Cara Bayar BPJS Lewat ATM, Apa Saja Tahapannya?

Semakin tahun sepertinya hidup manusia memang semakin dimudahkan oleh berbagai layanan dan teknologi. Sejatinya teknologi hadir memang untuk mempermudah dan membantu hidup manusia. Maka dari manusia di era modern saat ini seharusnya banyak bersyukur karena banyak teknologi yang telah memudahkan hidup mereka. Bicara teknologi pada masa sekarang ini memang tak akan pernah ada habisnya dan tidak ada ujungnya. Berbagai update atau pembaruan teknologi dan informasi hampir bisa kita dapati setiap harinya. Dan kita sebagai manusia sepertinya akan sulit sekali untuk menolak dan menghindar dari perkembangan teknoogi ini.

Salah satu bentuk teknologi yang sangat bermanfaat dan kini telah menjadi bagian dari kehidupan manusia adalah ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris Automated Teller Machine). Sebagai perangkat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan tanpa harus menuju ke teller Bank ini, ATM jelas menjadi banyak pilihan masyarakat untuk melakukan berbagai kepentingan dan keperluan. Tidak hanya untuk mengambil uang dan mengecek saldo rekening, saat ini ATM memang bisa digunakan untuk keperluan yang lain seperti taransfer uang, membeli pulsa serta melakukan pembayaran.

Seperti asuransi kesehatan, Salah satu hal yang menunjukkan manfaat ATM  adalah semakin mudahnya membayar BPJS  lewat ATM. Untuk membahas lebih lanjut, berikut ini adalah penjelasan cara bayar BPJS lewat ATM.

Pembayaran BPJS Lewat ATM

loader

Bayar BPJS Lewat ATM

Terkait pembayaran yang bisa dilakukan via ATM sendiri saat ini sudah beragam. Selain membayar secara langsung lewat nomor rekening, mesin canggih ini juga telah menyediakan menu tersendiri berupa menu pembayaran. Dan salah satu jenis pembayaran yang bisa Anda lakukan dari menu di ATM adalah pembayaran BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Lalu seperti apa dan bagaimanakah cara membayar BPJS ini lewat ATM? Berikut penjelasannya.

Perhatikan Waktu Pembayaran Iuran

loader

Perhatikan Waktunya via gettingunstuckllc.com

Yang perlu Anda ketahui sebelumnya, bahwa pembayaran BPJS ini harus Anda lakukan secara teratur dan tepat waktu. Pembayaran iuran BPJS sendiri dilakukan paling lambat pada tanggal 10 di setiap bulannya. Bila Anda membayarnya melampaui tanggal tersebut maka Anda akan dikenakan denda sebesar 2%. Maka dari itu sebisa mungkin usahakan untuk membayar BPJS ini tepat waktu agar tidak terkena denda.

Perhatikan Bank yang Akan Dituju

loader

Perhatikan Bank Untuk Pembayaran via forbes.com

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam proses pembayaran iuran BPJS lewat ATM ini adalah Bank yang akan dituju. Hal ini dikarenakan tidak semua Bank melayani pembayaran BPJS seperti asuransi. Hanya bank-bank tertentu saja yang telah bekerjasama dengan pihak BPJS yang bisa melakukan pembayaran iuran via ATM. Dan beberapa bank yang telah bekerjasama dengan pihak BPJS untuk bisa Anda tuju guna melakukan pembayaran iuran adalah Bank Mandiri, BRI, dan BNI. Melalui ketiga bank ini selain Anda bisa membayar melalui ATM, Anda juga bisa membayarnya secara langsung dengan mendatangi salah satu bank tersebut. Dan satu cara lagi sebenarnya yang bisa dilakukan melalui ketiga bank ini yaitu membayar via Internet Banking. Namun karena saat ini pembahasannya adalah pembayaran via ATM, maka kita fokuskan dulu ke metode pembayaran ini.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan : Program dan Cara Mendaftarnya

Perhatikan Nominal Pembayaran

loader

Lihat Nominal Pembayarannya via timlo.net

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan pembayaran iuran BPJS melalui ATM ini adalah nominal atau angka iuran. Karena metode pembayaran ini menggunakan ATM, maka Anda harus mau tak mau memiliki saldo ATM yang minimal sesuai dengan iuran BPJS yang akan dibayarkan. Jangan sampai Anda datang ke ATM dengan kondisi sisa saldo rekening tabungan yang kosong atau kurang dari jumlah minimal iuran BPJS. Jika hal ini terjadi tentu saja kedatangan Anda ke ATM akan sia-sia.

