Mengenal Asuransi Astra Buana: Macam Jenis Produk dan Cara Klaimnya

Isu adanya resesi global di tahun 2023 cukup membuat resah. Orang-orang mulai berpikir cara untuk meminimalisir dampak yang akan dirasakan. Mulai dari menabung untuk dana darurat hingga mencari penghasilan tambahan. Asuransi juga dapat menjadi salah satu cara untuk berjaga-jaga dari risiko terjadinya resesi. 

Asuransi yang terdapat saat ini sudah beragam. Banyaknya layanan dan produk asuransi yang ada terkadang membuat bimbang. Pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan tidak bisa dipilih dengan sembarangan karena masing-masing layanan dan produk memiliki proteksi terhadap risiko yang berbeda. 

Astra Buana adalah salah satu layanan asuransi yang namanya telah dikenal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Asuransi ini memiliki berbagai jenis produk yang bisa dipilih sesuai dengan budget dan apa yang kamu butuhkan. Kamu bisa kenali asuransi Astra Buana dan produknya dengan membaca artikel berikut ini. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Sekilas Tentang Asuransi Astra Buana 

loader
Logo Asuransi Astra Buana

PT Asuransi Astra Buana merupakan perusahaan asuransi yang dinaungi Astra Group dan telah mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terdapat 2 anak perusahaan Astra Group, yaitu PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) dan PT Asuransi Astra Buana. Astra Life berfokus pada asuransi jiwa, sedangkan asuransi Astra Buana berfokus pada asuransi umum.

PT Asuransi Astra Buana sendiri mulai bergerak sejak 12 September 1956. Sejak tahun 1990, Astra Buana menyediakan produk asuransi kesehatan selain produk asuransi umum. Lebih dari 60 tahun berdiri, saat ini Asuransi Astra Buana menyediakan berbagai produk asuransi bagi masyarakat Indonesia, antara lain terdapat asuransi kesehatan, asuransi kendaraaan bermotor, asuransi bisnis, dan asuransi properti.  

Produk-Produk Asuransi Astra Buana

Berbagai produk asuransi yang ditawarkan oleh Asuransi Astra Buana mungkin saja adalah produk asuransi yang selama ini kamu cari. Berikut adalah produk-produknya. 

Nama Produk Penjelasan
Garda Medika  Produk asuransi kesehatan dari Asuransi Astra ini memberikan jaminan utama atas biaya rawat inap karena sakit ataupun kecelakaan dan perlindungan kesehatan dan kecelakaan bagi karyawan perusahaan. Manfaat pertanggungan yang ditawarkan oleh polis asuransi ini adalah perlindungan atas kesehatan dan kecelakaan bagi karyawan, uang pertanggungan yang disesuaikan dengan polis asuransi apabila cacat total dan meninggal, dan rawat inap. Polisi ini juga menawarkan pilihan Asuransi Astra Syariah. 
Garda Healthtech Produk asuransi kesehatan lain dari Asuransi Astra Buana dapat dirasakan manfaatnya dengan premi mulai 299 ribu Rupiah per tahun. Dengan polis ini, kamu bisa mendapatkan manfaat berupa konsultasi secara online sebanyak 14 kali di Halodoc, penanggungan biaya resep obat baik online dan offline, dan penanggungan biaya pengiriman obat. Selain itu, kamu juga dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter umum atau spesialis.
Garda Oto Asuransi Astra Garda Oto merupakan asuransi mobil yang memberikan pertanggungan risiko kerusakan all risk dan Total Loss Only (TLO). Polis ini dapat diklaim dengan mudah melalui aplikasi Garda Mobil Otocare. Garda Oto juga menawarkan adanya layanan bantuan darurat atau Emergency Roadside Assistance (ERA). Selain itu, terdapat juga perluasan jaminan.
Garda Motor Garda Motor merupakan asuransi yang memberikan jaminan Total Loss Only (TLO), yaitu kerusakan setidaknya 75 persen dari nilai motor yang dapat diperluas juga jaminannya. Misalnya, jaminan kecelakaan pengemudi dan/atau penumpang. Asuransi ini juga memberikan ganti rugi kehilangan apabila terjadi pencurian.
Asuransi Mikro Asuransi Astra Buana juga memiliki produk dengan jaminan santunan meninggal dunia yang terjadi karena kecelakaan atau sakit, dan juga cacat total tetap Polis asuransi ini bernama Asuransi Mikro dengan harga premi 30 ribu per tahun.
Asuransi Kebakaran dan Harta Benda Produk ini menjamin kerugian atau kerusakan harta benda, kepentingan bangunan, serta harta benda yang bersifat komersial, seperti gudang atau ruko. Terdapat manfaat pertanggungan lain yang bisa didapat selama jaminan asuransi diperluas. Polis ini juga menyediakan Asuransi Property atau Industrial All Risk.
Asuransi Pengangkutan Produk asuransi kargo menjamin kerugian terhadap barang selama proses pengiriman, baik melalui jalur udara, darat, maupun laut.
Asuransi Rangka Kapal Polis Asuransi Rangka Kapal menjamin kerugian pada kapal laut, baik rangka, mesin, maupun peralatannya, akibat bencana alam di laut, sungai, maupun danau. Selain itu, kecelakaan akibat ledakan dan bongkar muat hingga tabrakan kapal juga dijamin. Jaminan yang diberikan disesuaikan dengan standar Institute Time Clause Hull (Clause 280, 284, atau 289).
Asuransi Aneka

Produk asuransi aneka meliputi beberapa jenis asuransi yang diperuntukkan bagi kebutuhan bisnis yang terdiri atas Asuransi Tanaman, Asuransi Rekayasa, Asuransi Uang, dan Asuransi Tanggung Gugat. 

