Dengan 20 Cara Ini, Kamu Bisa Sukses Mengatur Waktu

Jangan pernah berpikir dan mengatakan bahwa kamu tidak memiliki waktu. Sebab sebagaimana orang lain, kamu juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di luar sana. Hal ini tentu menjadi renungan tersendiri.

Bisa jadi ada beberapa banyak waktu yang kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma alias sia-sia. Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih kesuksesan di dalam hidup. Kamu akan kehilangan banyak sekali hal berharga yang seharusnya bisa dimiliki saat ini.

Meskipun selama ini, kamu berlaku demikian, bukan berarti hal tersebut tidak bisa diubah dan diperbaiki lagi. Oleh karena itu, simak beberapa cara sukses mengatur waktu berikut ini.

Baca Juga: Biar Tak Menyesal Kemudian Hari, Kenali Sejak Dini 4 Tanda Waktu Terbuang Percuma

20 Cara Jitu Mengatur Waktu

  1. Selesaikan Pekerjaan Penting Terlebih Dahulu

    loader

    Prioritaskan Pekerjaan Penting Terlebih Dahulu (Sumber: keithcraft.org)

    Ketika bekerja atau melakukan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Barulah setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkanmu dalam mengelola pekerjaan dan kamu akan memiliki sejumlah waktu yang cukup memadai untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan penyelesaiannya.

  2. Belajar untuk Mengatakan “Tidak”

    Hal yang sering kali kita lakukan adalah membuang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu penting. Hal ini justru akan membuatmu rugi dan tidak mendapatkan apa-apa. Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan atau hal yang akan menyia-nyiakan waktumu.

  3. Tidur Minimal 7-8 Jam Sehari

    loader

    Waktu Tidur yang Tepat Buat Hidup Teratur (Sumber: murphycampbell.com)

    Jangan sepelekan waktu tidurmu dengan melakukan berbagai hal yang tidak berguna, semisal begadang yang tak ada artinya atau berselancar di dunia maya hingga pagi. Berbagai hal tersebut akan mengganggu jam tidurmu, dan sejumlah aktivitas yang mau kamu lakukan di pagi hari. Kamu akan sulit fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas dan juga pekerjaan karena kurang tidur dan istirahat.

  4. Fokus pada Pekerjaan

    Jika bekerja di depan layar komputer, biasakan untuk selalu fokus dan mengerjakan apa yang menjadi tugasmu dengan baik. Hindari godaan untuk membuka berbagai jendela yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Sehingga, pekerjaan tersebut bisa diselesaikan tepat waktu.

  5. Selesaikan Lebih Awal

    loader

    Selesaikan Lebih Awal Pekerjaan (Sumber: focus7shot.com) 

    Jangan suka menunda-nunda atau melakukan pekerjaan secara terburu-buru. Ini akan membuatmu berisiko untuk melakukan kesalahan dan juga berbagai hal lainnya yang mengurangi nilai dari pekerjaan yang sedang kamu tangani. Akan sangat baik jika kamu selalu menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan tepat waktu.

  6. Jangan Membuang Waktu untuk Berbagai Hal Kecil

    Memeriksa pekerjaan secara detail memang sangat penting. Namun, akan sangat menghabiskan waktu jika kamu melakukannya setiap saat. Sementara pekerjaan tersebut belum juga selesai dikerjakan.

    Jadi, lakukan pekerjaan dengan teratur dan sesuai dengan poin-poin yang seharusnya. Setelah itu, baru kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk memeriksanya kembali setelah semuanya selesai dikerjakan.

  7. Jadikan Pekerjaan Utama sebagai Sebuah Kebiasaan

    loader

    Jangan Jadikan Pekerjaan Sebagai Beban (Sumber: thebalance.com)

    Hal ini akan sangat menyenangkan jika bisa kamu terapkan di dalam kehidupan, kamu menjadikan pekerjaan rutin sebagai kebiasaan atau hobi yang menyenangkan. Dengan melakukan hal ini, pekerjaan akan terasa ringan dan tidak melelahkan, terutama jika ternyata kamu begitu menyenanginya.

  8. Jeli dalam Mengatur Waktu

    Bagi kamu yang memiliki berbagai kebiasaan terkait dengan internet dan juga hal lainnya, seperti game, televisi, dan aktif di berbagai media sosial, akan sangat tepat jika kamu memiliki manajemen waktu yang cerdas untuk melakukan hal tersebut. Jangan sampai waktumu habis terbuang dengan percuma untuk berbagai kegiatan atau kebiasaan yang kamu miliki dan tidak memberi manfaat yang maksimal di dalam kehidupanmu.

  9. Estimasikan dan Tentukan Waktu Penyelesaian Pekerjaan

    loader

    Tentukan Waktu (Sumber: eventofon.com)

    Kamu bisa lebih fokus dan bersemangat ketika akan menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam tenggat waktu tertentu. Karena dengan memberikan tenggat waktu / deadline dalam sebuah pekerjaan bisa membantumu untuk lebih efisien dan cerdas dalam mengelola setiap detik waktu yang kamu miliki.

