Ingin Perbaiki Masalah Tulang Belakang? Ini Biaya Operasi Skoliosis di Indonesia

Siapa yang tahu tentang penyakit skoliosis? Ini merupakan penyakit gangguan tulang belakang seperti huruf C atau S. Kelainan tulang ini bisa ditangani dengan terapi maupun operasi. Namun, biaya operasi skoliosis terbilang cukup mahal sehingga banyak yang lebih memilih terapi.

Penyebab skoliosis sendiri adalah cedera maupun bawaan lahir. Biasanya, dokter baru akan menyarankan tindakan operasi jika kemiringan tulang belakang mencapai 45 sampai 50 derajat. Lalu, sebenarnya berapa biaya operasi skoliosis yang harus disiapkan?

Nah, pada artikel ini kita akan membahas terkait estimasi biaya operasi skoliosis pada beberapa Rumah Sakit (RS) Swasta di Indonesia. Dengan demikian, kamu bisa menyiapkan dana serta mengetahui berbagai informasi seputar operasi skoliosis.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Skoliosis di Indonesia

loader

Di Indonesia, sudah cukup banyak RS yang memiliki tenaga medis ahli mumpuni untuk bisa melakukan operasi tulang belakang. Adapun, kamu bisa memilih RS umum maupun swasta di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai informasi, berikut biaya operasi skoliosis pada beberapa RS swasta di Indonesia.

  1. Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya, mulai dari Rp1 jutaan.
  2. RSAL Dr Ramelan Surabaya, mulai dari Rp7 jutaan.
  3. Rumah Sakit Ortopedi Purwokerto, mulai dari Rp10 juta.
  4. RS Mulia Pajajaran, mulai dari Rp13 juta.
  5. Rumah Sakit Eka Hospital Bekasi , mulai dari Rp22 juta.
  6. Rumah Sakit Eka Hospital BSD, mulai dari Rp25 juta.
  7. Rumah Sakit Mayapada Hospital Jakarta Selatan, mulai dari Rp25 juta.
  8. MRCC Siloam Hospital Semanggi, mulai dari Rp95 juta.
  9. Rumah Sakit EMC Tangerang, mulai dari Rp19 juta sampai Rp70 juta.
  10. Rumah Sakit Premier Jatinegara, mulai dari Rp50 juta sampai Rp150 juta.

Itulah estimasi biaya operasi skoliosis di beberapa RS Swasta di Indonesia. Selain dalam negeri, ada pula yang memilih untuk melakukan operasi di luar negeri, seperti Singapura. Namun, melihat besaran biaya di atas tentu cukup menjadi beban bagi masyarakat Indonesia dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.

Bisakah masyarakat menggunakan BPJS Kesehatan untuk operasi skoliosis? Simak penjelasan lengkapnya!

Biaya Operasi Skoliosis dengan BPJS Kesehatan

Untuk para penderita skoliosis, tak perlu khawatir lagi dengan biaya operasi yang mahal. Biaya operasi skoliosis masuk dalam salah satu daftar operasi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Saat ini, BPJS Kesehatan sudah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Indonesia sehingga kamu bisa mendapatkan pelayanan dengan nyaman.

Bahkan, tidak hanya biaya operasi skoliosis saja yang ditanggung. BPJS Kesehatan juga menanggung biaya pemeriksaan sebelum operasi serta perawatan dan obat-obatan setelah operasi. Namun, apabila kamu membutuhkan rawat inap lebih dari tiga hari serta kantong darah lebih dari satu, maka biaya tersebut akan dibebankan kepada pasien. Hal ini tentu akan dijelaskan di awal sebelum pasien menandatangani persetujuan operasi.

Selain itu, untuk bisa operasi skoliosis secara gratis menggunakan BPJS Kesehatan, kamu juga perlu melengkapi berbagai persyaratan. Bisa dibilang, persyaratan ini hampir sama saja dengan tindakan operasi lainnya. Beberapa syarat umum yang wajib dipenuhi, seperti memiliki kartu BPJS Kesehatan, berstatus peserta aktif dan tidak menunggak iuran, mendapatkan surat rujukan dari faskes tingkat pertama, serta melakukan pemeriksaan penunjang, diagnosa, serta surat rujukan operasi dari faskes tingkat lanjut.

Jenis Operasi Skoliosis

Tujuan operasi skoliosis adalah meminimalisir tingkat kemiringan pada tulang belakang. Selain itu, operasi skoliosis juga perlu dilakukan guna mencegah terjadinya perkembangan kelainan tulang yang memburuk. Namun, sebelum menyarankan tindakan operasi tentunya dokter akan memeriksa lebih dulu untuk memastikan apakah perlu dilakukan operasi. Adapun operasi skoliosis sendiri terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut.

Jenis Operasi  Keterangan
Operasi Skoliosis Operasi ini dilakukan pada pasien dewasa yang memiliki tingkat kemiringan tulang lebih dari 50 derajat dan pasien anak-anak dalam masa pertumbuhan dengan kemiringan tulang belakang lebih dari 35 derajat.
Operasi Laminektomi Jenis operasi ini merupakan tindakan pembedahan untuk mengangkat tulang belakang yang melengkung sehingga sistem saraf vital tidak tertekanan.
Operasi Disektomi Tindakan pembedahan ini memiliki proses mengangkat satu atau lebih bantalan yang ada di tulang belakang. Tujuannya untuk meringankan tekanan pada saraf.
Operasi Penggabungan Tulang Jenis terakhir adalah tindakan penggabungan beberapa ruas tulang menjadi satu sehingga mengurangi risiko lengkungan yang parah

Itulah beberapa jenis operasi skoliosis yang dilakukan dokter untuk mengatasi masalah tulang belakang yg bengkok cukup parah.

Lakukan Penanganan Skoliosis dengan BPJS Kesehatan

Skoliosis pada tingkat kemiringan sedikit seringkali tidak disadari. Namun, jika sudah tahu adanya masalah pada bagian tulang belakang ini sebaiknya segera ditangani oleh dokter ahlinya. Kamu perlu segera memeriksakan dan melakukan pemeriksaan penunjang, seperti rontgen dan CT scan.

Kemudian, ikuti arahan dokter terkait penanganannya. Jika disarankan terapi maupun operasi, kamu bisa menggunakan BPJS Kesehatan. Biaya operasi skoliosis maupun penangan lain bisa didapatkan secara gratis, tetapi dengan beberapa ketentuan tertentu.