Begini Cara Ambil Uang di ATM Beserta Cara Aman Mengambil Uang di ATM!

Menabung di bank memang salah satu cara terbaik dalam menyimpan uang. Pasalnya, uang yang dititipkan di bank lebih terjaga keamanannya ketimbang menyimpannya di rumah, celengan, atau di bawah kasur. Selain itu, dana nasabah yang tersimpan di bank dijamin pula oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, andai kata bank tersebut bangkrut, uang kita akan digantikan oleh LPS.

Ditambah bunga serta undian berhadiah, membuat tradisi menabung di bank menarik. Nasabah juga bebas bisa kapan saja menarik kembali uang mereka menggunakan kartu ATM yang lebih simpel. Cara ini memang sangat memudahkan nasabah, kapanpun dan dimanapun mereka butuh tarik tunai, tinggal cari ATM terdekat. Lalu, bagaimana cara ambil uang di ATM? Simak penjelasan berikut ini!

Baca juga: Kartu ATM Terblokir? Inilah Cara Mudah Membukanya

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Cara Mengambil Uang di ATM dengan Mudah

loader

Mesin ATM

  1. Temukan Mesin ATM

    Hal pertama yang harus dicari adalah mesin ATM itu sendiri. Sesuaikan ATM dengan bank yang digunakan untuk menabung. Misalnya, kamu menabung di Bank BNI, cari ATM berlogo Bank BNI atau ATM bersama. Ketahui juga bank yang digunakan masuk dalam jaringan ATM bersama yang mana. Berikut jaringan ATM bersama yang ada di Indonesia.

    • ATM Link: BNI, BRI, BTN, Mandiri, CIMB Niaga, dan Danamon
    • ATM Prima: BCA, BNI, Mandiri, BRI, dan CIMB Niaga
    • ATM Alto: Danamon, Maybank, BTN, Permata Bank, dan Citibank

    Catatan: Terdapat beberapa bank akan mengenakan biaya admin sebesar kurang lebih Rp7.500. Maka, pastikan dana yang ada di kartu ATM mencukupi agar transaksi dapat dilakukan.

  2. Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit

    Setelah menemukan ATM yang sesuai, pastikan juga kamu membawa kartu debit alias kartu ATM. Sebisa mungkin, jangan menggunakan kartu kredit untuk menarik uang karena kamu akan dikenakan biaya tambahan. Selain itu, tentukan pecahan nominal uang yang akan ditarik, apakah Rp50.000 atau Rp100.000. Bahkan, bisa saja kamu mengambil uang di ATM BNI dengan pecahan Rp20.000.

    Setelah memastikan kartu sudah benar dan menentukan denominalisasi uang, ikuti langkah-langkah berikut agar dapat melakukan penarikan tunai.

    1. Masukan kartu ATM ke mesin ATM dengan cara memasukkan bagian nomor kartu ATM  menghadap atas dan chip kartu menghadap dalam terlebih dahulu.
    2. Pilih Bahasa. Indonesia atau Inggris.
    3. Masukkan 6 digit PIN ATM.
    4. Layar akan langsung menampilkan nominal-nominal yang bisa langsung diambil. Pilih jumlah yang akan diambil.
    5. Jika nominal pada poin nomor 4 tidak ada yang sesuai, kamu bisa pilih Transaksi Lain > Penarikan > Jumlah Lain.
    6. Masukkan jumlah yang ingin diambil.
    7. Pilih cetak receipt jika ingin mendapatkan struk transaksi.
    8. Ambil uang yang keluar dari mesin.
    9. Lanjutkan transaksi jika terdapat transaksi lain atau tekan cancel untuk mengeluarkan kartu ATM.

Baca Juga: Kenapa Anda Harus Mengganti PIN ATM secara Berkala? Ini Alasannya

Cara Mengambil Uang di ATM Tanpa Kartu

Kemajuan teknologi perbankan makin meningkat. Kini, kamu juga bisa mengambil uang tanpa kartu debit. Sejak awal tahun 2019, cara ini sudah banyak dikembangkan pihak bank demi kemudahan transaksi nasabah khususnya mereka yang lupa, ketinggalan, atau kehilangan kartu ATM.

