Bingung Pilih Asuransi Properti Terbaik di Indonesia? Cek Aja 10 Rekomendasi Ini!

Bagi kebanyakan orang, rumah merupakan jenis properti yang wajib dimiliki dan menjadi salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Namun, bagi sebagian orang lainnya, rumah termasuk sebagai jenis properti yang dijadikan sebagai sarana investasi untuk bisa meraih keuntungan atau imbal hasil di masa depan. 

Terlepas dari apapun tujuanmu memiliki properti, memastikan perlindungannya dengan menyiapkan asuransi properti menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hanya saja, tidak sedikit orang yang bingung saat diharuskan untuk memilih produk asuransi properti terbaik dan sesuai dengan segala kebutuhannya. 

Tak perlu risau, ada banyak pilihan produk asuransi properti terbaik di Indonesia yang dijamin mampu memenuhi segala kebutuhanmu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan 10 rekomendasi produk asuransi properti terbaik di Indonesia dan penjelasan tentang produk tersebut berikut ini. 

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

10 Rekomendasi Produk Asuransi Properti Terbaik di Indonesia 

loader

Sebenarnya, tidak ada patokan pasti tentang produk asuransi properti seperti apa yang seharusnya dibeli oleh seseorang karena setiap orang memiliki kebutuhan proteksi yang berbeda. Oleh karena itu, kunci penting ketika memilih asuransi properti adalah mengenali kebutuhan, dan membandingkan rekomendasi produk yang sebaiknya dipilih. 

Untuk mengerucutkan pilihan, berikut adalah 10 rekomendasi produk asuransi properti terbaik di Indonesia yang perlu kamu pertimbangkan. 

1. ACA

ACA adalah perusahaan asuransi yang menyediakan 2 pilihan produk asuransi properti sesuai profil nasabah. Produk yang pertama adalah Asuransi Rumah Idaman atau ASRI yang menjamin pertanggungan properti jenis rumah tinggal. Sementara untuk jenis yang kedua adalah Semua Risiko Properti atau Industri yang menjamin perlindungan pada jenis properti gedung kantor atau pabrik. 

2. Allianz

Allianz juga menawarkan asuransi properti terbaik bernama Rumahku Plus yang memberi manfaat ganti rugi akibat kerusakan properti bangunan sampai 20 miliar rupiah. Dibanding polis asuransi serupa, Allianz memang menawarkan nilai pertanggungan sangat tinggi, sekaligus memberi biaya akomodasi serta santunan akibat meninggal dunia. 

3. Adira

Selain itu, ada pula Adira yang menawarkan asuransi rumah properti all risk dan industrial all risk. Pada produk asuransi tersebut, Adira menawarkan manfaat perlindungan untuk properti serta perusahaan dari risiko musibah maupun interupsi bisnis. Mulai dari masalah banjir, gempa, kebakaran, hingga pencurian tercakup sebagai proteksi asuransi properti Adira dengan biaya premi terjangkau.

4. Sinar Mas

Melalui produk bernama Simas Rumah Hemat++, asuransi ini ditujukan pada aset hunian dengan manfaat ganti rugi terhadap risiko PSAKI, tanggung jawab hukum atas pihak ketiga, serta harta benda dalam rumah. Selain itu, asuransi ini juga menawarkan santunan atas risiko meninggal dunia maupun cacat permanen, termasuk biaya rumah sakit akibat kecelakaan. 

5. BRINS

BRINS atau BRI Insurance menawarkan 3 pilihan polis asuransi sesuai kebutuhan, yakni Silver, Gold, serta Premium. Masing-masing produk tersebut menawarkan manfaat uang pertanggungan berbeda dengan biaya premi yang bervariasi. Proteksi yang ditawarkan oleh BRINS ini mencakup ganti rugi akibat risiko PSAKI, santunan saat meninggal dunia maupun rawat inap, dan pertanggungan hukum atas pihak ketiga.

Baca Juga:  Asuransi Rumah: Pengertian, Jenis dan Simulasi, dan Cara Klaimnya

6. Avrist

Rekomendasi selanjutnya adalah asuransi properti dari Avrist yang bernama Property All Risk. Kelebihan produk asuransi ini adalah memberi pertanggungan terhadap seluruh jenis properti, misalnya, rumah, pabrik, kantor, sampai tempat usaha. Terkait manfaat perlindungan yang diberikan sendiri mencakup ganti rugi terhadap risiko masalah sesuai standar PSAKI.

7. AIG

Jika masih belum menentukan pilihan, kamu bisa mempertimbangkan asuransi properti dari AIG bernama AIG Properti Komersial yang khusus ditujukan bagi perusahaan yang beroperasi pada bidang manufaktur, medis, ritel, properti komersial, dan institusi pendidikan. Sehingga, produk asuransi ini cocok dipilih nasabah yang mempunyai proyek besar. Cakupan proteksi yang dijamin antara lain risiko kebakaran, badai, banjir, gempa bumi, sampai interupsi bisnis.

8. BCA PAR

BCA PAR atau Property All Risks merupakan rekomendasi produk asuransi properti terbaik Indonesia yang menyediakan proteksi dari risiko angin topan, banjir, kebakaran, ledakan, pesawat jatuh, hingga kerusakan karena air. Nasabah asuransi ini juga mendapat jaminan perlindungan akibat huru hara, kerusuhan, dan pemogokan. 

9. Jasindo

Tak kalah menariknya, Jasindo sebagai perusahaan milik negara juga menawarkan asuransi properti yang bisa diajukan oleh korporasi dan ritel. Manfaat proteksi yang diberikan sendiri meliputi risiko kebakaran, ledakan, petir, kejatuhan pesawat, sampai asap. 

