Ambil Uang di Western Union dengan Cara Ini

Salah satu layanan jasa pengiriman dan penerimaan uang yang cukup dikenal banyak orang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, adalah Western Union. Perusahaan layanan pengiriman uang ini sudah ada di dunia sejak 1851 dengan fungsi dan peran sebagai sarana mengirim uang ataupun menerima uang dari lokasi ke lokasi yang lain.

Sampai saat ini Western Union sudah berkembang sangat pesat, bahkan kita bisa menjumpai kantornya di mana saja. Western Union sudah tersebar di berbagai negara dengan ratusan ribu kantor. Di Indonesia Western Union cukup sering digunakan banyak orang. Namun, tidak sedikit pula yang masih belum mengetahui penggunaan serta pemakaian layanan ini.

Baca Juga: Cara Mudah Mengirim dan Menerima Uang Melalui Western Union Indonesia

Penggunaan Layanan Western Union Tidak Serumit yang Dibayangkan

Western Union Indonesia

Layanan Western Union via hissingkitty.com

 

Bagi orang yang awam yang belum pernah mencoba layanan Western Union, kadang masih ragu dalam menggunakan jasa pengiriman yang satu ini. Banyak yang menganggap susah, tidak percaya, prosesnya lama, dan lain sebagainya. Padahal, jasa pengiriman atau penerimaan uang yang satu ini dianggap yang paling mudah, cepat, dan jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan menggunakan ATM dari bank-bank lokal.

Mengapa bisa seperti itu? Sebab Western Union lebih mudah dalam hal jangkauan atau akses ke luar negeri dengan biaya yang murah. Sementara rata-rata bank lokal tidak bisa menjangkau atau melakukan pengiriman sampai ke luar negeri. Mungkin beberapa orang masih bingung dalam penggunaan Western Union, baik itu mengirim maupun menerima. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap cara mengambil uang di Western Union yang bisa Anda coba sendiri.

Di Mana Kantor Western Union Bisa Ditemukan?

Pertama yang harus diketahui terlebih dahulu adalah di mana kantor Western Union bisa ditemukan? Pertanyaan seperti inilah yang biasanya muncul. Untuk mencari kantor Western Union, mudahnya Anda hanya tinggal memerhatikan papan nama. Biasanya kantor Western Union menggunakan papan nama di kantornya. Selain itu, Anda bisa menemukan kantornya di:

  • Bank Danamon
  • Bank Mandiri Syariah
  • Bank Jawa Barat (BJB)
  • Kantor Pos
  • Pegadaian
  • Indomaret

Sebenarnya, di luar yang disebutkan di atas, masih ada tempat lain yang menyediakan layanan Western Union. Intinya, di setiap tempat yang ada papan nama kuning Western Union, di situlah Anda bisa menggunakan layanan Western Union.

Baiklah, ulasan di bawah ini akan menjelaskan cara menerima uang di Western Union. Setiap langkah dijelaskan secara mendetail untuk Anda. Silakan dipelajari dengan baik ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Mengirim dan Menerima Uang Lewat Wester Union

Panduan Cara Menerima Uang Di Western Union

Cara Transaksi Western Union Indonesia

Isi Formulir Western Union via auspost.com.au

 

Menerima uang lewat Western Union sama mudahnya dengan mengirim uang. Beberapa langkah berikut ini bisa Anda pelajari sebelum menggunakan layanan Western Union.

1. Pastikan Uang Sudah Dikirim Pengirim

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa uang yang dikirim si pengirim sudah benar-benar dikirimkan ke Anda. Silakan tanyakan terlebih dahulu orang yang mengirimkan uang, apakah uang sudah dikirimkan ke Anda atau belum. Sebab tidak mungkin jika Anda datang ke kantor dan mengambil uang yang dikirimkan. Padahal, si pengirim belum mengirimkan uangnya.

Untuk mengeceknya lebih lanjut, bisa dilakukan dengan mengaksesnya lewat internet dengan membuka halaman berikut https://wumt.westernunion.com/asp/orderstatus.asp?country=global.

2. Mintalah Kode MTCN Kepada Pengirim

Ada hal yang tidak boleh dilupakan si penerima yang akan menerima uang, yaitu kode Money Transfer Control Number (MTCN). Apa itu kode MTCN? Suatu kode/nomor unik yang nantinya akan digunakan untuk mentransfer uang. Untuk memperoleh kode MTCN, Anda bisa meminta kepada si pengirim. Nantinya, pada saat menerima uang, petugas Western Union tinggal mencocokkan saja kode MTCN serta identitas Anda dengan uang yang dikirim. Jika benar, Anda bisa langsung mengambil uang tersebut.

3. Siapkan Beberapa Hal Berikut

Tentunya untuk mengambil uang yang dikirim melalui Western Union, syarat-syarat tertentu mesti dipenuhi atau beberapa hal harus disiapkan. Apa saja yang harus Anda siapkan untuk mengambil uang di Western Union? Berikut adalah daftarnya.