Penasaran bagaimana cara ambil uang di mesin ATM tanpa harus memasukkan kartu debit? Bisa kok, cara ini aman karena mengandalkan sistem dan teknologi mobile banking dari masing-masing bank yang nantinya akan mengirimkan Kode Tarik Tunai yang akan dimasukkan ke mesin ATM bank sebagai kunci untuk pengambilan uang tunai tanpa kartu debit.

Cara Mengambil Uang di ATM dengan Aman

  • Pastikan Lokasi Aman

    Terkadang, lokasi ATM yang ditemukan tidak berada di lokasi aman atau berada di tempat terpencil. Tentunya, kamu akan merasa tidak aman ketika melakukan transaksi di ATM jika kondisinya seperti itu. Oleh karena itu, sebelum ambil uang di ATM, pastikan dulu lokasi aman.

    Agar lebih merasa nyaman, pastikan kamu mencari ATM di tempat publik atau keramaian, seperti mall, supermarket, dan sebagainya. Dengan begitu, lokasi akan lebih aman dan jika terjadi sesuatu, kamu bisa segera minta bantuan orang sekitar.

    Lalu, pastikan pula bahwa ATM terdapat CCTV di atasnya dan juga daerah sekitarnya memiliki CCTV. Agar lebih aman, cari ATM  yang ada satpamnya pula agar semua transaksi lancar.

  • Masukkan PIN yang Benar

    Ketika memasukkan PIN, kamu perlu memerhatikannya secara cermat. Sebab, jika PIN yang dimasukkan salah sampai 3 kali, kartu ATM kamu akan terblokir. Tentunya, hal tersebut tidak diinginkan. Oleh karena itu, perlu kamu ingat secara pasti PIN  yang digunakan pada ATM tersebut.

    Jika kartu ATM terblokir, kamu tidak dapat melakukan transaksi apapun, baik itu ambil uang maupun transfer. Untuk bisa membuka kartu ATM kembali, kamu harus menghubungi call center bank terkait. Dengan begitu, proses transaksi pengambilan uang di ATM menjadi lebih lama atau bisa saja transaksimu menjadi tertunda.

  • Jaga Keamanan PIN  Kartu ATM

    Selain itu, ketika memasukkan PIN  ke dalam mesin ATM, pastikan pula bahwa tidak ada orang yang melihat angka PIN tersebut dari belakang. Cara menanggulanginya adalah dengan menutup tombol di ATM dengan tangan sehingga tombol tidak terlihat dari sisi kanan, kiri, atas, maupun belakang. Kamu juga bisa untuk mendekatkan tubuh pada mesin ATM sehingga mesin ATM pun tertutup badanmu. Dengan begitu, tombol ATM tidak dapat diintip dari belakang.

    Hal ini penting untuk dilakukan karena jika pihak lain mengetahui 6 digit dari PIN  ATM kamu, hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Misalnya, modus penipuan, pencurian kartu ATM, penarikan uang tanpa sepengetahuanmu, kebocoran data, dan sebagainya. Oleh karena itu, jaga keamanan PIN untuk menghindari kejadian demikian.

  • Jangan Langsung Tinggalkan ATM

    Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah saat transaksi selesai. Jangan sampai sudah selesai mengambil uang, kartu ATM tertinggal atau cetak struk belum diambil. Kasus tersebut banyak terjadi di masyarakat. Ini sangatlah tidak aman karena kartu ATM kamu bisa disalahgunakan oleh orang lain.

    Beruntung jika tidak orang di antrean, kartu akan ditelan mesin. Tapi, tetap saja akan merepotkan karena kamu harus mengurusnya ke bank. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat ambil uang di ATM.

Ketahui Cara Ambil Uang di ATM dan Utamakan Keamanan

Ambil uang di ATM memang memiliki risiko tertentu. Hal ini perlu diperhatikan oleh setiap nasabah pengguna kartu ATM agar segala transaksi menjadi lebih aman dan lancar. Untuk itu, keamanan lokasi, lingkungan sekitar, bahkan PIN kartu ATM juga perlu diperhatikan.

Biasakan diri untuk melihat lingkungan sekitar terlebih dahulu untuk memastikan lokasi dan lingkungan benar-benar aman. Selain itu, biasakan pula untuk menutup tombol-tombol angka pada mesin ATM agar PIN ATM tidak terlihat oleh orang yang sedang mengantre di belakangmu.

Baca Juga: Waspadai Uang Hilang di ATM, Lakukan Ini Hindari Penipuan Skimming