Berproses, Begini Perjalanan Karir Melody Laksani dari Awal Hingga Lulus JKT48

Siapa yang tak mengenal Melody Nurramdhani Laksani, S.P. Wanita cantik kelahiran Bandung, 24 Maret 1992 ini lebih dikenal publik sebagai penyanyi mantan anggota idol group JKT48 generasi pertama.

Sebelum lulus dari JKT48, Melody aktif bernyanyi sejak tahun 2011-2018. Kemudian di masa akhirnya, Melody berada di Tim J dan Tim T. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Kapten Tim T, Kapten JKT48.

Selain itu, pada tahun 2015-2018 ia juga menjabat juga sebagai Manajer Umum Teater JKT48. Saat ini Melody Laksani masih menjabat sebagai General Manager JKT48 (JKT48 Operational Team/ JOT).

Mengusung musik bergenre Pop/ J-pop, Melody yang aktif sebagai artis sejak 2011 ini bahkan pernah dipilih menjadi Duta Besar Pertanian dan Pangan Persahabatan antara Jepang-ASEAN. Ia juga mendapatkan berbagai pengalaman seru seperti perform di Negeri Sakura.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Berawal dari Model Video Klip

melody
Melody via blog unik

Kiprah Melody di industri entertainment bermula saat dirinya menjadi model video klip. Berwajah cantik dengan postur tubuh proporsional, Melody muncul dalam video klip Mahkota Band dan Walet Band.

Pada tahun 2011, Melody dan Frieska Anastasia Laksani, adiknya, ikut serta dalam audisi JKT48. Hebatnya lagi, keduanya sama-sama lulus final audisi hingga terpilih menjadi anggota JKT48.

Sebagai Center JKT48

Melody
Melody via wikimedia

Peran Melody di JKT48 cukup signifikan. Ia dikenal sebagai center dalam berbagai penampilannya di JKT48. Selain itu, ia juga memegang peranan yang serupa dengan Atsuko Maeda di AKB48 dan Jurina Matsui di SKE48. Sehingga bisa dikatakan, Melody ialah "wajah" dari JKT48.

Selain diposisikan sebagai tengah utama, ia juga ikut serta dalam single New Ship bersama AKB48 dan Special Girls A. Lagu yang dikeluarkan pada Februari 2012 ini merupakan single ke-25 AKB48.

Dalam lagu tersebut, Melody memerankan siswi pindahan dari SMP di Jepang. Single New Ship sendiri pertama muncul pada Tipe A edisi Give Me Five. Bernyanyi di tengah depan dengan Jurina Matsui (SKE48), Melody menjadi double center.

Terpilih Sebagai Tim J dan Jadi Kapten

Melody
Melody via shukanbunshun.com

Konser setahun JKT48 kemudian dihelat pada 23 Desember 2012. Dan di saat itulah Melody terpilih masuk menjadi Tim J dari JKT48. Tak hanya Melody saja, Haruka, Akicha dan seluruh trainee generasi 1 JKT48 ikut jadi anggota Tim J.

Selang setahun, konser ultah ke-2 JKT48 kembali digelar pada 21 Desember 2013 di Jakarta Convention Center. Dalam momen tersebut, Melody diangkat menjadi kapten JKT48 dan menaungi siswi pelatihan, Tim J dan Tim KIII.

Melody belakangan menjabat posisi ini hingga akhir kelulusannya pada Maret 2018. Sikap dan pembawaannya yang lebih dewasalah yang membuatnya diangkat sebagai kapten.

Jadi Duta Buah Hingga Masuk Senbatsu

Melody
Melody via cekprofil.id

Melody lantas terpilih menjadi Duta Buah di Prefektur Okayama, Jepang. Dan bahkan, secara khusus Ibaragi Ryuta selaku Gubernur Prefektur Okayama memberi Melody sertifikat pengangkatan di tahun 2014.

Hingga di momen pemilihan single ke-6 JKT48, Melody berada di urutan pertama. Sedangkan dalam pemilihan single ke-10 JKT48, ia menempati urutan 3. Sementara itu, saat pemilihan single ke-13, Melody berada di peringkat 5.

Memasuki pemilihan single ke-17, ia kembali menempati urutan ke-3 yang sekaligus menjadi pemilihan single terakhirnya. Momen tersebut sekaligus merupakan pertama kalinya Melody masuk senbatsu bersama Frieska adiknya.

Jadi Manajer Umum

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Melody Nurramdhani Laksani (@melodylaksani92) pada

Melody mulai menjadi Manajer Umum Teater JKT48 pada 1 Agustus 2015. Sebelumnya, dihelat dulu konser "JKT48 ada banyak rasa, pilih suka rasa apa?" di bulan Juni 2015. Saat konser berlangsung sekaligus menjadi momen pengumuman reshuffle team.

Memasuki 1 Desember 2016, Melody menjadi anggota dari dua tim sekaligus, yakni sebagai Kapten Tim T dan merangkap anggota Tim J.  Adapun Tim T terdiri dari Melody yang bergabung bersama para anggota muda dari generasi terbaru JKT48. Salah satunya ialah Zara.

Dalam sejumlah single JKT48, Melody terhitung selalu masuk dalam senbatsu JKT48. Bersama Veranda, Shania, Nabilah dan Haruka, Melody berpartisipasi dalam RIVER hingga Hanya Lihat Ke Depan. Dengan begitu, Melody memegang rekor selalu masuk single secara continue dan paling lama, totalnya 13 lagu berturut-turut.

