15 Rekomendasi Animasi DreamWorks yang Cocok Ditonton Anak-anak, Apa Saja Ya?

Selain Disney dan Pixar, salah satu rumah produksi ternama yang melahirkan karya-karya animasi atau kartun adalah DreamWorks Animation. Di bawah naungan perusahaan Universal Pictures. DreamWorks telah merilis sebanyak 46 film animasi dari 1998 hingga Juni 2023 ini. 

Film pertama dari DreamWorks adalah berjudul Antz yang dirilis pada Oktober 1998 silam, dan berhasil melahirkan animasi terlaris sepanjang masa, yakni Shrek 2 pada 2004. Selain itu, karya dari rumah produksi ini juga mendapatkan penghargaan, diantaranya Academy Awards, Emmy Awards, dan Golden Globe Awards.

Selain Shrek yang menjadi film terlarisnya, DreamWorks juga memiliki belasan film animasi terbaik yang cocok menjadi tontonan serta hiburan untuk anak-anak. Berikut adalah deretan rekomendasi kartun tersebut;

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

1. Spirit Untamed (2021)

loader
Spirit Untamed via cinemags.org

Film animasi hasil diproduksi oleh DreamWorks yang cocok ditonton untuk anak-anak pertama adalah berjudul Spirit Untamed yang tayang pada 2021 lalu. Kartun ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Lucky Prescott yang harus tinggal dengan ayahnya pasca membuat sang bibi merasa kewalahan mengaturnya.

Lucky pindah dengan ayahnya ke sebuah pedesaan kecil Miradero, dan di sana ia bertemu dengan seekor kuda mustang yang diberi nama Spirit. Setelah pertemuan itu, Lucku dan Spirit mengalami banyak petualangan dan kisah yang seru dari kebersamaan mereka yang bebas serta juga pemberani.

2. Abominable (2019)

loader
Abominable via swtimes.com

Film animasi DreamWorks ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Yi yang bertemu dengan seekor makhluk besar berbulu putih yang merupakan Yeti. Saat itu, ia bertemu dengan makhluk Yeti yang dinamainya Everest tersebut pada malam hari di sebuah atap dekat kediamannya.

Ketika itu, keberadaan Everest sedang diintai oleh helicopter untuk diculik oleh pebisnis jahat, dan Yi berhasil menyembunyikannya. Namun rupanya, Everest memiliki keinginan untuk kembali ke keluarganya yang berada di Gunung Everest, dan saat itu Yi berusaha mewujudkannya dengan melakukan perjalanan tersebut.

3. Boss Baby (2017)

loader
Boss Baby via wall.alphacoders.com

Boss Baby salah satu suguhan film dari DreamWorks yang menarik dan cocok ditonton oleh anak-anak. Animasi ini memiliki cerita yang cukup unik karena mengisahkan seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang memiliki adik bayi laki-laki yang tidak biasa karena bisa berbicara dan bergaya layaknya orang dewasa.

Dalam film ini pun diperlihatkan kalau bayi laki-laki tersebut bekerja sebagai agen rahasia atau mata-mata pada sebuah perusahaan bernama Baby Corp. Di situ, ia menjalankan misi rahasia untuk membuat orang dewasa lebih mencintai anak anjing dibandingkan bayi.

4. Trolls (2016)

loader
Trolls via bbc.com

Animasi yang diproduksi oleh DreamWorks ini tidak hanya populer di kalangan anak-anak, melainkan juga pada orang dewasa. Hal tersebut dikarenakan Trolls memiliki cerita yang ringan dan juga mengandung unsur komedi, serta juga diselipkan sejumlah lagu-lagu atau musikal di dalamnya.

Trolls sendiri merupakan sekelompok makhluk kecil dengan berbagai warna yang hidup dengan riang gembira, namun mereka sempat dipenjara oleh sekelompok makhluk Bergens. Setelah, Trolls berhasil bebas, dan pemimpin mereka bernama Putri Poppy berinisiatif untuk mengadakan pesta karena kebebasan Trolls dari Bergens.

5. Home (2015)

loader
Home via forbes.com

DreamWorks kali ini menghadirkan kisah pertemanan antara manusia dan seorang makhluk alien dalam karya film berjudul Home. Cerita ini diawali ketika seorang wanita bernama Tip yang bertemu dengan alien dari ras Boov bernama Oh yang tengah melakukan persembunyian di bumi.

