Deretan Artis Indonesia Berprestasi, Ada Idola Kamu?

Tak semua orang sanggup mengatur waktu yang mereka punya dengan sebaik mungkin. Tak semua orang mampu berfokus pada beberapa hal sekaligus dalam satu waktu. Itulah sebabnya segelintir individu yang bisa meraih sukses di beberapa bidang secara bersamaan kerap disegani dan dikagumi.

Demikian juga dengan sebagian selebritas muda Tanah Air berikut. Tak hanya cemerlang di bidang akademis, mereka juga telah menapaki karier yang bersinar di usia muda. Di samping sukses membanggakan keluarga dan orang tua, para artis muda ini juga mengantongi prestasi dengan meraih predikat terbaik saat kelulusan. 

Baca Juga: Sangat Menginspirasi, Tengok Hasil Karya 10 Anak Muda Indonesia Ini!

5 Artis Indonesia Berprestasi

  1. Vidi Aldiano

    View this post on Instagram

    A post shared by Vidi Aldiano (@vidialdiano)

    Tak hanya melejit sebagai penyanyi solois pria Indonesia, pemilik nama lengkap Vidi Oxavia Aldiano ini juga memiliki prestasi segudang di bidang pendidikan.

    Pada tahun 2013 silam, pelantun lagu Nuansa Bening ini telah lulus dari Universitas Pelita Harapan dengan predikat cum laude (jurusan Teknik Elektro). Setelah itu, bintang film Menebus Impian (2008) tersebut lantas melanjutkan kuliah ke luar negeri.

    Ia pun kembali meraih cum laude setelah menyelesaikan pendidikan S2 di University of Manchester, Inggris. Di sana, pria kelahiran Jakarta, 29 Maret 1990 ini diketahui mengambil jurusan Innovation Management and Entrepreneurship. 

    Sukses di ranah akademis tak membuat Vidi Aldiano melupakan karier bernyanyinya. Sejauh ini, Vidi telah berhasil merilis sejumlah album studio dan hits single yang laris manis di pasaran. 

    Debut perdananya dimulai dengan dikeluarkannya album Pelangi di Malam Hari (2008). Setelah itu, ia kembali meluncurkan Lelaki Pilihan (2009), Yang Kedua (2011), mini album bertajuk Dunia Baru (2013), serta Persona yang rilis di tahun 2016. 

    Naik daun, Vidi pun kerap tampil di berbagai acara televisi. Salah satunya ketika ia didapuk menjadi komentator dan presenter dari Social Media Sensation yang tayang di Trans TV.

    Kepiawaiannya dalam bermusik juga membuatnya dipercaya menjadi juri di beragam ajang. Di antaranya yaitu Indonesian Idol Junior, The Next Boy/ Girl Band, dan The Voice Indonesia.

  2. Cinta Laura

    Selain berhasil go international di dunia entertainment, Cinta Laura Kiehl pun tajam di bidang pendidikan. Demi total berfokus mencapai prestasi akademis, wanita yang lahir di Quakenbruck, Jerman, pada 17 Agustus 1993 ini sempat rehat sejenak dari panggung hiburan.

    Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, ia pun berhasil meraih cum laude dari Ilmu Psikologi serta Sastra Jerman di Columbia University. Kerennya lagi, semua itu ia dapatkan hanya dalam kurun waktu tiga tahun. Selama kuliah, Cinta yang berprestasi bahkan dipercaya menjadi asisten dosen di sana.

    Di belantika musik, wanita berdarah blasteran Jerman-Indonesia ini sudah mendapat penghargaan multi-platinum sebanyak 12 kali. Raihan tersebut dicapainya lantaran penjualan album musiknya selalu lebih dari sejuta keping.

    Jago akting, Cinta Laura juga sudah mewujudkan Hollywood Dreams yang ia cita-citakan. Di samping membintangi film layar lebar Tanah Air, Cinta pernah melakoni berbagai judul film Hollywood. Antara lain seperti The Philosophers/ After The Dark (2014) dan Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016).

    Ia juga membintangi film Hollywood lainnya yang berjudul Tar, The Ninth Passenger, dan Crazy for The Boys di tahun 2017. Kemudian di tahun 2018, Cinta kembali bermain dalam Nanny Surveillance dan Goodnight yang sama-sama bergenre horror. Adapun di tahun 2019 lalu, ia hadir dalam sinema Hollywood remaja bertajuk Drama Drama.

    Baca Juga: Keren! Sukses di Usia Muda dan Go International, Begini Kisah Cinta Laura Menggapai Impiannya

  3. Tasya Kamila

    View this post on Instagram

    A post shared by Tasya Kamila (@tasyakamila)

    Shafa Tasya Kamila alias Tasya sudah berkarier sebagai penyanyi sejak kecil. Selain bernyanyi, wanita berdarah Jawa-Minangkabau ini juga andal berakting dan menulis lagu.

    Namun terlebih, istri dari Randi Bachtiar ini telah menyelesaikan studi S1 di Universitas Indonesia dengan predikat cum laude di tahun 2014. Di sana, ia berhasil menekuni jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam waktu 3,5 tahun, padahal semua itu dilakoninya sambil berkarier di industri entertainment.

    Selanjutnya, wanita kelahiran di Jakarta, 22 November 1992 ini kemudian melanjutkan pendidikan tingginya dengan mengambil kuliah S2 di Columbia University. Meraih beasiswa LPDP, Tasya diketahui lulus cum laude lagi dari jurusan Administrasi Publik yang dijajalnya.

