Cegah Asma hingga Kanker, Ini Beragam Khasiat Okra yang Jarang Diketahui Orang

Siapa yang pernah mendengar okra? Sebagian dari Anda mungkin pernah menemui, atau bahkan mengonsumsi buah dengan bentuk panjang meruncing serupa jari lentik ini. Namun, bagi yang belum pernah mengonsumsinya, Anda tengah melewatkan jenis buah yang memberikan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Okra adalah jenis buah yang memiliki tekstur sangat lunak serta berlendir. Sekilas, orang yang belum pernah melihat mungkin akan mengiranya sebagai jenis cabai. Padahal, jika dimakan, buah yang banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis ini memiliki rasa yang mirip dengan terong.

Untungnya, kini okra sudah mulai banyak ditanam dan mudah ditemukan di Indonesia. Alasannya tidak lain karena buah ini mengandung glutation dan serat yang kaya. Selain itu, kandungan vitamin, protein, dan mineralnya juga menjadi penyebab mengapa buah ini mulai banyak dilirik oleh masyarakat. 

Mungkin saat ini Anda penasaran, apa saja sih manfaat buah okra ini hingga tren budidayanya mulai muncul di Indonesia? Nah, tak perlu panjang lebar lagi, inilah 12 manfaat buah okra untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Sering Mengonsumsi Bunga Kecombrang? Inilah Manfaat yang Bisa Didapatkan

12 Khasiat Okra

khasiat okra

Salah Satu Olahan Okra

  1. Membantu Meringankan Penyakit Asma 

    Khasiat okra yang pertama adalah membantu meringankan penyakit asma. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimiliki. Jika rutin dikonsumsi, kandungan tersebut dapat secara aktif membantu meredakan asma yang kambuh dan menyerang penderitanya.

  2. Menjaga Fungsi Ginjal

    Selanjutnya, jika mengonsumsi okra secara teratur, Anda akan mendapatkan khasiat kesehatan berupa fungsi ginjal yang terjaga kesehatannya dan terhindari dari berbagai risiko penyakit. Manfaat buah okra ini dibuktikan dalam sebuah penelitian di tahun 2005 silam.

    Dalam studi tersebut, terkuak bahwa orang yang rutin mengonsumsi tanaman seperti oyong kecil ini, risiko mengalami masalah fungsi ginjal menjadi lebih kecil ketimbang yang jarang atau tidak mengonsumsinya sama sekali.

  3. Mencegah Kurang Darah atau Anemia

    Manfaat yang ketiga adalah membantu tubuh terhindar dari risiko penyakit anemia atau kurang darah. Kebiasan mengonsumsi buah polong-polongan ini ternyata mampu membantu tubuh meningkatkan produksi eritrosit atau sel darah merah. Dalam kata lain, okra tidak hanya mampu mencegah seseorang terkena anemia, namun juga turut mengobatinya secara alami.

  4. Melindungi Organ Hati

    Tanaman okra memiliki kandungan serat dan antioksidan yang berkhasiat untuk membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi pada organ hati dan mengeluarkan racun. Hal ini secara otomatis membuat sistem kerja hati menjadi lebih baik serta terhindar dari risiko serangan penyakit.

    Selain itu, tanaman okra juga dipercaya mempunyai efek hepatoprotektif. Efek tersebut mampu menjaga organ hati agar tidak mengalami kerusakan akibat radikal bebas maupun peradangan. Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan organ hati, tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsinya secara rutin mulai sekarang. 

  5. Menjadikan Tulang Lebih Kuat

    Percaya atau tidak, rutin mengonsumsi tanaman okra juga mampu memberi manfaat kesehatan berupa menjadikan tulang lebih kuat. Penyebabnya tak lain karena sayur tersebut memiliki kandungan folat yang tinggi. Saat tubuh menerima asupan folat yang cukup, tulang akan menjadi lebih kuat dan terhindar dari risiko terserang osteoporosis. 

    Buah tersebut juga kaya akan vitamin K yang berguna untuk menjaga kepadatan tulang. Saat tubuh mendapatkan asupan vitamin K yang cukup, proses penyerapan kalsium pada tulang akan semakin meningkat. 

  6. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih

    Selain berbagai khasiat okra di atas, Anda juga dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih saat teratur mengonsumsi buah tersebut. Memiliki tekstur yang lunak, berlendir, dan agak lengket, tanaman okra ternyata memiliki kandungan serat larut yang baik untuk turunkan kolesterol dalam tubuh. 

    Jika dibiarkan, kadar kolesterol tinggi dalam tubuh akan menyumbat dan menutup pembuluh darah. Dalam jangka panjang, hal tersebut akan membuat penderitanya lebih berisiko terkena serangan jantung dan juga stroke. 

