BNI Mobile Banking dan SMS Banking, Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

Salah satu kemudahan yang dimiliki semua bank di Indonesia adalah layanan electronic banking (e-banking). Bank Negara Indonesia (BNI) juga menawarkan layanan tersebut untuk memanjakan para nasabahnya dalam melakukan kegiatan perbankan tanpa harus mendatangi kantor cabang ataupun ATM.

Selain mobile banking, BNI juga menyediakan layanan SMS Banking pada nasabahnya. Dengan SMS Banking, kita seolah punya mesin ATM dan layanan bank sendiri yang online 24 jam. Dukungan smartphone saat ini juga mendukung kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi.

Baca Juga: BNI Call: Layanan Call Center dari BNI Selama 24 Jam

Prosedur Registrasi BNI Mobile Banking

BNI Mobile Banking
BNI Mobile Banking di Google Play Store via play.google.com

Registrasi BNI Mobile Banking tidak bisa dilakukan melalui ATM seperti bank-bank lain. Anda harus datang langsung ke kantor cabang untuk mendapatkan akses ke layanan tersebut. Prosedur yang bisa Anda lakukan adalah melakukan download dan install aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone atau datang ke kantor cabang.

Tidak butuh waktu lama untuk aktivasinya. Jika Anda ajukan layanan BNI Mobile Banking, registrasinya akan diproses saat itu juga. Pada saat registrasi tersebut, Anda nantinya akan mendapatkan User ID BNI Mobile Banking untuk selanjutnya dapat digunakan untuk aktivasi BNI Mobile Banking.

Proses selanjutnya, Anda tinggal download aplikasi BNI Mobile Banking dari Google Play Store untuk tipe Android dan AppStore untuk iOS. Setelah aplikasi berhasil diunduh dan ter-install dengan baik di smartphone, selanjutnya silakan buka aplikasi tersebut dan lakukan prosedur selanjutnya sebagaimana diulas pada beberapa langkah di bawah ini.

Cara Aktivasi BNI Mobile Banking Melalui Smartphone

Cara aktivasi BNI Mobile Banking melalui smartphone sangat mudah, baik di Android maupun iPhone. Keduanya memiliki prosedur dan proses yang sama, yaitu hanya dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking yang sudah ter-install dan perhatikan ada tombol Aktivasi pada menu utama. Pilih atau tekan tombol Aktivasi.
  2. Silakan masukkan user ID BNI Mobile Banking yang telah Anda dapatkan saat melakukan registrasi.
  3. Masukkan 16 digit angka yang ada di kartu debit Anda (kartu ATM) dan pilih Lanjut.
  4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke layar berikutnya dengan instruksi Kirim SMS OTP. Silakan tekan/pilih tombol tersebut, secara otomatis BNI akan mengirimkan 4 digit kode melalui SMS ke nomor smartphone Anda yang telah didaftarkan pada saat registrasi. Masukkan 4 digit kode tersebut ke dalam kotak yang tertera pada menu BNI Mobile Banking. Kemudian pilih/tekan tombol Lanjut. (Jika Anda tidak menerima SMS, ada kemungkinan nomor smartphone yang Anda daftarkan keliru. Jika ini terjadi, lakukan perbaikan atau perubahan di Kantor Cabang BNI terdekat).
  1. Selanjutnya, Anda diminta untuk membuat Mobile Banking PIN (MPIN) dan Password MPIN ini nantinya akan digunakan untuk login (masuk) ke BNI Mobile Banking. Setelah membuat MPIN, jangan lupa untuk mencatat agar tidak lupa. MPIN terdiri dari 6 digit angka. Anda bisa menyamakan MPIN dengan PIN ATM agar lebih mudah untuk diingat. MPIN ini berbeda dengan Password Transaksi. Nantinya Password Transaksi diperlukan setiap Anda akan melakukan transaksi perbankan. Password Transaksi terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Setelah Anda membuat Password Transaksi, catat baik-baik agar mudah diingat. Kalau Anda berniat untuk menyimpan, silakan simpan di tempat yang paling aman menurut Anda.
  1. Jika sudah membuat MPIN dan Password Transaksi, silakan pilih/tekan tombol Lanjut dan BNI Mobile Banking Anda sudah aktif dan dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi dan menikmati fitur-fitur yang disediakan BNI.
  1. Untuk login kembali ke BNI Mobile Banking, Anda cukup membuka aplikasi tersebut dan memasukkan User ID dan MPIN yang sudah dibuat tadi.

Setelah Anda memiliki akun BNI Mobile Banking, pasti banyak aktivitas perbankan yang ingin Anda lakukan. Untuk mengetahui apa saja fitur yang dapat Anda manfaatkan melalui BNI Mobile Banking, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Fitur dan Keunggulan BNI Mobile Banking

Salah satu kelebihan dari BNI Mobile Banking adalah layanan ini masih terintegrasi dengan BNI Internet Banking di mana Anda bisa mengakses seluruh daftar nomor rekening tujuan transfer ataupun nomor rekening tagihan yang sudah disimpan sebelumnya di internet banking. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mengisi daftar nomor rekening tujuan lagi.

Dengan menggunakan layanan BNI Mobile Banking, Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur lainnya, di antaranya:

  1. Transfer ke sesama BNI atau bank lain.
  2. Transfer terjadwal. Fitur ini juga sangat penting ketika Anda memiliki tanggungan untuk mengirim dana ke sejumlah orang secara rutin. Misalnya, untuk uang saku anak yang sedang kuliah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini.
  3. Pembayaran berbagai macam tagihan. Sekarang BNI Mobile Banking sudah dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik/PLN, Air/PDAM, TV berlangganan, tiket kereta api, multifinance, pinjaman personal, dan lain sebagainya.
  4. Pembelian melalui situs-situs e-commerce.
  5. Cek saldo dan mutasi rekening.
  6. Cek bukti transfer.

Satu keunggulan lain yang penting untuk diketahui adalah aplikasi BNI Mobile Banking memiliki tampilan yang bersih dan menunya mudah di baca/digunakan, bahkan untuk orang awan sekalipun. Jadi, soal urusan transaksi perbankan, BNI Mobile Banking bisa menjadi alternatif yang wajib dicoba.

Ini Cara Melakukan Pendaftaran SMS Banking BNI

BNI SMS Banking
BNI SMS Banking via blogspot.com

Proses pendaftaran SMS Banking BNI bisa melalui kantor cabang BNI terdekat atau melalui ATM. Bagaimana cara melakukannya?

Pendaftaran SMS Banking BNI di Kantor Cabang BNI

Proses pendaftaran SMS banking di Kantor Cabang BNI mengikuti prosedur dan syarat-syarat sebagai berikut.

  • Datang ke kantor cabang BNI sambil membawa kartu identitas semisal KTP, paspor, ataupun SIM.
  • Bukti bahwa Anda memiliki rekening. Biasanya dengan membawa buku tabungan BNI dan kartu ATM-nya.
  • Nanti di sana Anda akan dibantu mengaktifkannya. Bahkan, kalau sudah selesai, mungkin Anda akan dibantu untuk mencobanya sambil dipandu petugasnya.
  • Sebelumnya, Anda masuk kantor bank. Pastikan pulsa handphone Anda mencukupi. Soalnya SMS Banking per SMS kena biaya pulsa Rp500–Rp1.000.

Pendaftaran SMS Banking BNI melalui ATM

Proses pendaftaran SMS Banking melalui ATM BNI mengikuti prosedur dan syarat-syarat berikut.

  • Masukkan kartu ATM dan password-nya seperti biasanya. Kemudian carilah menu Registrasi e-channel. Setelah diklik, pilih lagi menu SMS Banking BNI, kemudian masukkan nomor handphone yang akan digunakan untuk melakukan transaksi SMS Banking.
  • Setelah nomor handphone dimasukan, biasanya Anda disuruh untuk buat PIN baru untuk SMS Banking. Ingat, PIN ini beda dengan PIN ATM. Meskipun sebenarnya, bisa disamakan, tapi banyak yang menyarankan untuk buat yang berbeda.
  • Setelah proses di atas selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti registrasi ATM BNI. Telepon seluler Anda juga akan mendapatkan SMS sukses dari 3346 karena telah melakukan registrasi.

Setelah semua proses selesai, Anda sudah bisa mulai untuk mencobanya dengan mengetik beberapa format perintahnya. Format-format perintah tersebut bisa dilihat di bawah ini.

Cara Menggunakan dan Format Perintah SMS Banking BNI

Setelah Anda mengaktifkan layanan SMS Banking, inilah cara menggunakan layanan SMS Banking BNI dengan mengirim SMS ke nomor 3346.

Jenis Transaksi

Format

Contoh

Cek Saldo

SAL

SAL (Selanjutnya, ikuti perintah yang ada di SMS balasan.)

Melihat Transaksi Terakhir

HST

HST

Isi Ulang Pulsa

TOP <spasi> No. HP <spasi> NOMINAL

TOP 081234567899 25000 (nominal pulsa minimal Rp25.000 lalu kelipatannya ditulis tanpa titik).

Isi Ulang PLN Prabayar

TOP <spasi> PLN <spasi> ID PELANGGAN/NO.METER <spasi> NOMINAL

 

TOP PLN 123456789 50000

Transfer Uang ke Sesama BNI

TRF <spasi> NO.REKENING <spasi> NOMINAL

TRF 0123456789 100000 ( nominal uang juga ditulis tanpa titik).

 

Transfer Uang ke Bank Lain

TRF <spasi> ANTARBANK <spasi> KODE BANK+NO. REKENING <spasi> NOMINAL

TRF ANTARBANK 002012345678912345 100000 (002 merupakan kode BRI, 012345678912345 merupakan nomor rekening. 100000 merupakan nominal uang Rp100.000,00).

Bayar PLN Pascabayar

PAY <spasi> PLN <spasi> NO. PELANGGAN

PAY PLN 123456789

Tagihan Kartu Kredit BNI

TAG <spasi> BNI <spasi> NO. KARTU KREDIT BNI

 

Tagihan Listrik PLN

TAG <spasi> PLN <spasi> NO. LANGGANAN

 

Tagihan Telkom

TAG <spasi> TELKOM <spasi> 4 DIGIT KODE AREA + NO. TELEPON

 

Perlu Bantuan

HELP

 

Baca Juga: Pilihan Produk Tabungan Terbaik dari Bank BNI

Saran untuk Kenyamanan Transaksi 

Demi kenyamanan dan keamanan, setiap selesai transaksi SMS Banking sebaiknya Anda menghapus semua SMS tersebut, baik SMS balasan maupun SMS yang terkirim. Hal ini untuk mengantisipasi risiko handphone/smartphone Anda dibuka orang lain sehingga transaksi yang telah dilakukan tidak diketahui orang lain.

Baca Juga: Cara Lengkap Cek Saldo Bank BNI via SMS, Internet, dan ATM