Cara Mengambil Uang di Western Union

Salah satu layanan jasa pengiriman dan penerimaan uang yang cukup dikenal banyak orang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri adalah Western Union. Perusahaan layanan pengiriman uang ini sudah ada di dunia sejak 1851 dengan fungsi dan peran sebagai sarana mengirim uang ataupun menerima uang dari lokasi ke lokasi yang lain.

Sampai saat ini Western Union sudah berkembang sangat pesat, bahkan kita bisa menjumpai kantornya di mana saja. Western Union sudah tersebar di berbagai negara dengan ratusan ribu kantor. Di Indonesia, Western Union cukup sering digunakan banyak orang. Namun, tidak sedikit pula yang masih belum mengetahui penggunaan serta pemakaian layanan ini.

Baca juga: Begini Cara Ambil Uang di ATM Beserta Cara Aman Mengambil Uang di ATM!

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Apa Itu Western Union?

loader

Western Union

Western Union merupakan jasa yang memberikan layanan pengiriman dan penerimaan uang antarnegara. Sering kali, layanan ini digunakan bagi mereka yang akan melakukan pengiriman uang ke negara lain dan ingin pengiman tersebut aman, cepat, dan murah. Berbasis di Colorado, Amerika Serikat, layanan yang diberikan tidak hanya pengiriman uang ke rekening bank, tetapi juga pengiriman dapat dilakukan ke rekening dompet digital dan rekening ponsel.

Bagi yang awam dan belum pernah mencoba layanan Western Union, kadang masih ragu dalam menggunakan jasa pengiriman yang satu ini. Banyak yang menganggap susah, tidak percaya, prosesnya lama, dan lain sebagainya. Padahal, jasa pengiriman atau penerimaan uang yang satu ini dianggap yang paling mudah, cepat, dan jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan menggunakan ATM dari bank-bank lokal.

Western Union lebih mudah dalam hal jangkauan atau akses ke luar negeri dengan biaya yang murah. Sementara itu, rata-rata bank lokal tidak bisa menjangkau atau melakukan pengiriman sampai ke luar negeri.

Mungkin beberapa orang masih bingung dalam penggunaan Western Union, baik itu mengirim maupun menerima. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap cara mengambil uang di Western Union yang bisa dicoba sendiri.

Cara Ambil Uang di Western Union

  1. Ketahui Tempat yang Menggunakan Jasa Western Union

    Langkah pertama dari cara mengambil uang di Wester Union yang harus diketahui adalah mengetahui tempat-tempat yang menggunakan jasa Western Union. Untuk mencarinya, mudahnya kamu hanya tinggal memerhatikan papan nama. Biasanya, tempat-tempat yang bekerja sama dengan Western Union memiliki papan nama dengan tulisan “Western Union”.

    Tapi, kamu juga bisa menemukan layanan Western Union di beberapa tempat, seperti Bank Danamon, Bank Mandiri Syariah, Bank Jawa Barat (BJB), Kantor Pos, Pegadaian, Indomaret, dan sebagainya. Pada dasarnya, di setiap tempat yang ada papan nama kuning Western Union, di situlah kamu bisa menggunakan layanan Western Union.

  2. Pastikan Uang Sudah Dikirim Pengirim

    Pastikan bahwa uang yang dikirim si pengirim sudah benar-benar dikirimkan ke kamu. Silakan tanyakan terlebih dahulu orang yang mengirimkan uang, apakah uang sudah dikirimkan ke kamu atau belum. Sebab tidak mungkin jika kamu datang ke kantor Western Union dan mengambil uang yang dikirimkan. Padahal, si pengirim belum mengirimkan uangnya.

  3. Mintalah Kode MTCN Kepada Pengirim

    Ada hal yang tidak boleh dilupakan si penerima yang akan menerima uang, yaitu kode Money Transfer Control Number (MTCN). Apa itu kode MTCN? Suatu kode/nomor unik yang nantinya akan digunakan untuk mentransfer uang. Untuk memperoleh kode MTCN, kamu bisa meminta kepada si pengirim. Nantinya, pada saat menerima uang, petugas Western Union tinggal mencocokkan saja kode MTCN serta identitas kamu dengan uang yang dikirim. Jika benar, kamu bisa langsung mengambil uang tersebut.

  4. Ketahui Syarat Pengambilan Uang di Western Union

    Tentunya, untuk mengambil uang yang dikirim melalui Western Union, syarat-syarat tertentu mesti dipenuhi atau beberapa hal harus disiapkan. Apa saja yang harus kamu siapkan untuk mengambil uang di Western Union? Berikut adalah daftarnya.

