Coba Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Ini! Dijamin Kemampuan Berbahasa Anda akan Meningkat

Banyak orang berpendapat bahwa kemampuan berbahasa Inggris membuat seseorang memiliki kesempatan kerja yang lebih cemerlang ketimbang yang tidak. Hal tersebut secara tidak langsung membuat para pemberi kerja akan lebih melirik seorang kandidat dengan kemampuan Bahasa Inggris.

Selain agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat dari seluruh dunia, mempelajari Bahasa Inggris yang dianggap sebagai bahasa universal juga memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satu yang paling utama adalah membuka pintu lebih lebar untuk bisa mempelajari hal-hal baru. 

Anggap saja seperti ini, internet yang menjadi jembatan penghubung antara masyarakat di seluruh dunia biasanya melakukan komunikasi dengan Bahasa Inggris. Dalam platform tersebut tentu banyak materi pembelajaran yang sangat dibutuhkan oleh para pencari kerja atau bahkan profesional sekalipun. Tanpa memiliki kecakapan berbahasa Inggris, kesempatan untuk bisa berkembang menjadi individu yang berkualitas tentu menjadi berkurang.

Mengetahui pentingnya memiliki kemampuan berbahasa Inggris saat ini tentu membuat Anda ingin mempelajari bahasa tersebut. Tak perlu takut butuh biaya besar, siapa saja juga dapat mempelajarinya secara gratis. Tanpa panjang lebar lagi, inilah aplikasi belajar Bahasa Inggris gratis di smartphone yang patut untuk dicoba.

Baca Juga: Wajib Bahasa Indonesia, Negara-Negara Pakai Bahasanya Sendiri di Forum Internasional

Download 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Ini untuk Memantapkan Kualitas Diri

1. Belajar Banyak Bahasa Asing di Aplikasi Duolingo

duolingo

Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis untuk belajar Bahasa Inggris yang pertama adalah Duolingo. Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin sudah banyak mengetahui tentang aplikasi ini. Pasalnya, setiap orang dengan tingkat kemampuan berbahasa Inggris apapun dapat mempelajari ilmu baru dengan Duolingo. 

Bahkan, agar materi pembelajaran yang didapatkan oleh penggunanya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, Duolingo melakukan tes terlebih dahulu. Setelah melakukan tes tersebut, pengguna Duolingo akan mengetahui berada di tingkat apa kemampuan Bahasa Inggris mereka. Barulah setelah itu Duolingo akan memberikan materi Bahasa Inggris yang telah disesuaikan dengan kemampuan penggunanya. 

Tak hanya soal tata bahasa, Duolingo juga dilengkapi dengan pembelajaran kosakata, istilah, dan lain sebagainya. Metode pengajaran Bahasa Inggris di Duolingo juga dibuat selayaknya sedang bermain game dan memiliki kesan ‘bersaing’ dengan pengguna lainnya. Dengan begitu, pengguna aplikasi ini dapat melihat perkembangan kemampuan Bahasa Inggris yang telah dipelajari selama ini. 

Nah, saat materi yang diberikan sudah dipahami dengan baik, pengguna dapat melakukan tes untuk naik tingkat. Tenang saja, tes yang diberikan tidak terlalu sulit karena hanya mengulang materi yang telah dipelajari sebelumnya. Jadi, tidak ada istilah ‘tersendat’ saat belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi Duolingo ini.

2. Paham Bahasa Inggris Dasar? Perkuat Lagi dengan Hello English

  hello english

Sumber: play.google.com

Lanjut ke aplikasi belajar Bahasa Inggris yang kedua, Hello English. Sebenarnya, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Namun, jika Duolingo memberikan tes permulaan terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris, pengguna aplikasi Hello English harus sudah memahami struktur dasar bahasa tersebut. Meski begitu, bukan berarti aplikasi ini tidak bisa dimanfaatkan oleh pembelajar Bahasa Inggris pemula.

Setelah mengetahui tingkat kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki melalui Duolingo, Anda dapat memperkuatnya lagi dengan aplikasi ini. Hello English banyak digunakan karena dapat memberikan materi berupa kosakata baru, struktur kalimat, ejaan, hingga melatih kecakapan berkomunikasi serta membaca dalam Bahasa Inggris.

Cara pemberian materi Bahasa Inggris pun dilakukan dengan interaktif selayaknya bermain game yang mana akan memberikan reward untuk membuka level permainan yang lebih tinggi. Dengan cara tersebut, belajar Bahasa Inggris tentu tidak akan terasa membosankan. 

Bahkan, cenderung terasa menantang dan perkembangan kemampuan Bahasa Inggris yang telah didapatkan akan terlihat dengan lebih jelas. Oleh karena itu, perkuat pemahaman Bahasa Inggris dasar Anda dengan menggunakan aplikasi Hello English ini.

Baca Juga: Auto Lolos Masuk Universitas Favorit dengan 6 Aplikasi Belajar Online Ini

3. Praktikkan Materi Bahasa Inggris yang Dipelajari di Aplikasi Lingbe

lingbe

Sumber: www.youtube.com/lingbe

Jika aplikasi belajar Bahasa Inggris Duolingo dan Hello English memberikan materi dasarnya, pembelajar tentu memerlukan wadah untuk mempraktikkannya. Tak dapat dipungkiri jika pemahaman bahasa yang baru saja didapatkan bisa dengan mudah dilupakan saat jarang dipraktikkan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pembelajar Bahasa Inggris dapat mempraktikkan sekaligus menguji materi yang baru dipahami di aplikasi Lingbe.

