Cara Ambil Uang di ATM

Menabung di bank memang salah satu cara terbaik dalam menyimpan uang. Pasalnya, uang yang dititipkan di bank lebih terjaga keamanannya ketimbang menyimpannya di rumah, celengan, atau di bawah kasur. Selain itu, dana nasabah yang tersimpan di bank dijamin pula oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, andai kata bank tersebut bangkrut, uang kita akan digantikan oleh LPS.

Ditambah bunga serta undian berhadiah membuat tradisi menabung di bank menarik. Nasabah juga bebas bisa kapan saja menarik kembali uang mereka, lewat buku tabungan atau kartu ATM; yang lebih simpel. Cara kedua ini memang sangat memudahkan nasabah, kapanpun dan dimanapun mereka butuh tarik tunai, tinggal cari ATM terdekat. Lalu bagaimana cara ambil uang di ATM?

Temukan Mesin ATM

mesin atm berbagai macam mesin ATM dari bank berbeda via jawapos.com

Hal pertama yang harus Anda cari adalah mesin ATM itu sendiri. Sesuaikan ATM dengan bank tempat menabung. Ambil contoh Anda menabung di Bank BNI, maka cari ATM berlogo Bank BNI atau ATM bersama. Namun ketahui juga bank Anda masuk dalam jaringan ATM bersama yang mana. Berikut jaringan ATM bersama yang ada di Indonesia.

  • ATM Link: BNI, BRI, BTN, Mandiri, CIMB Niaga, dan Danamon
  • ATM Prima: BCA, BNI, Mandiri, BRI, dan CIMB Niaga
  • ATM Alto: Danamon, Maybank, BTN, Permata Bank, dan Citibank

Catatan: Sebenarnya Anda dapat melakukan penarikan uang di mesin ATM bank manapun, namun beberapa bank akan mengenakan biaya admin sebesar Rp6.500.

Baca Juga: Mesin ATM: Jenis-Jenis dan Cara Aman Menggunakannya

Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit

Setelah menemukan ATM yang pas, pastikan juga Anda membawa kartu debit alias kartu ATM. Selain itu juga, tentukan pecahan nominal uang yang akan ditarik. Rp50.000 atau Rp100.000? bahkan di ATM BNI terdapat pecahan Rp20.000 yang bisa diambil. Langkah-langkah selanjutnya agar dapat melakukan penarikan tunai adalah sebagai berikut.

  1. Masukan kartu ATM ke mesin ATM
  2. Pastikan kartu tidak terbalik. Caranya, awalan nomor pada kartu ATM menghadap atas karena itu adalah bagian yang dimasukan terlebih dahulu.
  3. Pilih Bahasa. Indonesia atau English
  4. Masukan PIN ATM
  5. Pilih jumlah uang yang akan diambil. Layar akan langsung menampilkan nominal-nominal yang bisa langsung diambil.
  6. Jika nominal pada poin nomor 5 tidak ada yang sesuai, Anda bisa pilih Transaksi Lain > Penarikan > Jumlah Lain
  7. Lalu masukan jumlah yang ingin diambil
  8. Pilih cetak receipt jika Anda ingin mendapatkan struk transaksi
  9. Uang akan keluar dari mesin
  10. Ambil uang
  11. Tekan cancel pada keyboard mesin ATM
  12. Kartu ATM akan keluar

Baca Juga: ATM Anda Hilang? Ini 4 Langkah Mudah Mengurusnya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jangan Tinggalkan Mesin ATM jika Transaksi Belum Selesai

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah keselesaian transaksi. Jangan sampai sudah selesai mengambil uang, kartu ATM tertinggal. Kasus tersebut banyak terjadi di masyarakat. Ini sangatlah tidak aman karena ATM Anda bisa disalahgunakan oleh orang lain. Beruntung jika tidak orang di antrean, kartu Anda akan ditelan mesin. Tapi tetap saja akan merepotkan karena Anda harus mengurusnya ke bank. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat ambil uang di ATM.

Baca Juga: Awas! Ini 5 Modus Penipuan yang Sering Terjadi di ATM