Apply Kartu Kredit Sekarang atau Nanti? Inilah Jawabannya

Dewasa ini kartu kredit bukan hanya sekadar alat pembayaran, tapi juga bisa dikatakan sebagai gaya hidup. Selain banyaknya keuntungan berupa promosi, kartu kredit juga menawarkan kemudahan dalam pembayaran. Tidak sedikit juga dari kita yang mengabaikan efek dari kartu kredit apabila digunakan tidak semestinya.

Hal yang paling utama dalam menggunakan kartu kredit adalah kecerdasan dan kedewasaan dalam memanfaatkannya. Menggunakan kartu kredit perlu kecerdasan dan kedewasaan emosional.

Kartu kredit hakikatnya adalah kartu yang memberi kemudahan untuk melakukan transaksi. Dengan kartu kredit, pengguna akan mendapatkan akses cepat agar bisa diberikan dana oleh bank. Namun, ada syaratnya, yaiut bunga yang cukup besar yang dibebankan kepada pengguna.

Dari situ dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan kartu kredit, utang pengguna akan semakin bertambah. Apabila perencanaan dalam mengembalikan utang tersebut tidak matang, hal tersebut akan menjadi bola salju yang akan membahayakan kondisi keuangan. Karena itu, diperlukan kecerdasan dalam mengatur keuangan.

Baca Juga: Manfaat Ekonomis Kartu Kredit Bagi Generasi Millenial

Karena itu, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan kalau akan dan sedang berurusan dengan kartu kredit. Apa saja hal-hal tersebut?

Pertama, bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit, ada baiknya urungkan niat tersebut seandainya benar-benar tidak membutuhkannya. Kalau tidak terlalu banyak membutuhkan, jangan mengajukan permohonan untuk memiliki kartu kredit. Sebab bagaimana pun hidup akan lebih nyaman tanpa utang.

Kedua, bagi Anda yang akan mencoba untuk mempunyai kartu kredit, pilihlah bank penerbit kartu kredit yang mempunyai banyak keuntungan, seperti bebas iuran tahunan dan penerapan denda yang kecil. Kita juga boleh mempertimbangkan bank penerbit yang memberikan banyak promo semisal penerbangan murah. Dengan begitu, kita akan mempunyai keuntungan tersendiri ketika memiliki kartu kredit.

Dapat disimpulkan, kartu kredit ibarat mata pisau yang mempunyai dua sisi tajam. Kita dapat terluka apabila salah dalam menggunakannya. Sebaliknya, kita akan mempunyai banyak keuntungan kalau bisa menggunakannya dengan baik.

 

Tidak salah memiliki kartu kredit, tapi ada baiknya perhatikan beberapa hal yang bisa menjadikan pertimbangan dalam menentukan kapan perlu menggunakan kartu kredit. Berikut ini empat hal yang perlu jadi pertimbangan.

Baca Juga: 10 Tanda Kartu Kredit Harus Segera Diganti

1. Amankah Kondisi Keuangan?

Kondisi Keuangan
Pastikan Kondisi Keuangan Aman Sebelum Gunakan Kartu Kredit

Sebelum menggunakan atau memutuskan untuk memiliki kartu kredit, ada baiknya memerhatikan kondisi keuangan. Perlu juga diperhatikan apakah kondisi keuangan sedang baik atau buruk. Indikasi ini dapat dilihat dari besaran anggaran untuk menabung dan investasi. Semakin besar anggaran untuk investasi dan tabungan setiap bulannya, semakin baik kondisi keuangan.

2. Apakah Sering Bepergian?

Promo Kartu Kredit Travelling
Bagi Traveller, Memiliki Kartu Kredit Memberikan Keuntungan Tersendiri

Apabila sering bepergian dalam urusan bisnis atau dinas, hal ini akan mempunyai keuntungan tersendiri apabila memiliki kartu kredit. Sebab dengan kartu kredit, kita dapat menghemat biaya transportasi, khususnya penerbangan dengan promo yang banyak diberikan bank penerbit kartu kredit.

3. Menunjang Bisnis

Kartu Kredit Pebisnis
Kartu Kredit Dapat Membantu Kelancaran Bisnis

Milikilah kartu kredit apabila menjalankan sebuah bisnis. Sebab memiliki kartu kredit akan menjadi keuntungan tersendiri bagi pebisnis. Terlebih untuk mendapatkan tambahan modal secara cepat.

4. Mendapatkan Keuntungan Tambahan

Promo Kartu Kredit
Segera Miliki Kartu Kredit dan Nikmati Promonya

Anda bisa memperhitungkan untuk memiliki kartu kredit seandainya kartu tersebut mempunyai keuntungan tambahan. Misalnya, kartu tersebut menguntungkan aktivitas yang dilakukan, terutama yang terkait transaksi. Selain poin yang akan dikumpulkan, mungkin juga promosi yang menarik yang ditawarkan kartu kredit.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Menempatkan Mana yang Lebih Prioritas

Memilih memiliki kartu kredit adalah hal yang sangat dilematis. Karena itu, gunakan skala prioritas dalam menentukannya. Entah itu menentukan untuk memiliki sebagai langkah untuk pemenuhan kebutuhan pokok secara hemat. Ataupun juga menentukan untuk menggunakannya nanti ketika kondisi memungkinkan. Semuanya kembali kepada Anda yang memutuskan yang tentunya didasari pertimbangan yang matang.

Baca Juga: Cara Mudah Menaikan Limit pada Kartu Kredit