Berbeda dengan kedua aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya, Lingbe adalah platform belajar Bahasa Inggris yang memiliki basis komunitas. Dalam kata lain, pengguna aplikasi Lingbe dapat mempelajari dan memperkuat pemahaman Bahasa Inggris dengan berkomunikasi dengan pengguna lain aplikasi tersebut. 

Tak hanya belajar Bahasa Inggris, karena berbasis komunitas, Lingbe juga memungkinkan penggunanya mempelajari bahasa lainnya. Anda juga bisa mengajarkan Bahasa Indonesia kepada pengguna Lingbe yang lain saat berdiskusi atau berkomunikasi di aplikasi tersebut. Hal ini secara tidak langsung menjadi aturan tidak tertulis di aplikasi Lingbe.

Sebagai contoh, saat ada orang luar negeri yang ingin belajar Bahasa Indonesia, pengguna Lingbe asal Indonesia harus bersedia untuk mengajarkannya. Sebaliknya, saat ada orang Indonesia yang ingin belajar Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, orang luar negeri yang memahami bahasa tersebut yang akan mengajarkannya.

Karena berbasis komunitas, pengguna Lingbe tidak hanya dapat mempelajari bahasa asing. Budaya serta cara berinteraksi dan bergaul dengan masyarakat dari seluruh dunia juga dapat dipelajari dari aplikasi tersebut. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok dijadikan sebagai wadah untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris yang telah dipelajari selama ini. 

4. Belajar Bahasa Inggris Tanpa Bosan dengan Aplikasi Memrise

memrise

Salah satu metode belajar yang paling menyenangkan dan ampuh adalah Anda tidak merasa sedang belajar. Metode ini banyak dicari oleh para pembelajar Bahasa Inggris pemula karena materi yang didapatkan dapat dicerna dengan lebih mudah. Proses belajar pun dapat dilakukan dengan lebih lama dan efisien karena tidak membosankan.

Dengan menggunakan aplikasi Memrise, Anda dapat belajar tanpa merasa terbebani.  Pasalnya, aplikasi ini benar-benar membuat penggunanya serasa seperti bermain game saat belajar Bahasa Inggris. Menggunakan roket yang menuju luar angkasa sebagai simbol perkembangan yang dimiliki oleh penggunanya.

Sama halnya dengan Lingbe, Memrise juga memiliki basis materi dari komunitas. Jadi, materi pembelajaran yang bisa didapatkan oleh pengguna aplikasi ini akan selalu diperbarui dan disempurnakan. 

5. Biasakan Diri Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Busuu

busuu

Tahap terakhir dalam mempelajari sebuah bahasa adalah untuk terus menggunakannya sehari-hari. Tanpa memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, bukan tidak mungkin kemampuan berbahasa tersebut akan semakin menurun. 

Bahkan, pengguna Bahasa Inggris yang awalnya mahir akan menjadi pasif karena jarang digunakan. Oleh karena itu, setelah berhasil memahami tutur kata Bahasa Inggris dasar melalui keempat aplikasi diatas, Anda dapat membiasakan diri berkomunikasi dengan bahasa tersebut dengan aplikasi Busuu. 

Secara mendasar, Busuu adalah sebuah aplikasi belajar Bahasa Inggris yang lebih mengarah ke bentuk sosial media. Namun, aplikasi tersebut juga menyediakan banyak materi Bahasa Inggris yang bisa dipilih oleh penggunanya. Tingkatannya pun bervariasi, mulai dari materi Bahasa Inggris yang sederhana hingga rumit dapat dipilih oleh pengguna Busuu.

Yang menjadi nilai lebih dari aplikasi ini ketimbang yang lain adalah adanya fitur untuk berkomunikasi serta berdiskusi dengan pengguna lainnya perihal materi yang sedang dipelajari. Tak hanya itu, pengguna Busuu juga dapat meminta respon atau feedback dari pengguna lain mengenai pemahaman materi. Jadi, Anda tak hanya bisa mendapatkan pemahaman Bahasa Inggris baru, namun juga menambah relasi untuk belajar bersama.

Busuu juga ditenagai oleh para pakar pendidikan yang membuat materi berkualitas dan mudah dipahami oleh penggunanya. Materi yang ada di aplikasi Busuu disusun secara apik dan dioptimalkan dengan teori pengajaran bahasa kedua. Yang pasti, kemampuan dasar seperti menulis, membaca, mendengarkan, serta berbicara dapat diasah dengan menggunakan aplikasi gratis ini. 

Baca Juga: Tips Membuat CV Bahasa Inggris yang Tepat dan Profesional

Belajar Bahasa Inggris Dapat Menjadi Aset Berharga yang Tak Lekang oleh Waktu

Sebagai bahasa yang menyatukan manusia di seluruh dunia, Bahasa Inggris memang wajib dikuasai oleh masyarakat masa kini. Tanpanya, kesempatan untuk bisa berkembang menjadi individu yang lebih berkualitas akan berkurang drastis. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, manfaatkan kelima aplikasi gratis di atas untuk menguasai Bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan.