Bauran Pemasaran: Pengertian, Unsur dan Manfaatnya

Bauran pemasaran merupakan salah satu cara untuk mengelola strategi pemasaran, sehingga perusahaan bisa mendapatkan angka penjualan yang maksimal. Namun di dalam praktiknya, bauran pemasaran adalah hal yang terbilang belum begitu populer dan tentu saja tidak banyak dipahami masyarakat. 

Bauran pemasaran jasa maupun barang yang tepat, akan membantu bisnis bisa berkembang dengan baik, di mana pemasarannya bisa berjalan dengan lancar. Hal ini tentu harus didukung dengan pemilihan strategi yang paling tepat dan eksekusi yang sesuai dengan perencanaan. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa itu Bauran Pemasaran? 

loader

Bauran pemasaran menurut para ahli adalah kumpulan variabel pemasaran yang digabungkan dan dikendalikan oleh sebuah perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target pasar. 

Dengan kata sederhana, bauran pemasaran adalah strategi yang dipakai untuk memaksimalkan penjualan, di mana hal ini didukung dengan penggunaan sejumlah aktivitas pemasaran secara bersamaan. 

Secara luas,  bauran pemasaran jasa maupun barang biasa dikenal dengan dua konsep yang berbeda, yakni bauran pemasaran 7p dan bauran pemasaran 4p. Keduanya dibedakan berdasarkan unsur/ komponen strategi yang digunakan di dalam bauran itu sendiri. 

Jika ingin mengetahui arti  bauran pemasaran menurut para ahli, maka buku Marketing for Non-Marketing Managers yang diterbitkan pada tahun 2019 bisa jadi acuan. Dalam buku ini dikatakan bahwa bauran pemasaran adalah gabungan dari sejumlah komponen yang berbeda dan digunakan untuk sebuah aktivitas pemasaran. 

Bauran pemasaran menurut para ahli lainnya ada di dalam buku Marketing Plan dalam Bisnis, yang ditulis oleh Tatik Wijayanti. Beliau mengatakan bahwa bauran masalah adalah serangkaian variabel pemasaran yang dapat dikuasai oleh perusahaan dan digunakan untuk mencapai tujuan berupa target pemasaran.

Berdasarkan informasi di atas, maka bisa disimpulkan bahwa bauran pemasaran adalah kumpulan sejumlah variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai berbagai tujuan pemasaran di pasar yang telah dijadikan target oleh perusahaan. 

Untuk menjalankan strategi pemasaran tersebut, maka bauran pemasaran jasa biasanya akan menggunakan berbagai unsur pendukung di dalamnya. Penerapan bauran pemasaran 7p maupun bauran pemasaran 4p bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan itu sendiri. 

Baca Juga: Fungsi dan Langkah Menyusun Riset Pemasaran

Unsur-unsur dalam Bauran Pemasaran 

Jika sudah memahami dengan baik apa itu bauran pemasaran menurut para ahli, maka mengenal berbagai unsur yang terdapat pada bauran pemasaran tentu akan menjadi lebih mudah. 

Pada dasarnya, bauran pemasaran jasa maupun barang bisa menggunakan 4 atau 7 unsur yang berbeda di dalamnya. Penggunaan  bauran pemasaran 7p atau bauran pemasaran 4p ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan target pemasaran yang akan dicapai nantinya. 

Berikut ini adalah unsur-unsur yang biasanya digunakan dalam bauran pemasaran: 

Unsur Utama Bauran Pemasaran 

Bauran pemasaran 4P merupakan bauran pemasaran yang menggunakan 4 unsur utama dalam aktivitas pemasaran itu sendiri, yakni: product, price, promotion, dan place. Masing-masing unsur ini tentu akan memiliki fungsi tersendiri di dalam strategi pemasaran yang akan digunakan. 

Product (Produk yang akan Dipasarkan)

Produk merupakan komponen utama yang menjadi fokus dalam aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Pebisnis harus memiliki produk yang hendak dipasarkan terlebih dahulu, sehingga proses penjualan bisa berjalan dengan lancar. Inilah alasan mengapa produk menjadi komponen utama dalam bauran pemasaran. 

Metode yang akan digunakan dalam pemasaran tentu harus disesuaikan dengan produk yang akan dijual itu sendiri. Hal ini penting, agar strategi pemasaran yang diterapkan dalam bauran pemasaran bisa memberikan dampak positif dalam penjualan produk tersebut. 

Para pebisnis wajib memahami dengan baik detail produk yang akan dijualnya, sehingga yang bersangkutan bisa mengangkat nilai jual produk tersebut secara maksimal. Jika ini bisa dijalankan dengan baik, maka peluang kesuksesan pemasaran akan jadi lebih besar. 

Price (Harga Produk yang akan Dipasarkan)

Harga jual produk merupakan komponen kedua yang ada dalam bauran pemasaran. Komponen yang satu ini juga sangat penting dan akan memudahkan pebisnis untuk menentukan strategi pemasaran demi mencapai kesuksesan pemasaran yang akan dilakukan. 

Untuk bisa mendapatkan harga jual yang tinggi, maka pebisnis tentu harus mengupayakan kualitas produk yang juga tinggi. Produk yang memiliki nilai lebih dari produk sejenis di pasaran tentu akan bisa memenangkan ketatnya persaingan. Bukan hanya itu saja, produk seperti ini akan bisa dijual dengan harga tinggi, sehingga bisa membawa keuntungan bagi perusahaan. 

Promotion (Aktivitas Promosi Produk di Pasaran)

Komponen berikutnya dalam bauran pemasaran adalah promosi. Aktivitas ini bisa dianggap sebagai aktivitas utama yang ada pada strategi pemasaran itu sendiri, dimana pebisnis melakukan berbagai upaya untuk membuat produk dikenal dan dibeli oleh para pelanggan. 

Dalam bauran pemasaran menurut para ahli, promosi yang tepat akan membantu bisnis lebih mudah dikenal dan disukai banyak orang. Hal ini akan membawa dampak positif pada angka penjualan, sehingga tujuan pemasaran itu bisa tercapai dengan baik dan keuntungan maksimal dari bisnis bisa didapatkan.

Place (Tempat/ Lokasi Pemasaran)

Tempat atau lokasi pemasaran merupakan komponen penting lainnya di dalam bauran pemasaran ini. Lokasi pemasaran akan menentukan pendistribusian produk yang akan dilakukan dalam pemasaran, sehingga produk-produk tersebut bisa tiba di tangan pelanggan dengan mudah. 

Penting untuk memilih tempat pemasaran yang tepat dan sekiranya sesuai dengan produk yang sedang dipasarkan. Semakin mudah produk dijangkau oleh pelanggan, maka akan semakin mudah terjadi transaksi penjualan. Hal ini akan membuat strategi pemasaran berjalan dengan baik, sehingga angka penjualan yang tinggi bisa dicapai di dalam bisnis tersebut.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Cara Menerapkannya

Unsur Tambahan dalam Bauran Pemasaran

Selain bauran pemasaran 4p seperti di atas, ada 3 komponen tambahan yang dikenal dalam bauran pemasaran. Ketiga komponen inilah yang membuat bauran pemasaran 7p yang lazim digunakan sebagai bauran pemasaran jasa dan yang lainnya. Bauran pemasaran 7p ini akan melengkapi keempat unsur utama tersebut.

People (Sumber Daya Manusia yang Dimiliki Perusahaan)

SDM merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan dalam bauran pemasaran. Berbagai rencana pemasaran yang akan dilakukan perusahaan tentu saja membutuhkan SDM yang cakap dan mumpuni, sehingga target penjualan bisa dicapai dengan baik. 

Pada dasarnya, pemasaran yang sukses biasanya ditangani oleh SDM yang ahli di bidangnya. SDM yang ahli dan sudah berpengalaman akan memiliki cara terbaik untuk mengeksekusi semua rencana pemasaran dengan tepat, sehingga angka penjualan yang maksimal bisa didapatkan.

Process (Proses Pelayanan Kepada Pelanggan)

Proses pemasaran merupakan komponen lainnya yang tak bisa diabaikan dalam bauran pemasaran itu sendiri. Penting bagi pebisnis untuk memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan pelayanan yang baik dan maksimal ketika melakukan pembelian produk. 

Proses pemasaran yang baik akan membuat pelanggan senang dan bisa mendapatkan kepuasan atas apa yang mereka beli. Pengalaman belanja yang seperti ini tidak akan dilupakan dengan mudah. Namun sebaliknya, bisa membuat pelanggan loyal dan bahkan menjadi pelanggan tetap.

Physical (Tampilan Fisik)

Tampilan fisik merupakan komponen terakhir yang penting di dalam bauran pemasaran. Tampilan fisik ini mengacu pada produk dan juga tempat/ lokasi bisnis yang akan digunakan dalam pemasaran produk itu sendiri. Meski terlihat tidak penting, komponen yang satu ini juga memegang peranan besar dalam pemasaran. 

Jika produk memiliki tampilan fisik yang menarik dan didukung dengan lokasi pemasaran yang tepat, maka penjualan yang tinggi tentu bukan lagi hal yang sulit untuk diwujudkan. Pelanggan akan senang dan mudah tertarik untuk datang, lalu membeli produk yang mereka butuhkan. 

Manfaat Bauran Pemasaran 

Bauran pemasaran memiliki manfaat penting bagi bisnis, berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

  • Menciptakan pemasaran yang terarah dan sukses.
  • Membuat pemasaran dan laba investasi yang efektif.
  • Membangun pengetahuan yang efektif terkait tren serta variabel bisnis di masa yang akan datang. 
  • Membuat pengelolaan dan pengalokasian anggaran menjadi lebih efektif. 
  • Menjaga kualitas data yang berasal dari berbagai sumber serta sistem. 

Terapkan Bauran Pemasaran dengan Baik 

Bauran pemasaran adalah salah satu kunci kesuksesan aktivitas pemasaran produk barang maupun jasa. Ada banyak komponen yang terdapat dalam bauran pemasaran ini, di mana masing-masing komponen akan memiliki peran penting. Pahami dan terapkan bauran pemasaran dengan baik, agar hal ini bisa membantu perusahaan mencapai target dan penjualan maksimal.

Baca Juga: Affiliate Marketing: Pengertian, Manfaat, Tips dan Peluang Karirnya