Barbershop: Cara Memulai, Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Barbershop tentu menjadi salah satu layanan jasa yang selalu banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Peluang cerah ini jugalah yang menjadi alasan mengapa bisnis yang satu ini terbilang sangat menjanjikan dan layak untuk dijadikan sebagai pilihan yang tepat. 

Bisnis plan barbershop juga terbilang sederhana, sehingga bisa mudah dipahami oleh para pebisnis, termasuk pebisnis pemula sekalipun. Selain itu, modal bisnis barbershop ini tidak terlalu besar, sementara potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini sangat menjanjikan.

Cara Memulai Bisnis Barbershop

loader

Memulai bisnis barbershop harus dilakukan dengan cara yang tepat, agar kelak bisnis ini bisa berhasil dengan sukses. Pada dasarnya,  cara memulai bisnis barbershop bisa dilakukan dengan beberapa tahap yang simpel, sesuai dengan skala bisnis barbershop yang akan dibuka. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis barbershop: 

1. Tentukan Lokasi Barbershop

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam bisnis plan barbershop adalah menentukan lokasi bisnis itu sendiri. Sama seperti bisnis pada umumnya, lokasi yang strategis tentu akan sangat membantu bisnis ini bisa berjalan dengan baik dan sukses kedepannya. 

2. Tentukan Konsepnya

Konsep yang tepat juga sangat penting dalam membangun bisnis, termasuk bisnis barbershop. Semakin unik konsep yang ditawarkan, maka akan semakin besar peluang kesuksesan dalam bisnis. Buatlah konsep bisnis yang tepat sejak awal, misalnya: desain ruangan, jenis layanan, dan yang lainnya. 

3. Buat Ruangan yang Nyaman

Masih berkaitan dengan poin di atas, bisnis barbershop juga membutuhkan desain ruangan yang tepat sejak awal. Pastikan ruangan bisa nyaman untuk setiap pelanggan yang datang, sehingga pelanggan senang dan bisa menjadi pelanggan jangka panjang bagi bisnis yang dijalankan. 

4. Siapkan Peralatan yang Memadai

Poin yang satu ini tentu berkaitan dengan modal bisnis barbershop yang dimiliki. Belilah berbagai peralatan yang memadai untuk menjalankan bisnis ini dengan sebaik mungkin. Semakin memadai peralatan yang dimiliki, maka bisnis ini juga akan semakin lancar. 

5. Rekrut Tenaga Ahli 

Cara memulai bisnis barbershop yang tepat juga tidak bisa mengabaikan poin yang satu ini. Penting untuk merekrut tenaga kerja yang ahli di bidang yang satu ini, agar pelanggan selalu bisa mendapatkan layanan terbaik sesuai dengan yang mereka butuhkan. Hal ini juga akan sekaligus memungkinkan bisnis ini untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

6. Tentukan Strategi Promosi yang Tepat 

Zaman sudah berkembang pesat dan kegiatan promosi menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan. Pastikan untuk memilih metode promosi yang tepat dalam bisnis, agar lebih banyak pelanggan yang menggunakan layanan barbershop yang ditawarkan. 

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Rumah Makan, Dijamin Sukses!

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Estimasi Modal dan Keuntungan Bisnis Barbershop 

Sebagaimana bisnis pada umumnya, bisnis plan barbershop tentu akan membutuhkan sejumlah modal. Modal ini akan dibutuhkan untuk membeli berbagai peralatan dan kebutuhan yang diperlukan dalam menjalankan bisnis ini dengan baik kedepannya. 

Berikut ini adalah estimasi modal bisnis barbershop yang akan dibutuhkan untuk memulai bisnis ini: 

Kebutuhan Modal

Perkiraan Harga Satuan (Rp)

Kursi pangkas rambut

Rp 1.200.000,-

Cermin besar

Rp 1.200.000,-

Meja rias

Rp 1.600.000,-

Cermin kecil

Rp 100.000,-

Sewa tempat

Rp 2.000.000,- 

Total Kebutuhan Modal

Rp 6.000.000,-

Besaran  modal awal jangka panjang untuk memulai bisnis barbershop di atas adalah Rp.6.000.000,-. Namun kisaran modal ini tentu akan sangat tergantung pada skala bisnis plan barbershop yang akan dijalankan. Semakin besar bisnis yang akan dijalankan, maka modal bisnis barbershop yang dibutuhkan juga tentu akan semakin besar juga. 

Untuk memulai bisnis barbershop juga akan dibutuhkan sejumlah peralatan pendukung lainnya. Berbagai peralatan ini akan membuat bisnis berjalan dengan lebih lancar, sehingga peluang kesuksesan bisnis ini juga akan semakin besar. 

Berikut ini adalah beberapa biaya peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis barbershop: 

Nama Peralatan

Perkiraan Harga (Rp)

Mesin cukur

Rp 450.000,-

Sisir rambut

Rp   20.000,-

Gunting

Rp 100.000,- 

Gunting sasak

Rp 180.000,-

Pisau cukur

Rp 40.000,-

Handuk

Rp 150.000,-

Penutup badan

Rp 60.000,-

Jepit kecil dan besar 

Rp 40.000,-

Botol semprot

Rp 40.000,-

Sikat bulu

Rp 60.000,-

Mangkuk sabun

Rp 10.000,-

Total 

Rp 1.150.000,-

Jika rata-rata dalam satu hari ada 10 orang pelanggan dengan asumsi biaya potong rambut sebesar Rp 15 ribu/ orang, maka pendapatan yang bisa dihasilkan dari bisnis plan barbershop ini adalah sebesar Rp 4.500.000,- per bulannya. 

