Cek Ini Dulu saat Memilih Kartu Kredit Cicilan 0% Biar Untung Maksimal

Beli barang pakai kartu kredit, bisa nyicil sekaligus gak kena bunga? Wah enak banget tuh. Jadi tidak akan membebani keuangan, karena besaran cicilan pun dapat disesuaikan dengan kemampuanmu.

Ini namanya cicilan 0%. Cicilan 0% adalah fasilitas yang ditawarkan perbankan kepada pengguna kartu kredit. Cicilan 0% memungkinkan kamu mengangsur pembayaran dalam jumlah tetap. Tidak dikenakan bunga atau disebut bunga 0%. 

Bagaimana cara kerjanya? Ketika kamu membeli sebuah barang dengan skema cicilan 0%, maka jumlah uang yang akan ditagihkan kepadamu tidak berubah. Contoh beli ponsel pintar seharga Rp 12 juta pakai cicilan 0%. 

Tenor atau jangka waktu pembayaran 12 bulan, maka setiap bulan kamu mencicil sebesar Rp 1 juta sebanyak 12 kali. Tidak ada beban bunga cicilan yang dikenakan. Kamu hanya berkewajiban melunasi total harga pembelian. 

Fasilitas kartu kredit cicilan 0% sangat menggiurkan. Belanja tinggal cari produk atau toko yang menawarkan program cicilan 0% dari kartu kredit tertentu. Atau belanja minimal dengan nominal tertentu. 

Memang menguntungkan. Dalam memilih kartu kredit cicilan 0%, perhatikan beberapa poin penting berikut ini:

Baca Juga: Ini Lho 7 Keuntungan Kartu Kredit yang Bikin Menyesal Tak Memilikinya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

  • Syarat dan ketentuan yang ditetapkan

Kartu Kredit
Syarat dan ketentuan yang ditetapkan

Setiap bank penerbit punya syarat dan ketentuan masing-masing dalam kepemilikan kartu kredit cicilan 0%. Ada bank yang memberi syarat minimal pembelian yang harus dipenuhi, ada juga yang menetapkan besaran transaksi yang bisa dilakukan setiap bulannya. 

Penting untuk memahami syarat dan ketentuan tersebut sejak awal, sebelum pengajuan. Jangan sampai nantinya merasa tertipu. Kemudian kamu justru tidak bisa memanfaatkan fasilitas cicilan 0% dengan maksimal. 

  • Jangka waktu cicilan yang ditawarkan

Kartu Kredit
Jangka waktu cicilan yang ditawarkan

Cicilan 0% sangat berguna dan menguntungkan untuk membeli barang yang harganya cukup mahal. Tapi pastikan kamu tahu jangka waktu program cicilan 0%. Biasanya sih antara 3, 6, atau 12 bulan. Ada pula yang memberikan sampai 36 bulan. 

Semakin panjang tenor yang ditawarkan, semakin kecil pula cicilannya. Jadi tidak membebani kocekmu. 

Misalnya beli barang seharga Rp 6 juta. Kalau tenor cuma 6 bulan, berarti harus mengangsur Rp 1 juta hingga 6 kali. Tapi kalau 12 bulan, cicilannya hanya sebesar Rp 500 ribu. 

Baca Juga: Bayar Tagihan Kartu Kredit yang Mencekik Pakai Pinjaman KTA, Memang Bisa?

  • Jumlah toko yang digandeng

Kartu Kredit
Jumlah toko atau merchant yang digandeng

Jangan hanya tergiur keuntungannya saja sebelum mengajukan kartu kredit cicilan 0%. Cari tahu juga jumlah toko atau merchant yang diajak kerja sama bank penerbit. 

Percuma kan buat kartu kredit cicilan 0%, tapi merchant yang digandeng sedikit. Atau yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Mubazir deh. 

Biasanya satu merchant pun tidak hanya bekerja sama dengan satu bank penerbit kartu kredit saja. Namun beberapa bank. Semakin banyak merchant yang dirangkul, semakin maksimal juga penggunaan kartu kreditmu. 

  • Fasilitas lainnya

Kartu Kredit
Fasilitas lainnya

Kartu kredit bukan sebatas pada fasilitas cicilan 0% saja. Ada fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan dengan hanya menggenggam satu kartu kredit. Sebelum mengajukan, kulik dulu nih fasilitas-fasilitas tersebut di kartu kredit incaranmu. 

Selain cicilan 0%, fasilitas yang ada pada kartu kredit, yakni diskon atau cashback atas pembelian di merchant tertentu, fasilitas poin rewards yang dapat ditukar, airport lounge, tarik tunai, dan lainnya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

  • Proses pengajuan yang mudah dan cepat

Kartu Kredit
Proses pengajuan yang mudah dan cepat

Tahapan membuat kartu kredit cicilan 0% tentu saja pengajuan terlebih dahulu. Pengajuan ini bisa langsung lewat bank atau perusahaan fintech. 

Zaman now, pengajuan kartu kredit sudah harus online. Calon nasabah tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang bank. Cukup dari rumah atau dari mana saja dan kapan saja. Asalkan terhubung dengan internet. 

Di samping itu harus cepat agar menarik minat masyarakat. Kalau sudah online, biasanya lebih cepat, hanya hitungan hari. 

Ajukan Kartu Kredit di Saat yang Tepat

Pengajuan kartu kredit cicilan 0% sebaiknya dilakukan di waktu yang tepat. Yakni di saat finansialmu sudah siap dengan memiliki pekerjaan tetap, sering transaksi dalam bentuk cashless atau non-tunai, kerap bepergian ke luar negeri, dan lainnya.

Paling penting ajukan kartu kredit ketika keuanganmu stabil atau tidak sedang terjerat tumpukan utang. Punya kartu kredit harus siap dengan tagihan utang. 

Jika utangmu sudah lebih dari 30% dari gaji sebulan, memiliki kartu kredit hanya akan menambah beban keuanganmu. 

Baca Juga: Kenali Modus Penipuan ATM dan Kartu Kredit