Dapat Meningkatkan Percaya Diri, Ini Estimasi Biaya Operasi Kantung Mata

Wajah adalah bagian tubuh yang sangat diperhatikan. Pasalnya, bagian ini menjadi penunjang utama penampilan sehingga memberi rasa percaya diri. Salah satu yang kerap dilakukan untuk meningkatkan penampilan wajah adalah operasi kantung mata. Namun, perlu diketahui bahwa biaya operasi kantung mata merogoh kocek yang cukup banyak.

Operasi pada bagian wajah merupakan tindakan bedah estetika. Maka dari itu, tidak heran jika biaya operasi kantung mata dibanderol dengan harga besar. Adapun, manfaat operasi kantung mata adalah membuat bagian mata lebih kencang dan segar sehingga terlihat lebih muda dan percaya diri.

Sebagai informasi, operasi kantung mata umumnya dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik. Di Indonesia sendiri, sudah banyak klinik kecantikan serta Rumah Sakit (RS) yang melayani tindakan operasi ini. Lalu, berapa estimasi biaya operasi kantung mata yang perlu dipersiapkan? Yuk, kita bahas dalam artikel ini!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Kantung Mata

loader

Ada banyak cara untuk menghilangkan masalah kantung mata, mulai dari perawatan sederhana hingga tindakan operasi. Contohnya, melakukan perawatan di rumah dengan mengompres, menggunakan serum dan krim, serta tidur yang cukup. Namun, sebagian orang memiliki kantung mata yang cukup besar sehingga sangat tampak dan mengurangi rasa percaya diri. Maka dari itu, operasi menjadi solusi yang seringkali dipilih untuk membantu menghilangkan masalah ini.

Saat memilih tindakan operasi untuk mengatasi masalah kantung mata, tentunya kamu sudah siap untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk kamu yang penasaran dengan biaya operasi kantung mata, estimasinya adalah Rp12 juta sampai Rp25 juta.

Biaya tersebut tentunya bervariasi pada setiap klinik dan RS. Kamu perlu mengonfirmasi lebih detail kepada klinik maupun RS terkait biaya dan pelayanan yang didapatkan. Sebab, ada beberapa klinik dan RS yang menjadikan biaya operasi kantung mata dalam satu paket dengan pemeriksaan, perawatan, serta obat-obatan. Ada pula yang tidak demikian.

Perlu diketahui, kamu tidak bisa mendapatkan biaya operasi kantung mata gratis menggunakan BPJS Kesehatan. Pasalnya, program kesehatan dari pemerintah ini hanya menanggung pelayanan kesehatan tertentu. Sementara, sudah disebutkan di atas bahwa operasi kantung mata merupakan tindakan estetika untuk memperindah penampilan bukanlah penyembuhan penyakit.

Meski tergolong operasi estetika yang tidak rumit, ada beberapa hal yang tetap perlu kamu persiapkan sebelum operasi kantung mata.

Persiapan Operasi Kantung Mata

Seperti diketahui, tujuan operasi kantung mata adalah memperbaiki penampilan wajah. Oleh karena itu, jangan sampai kamu tidak mempersiapkan dengan baik. Pertama-tama, pilihlah dokter spesialis bedah plastik terbaik yang berpengalaman. Lalu, lakukan konsultasi dan jadwalkan operasi dan lakukan persiapan. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum operasi kantung mata.

  1. Menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar saat menjalani operasi kantung mata.
  2. Menjaga otot dan jaringan di area sekitar mata dalam kondisi baik.
  3. Berhenti merokok setidaknya 3–4 minggu sebelum operasi dilakukan.
  4. Berhenti mengonsumsi beberapa obat-obatan, seperti suplemen herbal tertentu dan/atau obat pengencer darah sebelum operasi kantung mata dilakukan.
  5. Rencanakan cuti selama beberapa hari karena pasca operasi untuk istirahat dan pemulihan.

Dokter juga biasanya akan menanyakan beberapa hal saat pemeriksaan sebelum operasi, seperti riwayat penyakit, obat yang sedang dan rutin dikonsumsi, serta alasan ingin menjalani operasi kantung mata.

Setelah itu, akan dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, terutama pemeriksaan mata.

Prosedur Operasi Kantung Mata

loader

Selain persiapan, kamu juga perlu mengetahui prosedur pada operasi kantung mata. Sama seperti operasi lainnya, pada operasi ini dokter juga akan menjelaskan persiapan sebelum operasi, melakukan tindakan operasi, serta perawatan setelah operasi. Berikut adalah prosedur yang dijalankan saat operasi kantung mata.

  1. Sebelum operasi dimulai, dokter akan memberi anestesi atau bius lokal di sekitar bagian mata.
  2. Setelah obat bius mulai bereaksi, dokter melanjutkan dengan membuat sayatan di bagian kelopak mata bawah.
  3. Kemudian, dilakukan pemotongan atau diangkat lemak dan kelebihan kulit pada kelopak mata bawah tersebut.
  4. Luka operasi akan dijahit.
  5. Setelah satu minggu, jahitan akan dibuka.

Itulah prosedur yang dilakukan pada operasi kantung mata. Adapun, estimasi waktu pengerjaan operasi ini sekitar 1 hingga 2 jam. Biasanya, pasien pun tidak harus menginap. 

Namun, pada beberapa kondisi operasi kantung mata menggunakan bius umum. Setelahnya, pasien diminta melakukan pemulihan dan observasi di rumah sakit.

Persiapkan Diri dan Biaya Operasi Kantung Mata

Demikian informasi biaya operasi kantung mata, persiapan, serta prosedurnya. Jika kamu berencana melakukan operasi ini, maka sebaiknya pilihlah dokter spesialis bedah plastik berpengalaman yang banyak direkomendasikan.

Pasalnya, meski tergolong operasi sederhana, kamu harus tetap menjamin operasi berjalan sesuai prosedur dan memberikan hasil terbaik. Jangan tergiur dengan biaya operasi kantung mata yang murah, tetapi tidak menjamin keamanan tindakan dan pasca operasi. Selain biaya, siapkan juga mental dan fisik untuk menjalani operasi.