Gak Punya Slip Gaji Tapi Mau Buat Kartu Kredit? Begini Caranya

Slip gaji, mungkin terdengar sepele. Tetapi slip gaji memiliki manfaat besar, terutama dalam mengajukan pinjaman atau kredit. Baik di bank maupun perusahaan fintech.

Pengajuan kredit seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), sampai membuat kartu kredit.

Lalu bagaimana dengan orang yang tidak memiliki slip gaji, seperti wirausaha. Bahkan karyawan pun ada yang hanya mendapat gaji tanpa diberikan slip gaji.  

Kalau mau slip gaji, karyawan mesti memintanya kepada pihak HRD agar tidak disalahgunakan. Walaupun faktanya ada juga yang sudah sekaligus diberikan saat menerima gaji via email.

Syarat lain pengganti slip gaji saat pengajuan kartu kredit, antara lain:

Baca Juga: Biar Pengajuan Kartu Kredit Online Diterima, Perhatikan Hal Berikut

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memiliki Deposito

Deposito
Memiliki deposito

Deposito merupakan jenis simpanan yang tidak bisa ditarik sewaktu-waktu, seperti tabungan. Sebab ada jangka waktu alias tenor, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Menyimpan uang di deposito ada imbal hasil atau bunga. Biasanya lebih tinggi dibanding tabungan. Biasanya kisaran 5%. Di samping itu, menyimpan uang di deposito juga dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bila simpananmu di bawah Rp 2 miliar.

Kalau kamu memiliki deposito, bisa menjaminkannya sebagai pengganti slip gaji saat pengajuan kartu kredit. Jadi coba saja datang langsung ke bank untuk mengajukan kartu kredit dengan menggunakan deposito.

2. Memiliki Rekening Tabungan

Tabungan
Memiliki rekening tabungan

Tidak punya deposito, kamu dapat menggantinya dengan rekening tabungan. Bila saldonya cukup besar, bank pasti akan mempertimbangkan pengajuan kartu kreditmu sebagai pengganti slip gaji

Dalam hal ini, lebih baik kamu mengajukan kartu kredit langsung ke bank. Dengan begitu, kamu dapat menjelaskan secara gamblang bahwa kamu tidak punya slip gaji, namun punya rekening tabungan.

Jika disetujui membuka kartu kredit dengan rekening tabungan, maka bank akan segera memproses pengajuan kartu kreditmu.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Online Buat Newbie Biar Disetujui

3. Menggunakan Rekening Koran

Rekening Koran Menggunakan rekening koran

Kalau tidak punya slip gaji, untuk bisa mengajukan kartu kredit caranya melampirkan rekening koran sebagai pengganti. Yakni bukti transaksi dalam periode waktu tertentu.

Ketentuannya selama jangka waktu 3 bulan hingga 6 bulan. Untuk melihat, apakah kamu termasuk nasabah aktif bertransaksi atau tidak.

Jika sudah ada rekening koran, bank akan tahu kemampuanmu seperti apa. Apakah pengajuanmu bakal disetujui atau tidak. Banyak pengusaha, freelancer tidak punya slip gaji, namun memiliki kemampuan ekonomi cukup besar, sehingga layak disetujui pengajuan kartu kreditnya.

4. Menggunakan surat keterangan penghasilan

gaji Menggunakan surat keterangan penghasilan

Kamu juga bisa mengganti slip gaji dalam pengajuan kartu kredit dengan Surat Keterangan Penghasilan (SKP). Apa bedanya dengan slip gaji?

Kalau slip gaji biasanya lebih menampilkan angka lebih rinci, seperti gaji pokok, tunjangan, transportasi, uang makan, sampai potongan, seperti Pajak Penghasilan (PPh), BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan asuransi kesehatan.

Sementara surat keterangan penghasilan merupakan surat resmi yang dibuat bagian keuangan tentang pendapatan atau penghasilan seseorang.

Misalnya kamu seorang karyawan di perusahaan A. Maka bagian keuangan akan membuat SKP yang menerangkan bahwa kamu masih karyawan aktif perusahaan dengan penghasilan sebesar Rp 5 juta. Terdiri dari gapok, uang makan, uang transportasi, dan tunjangan perumahan.

Sedangkan surat keterangan penghasilan wirausaha, dibuat atas dirinya sendiri dengan menginformasikan data pribadi, memiliki pendapatan sebesar Rp 10 juta per bulan misalnya. Lalu tujuan pembuatan SKP. Contohnya SKP dibuat untuk memenuhi syarat pengajuan kartu kredit.

Ajukan Kartu Kredit Online di Sini

Jika kamu ingin mengajukan kartu kredit, tetapi tidak ingin langsung ke bank, kamu dapat membuat kartu kredit online di marketplace produk keuangan atau perusahaan fintech Cermati.com.

Prosesnya dijamin mudah dan cepat. Selain itu, kamu bisa memilih terlebih dahulu kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu sebelum memulai pengajuan.

Pastinya pilih kartu kredit yang memberikan aneka promo menarik, seperti diskon, cashback, reward point, bebas iuran tahunan selamanya, dan sebagainya. Apalagi sedang ada pesta belanja gede-gedean secara online.

Untuk itu, cari kartu kredit yang banyak menggandeng merchant, sehingga belanjamu bakal lebih hemat dan untung banyak.

Baca Juga: Selain Online, Apply Kartu Kredit Juga Bisa Lewat Sini. Nomor 5 Prosesnya Cepat