Di tengah pelariannya dari incaran suku Boov yang datang ke bumi, Oh akhirnya berusaha membantu Tip yang sedang terpisah, dan menemukan keberadaan ibunya. Akankah petualangan mereka berhasil?

6. Turbo (2013)

loader
Turbo via youtube.com

Sesuatu yang tidak mungkin jika seekor siput memiliki cita-cita menjadi pembalap, namun hal tersebut bisa terwujud dalam film yang diproduksi oleh DreamWorks berjudul Turbo. Seekor siput bernama Theo dapat meraih keinginannya sebagai pembalap setelah mengalami sebuah insiden kecelakaan.

Saat kecelakaan tersebut, DNA Theo rupanya bercampur dengan cairan NOx atau Nitrous Oxide yang membuat dirinya memiliki kecepatan super layaknya seperti mobil sungguhan. Namun apakah Theo bisa mewujudkan keinginan sebagai pembalap nomor satu dengan kemampuan yang dimilikinya?

Baca Juga: Suka Film Laga? Simak Rekomendasi 13 Film Action Terbaik yang Dijamin Seru untuk Ditonton

7. The Croods (2013)

loader
The Croods via primevideo.com

Salah satu film bertemakan keluarga dari DreamWorks ini mengisahkan tentang keluarga bernama Croods yang mana petualangan dimulai ketika mereka selamat dari bencana alam. Setelah mengalami bencana alam tersebut, kelapa keluarga Croods pun melarang anggotanya untuk melakukan kegiatan di luar kediaman selain mencari makan.

Kendati demikian, aturan tersebut tidak disukai oleh Eep, salah satu anggota keluarga Croods. Sampai akhirnya Eep menyelinap keluar untuk melihat Bintang. Saat itu, ia bertemu dengan seorang anak laki-laki modern bernama Guy serta Binatang peliharaannya, dan pertemuan mereka pun membawa perubahan pada keluarga Croods.

8. Megamind (2010)

loader
Megamind via thedirect.com

Film ini mengangkat kisah seorang alien bernama Megamind yang memiliki keinginan untuk menjadi pejabat dengan kekuatan super guna mengalahkan musuhnya, yakni Metro Man. Namun, musuh bebuyutannya tersebut selalu menang dan menggagalkan serangan dari Megamind.

Namun, dengan rencana dan aksi yang keji, akhirnya Megamind berhasil mengalahkan dan membunuh Metro Man. Kendati demikian setelah itu, Megamind merasa kehilangan tujuan hidup, dan membuat dirinya ingin menciptakan pahlawan super buatan bernama Titan.

9. How to Train Your Dragon (2010)

loader

Seorang anak laki-laki berusia 15 tahun bernama Hiccup yang berasal dari suku Viking tinggal di sebuah desa bersama dengan ayahnya. Kendati demikian, wilayah tempat kediamannya kerap didatangi oleh sejumlah makhluk berbahaya, yakni berupa naga.

Dikarenakan hal tersebut, Hiccup tidak diperbolehkan oleh ayahnya yang merupakan kepala suku viking untuk berburu naga-naga yang menyerang desanya. Namun, pada suatu hari, Hiccup justru berhasil memburu salah satu naga, dan merawat naga yang terluka karena senjatanya tersebut.

10.  Monster vs Aliens (2009)

loader
Monster vs Aliens via letterboxd.com

Momen pernikahan yang seharusnya menjadi salah satu kebahagiaan dalam hidup tidak dirasakan oleh seorang wanita bernama Susan Murphy. Pasalnya ketika upacara pernikahannya berlangsung, sebuah meteorit dari menghantam dirinya.

Hantaman dari meteorit tersebut membuat Susan terpapar akan radiasi dari benda angkasa itu, dan bahkan membuat bentuk tubuhnya berubah menjadi raksasa. Setelahnya, ia pun langsung dibawa ke sebuah tempat dimana pemerintah menampung berbagai jenis monster.

11. Kung Fu Panda (2008)

loader
Kungfu Panda via liputan6.com

Siapa yang tidak mengetahui salah satu karakter dalam film produksi DreamWorks ini. Ya, ia adalah panda bertubuh gemuk bernama Po yang merupakan penggemar dan memiliki Impian menjadi seorang ahli Kungfu dan bergabung dengan Five, Masters Tigress, Monkey, Crane, Viper dan juga Mantis yang dilatih oleh Master Shifu.

