Ketahui Prosedur hingga Biaya Operasi Mata Juling

Mata juling banyak terjadi pada usia bayi dan anak-anak, namun hal itu juga dapat terjadi oleh semua tingkatan usia. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya mata juling, di antaranya adalah faktor genetik, kelumpuhan pada otak, cacat lahir, infeksi, serta gangguan pada otot mata.

Oleh sebab itu, risiko anak mengalami mata juling akan jauh lebih besar bila sebelumnya terdapat anggota keluarganya yang juga menderita juling.

Mata juling dapat diobati dengan penanganan dini. Bila mata juling yang masih terbilang ringan, dapat ditangani dengan memakai kacamata khusus, obat tetes mata, atau penggunaan penutup mata. Akan tetapi, apabila mata juling sudah berbahaya bagi penderita, operasi menjadi salah satu cara yang dapat mengobati mata juling.

Prosedur ini dilakukan dengan cara membedah otot mata yang diperlukan untuk menyejajarkan pandangan mata. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai prosedur pelaksanaan operasi mata juling, komplikasi dan perawatan pascaoperasi, serta biaya operasi mata juling.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Deskripsi Mata Juling

loader

Mata juling atau biasa disebut dalam istilah medis strabismus adalah kondisi yang ditandai saat posisi kedua mata tidak sejajar dan melihat ke arah yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat terjadi sebab adanya gangguan koordinasi pada otot penggerak bola mata. Akibatnya, kedua bola mata tidak bisa fokus ke satu arah yang sama, satu mata akan melihat ke arah depan, sedangkan satu mata lainnya akan melihat ke samping, atas, ataupun bawah.

Gejala pada penderita mata juling berbeda-beda. Selain yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kedua mata penderita tidak bisa fokus ke arah yang sama, ada pula mata juling yang hanya terjadi di salah satu mata. Selain itu, ada beberapa penderita mata juling yang mengalami penglihatan ganda dan ada juga yang kehilangan penglihatan sebelah mata sehingga hanya bisa melihat secara detail dari salah satu mata. Jika hal tersebut diabaikan terlalu lama, mata juling dapat berakibat buruk hingga menyebabkan kebutaan pada seseorang.

Prosedur Pelaksanaan Operasi Mata Juling

 Jika dirasa dengan pengobatan tersebut mata juling tidak juga membaik, maka dokter akan menyarankan melakukan operasi. Operasi mata juling mulai dapat dilakukan pada bayi yang berusia 4 bulan. Operasi mata juling akan lebih baik bila dilakukan sedini mungkin karena otak yang mengatur penglihatan binokular (menggunakan kedua mata bersama) dapat lebih mudah beradaptasi di usia muda. Oleh sebab itu, operasi ini sering direkomendasikan kepada anak-anak untuk mencegah risiko buruk yang dapat terjadi ketika dewasa nanti.

Sebelum menjalani operasi mata juling, dokter akan meminta kamu untuk melakukan pemeriksaan mata dan fisik terlebih dahulu. Kamu juga akan diminta untuk berpuasa sebelum menjalani operasi sehingga apapun yang masuk ke perut, termasuk obat perlu diberhentikan. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan sensorimotor yang bertujuan untuk mengetahui otot mana yang harus diperbaiki agar kondisi mata dapat sejajar dan otot mata dapat bekerja dengan baik. 

Saat akan melakukan operasi, pasien akan dibius terlebih dahulu. Kemudian, dokter akan membuka dan menahan kelopak mata lalu membuat irisan kecil pada konjungtiva dan mulai mencari otot mata yang akan diperbaiki. 

Proses terakhir, yaitu dokter melakukan jahitan permanen pada area mata dan memeriksa gerakan bola mata yang telah dioperasi. Apabila gerakan bola mata tersebut masih belum sejajar, dokter akan kembali melakukan pengaturan pada otot mata. Operasi mata juling biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam pengerjaan. Akan tetapi, pasien harus menjalani perawatan selama beberapa jam setelah berakhirnya operasi.

Baca Juga: Biaya Operasi Mata Minus, Proses dan Perawatan Pasca Operasi

Komplikasi dan Perawatan Pascaoperasi Mata Juling

loader

Bagi beberapa orang, efek samping dan komplikasi setelah melakukan operasi memungkinkan untuk terjadi. Hal umum yang sering terjadi, yaitu kamu akan merasakan gatal dan nyeri pada bagian mata sehabis dioperasi selama beberapa hari. Apabila merasakan gatal di bagian mata sebisa mungkin hindari untuk melakukan garukan.

Selain itu, beberapa komplikasi yang dapat terjadi pascaoperasi adalah pasien dapat mengalami pendarahan pada mata, infeksi, mata menjadi merah atau kering, penglihatan ganda, serta nyeri pada bagian mata.

Kamu akan diberikan obat antibiotik topikal dan obat tetes mata atau salep mata untuk menghindari risiko komplikasi di atas. Antibiotik topikal dan sistemik digunakan untuk mengobati infeksi pasca operasi, sedangkan obat tetes mata untuk alergi. Dokter juga akan memberikan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk memakai kacamata dan penutup mata dalam proses penyembuhan pascaoperasi untuk dapat membantu menyempurnakan penglihatan binokular. Nantinya, kamu akan diminta untuk melakukan kontrol rutin bersama dokter dengan jadwal yang telah ditentukan.

Terdapat hal-hal yang juga harus dihindari pada masa penyembuhan pasca operasi mata juling. Berikut ini adalah poin-poin yang harus dilakukan dalam masa penyembuhan dan perawatan mata setelah operasi agar cepat membaik.