Asuransi Tanggung Gugat memberikan perlindungan atas tuntutan hukum dari pihak ketiga. Asuransi Uang sendiri menjamin kerugian atas kerusakan uang selama pengiriman atau kerusakan karena penyimpanan. Sementara itu, Asuransi Rekayasa memberikan jaminan kerugian/kerusakan terhadap pemilik atau pelaksana proyek konstruksi/instalasi. Produk terakhir dari Asuransi Aneka ialah Asuransi Tanaman yang memberikan perlindungan pada kelapa sawit dari risiko api.

Asuransi Alat Berat Polis asuransi ini cocok dipilih apabila kamu atau perusahaan memiliki alat berat. Asuransi ini memberikan jaminan ganti rugi apabila alat berat yang dipertanggungkan mengalami kerusakan dan atau kerugian karena kejadian yang disebabkan oleh risiko yang dijamin.
Asuransi Syariah Produk Asuransi Astra berbasis syariah menghadirkan perlindungan untuk nasabah produk komersial atau ritel. Asuransi Syariah tersedia untuk asuransi kesehatan, kebakaran, pengangkutan, rangka kapal, dan kendaraan bermotor. Asuransi ini juga tersedia untuk produk Astra Garda Oto.

Baca Juga: Kenali Asuransi BCA Life, Hadirkan Ragam Produk, Manfaat, dan Cara Klaim Asuransi

Cara Klaim Asuransi

loader
Cara Klaim Asuransi Astra Buana

Pastikan kamu sudah tau bagaimana cara untuk mengklaim asuransi Astra Buana. Perlu diketahui, cara klaim Asuransi Astra Buana berbeda-beda sesuai dengan jenis polis asuransi yang dibeli. Simak penjelasan singkat berikut yang dapat membantu kamu untuk klaim asuransinya. 

Asuransi Astra – Kesehatan

Cara klaim dari asuransi kesehatan Astra juga dibedakan sesuai dengan kepentingannya.

Cashless

  1. Tunjukkan kartu Garda Medika yang dimiliki ke rumah sakit rekanan.
  2. Lakukan konfirmasi klaim ke rumah sakit rekanan.
  3. Jalani proses perawatan.
  4. Bayar kelebihan biaya jika ada.
  5. Jika tidak ada, klaim selesai. 

Reimbursement 

Klaim ini dikhususkan bagi kamu yang menggunakan dana pribadi terlebih dahulu selama proses perawatan. Berikut cara klaim asuransinya. 

  1. Pergi ke rumah sakit yang bukan rumah sakit rekanan. 
  2. Jalani proses perawatan. 
  3. Bayar tagihan menggunakan dana pribadi. 
  4. Lakukan pengajuan klaim ke pihak asuransi.
  5. Kemudian, tunggu konfirmasi dari pihak asuransi. 
  6. Dana akan digantikan sesuai perjanjian di polis.

Asuransi Astra – Umum

Produk-produk asuransi Astra yang termasuk dalam jenis asuransi umum dapat diklaim dengan cara berikut. 

  1. Laporkan kejadian ke Garda Akses 1500 112 ext. 2
  2. Kirimkan dokumen melalui email ccl@asuransiastra.com
  3. Dokumen akan ditinjau dan diverifikasi oleh tim underwriter Asuransi Astra Buana. 
  4. Setelah diverifikasi, proses klaim atau ganti rugi akan dilakukan. 

Asuransi Astra – Kendaraan Bermotor (Garda Oto)

Berikut cara klaim asuransi Garda Oto yang dapat kamu lakukan. 

  1. Isi formulir klaim melalui aplikasi Garda Mobile Otocare dengan ketentuan pengisian formulir dilakukan maksimal 5 (lima) hari setelah kejadian.
  2. Tim Garda Oto akan melakukan pemeriksaan kerusakan kendaraan.
  3. Kemudian, Tim Garda Oto akan menentukan bagaimana rencana perbaikan yang akan dilakukan. 
  4. Nasabah diberikan Surat Perintah Kerja elektronik.
  5. Kendaraan akan dijemput dan dibawa ke bengkel di wilayah layanan Pickup Delivery Service.
  6. Setelah diperbaiki,  kendaraan akan diantar kembali.
  7. Jika diperlukan, lengkapi berbagai dokumen pelengkap lainnya (untuk asuransi TLO).
  8. Tunggu proses pengajuan selesai dan pencairan klaim dilakukan dalam kurun waktu 14 hari kerja. 

Baca Juga: Asuransi AXA: Ragam Produk dan Prosedur Klaimnya

Lindungi Diri Sedini Mungkin dengan Asuransi Astra Buana

Melihat berbagai produk asuransi yang ditawarkan oleh Asuransi Astra Buana membuat kita semakin sadar akan pentingnya memiliki asuransi di era yang serba tidak pasti ini. Berbagai perlindungan yang ditawarkan dapat memproteksi risiko-risiko yang mungkin saja lebih dekat terjadi dengan apa yang kamu butuhkan saat ini.

Premi yang ditawarkan oleh Asuransi Astra Buana pun dimulai dengan harga yang terjangkau. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan budget yang kamu punya. Jangan ragu untuk membeli asuransi selama asuransi tersebut dapat memberikan manfaat yang memang kamu inginkan. 

Baca Juga: Cari Tahu Asuransi BNI Life, Serta Premi dan Cara Klaim Asuransinya