Saat itu pula, mantan anak didik Master Shifu, yakni Tai Lung dikabarkan melarikan diri dari penjara dan menyerang untuk mendapatkan dragon scroll. Kemudian, Master Shifu dan Oogway mencari satu pahlawan yang dapat diidentifikasi sebagai Prajurit Naga, dan berhasilkah Po menjadi salah satu bagian dari kelompok ahli Kungfu tersebut?

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Film Balapan Mobil yang Seru dan Memicu Adrenalin, yang Mana Film Favoritmu?

12. Madagascar (2005)

loader
Madagascar via tvinsider.com

Film DreamWorks lainnya yang tidak kalah populer dari antara yang lainnya adalah Madagascar. Animasi ini berisikan kehidupan para binatang diantaranya ada Alex Singa, Melman Jerapah, Gloria Kuda Nil, dan Marty Zebra yang tinggal di sebuah kebun Binatang bernama Central Park Zoo.

Pada suatu hari, Marty si Zebra dilanda rasa bosan dengan kehidupan yang ada di kebun Binatang sehingga ia berencana untuk kabur dari tempat itu. Namun, teman-temannya sempat melarang, dan bagaimana kah Nasib Alex, Marty dan kawan-kawannya?

13.  Shark Tale (2004)

loader
Shark Tale via collider.com

Kisah kehidupan seekor ikan kecil dan memiliki mimpi yang besar bernama Oscar dapat dinikmati dalam film yang diproduksi oleh DreamWorks ini. Dalam film Shark Tale, Oscar ingin mewujudkan impiannya untuk menjadi ikan yang kaya raya dan juga tentunya terkenal.

Kendati demikian, kehidupan Oscar justru diwarnai dengan sejumlah masalah yang dibuatnya sendiri. Diantaranya adalah ia menggunakan uang milik bosnya yang bernama Skyes untuk taruhan, dan membohongi semua kawanan di laut dengan cerita bohongnya yang mengaku telah membunuh putra bos mafia hiu.

14. Shrek (2001)

loader
Shrek via collider.com

Siapa yang tidak mengetahui salah satu karakter sangat populer dalam film yang produksi oleh DreamWorks, yakni Sherk. Ia merupakan salah satu makhluk Ogre raksasa hijau yang hidup di sebuah kawasan tepi rawa. Suatu hari, Shrek dibuat kesal karena tempat tinggalnya dipenuhi dengan sejumlah makhluk dongeng yang dibuang oleh Dewa Farquaad.

Tidak suka karena tempat tinggalnya diusik oleh tindakan dari Farquaad, ia pun akhirnya memutuskan untuk membuat kesepakatan bersama demi mendapatkan kembali kuasa mengendalikan rawa-rawa. Shrek pun diminta menyelamatkan Putri Fiona, namun di tengah menyelesaikan misi itu, ia justru jatuh cinta dengan Fiona.

15. The Road to El Dorado (2000)

loader
The Road to El Dorado via screenrant.com

Film terakhir yang bisa menjadi rekomendasi tontonan anak-anak dari DreamWorks adalah The Road to El Dorado. Animasi ini mengisahkan dua orang laki-laki penipu bernama Miguel dan Tulio yang berhasil memenangkan peta ke kora emas legendaris, yakni El Dorado.

Di tengah perjalanannya menuju El Dorado tersebut, Miguel dan Tulio mendapatkan sejumlah masalah. Diantaranya adalah dituduh berlaku curang dalam memenangkan permainan itu hingga membuat mereka ditahan oleh awak kapal karena dianggap sebagai penumpang gelap.

Mau Nonton Film yang Mana untuk Isi Akhir Pekan dengan Keluarga?

Film-film produksi DreamWorks yang telah diuraikan di atas bisa menjadi rekomendasi tontonan bersama dengan anak-anak serta juga bersama keluarga. Selain dapat mengisi waktu bersantai di akhir pekan, kalian juga akan mendapatkan hiburan melalui cerita-cerita unik dan seru ketika menyaksikan deretan animasi tersebut.

Baca Juga:  18 Rekomendasi Film Thailand Romantis yang Paling Seru