10. Tokio Marine Indonesia Home Partner

Terakhir adalah asuransi properti yang ditawarkan oleh Tokio Marine, sebuah perusahaan asal Jepang dengan pengalaman sejak 1879. Melalui layanan Asuransi Property Home Partner, produk ini menawarkan manfaat proteksi pada rumah serta segala isinya sesuai ketentuan pada polis. Contoh perlindungan yang disediakan asuransi ini adalah kebakaran, ledakan, petir, huru hara, kerusakan karena angin topan, air, badai, sampai tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. 

Baca Juga: Asuransi Umum: Pengertian, Jenis dan Perusahaan Asuransi Terbaik

Manfaat Terlindungi Asuransi Properti

Setelah mengetahui rekomendasi asuransi properti terbaik untuk dipilih, kamu tentu penasaran, apa saja manfaat yang diberikan oleh produk asuransi tersebut. Mengacu pada Peraturan Pemerintah No.4 Thn.1988 terkait Rumah Susun, jenis properti jenis rumah susun atau apartemen wajib diasuransikan. Tidak hanya itu, pembelian rumah via KPR atau Kredit Pemilikan Rumah juga wajib terlindungi asuransi properti. 

Pasalnya, dengan jenis asuransi ini, properti terjamin manfaat ganti rugi terhadap risiko pada harta benda maupun kepentingan yang dipertanggungjawabkan. Hal tersebut mencakup kerusakan karena bencana sampai kesalahan manusia. Sehingga, ketika musibah yang dijamin oleh asuransi properti benar terjadi, nasabah bisa mendapatkan manfaat ganti rugi sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan pada polis. 

Jenis Asuransi Properti

Secara umum, di Indonesia dikenal 2 jenis produk asuransi properti, yaitu asuransi rumah dan asuransi bisnis. Berikut adalah penjelasan dari kedua jenis asuransi tersebut. 

Asuransi Rumah Asuransi Bisnis Asuransi proyek

Asuransi rumah memberi proteksi pada tempat tinggal atau hunian dan manfaatnya disesuaikan dengan PSAKI atau Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia.

Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rumah susun dan unit apartemen juga wajib terlindungi asuransi, tak terkecuali rumah yang pembeliannya melalui KPR. 

Asuransi bisnis adalah produk asuransi properti yang memberi perlindungan terhadap properti yang termasuk pada sebuah bisnis.

Misalnya pabrik, toko, gudang, mal, dan hingga kantor. Paket proteksi yang disediakan umumnya meliputi properti all risk pada bangunan non industri, dan properti industri. 

Asuransi ini termasuk sebagai bagian asuransi umum dan berguna untuk meminimalkan risiko kerugian finansial maupun kecelakaan kerja.

Sehingga, risiko pelaksanaan proyek terganggu atau bermasalah bisa dihindari. 

Tips Memilih Produk Asuransi Properti Terbaik

Agar mampu memilih produk asuransi properti terbaik sesuai kebutuhan, ada beberapa tips penting yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Cek Uang Pertanggungan yang Diberikan

Setiap produk asuransi properti menawarkan uang pertanggungan yang berbeda. Tentunya, agar mampu mendapatkan manfaat yang optimal, sesuaikan nilai uang pertanggungan tersebut dengan nilai properti milikmu. Sehingga, ketika risiko masalah benar terjadi, manfaat uang pertanggungan mampu menutup nilai kerugian yang kamu alami secara penuh.

2. Perhatikan Kondisi Finansial Perusahaan Asuransi

Selain itu, pastikan pula perusahaan asuransi memiliki kondisi keuangan kondusif agar terhindar dari risiko gagal bayar atas uang pertanggungan yang dijanjikannya. Logikanya, jika perusahaan asuransi tak memiliki aset likuid yang besar, bagaimana bisa mereka memberi uang pertanggungan sesuai permintaan nasabahnya? Oleh karena itu, pastikan jika perusahaan asuransi sudah memenuhi standar POJK dengan melihat laporan keuangannya.

3. Pastikan Legalitas dan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Reputasi perusahaan asuransi juga penting untuk dicermati guna menghindari risiko penipuan atau layanan bodong yang merugikan. Cara ceknya bisa dengan melihat izin usaha asuransi di OJK dan memastikan kredibilitasnya melalui ulasan yang diberikan oleh para nasabahnya terdahulu. 

4. Bandingkan Layanan di Banyak Perusahaan Sekaligus

Agar mampu mendapatkan layanan yang terbaik, kamu perlu membandingkan tawaran asuransi dari perusahaan berbeda dan mencermati kelebihan serta kekurangannya. Utamanya, perhatikan isi ketentuan pada polis asuransi dengan teliti guna memastikan jika manfaat yang diberikannya sesuai kebutuhan serta anggaran. 

5. Konsultasi dengan Ahli Asuransi

Terakhir, jika masih awam dengan dunia asuransi, jangan ragu menggunakan jasa konsultasi dari ahli asuransi. Dengan begitu, peluang mendapat produk asuransi properti terbaik menjadi lebih tinggi. 

Jamin Proteksi pada Properti dengan Asuransi Properti

Sejatinya, asuransi properti adalah produk keuangan yang menjamin perlindungan terhadap properti, baik hunian atau bisnis, terhadap beragam macam risiko, seperti kebakaran, bencana alam, dan sebagainya. Karenanya, demi menjamin proteksi terhadap properti secara optimal, pastikan untuk menyediakan asuransi properti ini sedini mungkin sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Asuransi Kebakaran: Pengertian, Manfaat dan Cara Klaim