    Dengan rutin mengonsumsi makanan berserat, sebagai contoh, okra, lemak dalam tubuh akan ikut tercerna. Alhasil, darah mampu mengalir dengan lebih lancar dan dan mengecilkan risiko terkena penyakit mematikan dan paling ditakuti di dunia tersebut. 

  7. Baik untuk Sistem Pencernaan

    Kandungan serat dalam okra tidak hanya baik untuk mengontrol kolesterol, namun juga untuk sistem pencernaan. Bahkan, serat larut yang terkandung memiliki khasiat kesehatan yang setara dengan sereal. Dengan mengonsumsi buah polong-polongan berbentuk kapsul tersebut, kinerja usus akan menjadi lebih lancar dan menghindarkan seseorang dari risiko sembelit atau konstipasi.

    Bisa dibilang, mengonsumsi sayur dan buah berserat tinggi dapat menjadi obat pencahar alami dan mampu meningkatkan kinerja serta pergerakan usus. Saat kinerja organ pencernaan lancar dan tubuh mampu membuang semua kotoran, risiko penyakit kanker usus besar juga akan menurun. Tidak hanya itu, okra juga memiliki senyawa anti bakteri dan anti inflamasi yang berkhasiat mencegah maag, infeksi pencernaan, ataupun penyakit lambung lainnya. 

  8. Terhindar dari Penyakit Diabetes

    Dengan gaya hidup dan pola makan yang kurang tepat, diabetes menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling banyak menyerang masyarakat di seluruh dunia saat ini. Selain menjaga asupan makanan dan rajin berolahraga, Anda dapat mencegah risiko penyakit ini dengan mengonsumsi sayur dan buah berserat tinggi, okra salah satunya.

    Buah ini juga baik dikonsumsi oleh penderita gula darah tinggi karena mempunyai efek anti diabetik sehingga ampuh menurunkan kadar gula di dalam tubuh. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi 6 sampai 8 okra per hari agar khasiat menyembuhkan diabetes bisa didapatkan. 

  9. Kesehatan Mata Terjaga 

    Bagi Anda yang setiap hari sering menatap layar komputer atau smartphone, rutin mengonsumsi okra sepertinya layak untuk dipertimbangkan. Sebab, kandungan lutein, beta karoten, dan juga xanthinnya mampu membantu Anda menjaga kesehatan indera penglihatan atau mata. 

  10. Mampu Menguatkan Imun Tubuh

    Siapa yang tidak ingin memiliki sistem imunitas tubuh yang kuat agar lebih jarang terserang penyakit? Nah, dengan kandungan vitamin C yang melimpah pada okra, sistem kekebalan tubuh Anda akan dibuat menjadi lebih kuat dan ampuh melawan serangan penyakit. 

    Ditambah dengan kandungan antioksidan yang tinggi, tubuh mampu menghancurkan radikal bebas yang diyakini bisa melemahkan sistem imun. 

  11. Membantu Menjaga Kesehatan Rambut

    Tak sedikit orang yang rela merogoh kocek cukup dalam demi memiliki kondisi rambut yang nampak sehat dan terawat. Alasannya tak lain karena rambut menjadi salah satu aset paling berharga yang memengaruhi penampilan. Sebagai jenis tanaman obat, okra kaya akan kandungan yang mampu menyehatkan rambut, seperti vitamin A, K dan C, serta antioksidan. 

    Tidak hanya itu, kandungan folat, kalium, seng, dan tiaminnya juga memiliki peran penting agar rambut terjaga kesehatannya. Mengaplikasikan okra pada rambut secara teratur juga dapat membebaskan kulit kepala dari ketombe dan senantiasa lembap.

  12. Memiliki Sifat Anti Kanker 

    Manfaat terakhir yang tak boleh sampai terlewat adalah bersifat anti kanker. Bukan rahasia lagi jika kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan harus diminimalisir risiko terjadinya. 

    Sebagai sumber antioksidan, okra tidak hanya krusial meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, kandungan tersebut juga sudah lama dikenal ampuh menumpas radikal bebas dalam tubuh yang memicu munculnya tumor atau sel kanker akibat proses mutasi.

Baca Juga: 4 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Menyimpan Segudang Manfaat Kesehatan, Yakin Tak Mau Jadikan Okra Sebagai Konsumsi Favorit?

Tak sedikit orang yang enggan mengonsumsi okra karena memiliki tekstur yang lengket dan berlendir. Padahal, jika diolah dengan tepat, seperti ditumis atau dijadikan asinan, okra dapat menjadi bahan makanan yang lezat untuk dikonsumsi. Ditambah dengan segudang manfaat kesehatan yang dimilikinya, tentu sangat disayangkan jika buah ini tidak masuk dalam daftar makanan favorit Anda.

Baca Juga: Kucing dan Anjing Bisa Tertular Virus Corona? Ini yang Harus Dilakukan Pemilik Hewan Peliharaan