Cara Ampuh Temukan Pasangan bagi Kamu yang Masih Single

“Sudah terlalu sendiri, sudah terlalu lama asyik sendiri, lama tak ada yang menemani, rasanya...”

Sepenggal lirik lagu dari Kunto Aji berjudul Terlalu Lama Sendiri pasti tidak asing lagi di telinga kamu, khususnya bagi kamu yang masih sendiri saat ini. Menemukan pasangan yang sesuai dengan diri kita atau pilihan kita, di zaman sekarang ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Alhasil menjadi single atau jomblo atau sendiri menjadi pilihan dan sebetulnya sendiri juga menyenangkan.

Bagi kamu yang sudah ‘lelah’ sendiri, dan siap untuk mengakhiri masa-masa sendiri tahun ini, kamu yang ingin menemukan seseorang untuk dijadikan pacar/pasangan. Kamu yang tidak ingin ‘jomblo’ lagi, kamu yang ingin memiliki seseorang special untuk berbagi, tentunya perlu strategi yang tepat agar segera bertemu dengan jodoh yang kita idam-idamkan.

Baca Juga: 9 Tips Kencan Hemat untuk Anda dan Pasangan

Strategi Menemukan Jodoh

Menemukan jodoh atau pasangan hidup dengan cepat bukan berarti sekedar mencari teman/ pendamping untuk menemani saat kita bersenang-senang seperti makan, nonton, atau liburan saja, tetapi juga  siap menemani disaat duka, rela berkorban, saling mengerti, menghormati, setia dan tentunya mencintai dan menerima diri kita apa adanya. Berikut beberapa cara ampuh yang bisa kamu praktikan untuk menemukan pacar, calon suami di mana pun dia berada.

1. Perluas Pertemanan

teman 

Jalin Pertemanan

Pentingnya dalam perluas pertemanan bukan hanya untuk sekedar menjalin silaturahmi terhadap satu sama lain, tapi hal ini juga bisa dijadikan sebagai ajang pencarian jodoh. Kamu bisa lakukan ini secara bertahap, seperti memulainya dari lingkungan rumah, komunitas hobi yang kamu sukai, hingga lingkungan kantor.

Tips: Tidak perlu bingung mengawalinya, cobalah untuk lebih percaya diri dan membuka diri dengan lingkungan sekitar dengan cara menjadi lebih ramah, lebih ceria dan berprasangka baik kepada semua orang. Misalnya, berani berkenalan dahulu dengan orang baru, bertegur sapa dan membuka obrolan ringan kepada teman disekitar ataupun teman baru. Semua aktifitas sederhana ini bisa membuat kita bertemu dengan jodoh tanpa disangka-sangka.

2. Manfaatkan Sosial Media

sosial media 

Maksimalkan Penggunaan Sosial Media

Tidak menutup kemungkinan kalau pasangan hidup yang selama ini kamu cari ternyata adalah teman sendiri, misal teman SD, SMP, SMA, atau kuliah. Di zaman now, semua orang memiliki sosial media, tentu ini manjadi hal yang positif dan bisa kita manfaatkan dengan baik untuk menemukan jodoh kita. Jejaring sosial seperti BBM, LINE, WhatsApp, Facebook, Twitter dan Instagram yang biasanya hanya untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman, kini harus kamu maksimalkan untuk menemukan pasangan kamu.

Tips: Dari jejaring sosial media, kamu bisa mengenal teman dari jejaring sosial dengan skala yang lebih luas lagi. Bahkan kamu bisa mencermati sekilas latar belakang, status, kegiatan hingga kesukaan orang yang kamu sukai atau istilahnya ‘gebetan’ aka calon pacar.

Jika sudah mengetahui sebagian informasi target calon pacar kamu, saatnya lakukan aksi untuk menyapa atau chat atau membuka obrolan ringan dengan topik yang diminatinya. Siapa tahu dengan menjalin komunikasi via sosial media akan berlanjut ke pelaminan. Cara ini sudah banyak yang berhasil dan bertemu dengan jodohnya, tidak ada salahnya kamu juga mencobanya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

 

3. Mencoba Aplikasi Kencan Online

online dating 

Manfaatkan Aplikasi Kencan Online

Menemukan pasangan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, diperlukan usaha juga agar dipertemukan dengan cepat jodoh yang kamu harapkan. Kini dengan kemajuan teknologi dan internet, mencari jodoh bisa dilakukan dengan cara online. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi online untuk menemukan teman baru dan jika cocok, hubungan pertemanan bisa berlanjut ke tahap serius atau menikah.