  • Mematuhi instruksi dari dokter.
  • Memakai obat antibiotik atau tetes mata sesuai yang dianjurkan.
  • Jangan menggaruk mata bila merasa gatal.
  • Hindari berenang dalam waktu dua minggu pasca operasi.
  • Hindari masuknya air ke mata saat mandi.
  • Dilarang melakukan aktivitas berat.
  • Hindari penggunaan aspirin bila disarankan oleh dokter
  • Istirahat dengan cukup

Biaya Operasi Mata Juling

Biaya operasi mata juling membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, biaya operasi mata juling dapat berbeda-beda tergantung pada pihak rumah sakit serta kondisi mata pasien. Artinya, biaya operasi mata juling akan dilihat oleh dokter sesuai dengan tingkat kesulitan dan risiko saat operasi dan post operasi. Oleh karena itu, tak heran bila operasi mata juling dapat menghabiskan biaya puluhan juta.

Pada umumnya, di beberapa rumah sakit, operasi pada mata juling dapat berkisar antara Rp10.000.000,00 hingga Rp20.000.000,00. Akan tetapi, ada juga yang mematok di bawah harga tersebut. Diketahui biaya operasi mata juling yang paling murah berada di harga Rp1.000.000,00. Harga tersebut diperuntukkan untuk pasien umum, baik di rumah sakit swasta maupun umum.

Sementara itu, bagi pengguna BPJS, biaya operasi mata juling tidak dikenakan biaya atau gratis. Biaya yang ditanggung oleh pemerintah tersebut mencakup biaya operasi mata juling serta kacamata khusus pascaoperasi. Adapun jika ingin menggunakan BPJS, kamu harus memenuhi syarat-syarat tertentu untuk bisa melakukan operasi secara gratis. Tentang informasi dan persyaratan lebih lengkapnya, kamu bisa menanyakan kepada pihak rumah sakit atau kepada pihak BPJS secara langsung.

Berikut ini adalah rincian biaya operasi mata juling di beberapa rumah sakit di Indonesia.

Baca Juga: Rincian Biaya Operasi Sinusitis

Rumah Sakit

Biaya

Rumah Sakit Manyar Medical Centre

Rp8.600.000,00 (8,6 juta rupiah)

RS Medika Dramaga Bogor

Rp3.300.000,00 (3,3 juta rupiah)

RS Dadi Keluarga Ciamis

Rp1.000.000,00 (1 juta rupiah)

RS Mata Dr. Yap Yogyakarta

Rp2.400.000,00 (2,4 juta rupiah)

RS Mata Ramata, Denpasar

Rp5.500.000,00 (5,5 juta rupiah)

RS Immanuel Bandung

Rp3.600.000,00 (3,6 juta rupiah)

KMN EyeCare Semarang

Rp21.400.000,00 (21,4 juta rupiah)

KMN EyeCare Kebon Jeruk

Rp21.400.000,00 (21,4 juta rupiah)

KMN EyeCare Jakarta Selatan

Rp21.400.000,00 (21,4 juta rupiah)

RS Mitra Keluarga Cikarang

Rp10.000.000,00 (10 juta rupiah)

RS Juanda Kuningan

Rp2.800.000,00 (2,8 juta rupiah)

RS Siloam Surabaya

Rp3.000.000,00 (3 juta rupiah)

RS Balimed Denpasar

Rp4.400.000,00 (4,4 juta rupiah)

Rumah Sakit Umum YARSI

Rp8.000.000,00 (8 juta rupiah)

RS Ananda Bekasi

Rp6.900.000,00 (6,9 juta rupiah)

Klinik Spesialis Mata SMEC Depok

Rp18.000.000,00 (18 juta rupiah)

RSU Royal Prima, Medan

Rp6.300.000,00 (6,3 juta rupiah)

RS Islam Asshobirin, Tangerang Selatan

Rp3.800.000,00 (3,8 juta rupiah)

Klinik Spesialis Mata SMEC Bekasi

Rp18.000.000,00 (18 juta rupiah)

Rumah Sakit Arsani, Bangka Belitung

Rp8.000.000,00 (8 juta rupiah)

Klinik Spesialis Mata SMEC Tanjungpinang

Rp13.000.000,00 (13 juta rupiah)

KMN EyeCare Kemayoran

Rp21.000.000,00 (21 juta rupiah)

Prosedur hingga Biaya Operasi Mata Juling 

Itulah beberapa informasi mengenai prosedur, komplikasi dan cara perawatan pasca operasi, hingga biaya operasi mata juling bagi pasien umum dan BPJS. 

Mata juling atau strabismus jangan disepelekan. Lakukan deteksi dini dan pengobatan yang tepat untuk mencegah komplikasi mata juling pada anak-anak. Pantau kesehatan mata anak sejak lahir hingga usia prasekolah, terutama bila anak memiliki faktor risiko mata juling.

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter bila mengalami gejala mata juling, seperti bola mata terlihat tidak sejajar, penglihatan ganda, kedua mata tidak bergerak secara bersamaan, serta sering berkedip atau menyipitkan mata. Apabila mata juling masih dapat diobati tanpa operasi, dokter akan menyarankan untuk melakukan pengobatan dengan kacamata khusus. Akan tetapi, bila mata juling yang dialami sudah parah hingga dapat menimbulkan komplikasi lainnya, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi mata juling. 

Operasi mata juling dapat dilakukan baik di rumah sakit umum dan swasta. Perlu diingat bahwa besaran tarif atau biaya operasi mata juling akan berbeda-beda sesuai dengan kebijakan rumah sakit dan kondisi mata pasien. Selalu ikuti arahan dokter baik sebelum menjalani operasi maupun pasca operasi agar proses penyembuhan pada mata juling dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Biaya Operasi Gigi Bungsu Terbaru