  • Nama lengkap pengirim (nama depan, tengah, dan belakang).
  • Kartu identitas asli Anda yang masih berlaku dengan fotokopinya (untuk orang asing, persiapkan paspor asli yang masih berlaku).
  • Mengetahui nama penerima.
  • Mengetahui jumlah uang yang dikirim.
  • Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
  • Mengetahui asal negara serta alamat si pengirim

Beberapa hal di atas perlu disiapkan sebelum Anda melakukan penerimaan uang. Jika satu saja di antara persyaratan di atas tidak terpenuhi, bisa jadi untuk penerimaan uang yang dilakukan akan sedikit sulit. Sebab syarat-syarat penerimaan tidak terpenuhi seluruhnya. Sebelum Anda mengunjungi kantor Western Union, silakan persiapkan dengan matang persyaratan di atas. Hubungi si pengirim untuk mengetahui beberapa informasi penting yang menjadi syarat penerima.

4. Datang Ke Kantor Western Union

Jika sudah mempersiapkan beberapa hal penting pada poin sebelumnya, itu berarti Anda sudah siap untuk mendatangi kantor Western Union terdekat. Silakan anda cari terlebih dahulu kantor Western Union yang dekat dengan posisi anda. Atau untuk lebih mempermudahnya, silahkan anda datangi lokasi-lokasi berikut untuk mengetahui apakah ada Western Union di daerah anda :

  • Danamon
  • Mandiri Syariah
  • BJB
  • Kantor Pos
  • Pegadaian
  • Indomaret

Biasanya di tempat – tempat diatas terdapat pula layanan Western Union yang bisa digunakan. Jika anda masih belum menemukan lokasi terdekat kantor Western Union di tempat anda, silahkan gunakan fitur pencarian yang sudah disediakan oleh Western Union di website-nya, yakni https://www.westernunion.com/id/en/home.html

5. Mengisi Formulir Penerimaan Uang

Sesampainya di sana, komunikasikan maksud Anda yang ingin mengambil kiriman uang kepada petugas kantor yang ada. Nantinya Anda akan disuruh untuk mengisi formulir penerimaan untuk melanjutkan proses penerimaan uang. Isilah terlebih dahulu dengan informasi yang sesuai. Biasanya di formulir akan terdapat kolom seperti jumlah uang, nama penerima, dan sebagainya. Isi sesuai dengan informasi yang Anda ketahui atau peroleh dari si pengirim. Di sini pula nantinya Anda akan dimintai kartu identitas untuk mencocokkan apakah informasi yang ditulis di formulir benar atau sesuai dengan kartu identitas yang Anda gunakan.

6. Menunggu Proses Pemeriksaan

Sampai di sini Anda hanya tinggal menunggu proses pemeriksaan yang dilakukan petugas Western Union. Apakah informasi yang diberikan sesuai dengan data yang mereka miliki. Prosesnya tidak terlalu lama. Jangan khawatir mengenai biaya atau ongkos penerimaan sebab untuk penerimaan tidak dikenakan biaya apa pun. Berbeda dengan pengiriman yang dikenakan biaya.

7. Ambil Uang Anda

Jika proses pemeriksaan sudah selesai dan dinyatakan berhasil, Anda sudah bisa mengambil uang yang dikirim si pengirim. Periksa kembali dan tandatangani tanda bukti transaksi. Anda akan diberikan tanda bukti transaksi oleh agen. Periksa kembali tanda bukti transaksi tersebut dan tandatangani apabila seluruh informasi sudah akurat. Transaksi Anda sudah selesai. Harap menyimpan uang Anda di tempat yang aman.

Ketentuan Penerimaan Uang di Indonesia yang Perlu Dipahami

Indonesia termasuk salah satu pengguna Western Union terbesar di dunia. Jumlah penduduk yang banyak dan kemudahan yang diberikan Western Union sangat cocok untuk karakteristik masyarakat di tanah air. Hal ini membuat Western Union membuat beberapa kebijakan khusus untuk masyarakat Indonesia. Beberapa ketentuan tersebut di antaranya:

  • Penerima harus menunjukkan kartu identitas asli yang masih berlaku beserta fotonya dalam setiap melakukan transaksi pengiriman uang (khusus orang asing, persiapkan paspor yang masih berlaku).
  • Penerima harus memberitahu Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN) yang benar. Sebab ini adalah keharusan di Indonesia.
  • Fitur “Pertanyaan Tes” tidak berlaku di Indonesia.
  • Pengiriman Uang yang berhubungan dengan perjudian sangat dilarang.

Dengan memahami ketentuan dan prosedur penggunaan layanan Western Union, proses kirim dan terima uang antarnegara sudah menjadi hal yang biasa untuk dilakukan secara aman dan cepat layaknya transfer lokal di dalam negeri.

Baca Juga: Cara Mudah Transfer Uang Tanpa Rekening Bank