Cara Supaya Nongkrong Tidak Bikin Kantong  Bolong

Mau nongkrong tapi uang gajian tetap hemat. Memang bisa? Kalau kamu berpikir nongkrong pasti boros, itu salah. Kegiatan belanja tanpa perencanaan yang tepat, itu pun bisa membuat kamu jadi boros. Intinya di sini adalah perencanaan pengeluaran.

Tanpa adanya perencanaan, bisa jadi kamu akan boros sekali ketika saat menggunakan uang. Itu sudah biasa. Dan kebanyakan orang melakukan kesalahan seperti itu. Alhasil, apabila kamu juga melakukan hal itu, maka bersiaplah kamu menerima kenyataan. Kuota uang kamu di buku tabungan semakin menipis.

Kebiasaan anak muda itu nongkrong. Hampir sebagian besar sangat menyukai hal itu. Namun, hanya sedikit yang mampu mendapati kondisi keuangannya sehat meski sering nongkrong.

Mau nongkrong tiap weekend atau tiap hari? Tidak masalah. Asalkan kamu melakukan beberapa hal ini:

Baca Juga: Akhir Pekan Tiba! Lakukan Ini Agar Kencan Jadi Lebih Hemat

1. Buat Pos Khusus

loader
Sediakan Pos Khusus

Ketika kamu menerima gaji, sisihkan pos pengeluaran khusus buat nongkrong. Misalnya, gaji kamu saat ini Rp4 juta. Alokasikan 60 persen untuk ditabung dan 30 persen untuk kebutuhan pokok. Sisanya, sebesar 10 persen buat nongkrong. Jadi, kamu memiliki alokasi Rp400 ribu selama sebulan untuk nongkrong.

Artinya, kamu bisa satu minggu sekali nongkrong, dengan catatan, maksimal pengeluaran Rp100 ribu. Dengan cara seperti ini, maka pos pengeluaran kamu bisa lebih terkontrol dan terencana. Apabila kamu tidak melakukannya, maka ada kemungkinan kondisi keuangan kamu akan “jebol”. Akibatnya, kamu akan menyesal.

2. Bekal Bisa Jadi Penyelamat

loader
Bawa Bekal

Meski ada anggapan negatif, biarkan saja. Toh yang penting kamu bisa tetap gaul bareng teman dan tabungan tidak bocor. Bukan berarti kamu harus membawa bekal komplit dari rumah, cukup bawa minum air mineral kemasan atau snack.

Jangan terlalu berlebihan saat berhemat. Jangan terlalu memaksakan diri. Terlalu berlebihan saat berhemat itu sangat tidak dianjurkan. Bisa jadi, itu malah menyiksa kamu. Niat kamu adalah mengontrol keuangan, bukan menyiksa hidup Kamu.

3. Lebih Baik Makan Dulu

loader
Makan Dulu sebelum Pergi Nongkrong

Makan dulu lah sebelum berangkat nongkrong. Kamu pasti akan ngirit ketika sudah ada di tempat nongkrong. Mau ditawarin atau ada menu paling lezat di dunia, bila Kamu sudah kenyang, maka kamu tidak akan menyentuhnya. Benar kan?

Ini merupakan tips yang pas dan efektif bila diterapkan. Bila melihat sistem biologis tubuh, otak kamu tidak akan responsive menerima rangsangan masakan terlezat dan enak ketika kamu berada pada kondisi kenyang.

Layaknya alarm kebakaran, sistem tubuh kamu akan mengeluarkan “alarm” apabila menerima rangsangan tertentu. Namun, di saat kamu kenyang “alarm” tubuh kamu secara otomatis akan mati dan tidak berfungsi, meski ada berbagai rangsangan datang.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

4. Dahulukan Mengajak sebelum Diajak

loader  
Mengajak Duluan agar Bisa Memilih Tempat yang Lebih Murah

Ini yang paling penting. Riset terlebih dahulu sebelum nongkrong, pilih yang berharga murah atau sedang diskon. Dan, sebelum teman-teman kamu mau mengajak di mana, dahului saja. Kamu berikan usul mau nongkrong di mana. Dengan begitu, ongkos nongkrong bisa lebih kecil. Apalagi bila ternyata ada diskon bila membayar pakai kartu kredit, saatnya kamu menggesek.

5. Bersiap Hidup Prihatin

loader
Siap-Siap Hidup Serba Irit

Bukan lagi jadi masalah nongkrong tiap weekend. Asalkan kamu mau menerima konsekuensinya. Salah satunya, bersiap hidup ngirit di hari-hari selanjutnya. Contoh, nongkrong kemarin menghabiskan Rp200 ribu. Hasilnya, duit hidup irit itu bisa dijadikan uang penambal pengeluaran nongkrong.

Baca Juga: Cara Asyik dan Hemat Rayakan Ulang Tahun untuk Usia 20-an

Rencanakan dengan Baik

Ternyata, nongkrong tidak selamanya boros kan? Asalkan kamu bisa mengaturnya dengan teliti dan tanggung jawab, maka itu semua tidak akan menjadi masalah. Gaul itu masih bisa dilakukan kok. Tinggal bagaimana kamu mengatur pengeluaran untuk bergaul. Bagaimana?

Baca Juga: Tips Hemat Wujudkan Resepsi Pernikahan Impian