    Selain berjaya di layar kaca dan bermain di sejumlah sinetron, Tasya juga sempat melakoni sejumlah film layar lebar. Di antaranya ialah Menebus Impian (2008), Rumah Kentang (2011), serta Mall Klender dan The Professionals di tahun 2014.

    Sementara sebagai penyanyi, ia terhitung telah merilis enam buah album studio. Di tahun 1999, ia mengeluarkan Libur Telah Tiba dan Gembira Berkumpul. Demikian juga di tahun 2002 ketika Tasya cilik kembali hadir dengan dua album sekaligus, yakni Istana Pizza dan Ketupat Lebaran.

    Kemudian di tahun 2005, ia muncul kembali dengan The Very Best of Tasya. Barulah di tahun 2011 ia mengeluarkan Beranjak Dewasa. Album inilah yang menandai penampilannya sebagai penyanyi cilik telah usai dan berganti dengan image barunya sebagai solois wanita.

  4. Isyana Sarasvati

    Artis Indonesia berprestasi selanjutnya adalah Isyana Sarasvati. Pasalnya, pelantun lagu Tetap Dalam Jiwa ini telah mencetak segudang pencapaian yang membuat fans berdecak kagum.

    Isyana sudah berkarier sebagai penyanyi sejak tahun 2014 dan menyandang predikat cum laude di bidang pendidikan sejak masih berumur 16 tahun. Wanita bersuara Soprano ini meraih  prestasi tersebut ketika lulus dari Nanyang Academy of Fine Arts di Singapura. 

    Tak hanya itu, istri dari dr. Rayhan Maditra Indrayanto ini juga menyambung pendidikannya ke Royal College of Music di London, Inggris. Menekuni jurusan Performance, Isyana kembali lulus dan mendapatkan Beasiswa RCM Excellence Award.

    Selanjutnya pada tahun 2015, wanita yang mahir memainkan flute, piano, electone, biola, dan saksofon ini lulus dari Nanyang Academy of Fine Arts dan menyandang gelar B.Mus (Bachelor of Music). Tak hanya itu, ia juga mendapat penghargaan Lulusan Terbaik dan meraih penghargaan dari Kedutaan Besar Peru. 

    Hingga pada tahun 2019, wanita kelahiran Bandung, 2 Mei 1993 ini dipercaya oleh Walt Disney Pictures untuk menyanyikan kembali lagu A Whole New World. Soundtrack film Aladdin tersebut kemudian dinyanyikan Isyana bersama Gamaliel Tapiheru dengan menggunakan Bahasa Inggris. 

    Di belantika musik sendiri, Isyana yang dikenal sebagai arranger dan composer andal ini telah menelurkan berbagai single yang ngehits dan album studio. Di antaranya ialah Explore! (2015), Paradox (2017), serta LEXICON dan mini album AIR di tahun 2019 lalu.

    Selama dua tahun berturut-turut, nama Isyana Sarasvati yang kini merambah akting juga terdapat di dalam daftar Forbes Indonesia 30 Under 30 2019 dan 2020. Ia berhasil terpilih karena karya dan prestasinya yang memukau di Asia Pasifik. Dukungan dan kontribusinya terhadap belantika musik Tanah Air juga membuatnya meraih Anugerah Kekayaan Intelektual Nasional 2016 dari Kementerian Hukum dan HAM.

  5. Maudy Ayunda

    View this post on Instagram

    A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda)

    Sejak berkarier di belantika musik, ia telah merilis tiga album bertajuk Panggil Aku (2011), Moments (2015) dan Oxygen (2018). Namun tak hanya menorehkan prestasi sebagai penyanyi dan aktris. Maudy Ayunda juga cemerlang di bidang akademis. 

    Di tahun 2016, Ayunda Faza Maudya, B.A., M.A., M.B.A., ini lulus cum laude dari jurusan Politic, Philosophy, and Economic (PPE) di Oxford University. Bahkan, pemeran Ainun dalam film Habibie & Ainun 3 ini sempat dibuat bingung di tahun 2019 sewaktu harus memilih Stanford atau Harvard untuk kuliah Strata-2. 

    Belakangan, pelantun lagu Perahu Kertas ini pun berhasil lulus dari dua jurusan sekaligus. Di kampus terbaik sedunia, Stanford University, Maudy telah menekuni dua jurusan sekaligus yaitu Pendidikan dan Administrasi Bisnis. Itulah sebabnya ia meraih dua gelar S2, yakni Master of Arts Education (M.A.) dan Master of Business Administration (M.B.A.). 

    Yang menarik, Maudy juga dikenal sebagai aktivis dan kerap terlibat dalam sejumlah kampanye sosial. Isu yang dilawannya mencakup kerja paksa, perbudakan modern, pernikahan, hingga pekerjaan yang berbahaya. 

    Ia juga tercatat pernah menjadi pembicara paling muda dalam Forum Ekonomi Global 2015. Kemudian di tahun 2016, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia memilihnya sebagai Wanita Inspiratif Indonesia. Hingga di tahun 2020, Maudy masuk dalam Forbes Indonesia 30 Under 30 karena eksistensinya yang inspirasional sebagai aktris milenial. 

Baca Juga: Sukses dan Berprestasi 5 Artis Muda ini Bisa Jadi Idolamu