Tips: Beberapa aplikasi kencan online yang bisa digunakan seperti BeeTalk, Badoo, OkcUpid, Tinder, Paktor, Wavoo dan Setipe, memang di ciptakan agar kita lebih mudah menemukan teman ngobrol, teman baru yang bisa berlanjut ke tahap dating atau kencan, dan apabila cocok banyak juga yang berhasil dan menikah.

Hal penting yang harus kamu perhatikan saat pengisian profil kamu adalah gunakan foto terbaik diri kamu, artinya gunakan foto yang tidak terlalu banyak editing atau tipuan photoshop, be yourself and be natural.  Paling penting, kamu harus bijak menaruh informasi data diri di profile online, tidak semua diobral di data online, misalnya, kamu bisa memilih nama alias atau samaran, pilih nama yang sopan dan mewakili diri kamu. Lalu, ceritakan sekilas siapa kamu, apa hal favorit kamu dan pasangan seperti apa yang kamu cari.  Ingat untuk selalu gunakan bahasa yang baik, dan gunakan aplikasi pencari jodoh ini untuk menemukan jodoh baik.

Baca Juga: Sebelum Nikah, Bahas 7 Hal Ini dengan Pasangan

4. Bantuan Saudara atau Teman

keluarga 

Curhat kepada Saudara atau Teman

Cara lama menemukan jodoh bisa dengan cara di jodohkan, yakni dari bantuan saudara, kerabat atau teman dekat. Tidak ada salahnya kalau kamu meminta tolong mereka untuk mencarikan jodoh untuk kamu.

Tips: Ceritakan keluh kesah kamu selama mencari jodoh, dan beritahu kriteria yang kamu inginkan kepada saudara atau teman dekat kamu. Cara klasik ini bisa dipraktikan, khususnya bagi kamu yang lebih percaya dengan rekomendasi pilihan dari orang-orang terdekat yang kamu percaya.

Sembari menunggu jodoh kamu datang, marilah berfokus untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik dan memantaskan diri untuk menyambut jodoh yang kamu impikan. Ada beberapa check list  berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.  

1. Keyakinan

yakin

Keyakinan yang Kuat

Yakin merupakan landasan awal untuk kamu yang ingin menemukan pasangan hidup. Keyakinan yang kuat akan memberikan dorongan secara otomatis dalam diri untuk terus berusaha dan pantang menyerah. Selalu yakin dan berpikir positif bahwa jodoh kamu akan segera datang  dengan begitu, kamu akan cepat menemukan pendamping.

2. Perbaiki Penampilan

penampilan

Becermin dan Perbaiki Penampilan

Penampilan dalam tahap pencarian pendamping hidup memiliki peran yang sangat penting. Dengan penampilan yang baik, akan menimbulkan persepsi suka dan cinta dalam diri seseorang. Berpenampilan menarik tidak harus dengan berpakaian bagus atau mahal, mulailah dengan hal-hal sederhana misalnya memilih potongan rambut yang sesuai dengan wajah kamu, rajin berolahraga agar badan lebih sehat, berpakaian lebih rapi dan lebih wangi.

3. Fokus dengan Hal Positif

fokus

Lakukan Hal Positif 

Selama masa pencaharian, kamu tetap harus aktif bukan pasif. Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan mulai dari perbanyak membaca buku, aktif gabung dengan komunitas-komunitas lain sesuai hal yang kamu minati, aktif mengasah ilmu pengetahuan terkait hobi maupun bidang ilmu baru atau ilmu yang kamu gelutin. Misalnya, bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, kamu bisa terus mengasah kemampuan kamu, siapa tahu nanti dari hobi ini kamu bisa bertemu dengan jodoh kamu tanpa disangka-sangka.  

4. Bertanggung Jawab

bertanggung jawab

Bertanggung Jawab dalam Segala Hal 

Mengungkapkan rasa suka, sayang, dan cinta merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun, ungkapan tersebut akan menjadi sia-sia kalau kamu tidak bisa menunjukkan tanggung jawab atas apa yang kamu ucapkan. Oleh sebab itu, belajarlah untuk lebih bertanggung jawab dalam segala hal, termasuk bertanggung jawab terhadap keuangan kamu agar bisa mengelola keuangan lebih baik, tidak boros, tidak banyak hutang konsumtif dan bisa memiliki tabungan maupun investasi untuk masa depan.

Lakukan yang Terbaik

Tercapainya segala hal yang kamu inginkan, tidak lepas dari sebuah perjuangan. Jangan pernah putus asa, selalu lakukan yang terbaik setiap harinya. Tetap berusaha dengan baik, dan iringi dengan doa dan berpasrah diri semoga semua upaya baik yang kamu lakukan akan segera berbuah manis dan kamu bertemu dengan jodoh yang kamu idamkan. Amin.

Baca Juga: Rayakan "Anniversary" Hemat bersama Pasangan dengan 5 Hadiah Ini