanegara yang beroperasi dan berkembang di kawasan industri Cikarang. Sebut saja dari Jerman, Inggris, Korea dan juga Singapura. 

    Dengan banyaknya perusahaan tersebut, tentunya secara otomatis ini juga akan membuat peluang lowongan pekerjaan yang baru tersedia cukup banyak di kawasan Cikarang. 

    Jika demikian, pastinya akan ada banyak pekerja yang membutuhkan tempat tinggal atau hunian. Maka dari itu, dengan memiliki rumah atau properti di kawasan Cikarang akan berpotensi untuk menghasilkan cuan jika disewakan kembali.

  4. Harga Cukup Bersaing 

    Jika kamu berencana untuk menetap atau tinggal di kawasan Cikarang, maka bisa membeli apartemen atau rumah dengan harga yang masuk akal. Atau, jika ingin menjualnya kembali pun harga jual rumah atau properti di kawasan ini termasuk stabil. 

    Sekarang ini Cikarang menjadi salah satu lokasi favorit para developer untuk mengembangkan proyek hunian. Jadi jangan heran jika ada banyak perumahan, mulai dari perumahan dengan harga terjangkau per unitnya hingga rumah di kawasan elit.

    Inilah mengapa harga jual rumah atau properti di kawasan ini pun cukup bersaing. Sehingga, kamu bisa memilih ingin beli di perumahan yang mana sesuai budget, baik dijadikan sebagai hunian maupun investasi.

Kawasan Cikarang Bisa Jadi Rekomendasi Lokasi Hunian Masa Depan 

Kawasan Cikarang dengan berbagai kelebihannya, mulai dari fasilitas, akses, infrastruktur, hingga peluang kerja yang menarik merupakan salah satu lokasi favorit hunian. Jadi jangan heran jika kemudian banyak diminati masyarakat serta para investor. 

Jika masih ragu untuk membuat keputusan, beberapa alasan diatas bisa digunakan untuk membantu kamu memilih. Dengan respon minat yang besar, tentunya harga properti dan rumah di kawasan Cikarang akan selalu mengalami kenaikan. Jadi daripada tunggu lebih lama, tak ada salahnya untuk mulai membeli dari sekarang.

Baca Juga: Begini Ciri-Ciri dan Cara Cek Developer Perumahan Terbaik