    • Nama lengkap pengirim (nama depan, tengah, dan belakang).
    • Kartu identitas asli kamu yang masih berlaku dengan fotokopinya (untuk orang asing, persiapkan paspor asli yang masih berlaku).
    • Mengetahui nama penerima.
    • Mengetahui jumlah uang yang dikirim.
    • Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
    • Mengetahui asal negara serta alamat si pengirim.

    Beberapa hal di atas perlu disiapkan sebelum kamu melakukan penerimaan uang. Jika satu saja di antara persyaratan di atas tidak terpenuhi, bisa jadi untuk penerimaan uang yang dilakukan akan sedikit sulit. Sebab, syarat-syarat penerimaan tidak terpenuhi seluruhnya. Sebelum mengunjungi kantor Western Union, silakan persiapkan dengan matang persyaratan di atas. Hubungi pengirim untuk mengetahui beberapa informasi penting yang menjadi syarat penerima.

  5. Datang Ke Kantor Western Union

    Jika sudah mempersiapkan beberapa hal penting pada poin sebelumnya, itu berarti kamu sudah siap untuk mendatangi kantor Western Union terdekat. Silakan kamu cari terlebih dahulu kantor Western Union yang dekat dengan posisimu.

    Jika masih belum menemukan lokasi terdekat kantor Western Union, silahkan gunakan fitur pencarian yang sudah disediakan oleh Western Union di website-nya, yakni https://www.westernunion.com/id/en/home.html

  6. Mengisi Formulir Penerimaan Uang

    Sesampainya di sana, komunikasikan maksud kamu yang ingin mengambil kiriman uang kepada petugas kantor yang ada. Nantinya, kamu akan disuruh untuk mengisi formulir penerimaan untuk melanjutkan proses penerimaan uang. Isilah terlebih dahulu dengan informasi yang sesuai. Biasanya, di formulir akan terdapat kolom seperti jumlah uang, nama penerima, dan sebagainya. Isi sesuai dengan informasi yang diketahui atau peroleh dari pengirim. Nantinya, kamu akan dimintai kartu identitas untuk mencocokkan apakah informasi yang ditulis di formulir benar atau sesuai dengan kartu identitas yang digunakan.

  7. Menunggu Proses Pemeriksaan

    Sampai di sini, kamu hanya tinggal menunggu proses pemeriksaan yang dilakukan petugas Western Union, apakah informasi yang diberikan sesuai dengan data yang mereka miliki. Prosesnya tidak terlalu lama. Jangan khawatir mengenai biaya atau ongkos penerimaan sebab untuk penerimaan tidak dikenakan biaya apa pun. Berbeda dengan pengiriman yang dikenakan biaya.

  8. Ambil Uang

    Jika proses pemeriksaan sudah selesai dan dinyatakan berhasil, kamu sudah bisa mengambil uang yang dikirim si pengirim. Periksa kembali dan tandatangani tkamu bukti transaksi. Kamu akan diberikan tanda bukti transaksi oleh agen. Periksa kembali tanda bukti transaksi tersebut dan tandatangani apabila seluruh informasi sudah akurat. Transaksi sudah selesai. Harap menyimpan uang di tempat yang aman.

Ketentuan Penerimaan Uang di Indonesia yang Perlu Dipahami

Indonesia termasuk salah satu pengguna Western Union terbesar di dunia. Jumlah penduduk yang banyak dan kemudahan yang diberikan Western Union sangat cocok untuk karakteristik masyarakat di tanah air. Hal ini membuat Western Union membuat beberapa kebijakan khusus untuk masyarakat Indonesia. Beberapa ketentuan tersebut di antaranya:

  • Penerima harus menunjukkan kartu identitas asli yang masih berlaku beserta fotonya dalam setiap melakukan transaksi pengiriman uang (khusus orang asing, persiapkan paspor yang masih berlaku).
  • Penerima harus memberitahu Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN) yang benar.
  • Fitur “Pertanyaan Tes” tidak berlaku di Indonesia.
  • Pengiriman Uang yang berhubungan dengan perjudian sangat dilarang.

Dengan memahami ketentuan dan prosedur penggunaan layanan Western Union, proses kirim dan terima uang antarnegara sudah menjadi hal yang biasa untuk dilakukan secara aman dan cepat layaknya transfer lokal di dalam negeri.

Baca juga: Cara Transfer Uang dari Mobile Banking BCA

Ketahui Cara Mengambil Uang Di Western Union

Itulah ulasan mengenai cara ambil uang di Western Union yang perlu diketahui. Pastikan kamu sudah membacanya dengan seksama agar proses pengambilan uang menjadi lancar. Pastikan kamu mengambil uang melakui kanto Western Union resmi untuk menghindari penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.