  10. Ambil Jeda untuk Setiap Pekerjaan yang Selesai

    Mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru dan kemudian segera menyelesaikan pekerjaan lainnya setelah itu bisa saja membuatmu jenuh dan tidak memiliki jeda yang cukup. Jangan lakukan hal ini sebab akan menjadi kebiasaan yang melelahkan dan membosankan. Ambil jeda dan juga udara segar sebelum akhirnya mengerjakan pekerjaan lainnya.

  11. Jangan Selalu Terpaku pada Daftar Tugas

    loader

    Daftar Tugas (Sumber: biocareers.com) 

    Jika memiliki kebiasaan untuk menuliskan daftar tugas harian, bukan berarti kamu harus mengerjakannya tanpa henti dan tanpa jeda sama sekali. Kamu bisa saja fokus pada daftar tersebut, tetapi tetap saja harus meluangkan sejumlah waktu yang cukup untuk istirahat dan berpaling sejenak sebelum akhirnya melanjutkan tugas-tugas yang menanti.

  12. Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat

    Jangan melupakan kegiatan olahraga agar tubuhmu tetap sehat dan bugar ketika beraktivitas. Makan juga makanan yang baik dan memiliki asupan gizi yang cukup supaya tubuh tetap sehat dan siap untuk melakukan berbagai kegiatan harian.

  13. Lakukan Lebih Sedikit

    loader

    Melepaskan Penat (Sumber: recoverymaine.com)

    Dengan mengurangi beban pekerjaan, kamu bisa fokus pada beberapa pekerjaan yang paling penting dan harus diselesaikan dengan segera. Ini akan menambah konsentrasimu pada pekerjaan tertentu yang paling penting dan membutuhkan sejumlah ketelitian lebih dari yang lainnya.

  14. Manfaatkan Akhir Pekan

    Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan akhir pekanmu selama beberapa jam untuk sekadar mencicil pekerjaan. Ini mungkin akan menjadi kegiatan yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Namun, kegiatan ini bisa mengurangi beberapa beban kerjamu selama sepekan. Daripada menghabiskannya dengan berdiam diri dan tidak ada kegiatan sama sekali, ada baiknya kamu gunakan akhir pekan tersebut untuk sekadar mengurangi beban pekerjaan.

  15. Buat Semua Lebih Rapi dan Terorganisir

    loader

    Menyusun Pekerjaan (Sumber: railinc.com)

    Jangan membiarkan rumah dan juga pekerjaanmu menjadi berantakan dan tidak teratur sama sekali. Hal ini akan membuang banyak waktu dan juga tenagamu untuk membereskannya, terutama jika tenyata kamu membiarkan hal serupa terjadi pada berbagai hal di dalam kehidupanmu. Mulailah untuk merapikan berbagai hal tersebut, terutama yang menyangkut pekerjaan.

  16. Lakukan Sesuatu Ketika Menunggu

    Ada kalanya kita akan menghabiskan waktu untuk menunggu, baik dalam urusan pekerjaan maupun urusan lainnya. Jangan membuang waktu dengan diam dan percuma. Kamu bisa membaca atau melakukan apa saja yang bermanfaat bagi dirimu tentunya.

  17. Mengunci Diri di Dalam Sepi

    loader

    Merenung (Sumber: ameliahay.co.uk) 

    Hal ini tidak terkait dengan masalah atau yang lainnya. Sesekali kamu memang membutuhkan waktu sendiri dan merenung di dalam sepi, misalnya di dalam kamar tidur. Dengan melakukan hal ini, biasanya kamu akan memiliki waktu untuk berpikir dan melihat kembali apa saja yang telah dilakukan selama ini.

    Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan semua keinginan di dalam diri kamu sendiri.

  18. Berkomitmen untuk Melakukan Sesuatu

    Ini sangat penting, terutama bagi kamu yang selalu terbiasa menunda atau bahkan mengabaikan berbagai hal lainnya yang terbilang sangat dibutuhkan di dalam kehidupan. Miliki komitmen yang kuat untuk mengerjakan berbagai hal yang memang kamu inginkan atau butuhkan sehingga kamu memiliki sebuah pencapaian di dalam hidupmu.

  19. Selesaikan Pekerjaan / Tugas yang Berkaitan

    loader

    Saling Terkait (Sumber: studentslife.it)

    Lakukan pekerjaan yang memiliki keterkaitan antara satu dan yang lainnya sehingga kamu bisa berkonsentrasi sekaligus dan menyelesaikannya secara berurutan.

  20. Hilangkan Pikiran-pikiran Negatif

    Terkadang muncul pikiran-pikiran negatif di dalam diri kita. Ini akan sangat mengganggu dan membuat berbagai hal lainnya menjadi tidak baik. Hilangkan dan tinggalkan hal tersebut sehingga kamu bisa nyaman dan tenang.

    Baca Juga: Cara Cerdas Mengatur Waktu untuk Mompreneur yang Super Sibuk

Mulai Secara Perlahan

Mengatur waktu bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, terutama jika selama ini kamu jauh dari kata terbiasa untuk melakukannya. Namun, jika dilakukan secara perlahan, berbagai cara di atas akan sangat membantumu untuk mengatur waktu dengan baik. Dan ingat, berkomitmenlah untuk menjalankannya.

Baca Juga: Luangkan Waktu 1 Jam Setiap Hari untuk Hal Ini agar Sukses di Segala Bidang