Cara Cek Saldo BNI, Bisa Lewat ATM hingga SMS Banking

Bertumbuhnya perbankan di Indonesia adalah pertanda dari bertumbuhnya perekonomian dalam negeri. Beberapa bank yang berdiri di Indonesia bahkan mencatat pertumbuhan aset yang signifikan. Beberapa di antaranya adalah bank nasional. Sementara lainnya adalah bank asing.

Seiring bertumbuhnya kebutuhan masyarakat, semua bank berlomba-lomba menghadirkan layanan yang terbaik, baik dari sistem, kemudahan dalam transaksi perbankan, maupun layanan terhadap nasabah. Semuanya dilakukan demi mendapatkan predikat service excellence di mata masyarakat.

Kondisi dunia perbankan yang demikian menjadikan iklim semakin kompetitif di antara lembaga perbankan. Nasabah tentunya diuntungkan dengan kondisi tersebut. Sebab mereka ditawarkan banyak pilihan yang sesuai dengan keinginan dan rencana keuangan. Segala kemudahan yang difasilitasi layanan-layanan yang didukung dengan teknologi-teknologi yang berkembang saat ini disediakan lembaga-lembaga perbankan untuk menarik banyak orang menjadi nasabahnya.

Baca Juga: Pilihan Produk Tabungan Terbaik dari Bank BNI

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bank BNI Terus Bergerak Menjadi Bank Dinamis

loader

Gedung BNI 46 di Jakarta (Sumber: skyscrapercity.com)

Bank Nasional Indonesia (BNI) sebagai bank pertama milik Pemerintah Republik Indonesia yang lahir pasca kemerdekaan punya sejarah panjang dalam hal layanan nasabah. Mulai dari pernah berfungsi sebagai bank sentral yang mengedarkan Oeang Republik Indonesia (ORI) yang resmi beredar sejak 30 Oktober 1946 hingga memunculkan layanan-layanan seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah, dan Bank Sarinah.

Dengan pengalaman panjang tersebut, BNI paham betul bagaimana merespon harapan-harapan masyarakat terhadap lembaga perbankan. BNI terus bergerak menjadi bank yang dinamis dengan melakukan perubahan menuju arah yang positif. Salah satunya dengan mendirikan kantor cabang di luar negeri.

Setelah krisis melanda Indonesia tahun 1998, BNI tetap bertahan dan bangkit kemudian berusaha untuk merebut kembali kepercayaan masyarakat. Berbagai layanan ditingkatkan mulai dari yang paling sederhana seperti cek saldo hingga penambahan produk perbankan. Semuanya diberikan agar masyarakat, terutama nasabah, tak ragu dengan BNI.

Bagi yang penasaran dengan layanan BNI, khususnya layanan cek saldo BNI, berikut adalah ulasannya.

Inilah Cara Cek Saldo BNI

Ada empat cara untuk melakukan cek saldo Bank BNI. Dari yang konvensional melalui ATM sampai yang berbasis teknologi komunikasi melalui fitur SMS Banking. Nasabah tinggal memilih mana yang ingin digunakan. Inilah cara-caranya.

  1. Cara Cek Saldo SMS Banking BNI

    loader

    Cara Cek Saldo SMS Banking BNI (Sumber: yesbank.in)

    Beragam kemudahan bisa dinikmati dengan menggunakan SMS Banking. Sejumlah fitur yang dimunculkan dalam SMS Banking Bank BNI, di antaranya seperti transaksi transfer, pembayaran tagihan kartu kredit BNI, pembelian uang elektronik, hingga cek saldo rek BNI.

    Untuk bisa memanfaatkan SMS Banking, caranya mudah saja. Kamu hanya perlu melakukan registrasi dan aktivasi:

    Melalui ATM BNIMelalui Kantor Cabang BNI
    • Daftar di menu Registrasi e-Channel pada ATM BNI dengan langkah-langkah: Pilih BNI SMS Banking > Masukkan nomor handphone > buat nomor PIN SMS Banking (6 digit).
    • Setelah berhasil, struk registrasi akan keluar dari mesin ATM dan handphonemu akan menerima SMS bahwa proses registrasi / aktivasi sukses dilakukan dari 3346.
    • Kunjungi kantor cabang Bank BNI terdekat dengan membawa dokumen pendukung. Seperti, KTP, SIM, Paspor, bukti kepemilikan rekening perorangan dan/atau BNI Card.
    • Petugas akan membantumu untuk melakukan proses registrasi dan aktivasi.

    Untuk melakukan pengecekan saldo, kamu hanya perlu mengirimkan pesan SAL ke 3346.

  2. Cara Cek Saldo BNI Lewat Internet Banking

    loader

    Cara Cek Saldo BNI Lewat Internet Banking (Sumber: ibank.bni.co.id)

    Layanan yang satu ini pas bagi nasabah yang segala aktivitasnya ditunjang internet. Kemudahan yang didapat dari Internet Banking pastinya layanan-layanan perbankan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Misalnya, melakukan cek saldo, mutasi rekening, transfer, pembayaran tagihan, dan perencanaan keuangan.

    Bagi kamu yang berminat untuk menjadi salah satu user Internet Banking BNI, ada tiga cara yang dapat ditempuh, lewat ATM, situs Internet Banking BNI, atau customer service di Kantor Cabang terdekat. Yang ingin mendaftarkan diri lewat ATM, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

    • Registrasi di menu Registrasi e-Channel pada mesin ATM kemudian pilih BNI Internet Banking.
    • Masukkan 6 (enam) digit PIN pendaftaran BNI Internet Banking.
    • Setelah proses berhasil, struk ATM akan keluar sebagai bukti kamu telah sukses mendaftar Internet Banking.
    • Setelah itu, kamu perlu melakukan aktivasi dengan mengakses kembali laman https://ibank.bni.co.id kemudian pilih menu Aktivasi.
    • Proses aktivasi berhasil dilakukan dan kamu bisa langsung menggunakannya untuk cek saldo rek BNI.

    *Informasi Penting: untuk dapat bertransaksi finansial, seperti transfer, pembayaran tagihan dan isi ulang pulsa, kamu tetap wajib mengunjungi kantor cabang terdekat untuk melakukan aktivasi layanan transaksi finansial tersebut.

    Sementara mendaftarkan diri langsung ke kantor cabang, kamu perlu membawa identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan buku rekening (buku tabungan atau kartu kredit BNI). Dalam proses aktivasi Internet Banking, kamu akan dibantu langsung oleh petugas Bank BNI.

    Baca Juga: Kode Bank BNI - Kode Transfer BNI dan Kode Bank Indonesia Lainnya

  3. Cara Cek Saldo BNI Lewat Mobile Banking

    loader

    Mobile Banking BNI (Sumber: finance.detik.com)

    Dengan BNI Mobile Banking, kamu bisa melakukan berbagai transaksi di dalam satu aplikasi. Tidak ribet dan memakan waktu lama, kamu hanya perlu mengikuti cara-cara berikut ini: 

    • Download aplikasi BNI Mobile Banking di Google Play Store atau App Store.
    • Setelah itu klik tombol "Yuk, Mulai" untuk melakukan proses registrasi.
    • Setujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    • Masukkan User ID.
    • Kemudian, masukkan informasi kartu dan rekening.
    • Selesaikan proses verifikasi.
    • Buat enam digit PIN. Pastikan untuk tidak menjadikan tanggal ulang tahun hingga angka berurutan sebagai PIN BNI Mobile Banking kamu.
    • Konfirmasi PIN.
    • Buat password transaksi yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf.
    • Klik "Mulai Sekarang".
    • Proses aktivasi berhasil dilakukan dan aplikasi BNI Mobile Banking siap untuk digunakan.
  4. Cara Cek Saldo di ATM BNI

    loader

  5. ATM Bank BNI (Sumber: bumn.go.id)

    Metode yang satu ini sudah familier bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan layanan bank. Begitu mendaftarkan diri sebagai nasabah BNI (berlaku juga di seluruh bank), kamu akan mendapatkan buku rekening berikut kartu Anjungan Tunai Mandiri/Automated Teller Machine (ATM).

    Nantinya saat kamu membutuhkan uang atau sekadar ingin mengetahui saldo di rekening, tinggal mendatangi mesin ATM BNI yang berada di sekitar. Layanan ATM BNI siap siaga selama 24 jam. Lewat mesin ATM BNI, kamu juga bisa melakukan penarikan tunai, setoran tunai, transfer, registrasi e-channel, dan berbagai jenis pembelian serta pembayaran tagihan.

    Cara menggunakan ATM pun terbilang sederhana dan mudah dimengerti. Sebab apa yang tercantum di layar monitor mesin ATM jelas petunjuknya sehingga mustahil kamu terkendala dalam menggunakannya. Penting untuk diketahui, PIN yang kamu punya adalah tanggung jawab pribadi dan agar tetap aman perlu diganti secara berkala. Bila kamu menemukan permasalahan semisal kartu ATM tertelan, segera hubungi call center Bank BNI.

    Bank BNI menyediakan beberapa jenis ATM, di antaranya:

    • ATM Tunai, fungsinya untuk melakukan penarikan uang tunai.
    • ATM Non-Tunai, fungsinya untuk melakukan transaksi perbankan, kecuali penarikan uang tunai dan setoran tunai.
    • ATM Setoran Tunai (Cash Deposit Machine/CDM), fungsi utamanya untuk melakukan setoran uang tunai.
    • ATM Setor Tarik Tunai (Cash Recycle Machine/CRM), memiliki fungsi yang terdapat pada ATM Tarikan Tunai, ATM Non-Tunai, dan ATM Setoran Tunai.

Cari yang Mudah Dijangkau dan Pilih yang Pas

Mengecek saldo rekening adalah satu aktivitas nonperbankan yang sudah pasti dilakukan setiap nasabah bank. Karena itu, bank berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik dalam pengecekan saldo dengan terus memerhatikan keinginan nasabah.

Penggunanaan smartphone yang didukung koneksi internet membantu banyak orang dalam melakukan banyak aktivitas. Yang mungkin dahulu butuh waktu lama kini dalam waktu singkat bisa selesai. Melihat ini, bank pun mengintegrasikan teknologi komunikasi yang populer digunakan masyarakat dalam layanannya. Begitu juga apa yang dilakukan Bank BNI dengan menghadirkan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking.

Kamu sebagai nasabah tidak dipusingkan lagi dengan repotnya melakukan cek saldo rekening. Tinggal cari apa yang menurutmu mudah dijangkau dan pilih layanan cek saldo yang memungkinkan untuk kamu lakukan. Apakah SMS Banking yang cocok untukmu? Ataukah Mobile Banking/Internet Banking yang menurutmu efisien? Ayo, cari tahu sekarang.

Baca Juga: Reksadana BNI: Jenis Produk, Keunggulan, hingga Cara Belinya