Nominal yang harus Anda bayarkan sendiri adalah nominal saat mendaftar sebelumnya. Jika Anda dulu mendaftar dan memilih kelas I maka nominal yang harus dibayar adalah Rp59.500 per bulan. Jika Anda dulu mendaftar dan memilih kelas II maka iuran yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp42.500. Dan jika dulu Anda mendaftar pada kelas II, maka iurannya adalah sebesar Rp25.500.

Baca Juga: Sudah Punya BPJS, Apa Masih Perlu Asuransi Kesehatan?

Langkah-langkah Umum Pembayaran BPJS via ATM

loader

Bayar Lewat ATM via webindiasolutions.com

Setelah Anda mengerti, memahami, dan mempersiapkan semua hal-hal di atas, maka saatnya untuk bergerak melaksanakan pembayarannya. Secara umum pembayaran iuran BPJS melalui ATM membutuhkan kode sebagai berikut BRI yaitu 88888, untuk BNI yaitu 88888, dan untuk Bank Mandiri yaitu 89888.

Selanjutnya kode bank tadi harus ditambah dengan 11 digit angka nomor virtual dari belakang di kartu BPJS Anda. Contoh nomor Virtual Account untuk bank BRI kartu tersebut adalah 8888801308270036, untuk BNI adalah 8888801308270036, dan untuk Bank Mandiri adalah 8988801308270036.

Cara Membayar Tagihan Bpjs Melalui Atm Mandiri, BRI, dan BNI

1. Bayar BPJS Melalui ATM Mandiri

Untuk membayar BPJS Melalui ATM Bank Mandiri berikut beberapa langkah yang harus Anda ikuti:

loader

Masukkan Kartu ATM Mandiri.

loader

Pilih Bahasa (English atau Indonesia).

loader

Masukkan PIN ATM Anda.

loader

Pilih menu “BAYAR/BELI”.

loader

Selanjutnya, pilih menu “BPJS”.

loader

Klik salah satu yang Anda ikuti “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Ketenagakerjaan”.

loader

Pilih menu “INDIVIDU”.

loader

Masukkan ID Billing yang berjumlah 16 digit.

loader

Input jumlah bulan yang akan dibayar.

loader

Akan muncul konfirmasi pembayaran pada layar.

loader

Tekan angka “1”.

loader

Lalu, pilih “YA”.

loader

Mesin akan mengeluarkan struk sebagai bukti pembayaran.

loader

Proses pembayaran selesai dilakukan.

2. Bayar BPJS Melalui ATM BRI

Untuk membayar BPJS Melalui ATM Bank BRI berikut beberapa langkah yang harus Anda ikuti :

  • Masukan kartu ATM ke Mesin ATM
  • Pilih Bahasa kemudian ketik nomor PIN
  • Selanjutnya pilih “Transaksi Tunai”, atau “Paket Tunai” pada menu
  • Lalu pilih “Transaksi Lainnya”
  • Pilih “Pembayaran”
  • Setelah itu akan muncul pilihan, pilih “Lainnya” sampai Anda jumpai menu BPJS jika belum ada maka pilih lagi “Lainnya”
  • Pilih BPJS
  • Pilih BPJS Kesehatan
  • Masukan nomor virtual account Anda
  • Muncul nama dan cek kesesuaian data
  • Masukan jumlah nominal yang akan dibayar sesuai kelas Anda.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

3. Cara Bayar BPJS Melalui ATM BNI

Untuk membayar BPJS Melalui ATM Bank BNI ini hampir tidak jauh berbeda dengan pembayaran ATM BRI dan Bank Mandiri di atas. Anda tinggal menyesuaikan dengan langkah-langkah di atas. Intinya yaitu menu “Pembayaran” -> BPSJ -> Masukan Virtual Account -> Pilih Kelas -> dan selesai.

Manfaatkan Layanan Ini Secara Maksimal

Demikianlah beberapa informasi terkait cara bayar BPJS lewat ATM. Pada dasarnya layanan ini dibuat untuk mempermudah para peserta untuk membayar iuran bulanan dan juga untuk memperkecil risiko menunggak. Semoga dengan informasi ini Anda tak lagi bingung dan ragu untuk pergi ke ATM untuk membayar BPJS dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: 6 Hal yang Sering Ditanyakan Soal BPJS Ketenagakerjaan