Maka potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis yang satu ini adalah sebesar: 

Total penghasilan (Rp 4.500.000,-) – Total pengeluaran (Rp 1.150.000,-) = 

Rp 3.350.000,- per bulannya. 

Baca Juga: Bisnis Percetakan Digital, Tips Sukses dan Ide Produknya

Keuntungan dan Kendala Bisnis Barbershop 

Meski sudah memahami dengan baik cara memulai bisnis barbershop, penting untuk mengetahui apa saja keuntungan dan kendala dalam bisnis yang satu ini. Hal ini penting dan akan membantu untuk meminimalisir berbagai risiko yang mungkin saja terjadi saat memulai bisnis barbershop. 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan juga kendala yang kerap dihadapi dalam bisnis barbershop: 

Keuntungan Bisnis Barbershop 

1. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil 

Modal bisnis barbershop terbilang kecil, sehingga bisnis ini cukup mudah untuk dibangun. Seperti dijabarkan di atas, dengan modal sekitar Rp 5 jutaan saja, bisnis ini sudah bisa mulai dijalankan dengan baik. 

2. Bisnis Simpel 

Cara memulai bisnis barbershop tidak akan ribet, sebab ini termasuk bisnis yang simpel dan mudah untuk dijalankan, bahkan oleh pebisnis pemula sekalipun. Cukup lengkapi semua peralatan yang dibutuhkan dengan baik, maka bisnis ini sudah bisa dimulai dengan segera. 

3. Memiliki Potensi Pasar Menjanjikan 

Meski terlihat sangat biasa, bisnis barbershop justru memiliki potensi pasar yang sangat luas dan menjanjikan. Bisnis ini tidak akan pernah sepi pelanggan, apalagi jika dibuka di lokasi yang tepat dan strategis sejak awal. 

4. Peralatan Mudah Didapatkan 

Bisnis barbershop juga hanya membutuhkan sejumlah peralatan yang simpel saja, bahkan sangat mudah untuk didapatkan. Berbagai peralatan ini biasanya dijual di toko-toko perlengkapan salon yang mudah ditemukan di perkotaan. 

5. Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan

Tidak harus dijalankan 24 jam penuh, bisnis barbershop juga bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan. Jika sudah memiliki pekerjaan tetap dan cukup sibuk, bisnis yang satu ini tetap bisa dijalankan dengan cara mempekerjakan orang lain sebagai karyawan. 

Kendala dalam Menjalankan Bisnis Barbershop

1. Sulit Mendapatkan Barber Profesional 

Kendala utama dalam bisnis ini adalah sulitnya mendapatkan barber/ tukang potong rambut yang profesional. Selain itu, bayaran yang tinggi merupakan salah satu kendala lainnya ketika mencari tenaga ahli seperti ini. 

2. Butuh Inovasi Terbaru 

Tren rambut selalu berubah, sehingga pelaku bisnis ini harus selalu mengikuti perkembangan dan berbagai inovasi terbaru dalam bisnis barbershop. Hal ini tentu tidak selalu mudah, apalagi ketika mempekerjakan orang lain dalam bisnis ini. 

3. Persaingan Bisnis Cukup Ketat

Peluang yang cerah dalam bisnis ini tentu sebanding dengan tingkat persaingannya yang terbilang ketat. Jika tidak bisa memenangkan persaingan, maka bukan tidak mungkin bisnis ini hanya akan jalan di tempat saja. 

4. Harus Selalu Menjaga Kenyamanan Pelanggan 

Sebagaimana bisnis jasa lainnya, barbershop juga harus mengutamakan kenyamanan pelanggan. Hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri dalam bisnis ini, mengingat ada ratusan pelanggan yang akan datang setiap bulannya. 

Tips Sukses Membuka Bisnis Barbershop 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis barbershop berjalan sukses: 

  1. Pilihlah lokasi yang tepat dan benar-benar strategis untuk menjalankan bisnis ini. Misalnya: lokasi sekitar perumahan, sekitar kampus/ sekolah, dan yang yang lainnya. 
  2. Pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan yang datang, agar mereka menjadi pelanggan yang loyal.
  3. Terapkan harga yang masuk akal dan ramah di kantong, sehingga tidak membebani pelanggan. 
  4. Gunakan berbagai peralatan yang modern dan bisa mendukung kelancaran bisnis barbershop ini secara maksimal.
  5. Selalu ikuti perkembangan tren rambut terbaru.
  6. Rekrutlah tenaga kerja yang ahli dan profesional di bidangnya. 

Rencanakan dan Jalankan Bisnis Barbershop dengan Tepat 

Menjalankan bisnis barbershop bisa menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki penghasilan lumayan. Ini bisnis yang simpel dan tidak akan sulit untuk dibangun. Mulai rencanakan dan jalankan bisnis barbershop dengan tepat, agar aktivitas yang satu ini bisa memberikan pendapatan di dalam keuangan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Warung Makan dan Tips Suksesnya