Kelulusan Telah Tiba

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Melody Nurramdhani Laksani (@melodylaksani92) pada

Kelulusan Melody belakangan diumumkan dalam event JKT48 Request Hour Setlist 2017, 4 November 2017. Dalam acara ini, Melody menuturkan pertunjukan terakhirnya dihelat bertepatan dengan hari ulang tahunnya, yakni di tanggal 24 Maret 2018.

Dan meski telah lulus, Melody masih berada di belakang layar manajemen JKT48. Saat itu, direncanakan ia akan menjadi presenter beberapa program acara. 

Kendati begitu, saat itu Melody belum mengumumkan dirinya akan dijadikan manajer umum JKT48. Barulah di saat konser Melody Graduation Concert ~Dirimu Melody~ digelar, diumumkan bahwa dirinya diangkat menjadi General Manager JKT48.

Diketahui, posisinya yang mulai berlaku sejak 1 April 2018 ini juga sekaligus menggantikan mendiang Jiro Inao. Kemudian di tanggal 31 Maret 2018, digelar show theater terakhir Melody.

Sesi pertama pertunjukan dilakukan bersama Tim T. Sedangkan dalam show kedua, Melody tampil bersama Tim J. Setelah kedua show selesai diselenggarakan, tibalah saatnya Melody melepas foto dirinya dari koridor teater JKT48 secara resmi.

Dengan demikian, berakhirlah karir Melody selama lebih dari enam tahun menjadi anggota JKT48. Namun tentunya, perjalanan karir Melody sebagai manajer umum JKT48 segera berlaku, yakni per tanggal 1 April 2018.

Salah Satu Anggota Terbaik

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Melody Nurramdhani Laksani (@melodylaksani92) pada

Sudah bukan rahasia lagi jika semasa karirnya, Melody menjadi salah satu anggota JKT48 yang terbaik. Selain menjadi center beberapa kali, putri dari pasangan Asep D. Laksono dan Henny Witriman ini selalu menjadi performer utama di theater.

Ia juga terhitung 4 kali mendapat posisi dalam Pemilihan Member untuk single. Selain itu, Melody juga menjadi senbatsu dalam 17 dari 18 lagu utama yang menjadi single JKT48.

Baca Juga: Seru! Ternyata Begini Lika-Liku Perjalanan Karir Vino G. Bastian sebelum Jadi Aktor Besar

Penghargaan yang Diraih

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Melody Nurramdhani Laksani (@melodylaksani92) pada

Melody menerima sejumlah penghargaan seperti menjadi Peringkat 1 (Center) dalam Pemilihan Member Single ke-6 JKT48 (2014). Ia menjadi Peringkat 3 (Senbatsu) dalam Pemilihan Member Single ke-10 JKT48 (2015).

Selain itu ia juga menduduki Peringkat 5 (Senbatsu) saat Pemilihan Member Single ke-13 JKT48 (2016). Selebihnya, ia mendapat Peringkat 3 (Senbatsu) saat Pemilihan Member Single ke-17 JKT48 (2017).

Mencetuskan Program Reboost

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Melody Nurramdhani Laksani (@melodylaksani92) pada

Setelah mengumumkan kelulusannya di tahun 2018, karir Melody berlanjut sebagai General Manager JKT48. Meski berada di balik layar, namun Melody mencetuskan program Reboost. 

Program terkait diluncurkan guna melakukan sejumlah perubahan dan perbaikan di sejumlah aspek dalam badan JKT48. Salah satunya seperti renovasi ruang theater, peningkatan kualitas lagu dan juga hal-hal penting lainnya.

Berhijab dan Menikah

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Melody Nurramdhani Laksani (@melodylaksani92) pada

Kemudian memasuki 3 November 2018, Melody dipersunting oleh Hanif Fathoni. Beberapa hari menjelang hari bahagianya, Melody yang lulusan jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran ini memutuskan untuk berhijab. 

Dan kini, Melody melanjutkan tak hanya karirnya sebagai manajer umum JKT48. Ia juga kerap menghadiri banyak seminar lokal maupun luar negeri. Terutamanya yang berkenaan dengan pertanian.

Baca Juga: 8 Tokoh yang Bisa Kamu Jadikan sebagai Sumber Inspirasi Kesuksesanmu

 

Terus Berlatih dan Percayai Proses

Berbeda dengan girl band atau pun grup musik, pada dasarnya idol group memiliki konsep yang berpusat pada proses. Setiap anggota mendapat dididik dan diarahkan untuk menjadi artis multitalenta.

Sementara itu, boyband/ girlband cenderung hanya dilatih untuk tampil di panggung saja. Selain itu, konsep JKT48 yang franchise dan sama seperti AKB48 menawarkan rasa dan warna baru di blantika musik Indonesia.

Dari proses pelatihan, terbukti bahwa anggota yang tadinya tak dapat menari dan menyanyi bisa berkembang setelah mengikuti serangkaian pelatihan.

Hal ini bisa dijadikan pembelajaran bagi Kamu yang sedang mengejar sukses. Bakat saja tidak cukup. Bahkan, bakat bisa dikalahkan dengan ketekunan dan latihan yang terus menerus.

Practice make perfect. Dengan percaya pada proses disertai latihan yang berkelanjutan, maka bukan tak mungkin Kamu bisa meraih kesuksesan. Keep on fighting!

Baca Juga: Jadi Artis Populer di Indonesia, Iqbaal Ramadhan Tetap Prioritaskan Pendidikan